Ihwal

Bismillahirrohmanirrohim


Saat masih Botak :D, dan Simbol di T-Shirt saya bukanlah Pentagram :)

Saat masih Botak :D, dan Simbol di T-Shirt saya bukanlah Pentagram 🙂

Tahukah Anda arti kata “Ihwal” adalah sama dengan “Tentang” dalam Bahasa Indonesia atau “About” dalam Bahasa Inggris ?

Saya gunakan kata itu karena halaman ini tidak hanya berisi Tentang Saya saja, dan saya ingin menggunakan Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar semampu saya 🙂

Assalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

 

Tentang Saya

Lukmanul Hakim

Perkenalkan nama saya لقمان الحكيم

Secara Resmi dan Formal nama saya ditulis dengan Huruf Alfabet menjadi Lukmanul Hakim, namun secara Tidak Resmi dan Informal, nama saya bisa saja ditulis Luqmanul Hakim, Luqman aL-Hakim, Lukman aL-Hakim. Resmi atau Tidak Resmi itu terkait dengan Dokumen Resmi Negara seperti Akte Kelahiran, KTP (Kartu Tanda Penduduk), SIM (Surat Izin Mengemudi), Ijzah, Sertifikat, dsb. Bisa dikatakan Tidak Resmi itu adalah Nickname (Nama Panggilan) saya yang bisa disingkat Luk atau Luq (kalau Anda ucapkan, maka akan terdengar sama saja) 😀

Panggil saja saya Lukman 🙂

 

Saya “Datang dengan Damai” ke Bumi ini di Banjarmasin (Kalimantan Selatan, Indonesia), tepatnya pada Hari Senin, Tanggal 22, Bulan November, Tahun 1993. Melalui Rahim seorang Wanita Muslimah yang menjadi tempat Jasad (Tubuh Fisik) saya dibuat dan menjadi Portal saya dari Alam Ruh menuju Dunia ini dengan kuasa Allah Azza Wa Jalla yang memadukan Ruh saya dengan Jasad saya sehingga menjadi sebuah Jiwa (Nafs) yang menjadikan saya memiliki potensi Manusiawi berupa Taqwa dan Nafsu (Fujur), Allah mengirim saya ke Dunia, tepatnya di Bumi ini yang Allah pilih sendiri untuk dikuasai oleh Manusia (Khalifah). Alhamdulillah, saya bersyukur telah Allah tetapkan sebagai Manusia, Makluk Ciptaan-Nya yang paling sempurna menurut-Nya, meskipun Manusia seringkali menganggap Manusia tidaklah sempurna karena memiliki Potensi Kesalahan. Tapi, justru itulah kelebihan Manusia, yakni “Free Will”.

 

Tentang LukmanulHakim.iD

Blog ini adalah Personal Blog atau Professional Blog untuk saya, maka dari itu saya menggunakan Domain Utama lukmanulhakim.id (Dengan atau tanpa WWW itu sama saja), saya juga memiliki Domain Alias luqmanulhakim.id. Blog ini bisa juga diakses melalui luqmanulhakim.id.

Pada Blog Title, Blog ini sempat saya beri judul Luqman AL-Hakim, hingga pada akhirnya saya menyadari bahwa Blog ini ingin saya jadikan Professional Blog, sedangkan Nama Resmi saya adalah Lukmanul Hakim, sama persis dengan Domain Name Blog ini. Domain Name memang sangat penting, karena merupakan Nama Resmi untuk Blog ini yang mempengaruhi Prestasi dan Popularitas Blog ini menurut Statistik, Ranking, dsb

Salah satu masalah ketika Domain Name Blog dan Blog Title adalah nama saya sendiri adalah Nickname (Nama Panggilan). Itu diperlukan ketika saya ingin memposting Artikel yang berhubungan dengan Blog ini, misalnya Artikel Changelog/Milestone (Catatan Perubahan) Blog, dsb. Karena hampir setiap Blogger pasti akan menulis Artikel yang berisi tentang Blognya, atau menyebutkan Blognya didalam Artikel manapun yang dia buat (Salah satu Style Penulisan di Blog).

Blog, itu seperti sebuah Karakter Virtual (Avatar) di CyberWorld ini, ada yang menggunakan Nama Khusus yang tidak ada kaitannya dengan Pengurus Blog, ada yang terinspirasi dari nama Pengurus Blog, dan ada yang sepenuhnya menggunakan nama Pengurus Blog, baik itu Nama Depan, Nama Belakang, maupun Nama Lengkap.

