L

Inilah Macam-macam Istilah Media Filter Pasir Aktif yang Wajib Anda Ketahui !


Bismillahirrohmanirrohim


Whole House Water Filtering: Cartridge

Dari semua media filter, cuma Pasir Aktif ini yang membuat saya pusing karena ada banyak istilah dari para penjual 😀

Istilah tersebut antara lain:

  1. Pasir Aktif
  2. Manganese
  3. Manganese Pasir Aktif
  4. Pasir Aktif Plus
  5. Manganese Pasir Aktif Plus
  6. Greensand
  7. Greensand Plus
  8. Manganese Greensand
  9. Manganese Greensand Plus
  10. Manganese Zeolite
  11. Manganese Zeolite Plus
  12. Ferrolite

Banyak kan ?

Dari semua daftar di atas, akan saya sederhanakan lagi menjadi:

  1. Pasir Aktif
  2. Manganese Greensand
  3. Manganese Zeolite
  4. Ferrolite

Ya, itu adalah inti dari semuanya !

 

Pasir Aktif

Ini adalah istilah umum untuk media filter penghilang unsur zat besi, mangan, hidrogen sulfida, arsenik, dan radium ini.

Ada dua kata yakni “Pasir” dan “Aktif”, jenis pasirnya yang paling biasa adalah Pasir Silika yang terkenal sejak sangat lama sebagai Sediment Filter.

Sedangkan kata “Aktif” itu adalah Zat Aktifnya yakni Manganese Dioxide. Inilah sebab kenapa Pasir Aktif sering disebut Manganese (Manganis) dan apa pun jenis pasirnya selalu diawali dengan kata Manganese, misalnya Manganese Greensand.

Jadilah Pasir yang diaktivasi menggunakan Manganese Dioxide, aktivasi disini maksudnya adalah pelapisan atau coating partikel pasir dengan lapisan Manganese Dioxide, itulah kenapa warna pasirnya berubah menjadi hitam yang merupakan warna dari Manganese atau Mangan.

Fungsi Manganese Dioxide adalah sebagai oksidator kuat yang berfungi mengoksidasi kandungan zat besi, mangan, hidrogen sulfida, arsenik, dan radium di dalam air sehingga yang awalnya air jernih menjadi berwarna, tergantung zat apa yang dominan pada air tersebut.

Nah kandungan yang sudah dioksidasi tersebut menjadi filterable/bisa disaring, maka pasir berfungsi sebagai penyaring kandungan yang sudah dioksidasi menjadi partikel lebih besar tersebut.

Lama kelamaan, pasir akan memuat banyak kandungan pengotor tersebut sehingga harus dilakukan pembersihan dengan cara Back Washing yakni mengalirkan air dari arah sebaliknya, mudahnya sih jika pada Cartridge ya tinggal alirkan air dari atas ke bawah.

Dan juga lama kelamaan Manganese Dioxide akan jenuh, meski lapisannya masih ada pada pasir. Untuk meregenerasinya adalah dengan merendam pasir ke dalam larutan oksidator kuat seperti PK (Potasium/Kalium Permanganate) atau bahkan Chlorine/Kaporit (Kalsium Hipoklorit).

Ya, untuk regenerasi paling mudah di dapatkan bahannya adalah dengan menggunakan Kaporit, bisa bubuk atau tablet/solid, terserah saja 😀

Regenerasi dengan menggunakan PK atau Kaporit bisa dilakukan untuk semua jenis pasir yang akan saya jelaskan selanjutnya.

Jangan membuang-buang uang Anda dengan cara mengganti pasir aktif secara berkala !

 

Manganese Greensand

Greensand adalah jenis pasir yang digunakan pada pasir aktif, nama lengkapnya adalah Greensand Glauconite, silahkan Anda gooling dengan keyword “greensand glauconite” maka Anda akan melihat secara visual memang Greensand berwarna hijau sesuai namanya.

Greensand masih masuk dalam family pasir silika, hanya berbeda jenis saja, kelebihan Greensand dibandingkan pasir silika yang umum disebut pasir pantai dan pasir kuarsa tersebut adalah Greensand lebih baik dalam hal filtrasi.

Sedangkan bahan aktifnya sama saja yakni Manganese Dioxide.

Di kalangan penjual, Managanese Greensand sering direkomendasikan untuk kandungan besi level menengah pada air, sedangkan Silika untuk level rendah.

 

Manganese Zeolite

Zeolite adalah jenis pasir yang digunakan pada media filter pasir aktif, pada dasarnya Zeolite adalah Cation Exchanger yakni penukar Ion Positif alami (Organic Natural) yang menghilangkan Kapur, Mangnesium, dan Kalsium dalam air.

Anda mungkin sudah mengetahui tentang Resin Cation, nah Resin Cation adalah Cation Exchanger versi Organic Synthetic dari Zeolite. Bedanya adalah pada efisiensi dan kapasitas yang lebih baik Resin Cation.

