L

Cara Melepas TPS (Throttle Position Sensor) dari Throttle Body


Bismillahirrohmanirrohim


Old Vario 125i: TB dengan TPS Baru

Pada artikel sebelumnya sudah saya bahas mengenai kerusakan TPS (Throttle Position Sensor) pada motor saya Old Vario 125i.

Terus terang, menurut pengalaman saya, sensor-sensor injeksi ini menjadi momok tersendiri bagi mekanik, bahkan mekanik bengkel resmi, biasanya tidak berani bongkar-bongkar, alhasil selalu luput dari daftar part yang mesti dicurigai.

Orang dengan mudah memvonis ECU rusak dan menyarankan mengganti ECU yang harga mahal, daripada mencurigai kerusakan pada sensor-sensor pada sistem injeksi.

Apalagi kalau terlihat motor bersangkutan menggunakan Koil Racing, bahkan sekelas Ultra Speed Racing kelaipun 😀

No offense yah, kalau teknisi bengkel resmi saja kalau bisa tidak menyentuh sensor-sensor, apalagi saya yang merupakan pengguna tidak biasa 😀

 

Disini saya akan coba bahas bagaimana cara melepas Sensor TP ini, karena menurut pengalaman saya, melepaskan TPS ini agak tricky juga, karena cukup menempel dengan kuat.

Ternyata menempel kuat itu karena terjadi kevakuman di dalam unit TPS tersebut, setiap sensor di TB (Throttle Body) diamankan dari potensi kemasukan air dan debu dengan menggunakan karet O-Ring (Seal).

Honda PGM-FI: TPS Belakang

Honda PGM-FI: TPS Depan

Yupz, begitulah ketika TPS tidak terpasang, jadi jangan mengira kalau TPS ini terkunci dengan as katup butterfly di TB, justru dibalik TPS ini ada Circlip yang ngunci as throttle agar tidak lepas.



Protected by DMCA ! Protected by Premium Copyscape !

Hi, Bagaimana Menurut Anda ?


Jadilah Pembaca yang Baik dengan cara meninggalkan Komentar pada setiap Artikel Bermanfaat yang sudah dibaca (•‿•)


Komentar adalah salah satu Faktor Penyemangat bagi seorang Blogger, termasuk juga saya. Sebagai bukti bahwa saya tidak sendirian disini, mengingat ada banyak sekali Viewer (Pembaca) Artikel di Blog saya ini. Tolong, jangan pergi begitu saja.


Tinggalkan Komentar Anda disini meskipun hanya sekedar menyapa saya, mari kita bangun Forum Diskusi di Kolom Komentar pada setiap Artikel di Blog ini.


Oleh karena itu, saya sudah menyediakan Fasilitas Comment System terbaik saat ini yakni Disqus Comments System untuk membangun Komunitas Komentator yang lebih Advanced lagi, tidak diperlukan Account Disqus untuk bisa berkomentar disini, Anda cukup memasukkan Nama dan Email saja, tapi saya sarankan untuk memiliki Account Disqus jika Anda sering berkomentar di banyak Blog yang menggunakan Disqus Comment System.

Mungkin Anda juga menyukai



Facebook Comments



Disqus Comments



×
SSL Verified