L

Pengalaman Mengejutkan saat Menggunakan Jasa Ekspedisi dari Wahana Logistic


Bismillahirrohmanirrohim


Wahana Ekspedisi: Label Sticker

Saya sudah tau jasa ekspedisi Wahana Logistic ini sudah lama, tapi baru kali ini saya menggunakan jasa ekspedisi paket dari Wahana ini.

Eagle Eye: Lensa dari SampingCeritanya, saya order Eagle Eye COB di Tokopedia, tapi saya beli pas-pasan 6 pcs, semuanya normal, dan berfungsi dengan baik, quality control sangat bagus, tapi ketika proses pemasangan, rupanya saat memasang (Bolt On) Eagle Eye di Headlamp saya, yang diputar itu Shell/Body-nya, bukan Baut Female-nya.

The Owl HID Projector by Lukmanul Hakim: Light On

Eagle Eye: ResistorAlhasil, saat Shell Eagle Eye diputar, kabel justru tertahan, jadinya resistor di dalam Eagle Eye terpelintir, short deh, kabelnya sampai terbakar sob !, fuse/sekring di fuse box bawaan motor saya tidak mampu mencegah insiden itu terjadi karena tahanan (Resistance) kabel pada Eagle Eye itu lebih rendah daripada tahanan pada sekring. Yah kabel Eagle Eye kan emang kecil banget, apalagi jarak dari fuse box ke Eagle Eye juga jauh. Sepertinya memang perlu pasang sekring jenis tube 0,2A langsung di kabel Eagle Eye nih 😀

 

Nah, karena saya belinya pas-pasan 6 pcs, saya perlu order lagi dong ya ?, ya jelas lah 😀

 

Karena Eagle Eye ini di kota saya (Toko Offline) dijual dengan harga cukup relatif mahal, sedangkan jika saya order secara online, saya bisa dapetin dengan harga jauh lebih murah. Terakhir saya beli, 1pcs dihargai 10rb rupiah saja, sedangkan jika beli Offline di kota saya, itu 1pcs bisa 40rb – 50rb dan dijual 2pcs (Sepasang). Bayangin tuh 😀

Saya order 2 pcs Eagle Eye COB lagi pada penjual yang sama, dan agar tidak kebangetan kecilnya orderan saya, sekalian saya beli 2 pcs Helmet Net berpengait untuk mengamankan helm ketika ditaroh di atas jok motor dari potensi terjatuh (Saya pakai Spion Tomok, tidak ideal untuk meletakkan helm), dan meski hanya mengaitkannya ke jok, tidak ada kunci pengaman, tapi cukup solid dan ngepress, jadi maling pun perlu effort lebih untuk ngambil (Daripada diletakkan begitu saja di atas jok), dan terlanjur diamuk masa 😀

 

Solusi Ketika Produk yang Dibeli Murah, Tapi Ongkos Kirim Mahal

Saya pun melihat Ongkos kirim jika menggunakan JNE/TIKI, bahkan POS, kok rasanya tidak sepadan yah ?

Bukan menjelek-jelekkan jasa ekspedisi tersebut, tapi tarif ongkos kirim-nya tidak sepadan dengan nilai orderan yang saya lakukan itu kisaran 50rb’an saja 😀

Dengan JNE, saya harus bayar ongkos kirim sebesar 40rb’an, kan tidak sepadan jadinya.

Lalu pada opsi jasa pengiriman di Tokopedia saya melihat ada Wahana. Dalam benak saya berkata “Wah sudah bisa ya wahana ke Banjarbaru ?, mantap nih lain kali bisa buat order Oli”.

Memang ya sob, di kota saya jangankan Wahana, J&T pun sudah ada loh agen-nya disini 🙂

Tapi J&T belum jadi opsi terbaik untuk saya, masih lebih pilih JNE kalau dibandingkan dengan J&T 😀

Saya senang banget nih Wahana yang terkenal bisa kirim-kirim paket cairan dan gel sudah tersedia di Banjarbaru, jadi next time saya akan bisa order Oli PCMO Amsoil Signature Series API SN SAE 0W-20, itu PAO Based bro !

Saat saya memilih opsi Wahana, saya pun kaget, lah kok ongkos kirim cuma 15rb ?!

Mantap banget nih, cocok dengan nilai orderan saya tadi !

Tapi sebelum itu, saya riset dulu mengenai wahana ini sob, mulai dari memastikan keberadaan Wahana di Banjarbaru itu persisnya dimana, sampai review-review terkait performa kualitas layanan Wahana ini, khususnya Real Delivery Time (Faktanya), bukan hanya Estimate Delivery Time (Perkiraan).