Kelebihan Zeolite adalah dia memiliki pori-pori kecil layaknya Karbon Aktif, sehingga daya hisap Pasir Zeolite adalah yang terbaik dari semua jenis pasir aktif. Sebenarnya, bukan “Menyerap” (Absorb), tapi “Menempel” (Adsorb), beda ya sob, jadi Karbon Aktif dan Zeolite itu dia menempelkan unsur pengotor pada air pada partikelnya, bukannya menyerap unsur pengotor pada air tersebut.

Meskipun ukuran mesh granular/butiran pasir zeolite lebih besar daripada silika dan greensand, tapi kemampuan filtrasi pasir zeolite tetap lebih baik. Bahkan karena butiran pasir zeolite lebih besar, maka Water Flow atau Pressure Drop tidak sesignifikan Greensand dan Silika.

 

Ferrolite

Singkatnya, Ferrolite (Ferro-lite) adalah nama brand untuk Manganese Zeolite dari produsen asal Jepang untuk menegaskan produk tersebut khusus untuk menghilangkan kandungan besi pada air. Meski tidak cuma melulu unsur besi saja, tapi memang masalah unsur besi pada air adalah yang paling banyak terjadi.

Maka dari itu penjelasannya sama persis dengan Manganese Zeolite yang sudah saya bahas di atas.

Ferrolite terkenal sangat bagus, itu karena kelebihan pasir zeolite yang sudah saya jelaskan juga di atas, ini di kalangan penjual biasanya direkomendasikan untuk kandungan besi pada air level berat/tinggi.

Ferrolite juga menjadi istilah keren untuk Manganese Zeolite, sehingga meski bukan produksi jepang dari perusahaan tersebut, seringkali penamaan Ferrolite digunakan oleh produsen lain, khususnya produsen lokal.

Penambahan Istilah “Plus”

Istilah Plus biasa digunakan penjual, bahkan produk Black Zeolite pun disebut Manganese Zeolite sedangkan Manganese Zeolite pada produsen yang sama ditulis Manganese Zeolite Plus di iklan-nya.

Ini hanya marketing gimmick saja, tidak jelas apa maksudnya, para penjual mengklaim kemampuan yang lebih bagus namun tidak bisa dibuktikan secara ilmiah karena hanya klaim saya, sering juga ada penggunaan kata “Super”, dsb

Khusus untuk Manganese Greensand Plus, itu merupakan branding dari Manganese Greensand dari produsen asal Amerika dan Brazil.

 

Akhir Kata

Semoga tidak bingung lagi apalagi pusing mengenai pasir aktif ya, dan saran saya gunakanlah produk lokal, karena produsen lokal kita juga bisa membuat pasir aktif dengan bahan pasir silika, greensand glauconite, dan zeolite, alam Indonesia ini kaya dengan jenis pasir tersebut, dan bahan aktifnya cuma satu yakni Manganese Dioxide, maka dengan menggunakan produk lokal, Anda bisa hemat karena harganya jelas lebih murah daripada produk Import.

Problematika menggunakan pasir aktif lokal adalah soal kejujuran produsen dan penjual, entah itu takaran kandungan Manganese Dioxide-nya atau jenis pasir yang digunakan, misal melabeli Manganese Greensand padahal cuma menggunakan pasir silika biasa, karena sudah sering terjadi di Indonesia ini yang namanya pemalsuan, bahkan karbon aktif saja sering ditemukan produk palsu yakni cuma sekedar arang giling saja.

 

Video Pembuatan Manganese Dioxide Activated Sand (Pasir Aktif)

Video dokumenter-nya belum ada seperti How It’s Made, dsb, namun di YouTube ada yang sharing suasana di pabrik pengolahan Pasir Aktif, meski tidak menjelaskan tahapan-tahapan pembuatannya, berikut adalah video-nya:

Video suasana di pabrik pembuatan Pasir Aktif

Semoga bermanfaat 🙂


Protected by DMCA ! Protected by Premium Copyscape !

Hi, Bagaimana Menurut Anda ?


Jadilah Pembaca yang Baik dengan cara meninggalkan Komentar pada setiap Artikel Bermanfaat yang sudah dibaca (•‿•)


Komentar adalah salah satu Faktor Penyemangat bagi seorang Blogger, termasuk juga saya. Sebagai bukti bahwa saya tidak sendirian disini, mengingat ada banyak sekali Viewer (Pembaca) Artikel di Blog saya ini. Tolong, jangan pergi begitu saja.


Tinggalkan Komentar Anda disini meskipun hanya sekedar menyapa saya, mari kita bangun Forum Diskusi di Kolom Komentar pada setiap Artikel di Blog ini.


Oleh karena itu, saya sudah menyediakan Fasilitas Comment System terbaik saat ini yakni Disqus Comments System untuk membangun Komunitas Komentator yang lebih Advanced lagi, tidak diperlukan Account Disqus untuk bisa berkomentar disini, Anda cukup memasukkan Nama dan Email saja, tapi saya sarankan untuk memiliki Account Disqus jika Anda sering berkomentar di banyak Blog yang menggunakan Disqus Comment System.

Mungkin Anda juga menyukai



Facebook Comments



Disqus Comments



×
SSL Verified