L

Ternyata Oli Gardan Rekomendasi ATPM Isinya Oli Mesin !


Bismillahirrohmanirrohim


Gear Lubricant

Ketika Searching di Google tentang Gear Oil untuk Scooter Matic, kita biasanya sering membaca statement yang kurang lebihnya sebagai berikut:

Gunakanlah Oli Gardan khusus untuk Motor Matic Anda karena Khusus Diformulasikan dan Didesain untuk Gardan Motor Matic

Tentunya tidak harus persis sama seperti kutipan diatas, masing-masing punya variasi kalimatnya masing-masing, hanya yang pasti intinya demikian.

Lucunya, ada yang menambahkan kalimat “Memperhalus Perpindahan Gigi pada Motor Matic”, bukankah tidak ada mekanisme Gear Shifting (Oper/Memindahkan Gigi) pada Motor Matic ? 😀

 

Mengenai Istilah “Gardan” pada Motor Matic

Sebelumnya bagian ini saya jelaskan di artikel ini, tapi itu menyebabkan artikel ini menjadi OOT (Out of Topic) di awal, meskipun topic itu berkaitan dengan pembahasan di artikel ini.

Jadi, saya sarankan Anda juga membaca penjelasan mengenai istilah “Gardan” pada Motor Matic tersebut disini.

Malah Spin off ya artikel saya, memang saya suka bikin artikel yang Rich Content, sehingga itu menyebabkan artikel menjadi panjang, sampai-sampai ada yang bilang “Kalau baca tulisan bro Lukman ini kudu siapin kopi sama rokok dulu, sekalian gorengan kalau ada” 😀

 

Apakah Anda yakin Oli Gear yang Anda gunakan itu memang khusus diformulasikan untuk Gearbox Motor Matic ?

Bagi Anda yang sudah menggunakan Sepeda Motor jenis Scooter Matic sejak awal-awal kehadirannya pasti mengalami diamana seluruh bengkel termasuk bengkel resmi dari ATPM mengisi Gearbox Motor Matic menggunakan Oli Mesin, biasanya Oli Mesin kemasan 1 Liter (1000 mL), akan digunakan 800 mL untuk Mesin, lalu sisanya 120 mL – 200 mL diisikan ke Gardan.

Menurut penelusuran saya (Koreksi jika salah),  YIMM (Yamaha) lah yang memulai “Trend” itu, yang diikuti oleh ATPM Motor Jepang lainnya yakni AHM (Honda) dan SIM (Suzuki), padahal “Mbahnya” Scooter Matic di Indonesia yakni Kymco dari dulu sampai sekarang tetap menggunakan Gear Oil API GL-4 atau 5 SAE 90 atau 80W-90.

Silahkan tanyakan di Forum Kymco Indonesia 😀

Memang, awal-awal kemunculan Scooter Matic Motorcycle ini disertai rumor-rumor atau mitos-mitor dan disertai juga ketidakjelasan mengenai segaia sesuatunya, bahkan cuma baru-baru ini saja kan Oli Mesin Motor Matic dibuatkan standard khusus yakni JASO MB ?, dulu sih biasa saja JASO MA dipakai di mesin Motor Matic 😀

Dewasa ini, hal serupa juga terjadi ketika awal-awal kemunculan Teknologi Fuel Injection (Programmable Ignition System).

Benar tidak ?, hayoo siapa yang tidak kenal dengan propaganda bahwa “Motor injeksi itu tidak boleh kehabisan bensin, bisa masuk angin, rusak !”, emang Injeksi Truk yang kalau kehabisan bahan bakar jadi masuk angin ? 😀

 

Baca Juga: Penggunaan Radiator Coolant Tanpa Aditif Glycol, Amankah ?

 

Kenapa saat itu Bengkel “Mengakali” Oli untuk Gearbox menggunakan Oli Mesin ?

Istilah “Mengakali” agak kasar ya sob, makanya saya kasih tanda kutip, maksudnya “Life Hack” lah istilah kerennya, yakni pemanfaatan apa yang ada untuk mencapai suatu tujuan 😀

Teknik itu sudah biasa sob dalam dunia perbengkelan, bahkan bengkel yang jago demikian lebih digemari masyarakat, karena relatif tidak perlu ganti spare part baru, jadinya tidak dikit-dikit ganti alat. Misal, ketika kampas rem atau kampas kopling motor matic sudah tipis, disayat-sayat saja pakai grinda atau gergaji besi, agar bisa digunakan lagi sembari konsumen ngumpulin duit buat ganti part baru 😀

Contohnya di artikel saya disini.

Saat itu memang jenis Scooter Matic masih merupakan “Barang Baru”, bahkan dulu belum ada Standard JASO MB, jangankan Oli Khusus Gardan Motor Matic, Oli Mesin Khusus Motor Matic saja belum ada pada saat itu, maka Oli Khusus Motor Manual yang digunakan saat itu 😀

Lebih jauh lagi, dulu Motor Manual pun pakai Oli Mobil, karena saat itu belum ada trend “Oli Khusus Motor”, tau Oli Mesran, dan PrimaXP ?, itu Oli Mobil, yang sampai saat ini masih banyak bengkel sepeda motor umum yang jual oli itu, tentu saja untuk digunakan pada sepeda motor. Dulu tidak ada JASO MA soalnya, lahirnya JASO MA karena perkembangan teknologi oli terbaru menjadikan oli mesin semakin licin, sedangkan motor jepang menggunakan kopling basah yang tidak bisa menggunakan oli yang terlalu licin, karena dapat menyebabkan slip kopling.