Blog saya ini termasuk Blog yang menggunakan Nama Lengkap saya 🙂

Dan karena itu, saya tidak memerlukan Nickname untuk Blog ini, saya lebih senang menyebut “Blog ini”, “Blog saya”, dsb ketika menyebutkan Blog saya ini di Artikel yang saya buat. Hey, saya The Real Person, Pemilik (Owner), Penulis (Writer, Editor) dan Pengurus (Administrator, Webmaster) Blog ini, sedangkan Blog hanyalah sebuah Media.

Domain lukmanulhakim.id ini terdaftar sejak 7 Maret 2016, tapi Blog ini Aktif sejak 25 Februari 2017.

Sempat bergonta-ganti Platform, salah satunya Blogger.com by Google, dan sempat ada banyak Artikel yang saya buat dengan Platform Blogger, hingga akhirnya Blog ini Reborn dari Nol menggunakan Platform WordPress.org Self Hosted.

Artikel lama saya ?, saya hapus, baik dengan Domain ini atau Domain lainnya.

Kenapa ?

Karena saya benci dengan Silent Reader yang dengan mudahnya Close Tab tanpa Say Hello, apalagi Say Thank You melalui form Komentar 🙁

Karena dulu Passion saya murni Share Informasi, maka saya ingin mendapatkan Feedback, saya benci seperti “ngomong sama tembok” 🙁

Tapi sekarang, mohon maaf jika Passion saya itu saya alihkan ke Monetize Blog, semata-mata untuk tetap semangat mengelola Blog, karena itulah saya bisa berlapangdada meski Komentar tidak ada sama sekali pun, saya masih bahagia dengan banyaknya jumlah Visitor dan Page View.

Saya berhenti menulis dengan mengharapkan sesuatu yang tidak bisa diharapkan, yakni Feedback dari pembaca layaknya sebuah Thread Diskusi di sebuah Forum, maka saya sekarang menulis dengan mengharapkan sesuatu yang mutlak pasti saya dapatkan, yakni Visitor dan Page View, meskipun mereka adalah Silent Reader sekalipun 🙂

Saya sadar betul Tipikal Orang Indonesia itu seperti apa:

  1. Silent Reader yang mudah sekali Close Tap setelah membaca Artikel, bahkan jika dia Blogger, dia mudah sekali Copy Paste Artikel Blogger lain tanpa izin sama sekali dan tanpa Link Referensi sama sekali.
  2. Tidak mengklik iklan, justru memasang AdBlocker. Blogger memasang AdBlock Killer, dia juga pasang Anti AdBlock Killer, dst.
  3. Kalau ada Link Referral, dia Mouseover (mengarahkan Pointer Mouse ke atas Link) dulu untuk mengetahui Link-nya, lalu dia ketik manual Domain tersebut tanpa Link Referral milik Blogger yang karena Blogger itulah dia tau, karena mendapatkan Review dari Blogger tersebut.

 

Domain Blog ini adalah www.lukmanulhakim.id

 

Ini adalah Nama Lengkap saya dengan penulisan yang sesuai dengan nama saya In Real Life yakni Lukmanul Hakim. Sebenarnya nama saya sejak lahir itu tertulis di Akte Kelahiran sebagai Luqmanul Hakim, namun karena terjadi “Kesalahan Fatal” ketika saya Sekolah Dasar, saya terpaksa harus mengubah satu huruf di nama saya dari Q menjadi K dan Tanggal Lahir saya dari 22 menjadi 23. Anggaplah nama saya itu Penyerapan Bahasa Arab ke Bahasa Indonesia 😀

Luqmanul Hakim itu adalah Penulisan dengan Alfabet yang paling Sesuai Makhrajul Huruf Hijaiyah dari لقمان الحكيم yang terdiri dari dua kata yakni Luqman dan AL-Hakim.

ق = Q

 = K

Seumur Hidup saya, saya harus mengingatkan “Pakai K ya !” ketika menyebutkan nama saya untuk dituliskan oleh orang lain.

Bahkan ada yang menuliskan nama saya dengan penulisan “Lukman Nul Hakim” atau “Lukmannul Hakim” 😀

Saya harus mengakui dengan sangat menyesal bahwa penulisan yang benar itu adalah Luqmanul Hakim, tapi Fakta di Indonesia memang terdapat dua versi penulisan yakni Luqmanul Hakim dan Lukmanul Hakim. Tidak masalah jika secara Informal, karena Nama saya adalah لقمان الحكيم  🙂

Meski tidak direkomendasikan, takutnya ketika Orang yang baru kenal saya menuliskan nama saya untuk keperluan Formal malah ditulis Luqman AL-Hakim atau Luqmanul Hakim, kan repot jadinya 😀

 

Memang jika secara Formal, itu tidak bisa !

