L

Sejarah Asal Mula Kalimat “Kandangan Cingai !” di Kalimantan Selatan


Bismillahirrohmanirrohim


Wanita Dayak

 

Kandangan Cingai !

 
Istilah ini Umum di Masyarakat Kalimantan Selatan, Seringkali menjadi semacam Guyonan ketika Orang yang bukan Orang Kandangan bertemu dengan Orang Kandangan lalu bercanda. Biasanya terjadi di Luar Kandangan, misalnya di Banjarmasin dan sekitarnya.
Saya yang lahir di Banjarmasin ini saja, karena Ibu saya Urang Kandangan Asli, maka saya sering mendengar Istilah itu yang ditujukan kepada saya sejak kecil, bukan Ejekan, bukan Hinaan, tapi apa ya lebih tepatnya ?, karena Istilah itu menunjukkan bahwa Urang Kandangan itu Jagoan 😀
Meskipun tidak semuanya …
 
Banyak Orang yang tau Istilah itu, tapi banyak yang justru tidak tau Sejarahnya, Unda (Saya) yang Blasteran Urang Kandangan (Ibu) + Urang Banjarmasin (Ayah) ini, dapat Informasi tentang Origin Story dari Istilah yang Melagenda ini.
Sumbernya adalah Kakek saya yang jelas-jelas Urang Kandangan Asli dan yang namanya Kakek, jelas bukan Orang Baru di Dunia ini, khususnya di Kandangan 😀
Bahkan Koleksi Lagu-lagu Banjar yang Arasemennya masih Original menggunakan Alat Musik Khas Banjar semua beliau punya, yang saat ini sudah langka.
Powered by Dewaweb


Protected by DMCA ! Protected by Premium Copyscape !

Hi, Bagaimana Menurut Anda ?


Jadilah Pembaca yang Baik dengan cara meninggalkan Komentar pada setiap Artikel Bermanfaat yang sudah dibaca (•‿•)


Komentar adalah salah satu Faktor Penyemangat bagi seorang Blogger, termasuk juga saya. Sebagai bukti bahwa saya tidak sendirian disini, mengingat ada banyak sekali Viewer (Pembaca) Artikel di Blog saya ini. Tolong, jangan pergi begitu saja.


Tinggalkan Komentar Anda disini meskipun hanya sekedar menyapa saya, mari kita bangun Forum Diskusi di Kolom Komentar pada setiap Artikel di Blog ini.


Oleh karena itu, saya sudah menyediakan Fasilitas Comment System terbaik saat ini yakni Disqus Comments System untuk membangun Komunitas Komentator yang lebih Advanced lagi, tidak diperlukan Account Disqus untuk bisa berkomentar disini, Anda cukup memasukkan Nama dan Email saja, tapi saya sarankan untuk memiliki Account Disqus jika Anda sering berkomentar di banyak Blog yang menggunakan Disqus Comment System.

Mungkin Anda juga menyukai


Disqus Comments



×
SSL Verified