L

Ternyata Oli Gardan Rekomendasi ATPM Isinya Oli Mesin !


Bismillahirrohmanirrohim


Gear Lubricant

Ketika Searching di Google tentang Gear Oil untuk Scooter Matic, kita biasanya sering membaca statement yang kurang lebihnya sebagai berikut:

Gunakanlah Oli Gardan khusus untuk Motor Matic Anda karena Khusus Diformulasikan dan Didesain untuk Gardan Motor Matic

Tentunya tidak harus persis sama seperti kutipan diatas, masing-masing punya variasi kalimatnya masing-masing, hanya yang pasti intinya demikian.

Lucunya, ada yang menambahkan kalimat “Memperhalus Perpindahan Gigi pada Motor Matic”, bukankah tidak ada mekanisme Gear Shifting (Oper/Memindahkan Gigi) pada Motor Matic ? 😀

 

Mengenai Istilah “Gardan” pada Motor Matic

Sebelumnya bagian ini saya jelaskan di artikel ini, tapi itu menyebabkan artikel ini menjadi OOT (Out of Topic) di awal, meskipun topic itu berkaitan dengan pembahasan di artikel ini.

Jadi, saya sarankan Anda juga membaca penjelasan mengenai istilah “Gardan” pada Motor Matic tersebut disini.

Malah Spin off ya artikel saya, memang saya suka bikin artikel yang Rich Content, sehingga itu menyebabkan artikel menjadi panjang, sampai-sampai ada yang bilang “Kalau baca tulisan bro Lukman ini kudu siapin kopi sama rokok dulu, sekalian gorengan kalau ada” 😀

 

Apakah Anda yakin Oli Gear yang Anda gunakan itu memang khusus diformulasikan untuk Gearbox Motor Matic ?

Bagi Anda yang sudah menggunakan Sepeda Motor jenis Scooter Matic sejak awal-awal kehadirannya pasti mengalami diamana seluruh bengkel termasuk bengkel resmi dari ATPM mengisi Gearbox Motor Matic menggunakan Oli Mesin, biasanya Oli Mesin kemasan 1 Liter (1000 mL), akan digunakan 800 mL untuk Mesin, lalu sisanya 120 mL – 200 mL diisikan ke Gardan.

Menurut penelusuran saya (Koreksi jika salah),  YIMM (Yamaha) lah yang memulai “Trend” itu, yang diikuti oleh ATPM Motor Jepang lainnya yakni AHM (Honda) dan SIM (Suzuki), padahal “Mbahnya” Scooter Matic di Indonesia yakni Kymco dari dulu sampai sekarang tetap menggunakan Gear Oil API GL-4 atau 5 SAE 90 atau 80W-90.

Silahkan tanyakan di Forum Kymco Indonesia 😀

Memang, awal-awal kemunculan Scooter Matic Motorcycle ini disertai rumor-rumor atau mitos-mitor dan disertai juga ketidakjelasan mengenai segaia sesuatunya, bahkan cuma baru-baru ini saja kan Oli Mesin Motor Matic dibuatkan standard khusus yakni JASO MB ?, dulu sih biasa saja JASO MA dipakai di mesin Motor Matic 😀

Dewasa ini, hal serupa juga terjadi ketika awal-awal kemunculan Teknologi Fuel Injection (Programmable Ignition System).

Benar tidak ?, hayoo siapa yang tidak kenal dengan propaganda bahwa “Motor injeksi itu tidak boleh kehabisan bensin, bisa masuk angin, rusak !”, emang Injeksi Truk yang kalau kehabisan bahan bakar jadi masuk angin ? 😀

 

Baca Juga: Penggunaan Radiator Coolant Tanpa Aditif Glycol, Amankah ?

 

Lanjut ke halaman 2 ya sob 🙂

Powered by Dewaweb


Protected by DMCA ! Protected by Premium Copyscape !

Hi, Bagaimana Menurut Anda ?


Jadilah Pembaca yang Baik dengan cara meninggalkan Komentar pada setiap Artikel Bermanfaat yang sudah dibaca (•‿•)


Komentar adalah salah satu Faktor Penyemangat bagi seorang Blogger, termasuk juga saya. Sebagai bukti bahwa saya tidak sendirian disini, mengingat ada banyak sekali Viewer (Pembaca) Artikel di Blog saya ini. Tolong, jangan pergi begitu saja.


Tinggalkan Komentar Anda disini meskipun hanya sekedar menyapa saya, mari kita bangun Forum Diskusi di Kolom Komentar pada setiap Artikel di Blog ini.


Oleh karena itu, saya sudah menyediakan Fasilitas Comment System terbaik saat ini yakni Disqus Comments System untuk membangun Komunitas Komentator yang lebih Advanced lagi, tidak diperlukan Account Disqus untuk bisa berkomentar disini, Anda cukup memasukkan Nama dan Email saja, tapi saya sarankan untuk memiliki Account Disqus jika Anda sering berkomentar di banyak Blog yang menggunakan Disqus Comment System.

Mungkin Anda juga menyukai


Disqus Comments

  • Praz Zambans

    emang bener oli ATPM rata2 oli mesin….soalnya dari bau saja sudah hampir sama dengan oli mesin…lebih baik pakai oli transmisi mobil manual deh

    • Terimakasih 🙂

      Bau itu dari aditif extream pressure, yakni sulpur phosphorus, makanya bau belerang kan ?, bau-nya sama kayak bau grease/gemok untuk bearing yang sama-sama pakai aditif extream pressure 😀

  • jojo

    ijin share ya bang

  • Ar zak

    motor saya mio m3 125 apakah bisa menggunakan Oli gardan dgn kekentalan 80w-90 ?

