L

Jangan Remehkan Bahaya Error 404 Not Found yang Terlalu Banyak Terhadap SEO (Search Engine Optimization) !


Bismillahirrohmanirrohim


Google Error 404 Not Found

Sekedar berbagi pengalaman saja, saya bingung kenapa Blog saya ini sangat sedikit memiliki Organic Visitor (Pengunjung dari Search Engine).

Padahal Artikel di Blog saya sudah banyak, dan bisa dikatakan Artikel Unik, Original, Rich Content, dan Berkualitas Tinggi menurut pembaca setia Blog saya.

Saya tau dan yakin, bahwa Artikel-artikel saya pasti banyak dicari orang di Google atau Search Engine lainnya, tapi kenyataannya Organic Visitor Blog saya terlalu sedikit !

Kemudian saya coba mencari Informasi mengenai masalah yang saya alami pada Blog saya ini, dan saya menemukan penjelasan yang logis, yakni Blog saya terkena Penalti dari Google yang disebut “Sandbox”.

Sandbox ini seperti namanya, adalah pengkondisian sebuah Situs Internet di Google Search layaknya terkungkung di Kotak Pasir. Itu artinya Artikel masih terindex, masih ada di SERP (Search Engine Result Page), karena Sandbox berbeda dengan Deindex. Dengan kata lain “Google menilai Blog atau Konten/Artikel bersangkutan jelek, sehingga tidak diprioritaskan, sehingga Ranking menjadi Drop.

Walau bagaimana pun, Google adalah Produk yang tentu saja ingin memberikan yang terbaik kepada Penggunanya. Tapi Google Search dijalankan oleh Mesin (Bot) yakni Program A.I (Artificial Intelligence) yang pastinya tidak sama seperti Manusia. Google memang “Dikuasai” oleh Robot di hampir seluruh Produknya. Saya bermasalah dengan Google AdSense karena Robot yang tidak memiliki Hati Nurani tersebut sangat Dingin terhadap Client, sehingga Akun saya bermasalah cuma karena kesalahan Robot yang tidak mengerti, masalahnya saya tidak tau mau minta tolong dengan Manusia di Google itu bagaimana.

Dan masalah dengan Google ini terjadi juga di Search Engine mereka !

Tapi Insya Allah masih bisa diatasi dengan Tools yang Google sediakan, yakni Google Webmaster Tools.

 

Kenapa Blog Terkena Sandbox ?

Lebih mantap jika ditemati Backsong Enter Sandman by Metallica 😀

Here are some on-screen lyrics for Metallica - Enter Sandman. Best part, Its in 1080p HD!!!

Seperti yang sudah saya jelaskan, Google menganggap Artikel bahkan Blog bersangkutan tersebut jelek kualitasnya, meskipun kita (Manusia) tau bahwa itu tidak benar !

Google menggunakan Bot Crawler (Spider) untuk merayapi Website di Internet, apa yang ditemui oleh Crawler menjadi penilaian bagaimana kualitas dari SItus yang dia rayapi.

Dalam hal ini, Error 404 Not Found (Tidak Ditemukan), ternyata menjadi masalah yang mempengaruhi penilaian Google terhadap kualitas sebuah Blog, bukan hanya Artikel tertentu, tapi seluruh Situs utama yang bermasalah.

Blog ini mengalami Sandboxing karena terlalu banyak Error 404 Not Found, dan saya biarkan saja, tidak saya lakukan tindakan apa pun untuk memperbaikinya. Sampai-sampai Google Webmaster Tools mengirimkan Email kepada saya bahwa terlalu banyak Error 404 Not Found, jumlahnya Ratusan !

Artikel yang dulu sempat ada di Domain ini, semenjak menggunakan Platform Blogger by Google pun ada di daftar Error 404 Not Found tersebut.

Itulah yang membuat Google menilai Blog saya ini jelek, lalu masuk kedalam Sandbox !

Google Sandbox Tester

Google Sandbox Tester

Anda bisa melakukan pengujian apakah Domain Situs Anda masuk kedalam Sandbox disini.

 

Kenapa Error 404 Not Found Berdampak Negatif ?

Meskipun Error 404 Not Found adalah Halaman yang berguna untuk memberitahu Pengunjung (bahkan Bot Crawler) bahwa Konten yang dituju tidak tersedia karena alasan apa pun.

Tapi tetap saja itu menjadi Kekecewaan yang menimbulkan penilaian negatif terhadap Situs bersangkutan.

Coba Anda bayangkan, ketika Anda dibertahu seseorang bahwa di tempat tertentu Anda bisa menemukan yang Anda mau, tapi ternyata ketika dikunjungi, justru yang didapati hanyalah Pesan “Maaf, apa yang Anda mau tidak tersedia”. Kecewa ?, Jelas !, bahkan Robot Crawler pun merasakannya, dan tidak ingin Manusia (Organic Visitor) merasakan Kekecewaan yang sama.

Masalahnya, yang divonis adalah Blog Utamanya, sehingga Kepercayaan terhadap Blog tersebut menjadi rendah. Ibarat kata “Ah ngapain saya masukin ke Page One SERP, palingan nanti Error 404 Not Found lagi !”.

Akhirnya, meskipun Artikel Blog tersebut masih terindex oleh Google, masih ada di SERP, tapi posisi Rankingnya tidak jelas di halaman berapa.

 

Solusinya …

Solusi dari masalah ini adalah menggunakan Teknik Redirect !

Coba bayangkan dan bandingkan, lebih baik mana antara “Dikabari Kabar Tidak Baik” dengan “Tidak Dikabari Apa Pun” ?