Pada era Motor Matic, oli Mesin JASO MA menjadi Oli Mesin Resmi untuk Scooter Matic saat itu, ya kan ?

Lucunya, JASO MB itu bisa dikatakan tidak ada yang Spesial, karena sebenarnya JASO MB adalah Oli Mesin yang tidak dilakukan Downgrade pada penggunaan Friction Modifier Additives, karena Scooter Matic menggunakan Dry Clutch, itulah kenapa saya sering mengatakan PCMO (Oli Mobil) adalah JASO MB Applicable, dan HDEO (Oli Truk) adalah JASO MA Applicable.

Jadi, JASO MA itu oli mesin yang Aditif Friction Modifer-nya dikurangi, sedangkan JASO MB itu tidak justru dioptimalkan, misalnya menggunakan Aditif Molybdenum Desulfide.

Keliru jika ada yang mengatakan JASO MA itu pakai Aditif Anti-slip Kopling, justru Aditif Friction Modifier penyebab slip kopling yang dibatasi atau dikurangi sampai batas yg aman untuk kampas kopling basah tapi tidak membahayan mesin.

Bagi yang belum tau, yang dimaksud “Aditif Friction Modifier” adalah aditif atau zat kimia tertentu yang berfungsi untuk meningkatkan tingkat kelicinan oli mesin.

Karena keterbatasan saat itu, maka munculah ide briliant (Life Hack) dari pihak Bengkel saat itu, digunakanlah Oli Mesin pada Gearbox, dengan cara membeli Oli 1 Liter, lalu isikan 800 mL ke Mesin, sisanya ke Gardan.

Mereka lupa atau tidak tau bahwa ada Pemain Lama yakni Kymco (Mbahnya Motor Matic di Indonesia) yang menggunakan Gear Oil API GL-4 SAE 90 pada Gearbox Scooter Matic produksinya. Saya sering loh baca thread di komunitas penggunanya yang jelas-jelas pakai oli gardan/gearbox mobil di gardan motor matic mereka 😀

Tapi saya Khusnudzon (Positive Thinking) saja bahwa pihak bengkel tersebut seperti kata saya sebelumnya, melakukan “Life Hack”, karena Gear Oil itu adalah Car Stuff yang tentu tersedia di bengkel mobil, lah mereka kan kerja di bengkel motor ?, maka dimanfaatkanlah apa yang ada yakni Oli Mesin Motor kemasan 1 Liter, 800 mL ke Mesin, sisanya ke Gardan, daripada tidak pakai oli sama sekali ?

Ini mirip seperti ketika kita pakai mesin kompresor air (Water Compressor) bertenaga listrik yang menggunakan oli mesin otomotif baik mobil atau motor, padahal kompresor air ada loh oli khususnya. Saya tau karena saya punya kompresor air untuk cuci mobil/motor, oli di dalamnya terpaksa menggunakan oli mesin otomotif karena sejauh penelusuran saya di Indonesia belum ada yang jual oli khususnya.

 

Penggunaan Gear Oil API GL Itu kan SOP Kymco ?, Lah Motor saya bukan Kymco, ya saya ikut SOP pabrikan Motor saya lah !

Mengikuti Standard Operational Procedure dari Pabrikan itu sangat-sangat bagus sob, saya pun dalam menghandle motor saya, pasti berpedoman pada Service Manual Book motor saya.

Tapi untuk urusan Fluida, termasuk Oli, sudah biasa kan kita pengguna motor pabrikan tertentu memilih tidak menggunakan oli standard pabrikan ?, hayoo ngaku 😀

Dewaweb - Cloud Hosting Terbaik !

Protected by DMCA ! Protected by Premium Copyscape !

Hi, Bagaimana Menurut Anda ?


Jadilah Pembaca yang Baik dengan cara meninggalkan Komentar pada setiap Artikel Bermanfaat yang sudah dibaca (•‿•)


Komentar adalah salah satu Faktor Penyemangat bagi seorang Blogger, termasuk juga saya. Sebagai bukti bahwa saya tidak sendirian disini, mengingat ada banyak sekali Viewer (Pembaca) Artikel di Blog saya ini. Tolong, jangan pergi begitu saja.


Tinggalkan Komentar Anda disini meskipun hanya sekedar menyapa saya, mari kita bangun Forum Diskusi di Kolom Komentar pada setiap Artikel di Blog ini.


Oleh karena itu, saya sudah menyediakan Fasilitas Comment System terbaik saat ini yakni Disqus Comments System untuk membangun Komunitas Komentator yang lebih Advanced lagi, tidak diperlukan Account Disqus untuk bisa berkomentar disini, Anda cukup memasukkan Nama dan Email saja, tapi saya sarankan untuk memiliki Account Disqus jika Anda sering berkomentar di banyak Blog yang menggunakan Disqus Comment System.