Singat cerita, saya pun mendapatkan informasi kalau kekurangan dari Wahana ini adalah waktu pengiriman yang lebih lama dari jasa ekspedisi lain yang lebih mahal, bahkan lebih lama dari POS yang notabene opsi termurah selama ini. Mereka rata-rata bilang kisaran 1 – 2 Minggu, tapi saya tidak langsung menganggap Wahana bukan opsi terbaik karena secara Geo-location pun antara saya dan orang yang mereview itu tidak sama, begitu juga domisili penjual masing-masing, jadi jangan langsung “Nelan Bulat-bulat” informasi atau review dari orang ya sob 🙂

Saya pun tidak peduli mengenai delay yang itu pun belum saya buktikan sendiri, masih “Katanya”, kata siapa ?, ya kata reviewer itu 😀

Karena memang urgensi paket yang saya order tidak terlalu tinggi, yah meski Headlamp saya picek sebiji, tapi saya terus terang saja agak males menghadapi proses pelepasan Mika Headlamp, karena memang disturbing banget 😀

Baru juga beberapa hari, udah bongkar lagi, itu pun ongkos bongkarnya lumayan lah 50rb. Meski jika saja langsung komplain mungkin akan ada potongan harga bahkan gratis, karena Eagle Eye saya terbakar itu karena kesalahan teknisinya. Tapi saya juga ikut andil melakukan kesalahan sih, yakni ketika pemilik toko itu bertanya kepada teknisinya “Ini sudah ditest belum LED-nya ?”, malah saya yang menjawab “Sudah om di rumah sudah saya pastikan menyala semua”, saya akui saya saat itu buru-buru, bahkan proses wiring pun saya lakukan sendiri di rumah, karena bisa lebih maksimal dan safety jika penyambungan kabel dilakukan dengan cara disolder dan kabel dibungkus dengan isolasi bakar (Heatshrink).

Jadi, saya putuskan santai saja lah 😀

 

Kekurangan wahana dari sisi waktu pengiriman pun saya terima, karena sepadan saja dengan tarifnya.

Saya pun melakukan pembayaran dan orderan saya diproses penjual pada hari Minggu, 30 Juli 2017, dan dikirim menggunakan Wahana pada keesokan harinya, Senin, 31 Juli 2017, dengan No.Resi: AEQ17787, dengan Jenis Layanan: Normal Service (Tidak ada opsi lain), menurut kurir yang mengantarkan paket saya, paket saya ini dikirim melalui jalur udara.

Wahana Ekspedisi: Hasil Tracking

Ternyata, ketika penjual sudah mengantarkan paket ke pihak Wahana, paket tersebut harus dilakukan verifikasi dulu oleh pihak Wahana, jika berhasil diverifikasi, baru kemudian paket diproses (Dimasukkan ke Mobil Pickup menuju Bandara).

Saya tidak tau maksud dari “Verifikasi” ini, apa yang diverifikasi ?

Jadinya, paket dikirim sehari setelah paket diterima oleh pihak Wahana, yakni pada Hari Selasa, 1 Agustus 2017.

Perlu sobat ketahui, hasil Tracking di website Wahana itu berbeda dengan yang ditampilkan di Tokopedia.

Gambar Screenshoot disamping sudah diskip pada proses pengiriman yang lebih detail (Sejak Tanggal 1, 2, 3, 4, sampai 5 Agustus), seperti paket diangkut mobil pickup, proses pengiriman ke kota tujuan dengan interval update per hari. Tapi Wahana menurut pengalaman saya saat itu tidak merinci paket sudah berada di kota mana dan proses pengiriman ke kota mana.

Intinya masih perlu penyempurnaan lagi pada aplikasi trackingnya, dan ini memang dikeluhkan beberapa orang yang sudah menggunakan jasa ekspedisi dari Wahana Logistik dengan Slogan “Makin murah, makin berkualitas” ini. Artinya dalam slogan itu menggambarkan proses Wahana untuk menjadi semakin terjangkau dan semakin bagus lagi kualitasnya seiring berjalannya waktu.

Mengenai waktu update, saya acungi jempol, karena baru sesaat paket saya terima, status pada tracking system sudah delivered !, itulah sebab kenapa saya tidak sempat mengambil screenshoot tracking system yang terintegrasi dengan Tokopedia (Maksudnya dari sisi Tokopedia). Karena saat status pengiriman sudah delivered, tracking system di Tokopedia pun tidak muncul lagi tombol lacak-nya.

Wahana Ekspedisi: Paket dan Struk Resi

Struk resi bukan fotokopian, tapi hasil cetakan mesin khusus pencetak struk. Itu artinya proses input data sepenuhnya sudah komputerisasi dan online. Tidak seperti jasa ekspedisi lain yang masih menulis secara manual pada secarik formulir khusus.

Dan paket diantarkan menggunakan mobil pick-up ke rumah saya, padahal mobil pick-up itu kosong, entah sudah mengantarkan paket lainnya atau hanya khusus paket saya saja, yang jelas kurir pengantar paket Wahana ini menggunakan mobil pick-up.

 

Kesimpulan

Jadi, Paket diproses oleh Wahana pada tanggal 1 Agustus dan sampai ke tangan saya pada tanggal 5 Agustus, artinya waktu pengiriman adalah 4 hari, dan itu sesuai dengan estimasi yang dijanjikan oleh pihak Wahana yang tertulis pada struk resi pengiriman, yakni Estimasi Delivery: 4 Hari Kerja. Good Job !

Tapi estimasi itu tidak termasuk delay 1 hari untuk proses verifikasi ya sob, jadi totalnya tetap saja 5 Hari kan 😀

Dan jika ketentuannya sudah “Hari Kerja”, maka jelas Hari Sabtu dan Minggu kemungkinanakan akan menyebabkan delay 1 – 2 hari, maka dari itu, lakukan order pada penjual pada hari Minggu, maka paket akan dikirim pada hari Senin, dan tidak sampai tergangu Weekend.

Perlu sobat ketahui bahwa jika saya menggunakan JNE Reg, maka waktu pengiriman adalah 3 Hari, dan jika menggunakan POS Kilat Khusus maka waktu pengiriman adalah 4 Hari. Itu dihitung dari sejak penjual mengantar paket ke agen ekspedisi, artinya tidak ada delay 1 hari untuk verifikasi.

Ada yang tau maksud dari Verifikasi di Wahana ?

 

Komentar Saya Mengenai Wahana

Dari ulasan lengkap yang sudah saya tulis diatas, dengan total waktu pengiriman selama 5 hari kerja dan dengan tarif cuma 15rb/Kg saja, maka Wahana saya anggap sebagai jasa ekspedisi terbaik dari sisi harga/tarif.

Menurut saya, tarif itu lebih penting daripada waktu pengiriman, kecuali paket yang saya order berisi barang yang urgensinya tinggi sehingga memerlukan waktu pengiriman yang lebih cepat, tapi cuma selisih 2 hari dari JNE Reg dan 1 hari dari POS Kilat Khusus, jelas Wahana ini benar-benar Worth It (Sepadan) !

Artinya, JNE dan POS lebih cepat, tentu sepadan dengan tarifnya yang juga lebih mahal dari Wahana, maka wajar dan sepadan kan jika Wahana lebih lambat dengan tarif yang jauh lebih murah ?

Realistis saja, jangan terlalu berekspektasi tinggi, nanti kecewa berat seperti review-review jelek yang ditulis oleh blogger lain mengenai Wahana Logistic.

Saya sangat senang, karena saya punya opsi lain selain POS jika ingin melakukan pengiriman paket yang nilai-nya kecil.

Selanjutnya, saya akan coba Wahana untuk pengiriman Oli, karena menggunakan POS sudah berhasil saya lakukan, padahal melalui jalur udara, artikelnya bisa dibaca disini.

Semoga Wahana kedepannya sesuai slogan mereka yakni “Semakin murah, semakin berkualitas” 😀

 

Update

Ternyata Wahana di daerah saya cuma bisa menerima saja, tidak bisa mengirim.

Dan sekarang Wahana sudah beralih pengelolaan gudang, dan yang baru ini semakin jelek kualitas layanannya, mulai dari kurirnya sudah tidak mau lagi mengantarkan paket ke alamat rumah saya karena dinilai jauh, sampai paket saya yang sempat pending berminggu-minggu tersimpan di gudang dan harus saya sendiri yang mengambil paketnya karena saat itu belum ada kurir yang bertugas mengantarkan paket.

Saat ini saya sudah tidak menggunakan jasa Wahana lagi.


Protected by DMCA ! Protected by Premium Copyscape !

Hi, Bagaimana Menurut Anda ?


Jadilah Pembaca yang Baik dengan cara meninggalkan Komentar pada setiap Artikel Bermanfaat yang sudah dibaca (•‿•)


Komentar adalah salah satu Faktor Penyemangat bagi seorang Blogger, termasuk juga saya. Sebagai bukti bahwa saya tidak sendirian disini, mengingat ada banyak sekali Viewer (Pembaca) Artikel di Blog saya ini. Tolong, jangan pergi begitu saja.


Tinggalkan Komentar Anda disini meskipun hanya sekedar menyapa saya, mari kita bangun Forum Diskusi di Kolom Komentar pada setiap Artikel di Blog ini.


Oleh karena itu, saya sudah menyediakan Fasilitas Comment System terbaik saat ini yakni Disqus Comments System untuk membangun Komunitas Komentator yang lebih Advanced lagi, tidak diperlukan Account Disqus untuk bisa berkomentar disini, Anda cukup memasukkan Nama dan Email saja, tapi saya sarankan untuk memiliki Account Disqus jika Anda sering berkomentar di banyak Blog yang menggunakan Disqus Comment System.

Mungkin Anda juga menyukai



Facebook Comments



Disqus Comments



×
SSL Verified