Karena di Tanda Pengenal, Ijazah, Sertifikat, dan Dokumen Resmi lainnya, saya harus menggunakan satu penulisan yang menjadi Nama Permanen saya di Indonesia ini yang menggunakan Alfabet, yang membuat saya harus mengubah Akte Kelahiran saya dari Luqmanul Hakim menjadi Lukmanul Hakim. Seperti kata saya sebelumnya, anggap saja itu serapan Bahasa Arab ke Bahasa Indonesia.

Jadi, Lukmanul Hakim, Luqmanul Hakim, Luqman AL-Hakim itu sama saja karena yang sebenarnya adalah لقمان .الحكيم

Anda bisa membaca lebih lanjut mengenai nama saya di Artikel perkenalan Domain al-hakim.id dan alhakim.id disini.

Disana saya menemukan fakta baru bahwa nama saya ketika dipisah dalam huruf latin, seharusnya menjadi Lukman aL-Hakim, bukan Lukmanul Hakim, pakai huruf K atau Q itu sama saja.

Itulah kenapa saya mendaftarkan Domain baru yakni al-hakim.id dan alhakim.id (konsekuensi punya Domain pakai tanda/simbol Strip), yang bisa saya buatkan Subdomain lukman.al-hakim.id dan Alamat Email [email protected], begitu juga pada Domain alhakim.id, dan saya bautkan juga alternatif lain dengan menggunakan huruf Q, seperti biasa 😀

Saya mengabaikan Domain lukmanul.id, karena Domain tersebut terlalu tanggung, meskipun itu First Name saya, seharusnya saya mendaftarkan hakim.id sejak awal ketika saya punya kesempatan, karena itu merupakan Last Name saya.

Saya tidak mau orang salah alamat ketika ingin menghubungi saya 😀

 

Blog Title Blog ini adalah Lukamanul Hakim

Saya memilih Lukmanul Hakim sebagai Judul Blog ini setelah sempat menggunakan Luqman AL-Hakim, karena saya sempat bermasalah secara Administrasi Formal, karena Luqman AL-Hakim berbeda dengan nama saya di KTP (Kartu Tanda Pengenal). Sehingga saya tidak ingin lagi jika sampai terjadi hal serupa, yakni menuliskan nama saya sebagai Luqman AL-Hakim, bukan Lukmanul Hakim.

Meskipun ketika dipisah, seharusnya adalah Lukman aL-Hakim, tapi faktanya nama saya adalah Lukmanul Hakim.

Memang, Domain lukmanulhakim (Disambung), Judul Lukman aL-Hakim (Dipisah), sudah benar kan ?, tapi tetap saja, nanti jadi masalah dikemudian hari karena itu ditulis dengan Alfabet, bukan Hijaiyah. aL dan uL itu tetaplah berbeda bentuk hurufnya, bukan barisnya. Orang akan menganggap nama saya ditulis dengan Lukman aL-Hakim, bukan Lukmanul Hakim.

Satu Huruf antara K dan Q saja sudah jadi masalah di Indonesia ini, apalagi secara keseluruhan Lukmanul Hakim jadi Luqman aL-Hakim ?

Akhirnya saya terima kenyataan bahwa nama saya, adalah Lukmanul Hakim.

 

Tagline Blog ini adalah Learning by Doing

Tagline tersebut merupakan Prinsip saya sejak dulu, dimana saya selalu Belajar berdasarkan Teori dan Praktek. Mempelajari Teori sembari Mempraktekkannya, Ya, Learning by Doing, Pelajari sambil Dipraktekkan. Saya D.I.M Maniac (Do It Myself).

Anda tidak perlu heran jika Artikel di Blog saya ini ya suka-suka saya mau Topik apa pun, memang saya akui bukanlah tipikal Blog yang bagus untuk difollow (Subscribe), karena Peminat Otomotif bisa kecewa ketika saya Posting tentang IT, begitu sebaliknya, dan berlaku pada Topic lainnya selain IT dan Otomotif.

Itulah kenapa saya tidak menggunakan fasilitas Email Subcribe (News Letter) pada Blog ini, saya fokus pada Organic Visitor dari Search Engine.

Harap maklum, karena Blog ini mewakili saya, menjadi Log saya. Blog ini bukan Produk yang saya buat dengan Topic/Genre khusus.

Maka sudah biasa jika saya menulis Artikel sesuai dengan apa yang sedang saya gandrungi, saya oprek, dsb

Sesuai Tagline Blog ini, yakni Learning by Doing, maka Blog ini pun adalah Sharing by Doing 🙂

 

Tentang Logo Blog Saya

Logo Lukmanul Hakim V1

Logo Lukmanul Hakim V1

Logo Lukmanul Hakim V2

Logo Lukmanul Hakim V2

Logo ini dibuat dengan Konsep “Kurung Lancip” yakni “<” dan “>” atau dalam Matematika artinya “Kurang dari” dan “Lebih dari“.
 
