L

Ternyata Oli Gardan Rekomendasi ATPM Isinya Oli Mesin !


Bismillahirrohmanirrohim


Gear Lubricant

Ketika Searching di Google tentang Gear Oil untuk Scooter Matic, kita biasanya sering membaca statement yang kurang lebihnya sebagai berikut:

Gunakanlah Oli Gardan khusus untuk Motor Matic Anda karena Khusus Diformulasikan dan Didesain untuk Gardan Motor Matic

Tentunya tidak harus persis sama seperti kutipan diatas, masing-masing punya variasi kalimatnya masing-masing, hanya yang pasti intinya demikian.

Lucunya, ada yang menambahkan kalimat “Memperhalus Perpindahan Gigi pada Motor Matic”, bukankah tidak ada mekanisme Gear Shifting (Oper/Memindahkan Gigi) pada Motor Matic ? 😀

 

Mengenai Istilah “Gardan” pada Motor Matic

Sebelumnya bagian ini saya jelaskan di artikel ini, tapi itu menyebabkan artikel ini menjadi OOT (Out of Topic) di awal, meskipun topic itu berkaitan dengan pembahasan di artikel ini.

Jadi, saya sarankan Anda juga membaca penjelasan mengenai istilah “Gardan” pada Motor Matic tersebut disini.

Malah Spin off ya artikel saya, memang saya suka bikin artikel yang Rich Content, sehingga itu menyebabkan artikel menjadi panjang, sampai-sampai ada yang bilang “Kalau baca tulisan bro Lukman ini kudu siapin kopi sama rokok dulu, sekalian gorengan kalau ada” 😀

 

Apakah Anda yakin Oli Gear yang Anda gunakan itu memang khusus diformulasikan untuk Gearbox Motor Matic ?

Bagi Anda yang sudah menggunakan Sepeda Motor jenis Scooter Matic sejak awal-awal kehadirannya pasti mengalami diamana seluruh bengkel termasuk bengkel resmi dari ATPM mengisi Gearbox Motor Matic menggunakan Oli Mesin, biasanya Oli Mesin kemasan 1 Liter (1000 mL), akan digunakan 800 mL untuk Mesin, lalu sisanya 120 mL – 200 mL diisikan ke Gardan.

Menurut penelusuran saya (Koreksi jika salah),  YIMM (Yamaha) lah yang memulai “Trend” itu, yang diikuti oleh ATPM Motor Jepang lainnya yakni AHM (Honda) dan SIM (Suzuki), padahal “Mbahnya” Scooter Matic di Indonesia yakni Kymco dari dulu sampai sekarang tetap menggunakan Gear Oil API GL-4 atau 5 SAE 90 atau 80W-90.

Silahkan tanyakan di Forum Kymco Indonesia 😀

Memang, awal-awal kemunculan Scooter Matic Motorcycle ini disertai rumor-rumor atau mitos-mitor dan disertai juga ketidakjelasan mengenai segaia sesuatunya, bahkan cuma baru-baru ini saja kan Oli Mesin Motor Matic dibuatkan standard khusus yakni JASO MB ?, dulu sih biasa saja JASO MA dipakai di mesin Motor Matic 😀

Dewasa ini, hal serupa juga terjadi ketika awal-awal kemunculan Teknologi Fuel Injection (Programmable Ignition System).

Benar tidak ?, hayoo siapa yang tidak kenal dengan propaganda bahwa “Motor injeksi itu tidak boleh kehabisan bensin, bisa masuk angin, rusak !”, emang Injeksi Truk yang kalau kehabisan bahan bakar jadi masuk angin ? 😀

 

Baca Juga: Penggunaan Radiator Coolant Tanpa Aditif Glycol, Amankah ?

 

Lanjut ke halaman 2 ya sob 🙂

Powered by Dewaweb


Protected by DMCA ! Protected by Premium Copyscape !

Hi, Bagaimana Menurut Anda ?


Jadilah Pembaca yang Baik dengan cara meninggalkan Komentar pada setiap Artikel Bermanfaat yang sudah dibaca (•‿•)


Komentar adalah salah satu Faktor Penyemangat bagi seorang Blogger, termasuk juga saya. Sebagai bukti bahwa saya tidak sendirian disini, mengingat ada banyak sekali Viewer (Pembaca) Artikel di Blog saya ini. Tolong, jangan pergi begitu saja.


Tinggalkan Komentar Anda disini meskipun hanya sekedar menyapa saya, mari kita bangun Forum Diskusi di Kolom Komentar pada setiap Artikel di Blog ini.


Oleh karena itu, saya sudah menyediakan Fasilitas Comment System terbaik saat ini yakni Disqus Comments System untuk membangun Komunitas Komentator yang lebih Advanced lagi, tidak diperlukan Account Disqus untuk bisa berkomentar disini, Anda cukup memasukkan Nama dan Email saja, tapi saya sarankan untuk memiliki Account Disqus jika Anda sering berkomentar di banyak Blog yang menggunakan Disqus Comment System.

Mungkin Anda juga menyukai


Disqus Comments

  • Stefanus Yoke

    Bro kenapa kalo pakai google search koq error melulu ke blog sampean ini?

