L

Penyalahgunaan Fitur Review di Online Store untuk Konfirmasi Barang Sudah Sampai


Bismillahirrohmanirrohim


Ilustrasi Spam

Saya adalah pelanggan E-Commerce “Modern” saat ini seperti Tokopedia, BukaLapak, dsb.

Ketika saya “Hunting” produk yang saya inginkan, tentu ada yang namanya proses “Riset” kan ?

Salah satu cara mengetahui segala sesuatu tentang produk, ada yang namanya Review, yang berasal dari Pembeli yang sudah membeli produk bersangkutan.

Sedangkan keterangan dari pihak Penjual, itu disebut Preview (Deskripsi Produk).

Sistem juga sudah menyediakan opsi Kontak/Pesan dan Diskusi untuk mempermudah proses riset kita.

 

Gunakan Fitur Review dengan Baik dan Benar !

Semua Online Store selalu menyediakan kedua fitur itu (Preview dan Review), namun di Indonesia saya seringkali kecewa karena fitur Review (Ulasan) justru digunakan sebagai sarana untuk mengkonfirmasi bahwa barang sudah sampai !

Padahal, sistem sudah memiliki integrasi Shiping Tracking dari penyedia layanan pengiriman seperti JNE, TIKI, POS, Wahana, dsb

Sistem Tracking itu akan secara otomatis mengetahui bahwa barang sudah sampai ke tangan pembeli dan otomatis meminta konfirmasi kepada pembeli dengan mengklik tombol tertentu, misalnya tombol “Selesai” di Tokopedia, nah itulah fitur “Konfirmasi Barang Datang” dari sistem.

Jika tidak sesuai, kita bisa mengklaim/komplain kepada Seller (Penjual) yang diperantarai oleh pihak penyedia Online Store.

Dengan fitur itu saja, penjual sudah tau bahwa barang sudah sampai !

Lagipula, informasi bahwa barang sudah sampai itu cukup ditujukan kepada Seller, bukan orang lain yang ingin beli di tempat Seller.

Mau menyatakan Seller beneran mengirimkan produk yang dijual kepada Buyer (Pembeli) ?, tidak perlu demikian, sistem sudah otomatis menghitung total transaksi/barang terjual dengan sukses kok.

 

Review untuk Produk atau Seller ?

Fitur Review, tentu tujuannya untuk memberikan ulasan pada produk yang dibeli, jika ditujukan untuk menilai Seller/Penjual, itu namanya Testimonial.

Biasanya, sistem online store lebih menitikberatkan pada Review Produk yang dijual Seller, bukan untuk Testimonial Seller. Review Produk juga memuat kualitas Seller, misalnya Akurasi Produk dan Kualitas Produk yang dijual Seller.

Testimonial untuk Seller sah-sah saja disematkan pada tulisan Review Produk, biasanya saya pribadi pun menuliskan keduanya, yakni Review Produk dan Testimonial Seller dalam sekali posting pada fitur Review tersebut.

Sebenarnya, dengan kita mengklik tombol “Selesai” pada transaksi yang kita lakukan, itu sudah menjadi Testimonial kepada Seller bahwa Seller bukan penipu, barang dikirim dengan baik dan benar dan memuaskan.

Toh sistem juga memberikan tenggang waktu untuk Seller dalam memproses barang kan ?

Jika ternyata Seller tersebut lambat dalam memproses barang, maka bisa saja dituliskan juga kesaksian itu pada fitur Review, tapi please jangan lupakan Review untuk produk yang Anda beli itu, karena itu yang utama dan relevant !

Powered by Dewaweb


Protected by DMCA ! Protected by Premium Copyscape !

Hi, Bagaimana Menurut Anda ?


Jadilah Pembaca yang Baik dengan cara meninggalkan Komentar pada setiap Artikel Bermanfaat yang sudah dibaca (•‿•)


Komentar adalah salah satu Faktor Penyemangat bagi seorang Blogger, termasuk juga saya. Sebagai bukti bahwa saya tidak sendirian disini, mengingat ada banyak sekali Viewer (Pembaca) Artikel di Blog saya ini. Tolong, jangan pergi begitu saja.


Tinggalkan Komentar Anda disini meskipun hanya sekedar menyapa saya, mari kita bangun Forum Diskusi di Kolom Komentar pada setiap Artikel di Blog ini.


Oleh karena itu, saya sudah menyediakan Fasilitas Comment System terbaik saat ini yakni Disqus Comments System untuk membangun Komunitas Komentator yang lebih Advanced lagi, tidak diperlukan Account Disqus untuk bisa berkomentar disini, Anda cukup memasukkan Nama dan Email saja, tapi saya sarankan untuk memiliki Account Disqus jika Anda sering berkomentar di banyak Blog yang menggunakan Disqus Comment System.

Mungkin Anda juga menyukai


Disqus Comments



×
SSL Verified