L

Pencarian Penyedia Layanan Web Hosting Sudah Selesai


Bismillahirrohmanirrohim


Ilustrasi Cloud Data Center

Saat proses membangun blog berbasis WordPress Self Hosted, tentu yang paling utama setelah Domain adalah Web Hosting.

Maka dari itu, tentu saja saya melakukan riset mengenai penyedia web hosting mana yang relatif terbaik bagi saya.

Tidak semua penyedia web hosting yang saya gunakan lantas saya review di blog saya ini, saya hanya mereview sebagian saja yang menurut saya menarik untuk dishare. Dan dalam proses riset itu tidak semuanya saya nilai dengan cara berlangganan, karena ada tahap awal yang disebut “Preview” sebelum memutuskan untuk berlangganan.

Selama saya melakukan riset mengenai penyedia web hosting di seluruh dunia, lokal dan luar negri, saya sempat membuat artikel mengenai pandangan dan respon saya terhadap tudigan segelintir orang yang mengatakan penyedia web hosting lokal itu jelek, artikelnya disini.

Saya tidak setuju, karena selama saya melakukan riset, dan menormalisasi ekspektasi saya agar tidak terlalu tinggi dan memperluas wawasan saya, kesimpulannya ketika saya lakukan pengamatan dan pengujian pada beberapa penyedia web hosting lokal hasilnya semuanya bagus, dan ada beberapa yang sangat bagus, tidak ada yang jelek, lagipula saya hanya melirik provider yang jelas-jelas saja.

Kita tidak bisa langsung menilai provider web hosting apakah memuaskan atau tidak hanya dari thread/artikel kekecewaan yang dibuat oleh pelanggan dari provider bersangkutan, karena faktanya banyak juga thread/artikel seperti itu yang terlalu berlebihan, palsu, dan kesalahan terletak pada pelanggan tersebut juga. Lagipula besar kemungkinan hal itu tidak relevant lagi di masa mendatang karena tentu ada perbaikan kualitas dari provider bersangkutan.

Pembeda dari masing-masing provider hanya penawarannya saja yang berbeda-beda. Jika cocok, ambil, dan jika tidak ya cari provider lain tanpa menjelek-jelekkan kekurangan dari penawaran provider tersebut.

Penawaran value dan spesifikasi dari layanan web hosting adalah hak setiap provider berdasarkan kebijakan mereka masing-masing dari hasil riset dan pengembangan (Research and Development) yang mereka lakukan. Kualitas layanan dari provider web hosting di Indonesia pun sangat bagus menurut saya.

Provider web hosting lokal sudah berkembang sangat pesat selama kurun waktu satu dekade terakhir ini, tentu pencapaian itu juga serta merta karena kritik dan saran yang diberikan oleh para pelanggan web hosting di Indonesia, yang berhasil bertahan dan berkembang lebih baik hanyalah provider yang hebat dalam hal menyerap, mengevaluasi, dan mengimplementasi kritik dan saran yang sudah diberikan, baik secara umum maupun khusus.

Setiap produk/layanan memiliki pangsa pasarnya masing-masing, sehingga ketika saya tidak cocok, yakinlah pasti ada orang lain yang cocok.

 

Bagaimana dengan Support ?

Saya sempat menaruh ekspektasi terlalu tinggi pada layanan support, sampai-sampai orang lain sesama pelanggan di provider yang sama merasa heran, kok layanan support bagus begitu malah saya katakan jelek, tapi itu dulu, ketika saya belum sadar betapa sulitnya yang namanya Human Resource itu, khususnya Cost/Biaya-nya, dan saya saat itu memang kelewatan dalam menggunakan jasa support, saya dulu tidak sadar bahwa yang dilayani bukan cuma saya saja dan ada batasan normalnya sebuah layanan support diberikan.

Saya mengamati, banyak keluhan terkait layanan support adalah pada Live Chat, meskipun sudah 24/7. Perlu Anda ketahui, biasanya pada Live Chat hanya dijaga oleh Divisi Sales dan Customer Service, bukan Technical Support, dan menurut pengamatan saya, ketika Live Chat dijaga juga oleh Technical Support, maka harga layanan disana pun akan berbeda juga.

Utamakanlah meminta bantuan ke Technical Support melalui Ticket agar pelayanan yang kita dapatkan bisa lebih fokus dan professional.

