L

Tidak Posting Artikel Tentang Hosting Lagi ?


Bismillahirrohmanirrohim


Ilustrasi Cloud Data Center

Itu pertanyaan yang masuk ke saya via email, dan menggelitik saya untuk menulis artikel terkait itu 😀

Memang blog saya ini sempat beberapa kali memposting artikel bertopik tentang hosting, dan itu semata-mata cuma karena saat itu blog saya yah seperti umumnya blog yang baru dibangun, yakni hunting penyedia layanan web hosting terbaik menurut saya, dan saya pun menemukannya, hoster asal Indonesia, milik warga Indonesia, dan satu daerah dengan saya, yang bahkan membuat hosting company asal luar negri dan sudah besar menurut banyak orang tapi menurut saya tidak lebih bagus dari hoster pilihan saya itu, dan statement saya itu pun jadi “Bahan” juga oleh orang yang suka nyinyirin saya, orang yang tidak menghargai pendapat orang lain.

Jadi artikel terkait hosting dan segala yang berkaitan dengan itu cuma semata-mata sebagai log saya saja di blog ini.

Bahkan karena artikel-artikel terkait hosting itu, dan revisi dari artikel-artikel review layanan hosting yang saya lakukan, ada beberapa hosting company yang menghubungi saya via email, menawarkan ke saya apakah saya menerima job membuat artikel tutorial terkait web hosting untuk mereka ? (Content Writer), bahkan artikel review (Paid Review), dan terus terang saja tawaran itu saya diamkan, tidak saya respon apa pun, baik penolakan atau menerimanya. Bukannya saya sombong, tapi saya merasa tidak pantas, malu sob, takut salah 🙂

Khusus Paid Review saya tidak ambil karena akan menghilangkan kredibilitas saya dalam menulis artikel review kedepannya.

 

Lantas Kenapa Saya “Undur Diri” dari Topik Hosting ?

Saya ini dulu hoster, dan gagal, semua orang di dunia hosting tau itu, bahkan dari dulu saya ini hoster yang bisa dikatakan tidak benar dalam berbisnis, saya beruntung loh terselamatkan dari konsekuensi tersebut ketika saya bekerja di salah satu hosting company yang mau menampung client-client saya.

Karena dulu saya masih bocah, masih duduk di bangku sekolah SLTA (Sekolah Lanjutan Tingkat Atas), bener-bener bocah banget pokoknya 😀

Lama tidak berkecimpung di dunia hosting dan blogging, saya dateng-dateng malah songong, begitu kita-kira ungkapan yang tepat. Sisi bocahnya masih ada saja, masih belum berubah, berujung malu.

Yupz, saya sok tau di bidang yang gagal saya geluti dulu ini !

Itu yang bikin saya pun malu menunjukkan “batang hidung” saya di salah satu forum hoster terbesar di Indonesia, karena dalam diskusi, saya malu-maluin diri saya sendiri saja, bahkan sejak artikel perkenalan diri saja saya sudah mempermalukan diri saya sendiri, sehingga semua setting privasi saya aktifkan, saya invisible di forum tersebut dan terus terang saya takut untuk login, bahkan saya takut untuk mengakses forum tersebut. Ada perasaan traumatic tersendiri pada diri saya karena kasus yang pernah saya alami dengan senior disana yang usahanya saya review dengan tidak etis, alhamdulillah kasus itu sudah berakhir dengan cara kekeluargaan yakni saya mendapatkan maaf dari beliau.

Sampai detik ini, mungkin saya masih disindir di forum tersebut di pembahasan tertentu, saya selalu “dikenang” oleh mereka, padahal saya sudah minta maaf, tapi selalu diungkit-ungkit, misal jika ada member baru yang retorika bahasanya ketika membuat thread dan berdiskusi mirip saya. Ini yang terakhir saya dapati di forum tersebut dan makin bikin saya “phobia” dan memantapkan hati saya untuk tidak lagi main ke sana bahkan sebagai silent reader sekalipun.

Jika saya diskusi dan sedikit saja menjadi kritis, saya disemprot dengan “Dosa” masa lalu saya ketika saya melakukan kesalahan, sehingga partisipasi saya itu “mengganggu”, apalagi status saya sekarang ini yang bukanlah seorang hoster, melainkan customer. Tidak semua member seperti itu memang, tapi yang seperti itu adalah member yang rajin aktif di forum tersebut.

Eh hey benar juga ya, saya kan bukan hoster, maka rasanya tidak relevant jika saya nimbrung disana, apalagi di thread yang sensitif yang merupakan pembahasan antara para hoster. Karena jujur saja, forum tersebut ya membernya mayoritas adalah hoster.

Itulah sebabnya, al faqir ini mohon maaf, karena saya benar-benar merasa tidak pantas membahas topik seputaran hosting ini.

Saya lebih baik menjadi silent reader, memperbanyak pengetahuan saya dari suhu-suhu dan master-master di dunia perhostingan (Bukan dari/di forum tersebut), itu pun jarang, karena saya sudah stay away dari dunia hosting !, saya hanya mencari informasi yang relevant saja terkait aktivias blogging saya yang notabene adalah self hosted wordpress.

Saya takut salah sob, dan saya takut sok tau, karena pemahaman saya, pendapat saya dan cara penyampaian saya ketika berdiskusi memang tidak sopan jika yang menjadi teman diskusi adalah dari kalangan senior yang secara usia pun lebih tua dari saya. Maafkan nebiwe sotoy ini jika ternyata lancang.

 

Akhir Kata

Semoga artikel ini menjawab pertanyaan kenapa blog saya gk pernah posting tentang hosting dan segala yang berhubungan dengan hosting lagi, karena pertanyaan itu cukup banyak saya terima via email, dan bahkan ada beberapa tawaran job content writer dari beberapa web hosting company di Indonesia.

Saya benar-benar minta maaf, bahkan keputusan menulis artikel ini pun berat banget sob, perasaan takut itu selalu ada, yakni takut jadi “Bahan” lagi, karena saya takut ada tutur kata saya yang salah di artikel ini 🙂

Maka dari itu, sungguh saya minta maaf jika ada tutur kata saya yang salah dalam artikel ini, artikel ini hanya menjawab F.A.Q (Frequently Asked Question) saja sesuai judul artikel ini.

Powered by Dewaweb


Protected by DMCA ! Protected by Premium Copyscape !

Hi, Bagaimana Menurut Anda ?


Jadilah Pembaca yang Baik dengan cara meninggalkan Komentar pada setiap Artikel Bermanfaat yang sudah dibaca (•‿•)


Komentar adalah salah satu Faktor Penyemangat bagi seorang Blogger, termasuk juga saya. Sebagai bukti bahwa saya tidak sendirian disini, mengingat ada banyak sekali Viewer (Pembaca) Artikel di Blog saya ini. Tolong, jangan pergi begitu saja.


Tinggalkan Komentar Anda disini meskipun hanya sekedar menyapa saya, mari kita bangun Forum Diskusi di Kolom Komentar pada setiap Artikel di Blog ini.


Oleh karena itu, saya sudah menyediakan Fasilitas Comment System terbaik saat ini yakni Disqus Comments System untuk membangun Komunitas Komentator yang lebih Advanced lagi, tidak diperlukan Account Disqus untuk bisa berkomentar disini, Anda cukup memasukkan Nama dan Email saja, tapi saya sarankan untuk memiliki Account Disqus jika Anda sering berkomentar di banyak Blog yang menggunakan Disqus Comment System.

Mungkin Anda juga menyukai



Facebook Comments



Disqus Comments



×
SSL Verified