Maksudnya adalah, misalnya kita dikasih tau seseorang di tempat tertentu terdapat apa yang kita cari, dan ketika kita datangi, kita tidak menemukan apa yang kita cari, tapi kita tidak disambut oleh seseorang yang mengatakan “Maaf, apa yang Anda cari tidak ada”.

Maka itu lebih baik, sehingga meskipun apa yang kita cari itu tidak ada, tapi kita masih berada di tempat yang menyediakan sesuatu yang lain yang bisa kita dapatkan, meskipun tidak sesuai alasan kita berkunjung ke tempat itu.

 

Memang, halaman Error 404 Not Found bisa disisipi banyak hal yang membantu Pengunjung yang “Tersesat”, seperti menempatkan Related Post, Recent Post, Popular Post, dsb. Tapi tidak menutupi kenyataan bahwa di halaman itu, terdapat kabar buruk yakni “Error 404 Not Found”, dari pesannya saja sudah ada kata “Error”, tentu kesannya tidak mengenakkan.

 

Merealisasikan Solusi Tersebut

Oke, Konsepnya sudah saya jelaskan diatas, sekarang bagaimana praktiknya ?

Mudah sekali !

Kita hanya perlu melakukan 303 Permanent Redirect saja.

Ada banyak Variasi, yakni:

  1. Redirect ke 404 to 301 (Halaman Error 404 ke Home Page).
  2. Redirect URL Not Found ke URL yang Mirip (Artikel yang masih ada, hanya berganti URL Slug).
  3. Redirect URL Not Found ke URL yang Tidak Mirip (Artikel sudah tidak ada, tapi dialihkan ke Artikel lain meskipun berbeda judul).

Ada banyak Plugins WordPress yang bisa dilakukan untuk merealisasikan tersebut, silahkan ketik Keyword “404” di Form Pencarian di Direktori Plugins WordPress, maka akan ada banyak Plugin terkait 404 Redirect.

 

Blog saya, menggunakan Opsi 1 dan 2, dengan menggunakan Plugins bernama “404 Redirected” dan “404 to 301“.

Hasilnya …

Semua Error 404 yang jumlahnya sangat banyak itu sudah tidak ada lagi, semua serba Otomatis, kita hanya perlu Install dan Aktifkan saja, khusus untuk Plugins 404 Redirected, kita harus melaukan Konfigurasi untuk mengaktifkan Fungsi Otomatisnya.

Posisinya ada di Settings → 404 Redirected → Options → Automatic Redirects.

Auto 404 Redirected

Auto 404 Redirected

Ikuti Settingan seperti di atas untuk hasil Optimal.

 

Kesimpulan

Ada banyak Error yang membuat Google Kecewa dan kemudian menilai buruk suatu Blog, tidak hanya Error 404 Not Found saja, tapi yang paling bahaya adalah Error 404 Not Found ini. Karena ini terkait kepuasan Pengguna Search Engine mereka.

Memang URL yang Not Found akan otomatis dihapus oleh Google, tapi ada hukuman karena Situs tersebut memberikan URL yang Not Found ke dalam SERP, yakni sebuah Penalti dengan memasukan Situs tersebut kedalam Kotak Pasir (SandBox).

Jika masih bandel, bahkan melakukan Spamming, maka jangan kaget jika dilakukan tindakan Deindexing yakni menghapus semua URL pada SERP, ini yang dialami Subdomain Gratisan .co.cc dulu yang menjadi “Kiamat” tersendiri pada penggunanya.

Maka dari itu, penting bagi kita untuk memiliki Akun Google Webmaster Tools, untuk memonitor kesehatan Situs kita dari sudut pandang Google Search, termasuk Error 404 Not Found, Struktur Theme/Template, dsb.

Akhir kata, lebih baik Redirect ke Home Page (Beranda) jika toh Artikel sudah dihapus, daripada membiarkan Pengunjung terdampar dan tersesat di Halaman Error 404 Not Found !

Ibaratnya ketika kita ke Mall, meskipun barang yang ingin kita beli tidak ditemukan, toh setidaknya Mata kita tetap melihat hal-hal menarik atau biasa disebut “Cuci Mata” dan siapa tau kita tertarik memberli sesuatu yang tidak direncanakan saat ingin ke sana.

Ya Kan ? 😀


Protected by DMCA ! Protected by Premium Copyscape !

Hi, Bagaimana Menurut Anda ?


Jadilah Pembaca yang Baik dengan cara meninggalkan Komentar pada setiap Artikel Bermanfaat yang sudah dibaca (•‿•)


Komentar adalah salah satu Faktor Penyemangat bagi seorang Blogger, termasuk juga saya. Sebagai bukti bahwa saya tidak sendirian disini, mengingat ada banyak sekali Viewer (Pembaca) Artikel di Blog saya ini. Tolong, jangan pergi begitu saja.


Tinggalkan Komentar Anda disini meskipun hanya sekedar menyapa saya, mari kita bangun Forum Diskusi di Kolom Komentar pada setiap Artikel di Blog ini.


Oleh karena itu, saya sudah menyediakan Fasilitas Comment System terbaik saat ini yakni Disqus Comments System untuk membangun Komunitas Komentator yang lebih Advanced lagi, tidak diperlukan Account Disqus untuk bisa berkomentar disini, Anda cukup memasukkan Nama dan Email saja, tapi saya sarankan untuk memiliki Account Disqus jika Anda sering berkomentar di banyak Blog yang menggunakan Disqus Comment System.

Mungkin Anda juga menyukai



Facebook Comments



Disqus Comments



×
SSL Verified