    • lukmanulhakim.id sedang ada masalah DNS (Domain Name System), masih
      tahap Propagasi, sehingga masih belum Singkron di semua DNS yang
      digunakan ISP (Internet Service Provider), pada OpenDNS sudah Pointed
      dengan sempurna, dan sudah saya lakukan Refresh DNS Cache untuk
      mempercepat proses Propagasinya, mohon maaf atas ketidaknyamannya

      Update: Sudah resolve 🙂

  • Iyo

    Gan, jadi merk apa yang rekomen buat oli gardan matic?
    bisa dong dibikinin list nya
    Hatur Nuhun

  • Moe dan Zack

    Gan klo oli gear yg direkomended dua tdi castrol cma rored mtf dg pemakaian bsa smpai 50.000 km apa ndak bahaya ?

    • Selama tidak tercampur air, aman. Tapi kita gk tau kan ?

      Biasanya saya Drain tiap 10.000 KM sekali, jika masih bagus, saya isi kembali, dan sebenernya di motor itu berlaku prinsip “Server Service”, dimana berlaku ketentuan setengah dari MTBF (Mean Time Between Failure), jadi MTBF 50.000 KM di motor jadi 25.000 KM.

      Dan idealnya menggantinya itu berdasarkan Kondisi Olinya, bukan berdasarkan Jarak Tempuh atau Waktu, ada namanya metode Drop Test, coba kamu pelajari.

  • Nanda

    Menurut mas bagaimana kl Beat dipakaikan oli gardan 15w-40 ? apakah tepat?

  • mohamad saiful

    waahh mantab penjelasannya.. ini yang saya cari2 selama googling. u’r professional. statement selalu didukung dengan bukti2 rasional. selalu menunggu artikel menarik selanjutnya. sukses gan⭐️⭐️⭐️⭐️⭐️

  • coco meo

    mas lukman, Nmax sy kalo oli gear pakai 80w90 GL 5 bagaimana komentarnya ?

    • Sebenarnya, GL-5 kurang saya rekomendasikan gan, karena GL-4 sudah lebih dari cukup Aditif Extream Pressure-nya, kalau GL-5 itu lebih banyak (kebanyakan), bisa saja pakai GL-5 tapi umumnya GL-5 itu Differential Gear Oil, sedangkan MTF banyak yang API GL-4, saya merekomendasikan MTF karena Additive Pack-nya lebih kompatibel dengan Gearbox Motor Matic.

      Di beberapa kasus, Differential Gear Oil banyak yang masih Glitter. Jadinya mesti Trial and Error lagi kan 😀

      Differential Gear Oil yang dikonfirmasi temen-temen LDIC aman untuk Gearbox Matic (No Glitter) adalah keluaran Pertamina yakni RORED HDA API GL-5 SAE 80W-90.

      Saat ini yang paling saya rekomendasikan ya Castrol Scooter Gear Oil API GL-4 SAE 80W-90 itu yang sudah tersedia kemasan 120mL, lebih hemat dan praktis.

  • Andi

    Terimakasih pencerahannya, setelah aku pakaikan oli sae 90 gl 4 motor vario saya turun performanya, mesin jadi terasa berat. Mungkin dengan kekentalan segitu enteng bagi power mesin diatas 60 hp tapi bagi motor yg cuma 7 hp terasa berat. Mohon ditinjau ulang teori diatas.

    • Motor saya cuma [email protected], torque 1,1 [email protected] sih 😀

      Thanks info-nya ya, di motor matic dengan Power 6,7 kW (9,1 PS / 7.500 RPM) juga gk masalah, gk tau kalau di 7 HP.

      Teori dimana yang perlu ditinjau persisnya mas ?

      Artikel disini bukan teori, tapi praktek, teori hanya pendukung, dan mohon koreksi jika salah 🙂

  • Danu Pambudi

    Mas lukman di daerah saya sgt susah mendapatkan gear oil dgn kekentalan 80w-90, tetapi di salah satu bengkel ada yg menjual gear oil khusus matic dgn kekentalan 85w-140. Apakah aman jika saya pakaibuat vario 150 saya?

    • Sebaiknya jangan digunakan

      • Danu Pambudi

        Knp begitu mas?

        • Terlalu kental, karena maksimal untuk motor Honda adalah API GL 80W-90, idealnya API GL 75W-80 tapi lebih sulit lagi dicari, makanya API GL 80W-90 masih masuk toleransi, diatas itu seperti API GL 85W-140 sudah tidak direkomendasikan lagi karena terlalu kental, setara API S/C 35W-90 (Oli Mesin), sedangkan API GL 80W-90 setara API S/C 20W-40.

          • Danu Pambudi

            Ooh iya jg mas. Terimakasih buat pencerahannya

          • Sama-sama 🙂

  • Praz Zambans

    emang bener oli ATPM rata2 oli mesin….soalnya dari bau saja sudah hampir sama dengan oli mesin…lebih baik pakai oli transmisi mobil manual deh

    • Terimakasih 🙂

      Bau itu dari aditif extream pressure, yakni sulpur phosphorus, makanya bau belerang kan ?, bau-nya sama kayak bau grease/gemok untuk bearing yang sama-sama pakai aditif extream pressure 😀

  • jojo

    ijin share ya bang

  • Ar zak

    motor saya mio m3 125 apakah bisa menggunakan Oli gardan dgn kekentalan 80w-90 ?

    • Bisa banget, semua motor matic yamaha saya juga sudah menerapkannya 🙂

      • Ar zak

        pakai yg 120 ml cukup, kurang atau kelebihan ya bang ?

        • Kalau volume oli samakan dengan SOP (Standard Operation Procedure) dari motor masing-masing, umumnya 120 mL.



×
SSL Verified