    • Bisa banget, semua motor matic yamaha saya juga sudah menerapkannya 🙂

      • Ar zak

        pakai yg 120 ml cukup, kurang atau kelebihan ya bang ?

      • Ar zak

        pakai yg 120 ml cukup, kurang atau kelebihan ya bang ?

        • Kalau volume oli samakan dengan SOP (Standard Operation Procedure) dari motor masing-masing, umumnya 120 mL.

  • Djuned Djuned

    Maaf menambahkan mas Lukman,, maybe mas Andi Vario nya hrs jg ganti olie mesin nya dan cek busi nya,,, akan LBH baik di service terlebih dahulu,, Krn perfomance menurun biasa disebabkan panas berlebih mengakibatkan tenaga drop Jd kalo hanya mengganti oli gear biasanya suara cvt akan LBH halus saja,, saya sendiri telah mempraktekkan ilmu mas Lukman lsg berasa PD aerox 155 (km msh 2850km) Saia, selain ganti olie gear saya jg lsg ganti olie mesin nya dgn olie di atas standar pabrik Yamaha, Jaso MB, kandungan Ester SAE 10w40 khusus matic, lalu saya sekalian ganti busi iridium (saya cek busi lama pembakarannya TDK sempurna MK nya ada gejala knocking/ngegelitik or org mekanik bengkel Yamaha Bilangnya stelan klep nya sengaja TDK rapat),, trus saya naikin jg bensinnya Jd RON 95 (VPOWER / PETaMAX PLUS), lsg terasa lbh bertenaga, top. Speed naik, mesin halus n cvt jg ga berisik sblmnya, irit juga bbrp % Krn gejala ngegelitik ilang tuuhh (spt bukan Krn stelan klep sengaja tidak rapat deehh spt mekanik Yamaha bilang)…Saia byk dpt ilmu Dr baca di blog ini terutama ttg mslh olie yg baik n bener utk motor matic…makasih mas Lukman utk sharing nya yg sgt bermanfaat neehh…Krn saya liat sharing nya beda dgn yg lain,, dsini selalu dalam dukung data2 lengkap n sdh di praktekkan oleh org lain Jd teruji kebenarannya,, MK nya saya sangat yakin n msk dlm logika berpikir saya yg SDH puluhan tahun menggunakan motor (Suzuki, Honda, baru skrg pegang Yamaha,, hehehehee..LG belajar mengenal karakter nya n baru belajar mengenal motor matic)…thanks mas lukman atas pencerahannya …xixixixix

    • Terimakasih sudah menambahkan dan sharing pengalamannya 🙂

      • Djuned Djuned

        Saya yg hrs nya berterima kasih , mas Lukman sdh memberikan pencerahan yg sgt profesional dgn data2 pendukung nya….keerreennn mas…saya Jd ketagihan baca2 artikel di blog ini…hahhahaaa…semakin byk berbagi semakin byk berkatnya…Aamiin

  • Djuned Djuned

    Mas Lukman, Castrol scooter gear oil SAE 80w 90 API GL nya 5 looh…spt dlm gambar saya fotoin baru beli 3 hari lalu (ini sisanya)….mohon maaf kalau saya salah harap di betulkan

    https://uploads.disquscdn.com/images/fff6889899c8efe3b390af37befc72535e71081f7deccd829f3647a6f9505cf0.jpg 0

    • Iya om, ternyata GL-5, maaf jika sebelumnya saya katakan GL-4, terimakasih sudah membetulkan 🙂

      • Djuned Djuned

        Jadi apakah ga bermslh mas kalo pakai yg GL 5 ?? kudu kuras lagi neehh kalo gto..dan ganti dgn Castrol MTF GL4 SAE 80w90…mohon pencerahannya mas…takut msh ada Glitter/gram Jd nya neehh…xixixixii

        • Tidak masalah, lanjutkan saja 😀

          • Djuned Djuned

            Ssiiaapp mas…terima kasih utk masukannya

          • Terimakasih juga untuk komentar dan masukannya 🙂

  • bima

    hallo Gan, saya mau bertanya, sebelumnya saya menggunakan oli gardan (Gilbox) bawaan standar pabrik, nah sekarang saya mau berganti dengan oli Castrol Oli Transmisi Manual Castrol Mtf Gl-4 80w-90
    apa perlu di Flushing terlebih dahulu, atw bisa langsung di pakai, mohon sarannya, tks

    • Terserah saja, hanya Opsional, mau diflush dulu akan lebih baik.

  • donny

    om mohon pencerahannya nih masih bingung masalah oli gardan motor matic, secara konstruksi & bentuk sebetulnya gardan matic itu lebih mirip gardan mobil ato transmisi manual mobil? karena sepengetahuan ane peruntukan oli nya sebetulnya beda kl dimobil, GL-4 untuk transmisi & GL-5 untuk gardan.. secara kasat mata sih menurut ane lebih mirip gear gardan mobil bentuknya. dan kl liat oli scooter yg dikeluarin castrol dia pake GL-5 ya? tp kalo liat tulisan ente lebih menganjurkan GL-4? jadi lebih baik pakai yang mana?



×
SSL Verified