Mungkin Anda juga menyukai



Facebook Comments



WordPress Comments

23 Respon

  1. Praz Zambans berkata:

    emang bener oli ATPM rata2 oli mesin….soalnya dari bau saja sudah hampir sama dengan oli mesin…lebih baik pakai oli transmisi mobil manual deh

    • Lukmanul Hakim berkata:

      Terimakasih 🙂

      Bau itu dari aditif extream pressure, yakni sulpur phosphorus, makanya bau belerang kan ?, bau-nya sama kayak bau grease/gemok untuk bearing yang sama-sama pakai aditif extream pressure 😀

  2. jojo berkata:

    ijin share ya bang

  3. Ar zak berkata:

    motor saya mio m3 125 apakah bisa menggunakan Oli gardan dgn kekentalan 80w-90 ?

  4. Djuned Djuned berkata:

    Maaf menambahkan mas Lukman,, maybe mas Andi Vario nya hrs jg ganti olie mesin nya dan cek busi nya,,, akan LBH baik di service terlebih dahulu,, Krn perfomance menurun biasa disebabkan panas berlebih mengakibatkan tenaga drop Jd kalo hanya mengganti oli gear biasanya suara cvt akan LBH halus saja,, saya sendiri telah mempraktekkan ilmu mas Lukman lsg berasa PD aerox 155 (km msh 2850km) Saia, selain ganti olie gear saya jg lsg ganti olie mesin nya dgn olie di atas standar pabrik Yamaha, Jaso MB, kandungan Ester SAE 10w40 khusus matic, lalu saya sekalian ganti busi iridium (saya cek busi lama pembakarannya TDK sempurna MK nya ada gejala knocking/ngegelitik or org mekanik bengkel Yamaha Bilangnya stelan klep nya sengaja TDK rapat),, trus saya naikin jg bensinnya Jd RON 95 (VPOWER / PETaMAX PLUS), lsg terasa lbh bertenaga, top. Speed naik, mesin halus n cvt jg ga berisik sblmnya, irit juga bbrp % Krn gejala ngegelitik ilang tuuhh (spt bukan Krn stelan klep sengaja tidak rapat deehh spt mekanik Yamaha bilang)…Saia byk dpt ilmu Dr baca di blog ini terutama ttg mslh olie yg baik n bener utk motor matic…makasih mas Lukman utk sharing nya yg sgt bermanfaat neehh…Krn saya liat sharing nya beda dgn yg lain,, dsini selalu dalam dukung data2 lengkap n sdh di praktekkan oleh org lain Jd teruji kebenarannya,, MK nya saya sangat yakin n msk dlm logika berpikir saya yg SDH puluhan tahun menggunakan motor (Suzuki, Honda, baru skrg pegang Yamaha,, hehehehee..LG belajar mengenal karakter nya n baru belajar mengenal motor matic)…thanks mas lukman atas pencerahannya …xixixixix

  5. Djuned Djuned berkata:

    Mas Lukman, Castrol scooter gear oil SAE 80w 90 API GL nya 5 looh…spt dlm gambar saya fotoin baru beli 3 hari lalu (ini sisanya)….mohon maaf kalau saya salah harap di betulkan

    https://uploads.disquscdn.com/images/fff6889899c8efe3b390af37befc72535e71081f7deccd829f3647a6f9505cf0.jpg 0

  6. bima berkata:

    hallo Gan, saya mau bertanya, sebelumnya saya menggunakan oli gardan (Gilbox) bawaan standar pabrik, nah sekarang saya mau berganti dengan oli Castrol Oli Transmisi Manual Castrol Mtf Gl-4 80w-90
    apa perlu di Flushing terlebih dahulu, atw bisa langsung di pakai, mohon sarannya, tks

  7. donny berkata:

    om mohon pencerahannya nih masih bingung masalah oli gardan motor matic, secara konstruksi & bentuk sebetulnya gardan matic itu lebih mirip gardan mobil ato transmisi manual mobil? karena sepengetahuan ane peruntukan oli nya sebetulnya beda kl dimobil, GL-4 untuk transmisi & GL-5 untuk gardan.. secara kasat mata sih menurut ane lebih mirip gear gardan mobil bentuknya. dan kl liat oli scooter yg dikeluarin castrol dia pake GL-5 ya? tp kalo liat tulisan ente lebih menganjurkan GL-4? jadi lebih baik pakai yang mana?

  8. Briamawan berkata:

    Gan, misal oli gardan motor matic di kasih milik mobil ada efek buruknya gak ya? Kalo oli mesin okelah asal speknya sama, kalau gardan masih penasaran. Trims

  9. i18n berkata:

    Nice artikel mas lukman, saya dari beli motor matic dulu langsung saya kuras habis oli bawaan, dan ganti sama SAE90 HDA (RORED), gak ada masalah sampai sekarang, punya temen2 dah pada ganti bearing 😀

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *