L

Lindungi Soket Saklar Lampu Motor dengan Isolasi Bakar


Bismillahirrohmanirrohim


Modif Saklar Lampu Anti AHO Old Vario 125i

Namanya juga modifikasi yah sob, tentu saya kita harus mikirin sendiri solusi terbaik dari masalah yang timbul akibat modifikasi tersebut.

Dalam hal ini, ketika saya memodifikasi saklar lampu untuk menghilangkan fungsi AHO (Automatic Headlamp On) di moto Old Vario 125i saya, muncul masalah yakni saklar yang lama-lama kotor karena debu serta muncul masalah ketika basah.

Masalah itu muncul karena soket saklar tidak dilindungi dari percikan air secara langsung dan paparan debu secara langsung dengan karet pelindung khusus.

Saya sendiri sudah lama melakukan modifikasi saklar ini sob, dan selama itulah soket tidak terlindungi, cuma baru-baru ini saja saya kepikiran untuk modif pelindung socket menggunakan isolasi bakar, soalnya saya pikir riskan juga, dan saya beberapa kali mengalami masalah soket yang kendor (Ada hubungannya).

Sebenarnya ada sih produk OEM-nya, tapi saya lebih memilih menggunakan barang yang ada saja, toh fungsi utamanya sudah terpenuhi.

Lagipula, karet pelindung socket saklar lampu itu bukan barang umum dan banyak dicari sehingga ketersediaannya dipasaran bebas juga sulit ditemukan, di online market place saja tidak ditemukan, mungkin jika pesan di bengkel resmi akan bisa dibeli ya, tentu saja 😀

 

Isolasi Bakar (Heat Shrink)

Isolasi Bakar: Diameter 3.5 ke 2 CM

Saya menggunakan isolasi bakar dengan ukuran dingin atau asalnya 3,5 cm yang ketika dipanasi akan menyusut menjadi ukuran 2 cm saja.

Perlengkapan lainnya tentu saja korek api gas dan gunting, tidak perlu pakai heat gun kok 😀

Oh ya tentu saya obeng kembang (Philip) atau L3 (Jika sudah pakai baut body jenis L) untuk membongkar cover/batok stang dan cover depan motor.

 

Pemasangan

Cukup potong isolasi bakar secukupnya sekitar panjang 5 cm, lalu masukkan ke soket saklar, tahan di posisi sekitaranya isolasi bakar ini akan menutup sempurna ketika soket dipasang, bisa juga dicoba dulu memasangnya ke saklar.

Bagian Mana yang Perlu Dipanasi ?

Nah untuk penyusutan isolasi bakar tidak perlu semuanya, hanya bagian yang ada di kabelnya saja, karena bagian yang di kabel menyusut menjadi 2 cm, dan pada bagian soket tidak menyusut, masih 3,5 cm, maka kontur atau bentuk isolasi bakar in akan terlihat bagus dan sesuai.

Ketika masih panas bisa dibengkokkan mengikuti arah kabel yang bengkok menyamping.

 

Maka hasilnya akan seperti ini:

Pelindung Soket Saklar dengan Isolasi Bakar

Warnanya hitam jadi agak terkamuflase, sudah terlihat ya 😀

Posisinya ada di atas saklar electric starter yang menggunakan penutup silikon warna putih agak kekuning-kuningan itu.

Perlu diketahui bahwa pelidung socket tidak boleh buntu agar air yang berhasil masuk ke dalam bisa dialirkan ke luar melalui celah di bawah. Maka dari itu bagian isolasi bakar yang di kabel jangan dililit isolasi lagi.

 

Akhir Kata

Pada dasarnya soket saklar ini sudah didesain untuk mengalirkan air ketika mengenainya sehingga tidak terjadi kontak langsung antar pin.

Tahukah Anda bahwa air hujan itu sebenarnya memiliki kandungan TDS (Total Dissolved Solid) yang rendah berkisar 0 – 1 ppm saja ?, maka air hujan relatif tidak menghantarkan listrik, justru debu yang menumpuk di soket serta pin-nya lah yang bisa menyebabkan arus pendek/short ketika basah terkena air hujan.

Kalau air sumur atau ledeng ketika mencuci motor itu jelas menghantarkan listrik meski tidak ada debu sekalipun 😀

Makanya pelindung soket ini penting !

 

Semua Listrik Positif

Meskipun ketika memodif saklar lampu Anti AHO itu di saklar OEM yang digunakan hanya akan terdapat kabel positif saja, yakni kabel warna Coklat (+ Lampu Utama) dan kabel warna Hitam Polos (+ Lampu Senja), tapi tetap saja yang krusial disini adalah faktor paparan debu.

Karena sebenarnya pelindung seperti ini lebih tepatnya disebut “Dust Proof”.

Fungsi utama pelindung itu adalah melindungi soket dari paparan debu yang lama-lama akan menumpuk dan menyebabkan soket menjadi kotor.

Fungsi lain dari pelindung itu adalah soket menempel lebih kuat di saklar karena tertahan oleh pelindung karet itu yang menahan posisi soket, adi tidak mudah kendor/longgar.

 

Tips Saklar Agar Awet

Gunakanlah relay tambahan meskipun lampu utama masih original, bukan HID Projector, agar saklar modifan yang digunakan awet, karena hanya mentrigger relay yang cuma membutuhkan arus listrik yang kecil.

Percikan api ketika arus listrik besar dihubungkan oleh saklar bisa sangat merusak contact point di saklar OEM, yang lama-lama akan mengurangi daya hantar listriknya.

Bukankah ini modifan tidak resmi yang secara teknis tidak mudah mengganti saklar OEM ini jika sudah rusak ?

Nah makanya lebih mudah mengganti saklar tambahan berupa relay daripada saklar modifan ini.

Relay yang dibutuhkan cukup menggunakan relay dengan kapasitas 10A saja, kecil banget, harganya pun murah.

Mengenai jumlah kaki relay, disesuaikan saja, 4 pin sudah cukup, diperlukan dua buah relay yakni untuk lampu utama dan lampu senja. Tapi lampu senja tidak begitu krusial, apalagi jika sudah dimodif menggunakan lampu jenis LED yang kebutuhan arusnya lebih kecil.

 

Semoga Bermanfaat 🙂

 

The Owl HID Projector by Lukmanul Hakim: Light On

Powered by Dewaweb


Protected by DMCA ! Protected by Premium Copyscape !

Hi, Bagaimana Menurut Anda ?


Jadilah Pembaca yang Baik dengan cara meninggalkan Komentar pada setiap Artikel Bermanfaat yang sudah dibaca (•‿•)


Komentar adalah salah satu Faktor Penyemangat bagi seorang Blogger, termasuk juga saya. Sebagai bukti bahwa saya tidak sendirian disini, mengingat ada banyak sekali Viewer (Pembaca) Artikel di Blog saya ini. Tolong, jangan pergi begitu saja.


Tinggalkan Komentar Anda disini meskipun hanya sekedar menyapa saya, mari kita bangun Forum Diskusi di Kolom Komentar pada setiap Artikel di Blog ini.


Oleh karena itu, saya sudah menyediakan Fasilitas Comment System terbaik saat ini yakni Disqus Comments System untuk membangun Komunitas Komentator yang lebih Advanced lagi, tidak diperlukan Account Disqus untuk bisa berkomentar disini, Anda cukup memasukkan Nama dan Email saja, tapi saya sarankan untuk memiliki Account Disqus jika Anda sering berkomentar di banyak Blog yang menggunakan Disqus Comment System.

Mungkin Anda juga menyukai


Disqus Comments



×
SSL Verified