Saya sekarang sudah tidak seperti dulu lagi, dan sekarang, saya justru lebih suka penyedia layanan web hosting yang tidak menyediakan Live Chat 24/7, tapi bukan berarti penyedia layanan yang menyediakan Live Chat 24/7 tidak saya suka, prioritas saya terkait Live Chat 24/7 hanya opsional, alias saya tidak peduli ada atau tidaknya 😀

 

Saya kemudian menyimpulkan bahwa layanan support dari banyak provider web hosting di Indonesia ini sudah sangat bagus, dan setiap provider web hosting di Indonesia bahkan dunia dengan pelanggan dari Indonesia itu memiliki CS (Customer Service) “Ke-2” yakni di Forum DiskusiWebHosting (DWH), disanalah tempat terbaik untuk para pelanggan mengadukan kekecewaan mereka terkait pelayanan dari provider web hosting mana pun, bukannya di blog melalui artikel review.

Bahkan tak jarang ada saja member disana yang rela membantu hoster yang mengalami kesulitan tersebut, ya pelanggan yang kecewa biasanya ada karena memang hoster-nya mengalami problem internal, apa pun bentuknya, dan disana kita juga bisa dapat penawaran baru dari provider lain yang merupakan member disana terkait layanan web hosting yang bisa kita pertimbangkan jika provider sebelumnya sudah sangat mengecewakan.

Percayalah sob, membuat keluhan di artikel review itu lebih condong ke tindakan menjelek-jelekkan provider bersangkutan, karena problem yang menyebabkan kekecewaan itu bisa saja teratasi melalui jalur private yakni ticket, dan jika sudah tidak bisa, maka idealnya diadukan ke DWH saja, disana banyak hoster-hoster yang dengan senang hati membantu problem kita terkait web hosting.

Lalu ketika problem sudah solved entah itu mendapatkan tindakan troubleshooting atau kompensasi, jangan lagi dishare kemana-mana, baik di blog maupun di social media maupun di forum. Meskipun ingin sharing sekalipun, maka adab/etikanya nama provider bersangkutan jangan disebutkan.

Memang Blog (Web Log) menjadi media yang relevan untuk menuliskan pengalaman selama menggunakan layanan dari provider web hosting manapun, tapi ketika itu berupa keluhan, maka sebaiknya diselesaikan dulu dengan hoster bersangkutan melalui ticket atau kontak lainnya secara internal. Jika tidak puas, selanjutnya keluhkan di Forum DWH. Saya yakin, problem itu akan solved di DWH dengan mudahnya.

Sebaiknya jangan mengeluh di Surat Pembaca/Terbuka di “Media Umum”, karena ujung-ujungnya itu cuma menjadi cara memuaskan hawa nafsu atau emosi marah saja tanpa mendapatkan solusi yang cepat dan tanggap. Saya sering membaca tulisan seperti itu dan tidak ada respon apa pun dari provider bersangkutan, masalahnya meskipun dikemudian hari provider tersebut sudah berbenah, meningkatkan kualitas, tulisan itu akan “Abadi” di SERP (Search Engine Result Page), padahal sudah tidak relevant lagi dengan provider bersangkutan. Surat Pembaca/Terbuka digunakan hanya ketika kita sudah tidak tau lagi harus mengadu kepada siapa dan melalui apa.

Blog digunakan untuk posting yang baik-baik saja deh, karena keluhan konsumen itu ada wadah khususnya tersendiri agar mendapatkan respon dan penanganan lebih cepat dan tepat, produk dan layanan apa pun itu 😀

Powered by Dewaweb


Protected by DMCA ! Protected by Premium Copyscape !

Hi, Bagaimana Menurut Anda ?


Jadilah Pembaca yang Baik dengan cara meninggalkan Komentar pada setiap Artikel Bermanfaat yang sudah dibaca (•‿•)


Komentar adalah salah satu Faktor Penyemangat bagi seorang Blogger, termasuk juga saya. Sebagai bukti bahwa saya tidak sendirian disini, mengingat ada banyak sekali Viewer (Pembaca) Artikel di Blog saya ini. Tolong, jangan pergi begitu saja.


Tinggalkan Komentar Anda disini meskipun hanya sekedar menyapa saya, mari kita bangun Forum Diskusi di Kolom Komentar pada setiap Artikel di Blog ini.


Oleh karena itu, saya sudah menyediakan Fasilitas Comment System terbaik saat ini yakni Disqus Comments System untuk membangun Komunitas Komentator yang lebih Advanced lagi, tidak diperlukan Account Disqus untuk bisa berkomentar disini, Anda cukup memasukkan Nama dan Email saja, tapi saya sarankan untuk memiliki Account Disqus jika Anda sering berkomentar di banyak Blog yang menggunakan Disqus Comment System.

Mungkin Anda juga menyukai


Disqus Comments



×
SSL Verified