Tapi bukan itu yang mendasari Logo Blog saya, tapi karena Simbol itu digunakan untuk Syntax ketika Coding dalam beberapa Bahasa Pemrograman, khususnya Web Programming seperti HTML, PHP, JavaScript, dsb
Property of Lukmanul Hakim V1

Property of Lukmanul Hakim V1

Property of Lukmanul Hakim V2

Property of Lukmanul Hakim V2

 
Contoh: <a href="https://www.lukmanulhakim.id">Lukmanul Hakim</a> .
 
Selain Simbol “< dan >“, Logo ini juga menggunakan Simbol Huruf “L” yang merupakan Initial First Name (Inisial Nama Depan) saya.
 
Dan saya terinspirasi Logo Kubuntu (Linux Ubuntu with KDE Desktop Environment) yang merupakan Simbol “IT” dan “Open Source”, Filosofi Logo Kubuntu itu sendiri sama dalamnya dengan Logo Ubuntu, yakni Kebersamaan dalam Berbagi kepada Sesama Manusia. Bergandengan Tangan membentuk sebuah Lingkaran seolah-olah Mendiskusikan Ilmu Pengetahuan dan Membahas Troubleshooting dibalut Kebersamaan (Circle of Frend).
 
Logo Kubuntu juga sepintas terlihat seperti “Gear” yang mewakili Hobi Otomotif dan Engineering saya. Jadi, Logo Kubuntu seolah-olah menggambarkan Topik Blog saya yang lebih dominan mengangkat Topik Otomotif dan ITC (Information Technology and Communication) atau Komputer lah Istilah Umumnya.
Penggunaan Logo Kubuntu itu Legal, karena Kubuntu merupakan produk Open Source yang memiliki Lisensi GPL (Generic Public License). Saya juga menggunakan Ubuntu Font untuk Blog saya ini.
Meskipun untuk Logo Ubuntu terdapat Trademark Policy, namun untuk Logo Kubuntu tidak ada. Karena hanya perpaduan Logo KDE dan Circle of Frend dari Ubuntu, sedangkan Circle of Frend bukanlah Copyright milih Canonical Ltd selaku perusahaan yang memiliki Trademark Ubuntu beserta Copyright (Hak Cipta) atas Logo Ubuntu. Circle of Frend sudah sangat lama ada di dunia ini, entah siapa pencetus awalnya.
Karena itulah saya merilis Logo V2 yang lebih menegaskan desain sebuah Gear dengan bentuk Circle of Frend. Tapi masih terinspirasi dari Logo Kubuntu.
Semoga tidak ada masalah dikemudian hari, I Love Linux, I Love Ubuntu, I Love KDE, So I Love Kubuntu ! 🙂
 
Oh ya, saya ini Idealis dan Perfectionist :D, itulah kenpa Logo Blog ini memiliki element berbentuk Simetris !
Warna Biru saya pilih karena secara Psikologis membuat siapa saja menjadi betah berlama-lama, tidak cepat bosan, dan sedap dipandang, serta elegant, Wana Biru yang saya gunakan bukan Murni Biru pada umumnya, namun dibuat lebih gelap dan lainnya lebih muda, itu saya lakukan untuk menurunkan Spektrum Warna agar tidak membuat Mata menjadi cepat lelah, harapan saya Pengunjung yang datang ke Blog saya ini akan betah berlama-lama, membaca Artikel saya lainnya, dan berinteraksi dengan saya melalui Komentar.
 
www.lukmanulhakim.id sendiri adalah Blog yang menggunakan Nama Lengkap saya sebagai Domain Name, itu artinya Apa pun yang saya Tau, apa pun yang saya Bisa, apa pun yang saya Alami, dan saya ingin Sharing ?, di Blog inilah Tempatnya !
 
Tagline Blog saya adalah “Learning by Doing” yang merupakan Prinsip saya sejak dulu, dimana saya selalu Belajar berdasarkan Teori dan Praktek. Mempelajari Teori sembari Mempraktekkannya, Ya, Learning by Doing, Pelajari sambil Dipraktekkan. Saya D.I.M Maniac (Do It Myself).
 
I’m not a perfect person
There’s many things I wish I didn’t do
But I continue learning …

 

– Hoobastank (The Reason).

 

Best Regards,

 

Lukmanul Hakim
https://www.lukmanulhakim.id
Powered by Dewaweb


Protected by DMCA ! Protected by Premium Copyscape !


×
SSL Verified