L

Perlukah Menggunakan CDN (Content Delivery Network) ?


Bismillahirrohmanirrohim


CDN Nodes

CDN (Content Delivery Network) adalah salah satu dari Teknologi Cloud Computing yang memungkinkan Distribusi File menggunakan Node Server terdekat dengan Client.

Artinya, meskipun sebuah Website berbasis di Amerika (US), maksudnya Server Utama untuk menghosting Website setersebut berada di Amerika, maka untuk Konten Statis seperti Gambar, Tema (CSS, JS), dsb bisa didistribusikan melalui Node Server terdekat dengan Pengunjung, misalnya di Indonesia, Server terdekat paling umum adalah Node Server Singapore.

 

CDN hanya efektif untuk Konten Statis, bukan Konten Dinamis seperti Database, dan Engine Files dari CMS (Content Management System). Tapi saat ini data dinamis juga bisa dicache dengan CDN.

 

Perlukah Menggunakan CDN ?

Maka jawabannya Sangat Perlu !

Dulu, memang jawabannya adalah relatif tergantung dari mana asal Traffic Website Anda.

Jika Website atau Blog Anda menggunakan Hosting Utama di Indonesia, tapi Visitor sangat banyak dari luar Indonesia, seperti Asia umumnya seperti Jepang, China, Korea, Thailand, Singapore, dsb, dan apalagi jika dari Amerika, dan Eropa. Maka Anda membutuhkan CDN untuk mempercepat Akses dari Visitor yang jauh disana dengan mengurangi Latency (Response Time) dan tentu saja Up/Downlink, karena Server yang bertugas melayani Vistor tersebut berada di Negara terdekat darinya, misalnya Visitor dari Amerika, maka CDN dengan Node Server di Amerika yang melayani Request dari sana.

Dengan dan Tanpa CDN

Dengan dan Tanpa CDN

Ini ditentukan secara Geografis (Geo-location) berdasarkan Lokasi IP Adress dari ISP (Internet Service Provider) yang Pengunjung gunakan.

Atau …

Karena berbagai alasan, Website atau Blog Anda dihosting di Server Luar seperti Amerika dan Eropa, tapi Anda peduli dengan Visitor Indonesia atau bahkan Target Utama Visitor adalah dari Indonesia.

Misalnya Anda merasa Web Hosting di Indonesia ini mahal-mahal Biaya Sewa-nya (saya tidak setuju). Sehingga Anda memutuskan untuk membeli Web Hosting dari Provider luar yang tentu saja Lokasi Servernya berada luar negri sana, misalnya Amerika (US).

Tapi ini tidak bisa dijadikan alasan yang kuat, karena Provider luar pun juga menyediakan Web Hosting dengan Lokasi Server Singapore.

Sehingga akan lebih efektif langsung saja membeli Web Hosting dengan menggunakan Server Singapore, jika Target Visitor memang dari Indonesia.

Lagipula, dengan menggunakan Server Singapore, jika pun ada Visitor dari Amerika dan Eropa, maka akases akan relatif lebih cepat meskipun Server berada di Singapore, dan tanpa perlu CDN jika memang jumlahnya tidak signifikan.

CDN diperlukan jika memang Visitor dari berbagai negara sangat membludak !

Tapi …

Jika Blog memiliki Target Visitor hanya dari Indonesia atau yah beberapa dari Luar tapi tidak signifikan, maka buat apa menggunakan CDN yang Server terdekat dari sini saja di Singapura sana ?

Downgrade dong berarti ?, Visitor dari Indonesia “Dipaksa” mengakses File dari Node Server di Singapura sana 😀

Tentu saja Latency akan sedikit lebih besar yang mengakibatkan Response Time dan Load Time menjadi sedikit lebih lama.

Kalau saja Provider CDN yang umum sudah tersedia PoP Indonesia, maka bisa jadi pertimbangan.

Tapi itu semua tidak relevant lagi dengan fakta sesungguhnya yang saya bahas di artikel yang membahas lebih dalam mengenai Server Indonesia VS Singapore.
Powered by Dewaweb


Protected by DMCA ! Protected by Premium Copyscape !

Hi, Bagaimana Menurut Anda ?


Jadilah Pembaca yang Baik dengan cara meninggalkan Komentar pada setiap Artikel Bermanfaat yang sudah dibaca (•‿•)


Komentar adalah salah satu Faktor Penyemangat bagi seorang Blogger, termasuk juga saya. Sebagai bukti bahwa saya tidak sendirian disini, mengingat ada banyak sekali Viewer (Pembaca) Artikel di Blog saya ini. Tolong, jangan pergi begitu saja.


Tinggalkan Komentar Anda disini meskipun hanya sekedar menyapa saya, mari kita bangun Forum Diskusi di Kolom Komentar pada setiap Artikel di Blog ini.


Oleh karena itu, saya sudah menyediakan Fasilitas Comment System terbaik saat ini yakni Disqus Comments System untuk membangun Komunitas Komentator yang lebih Advanced lagi, tidak diperlukan Account Disqus untuk bisa berkomentar disini, Anda cukup memasukkan Nama dan Email saja, tapi saya sarankan untuk memiliki Account Disqus jika Anda sering berkomentar di banyak Blog yang menggunakan Disqus Comment System.

Mungkin Anda juga menyukai


Disqus Comments

  • Aditya Maulana

    Jadi sebenarnya jika kita sudah register domain kita di cloudflare, otomatis kita sudah punya cdn? berarti kita tidak perlu upload image atau video kita di cloudflare gan? maaf saya baru belajar cdn soalnya..hehe

    • Iya benar seperti itu.

      Tidak masalah, wajar kok, saya dulu malah mengira CloudFlare itu bukan CDN, tapi Firewall 😀

      • Aditya Maulana

        saya pikir cuma dns aja mas.. 😀
        nah pertanyaan saya selanjutnya, di cloudflare berarti tidak ada directory untuk menyimpan file gambar/video tsb? seperti misalnya kalau di cloudinary

        • Tidak ada mas, jadi semua berjalan secara otomatis, atau disebutnya “Pull CDN”, bahkan jika mau pakai Subdomain sehingga terkesan seperti CDN Konvensional juga bisa,

          Artikelnya ada disini.

          • Aditya Maulana

            berarti untuk file image atau video tetap ditaruh di webserver ya? jadi lebih bagus mana ya mas? dengan yang seperti cloudinary

          • Iya tetap di web hosting lokal kita (yg menyimpan website kita).

            Format yang didukung CloudFlare Free Plan cuma:

            css,js,jpg,jpeg,gif,ico,png,bmp,pict,csv,doc,pdf,pls,ppt,tif,tiff,eps,ejs,swf,midi,mid,ttf,eot,woff,woff2,otf,svg,svgz,webp,docx,xlsx,xls,pptx,ps,class,jar

            Kalau untuk Video, saya sarankan pakai Cloud Storage saja, biasanya provider CDN juga support CDN Storage.

            Cloudinary itu udh beda dengan CloudFlare, dia itu File Hosting, lebih tepatnya Image Cloud Storage, jelas saja file disimpan di Server mereka.

            Soal bagus mana, itu relatif sesuai kebutuhan.

          • Aditya Maulana

            ooh gitu ya mas..thanks mas atas penjelasan dan sarannya..

          • Saya bantu Jawab, yah 🙂

            File akan tetap tersimpan di dalam Webserver/Hosting yang kamu gunakan kalau kamu memakai CDN sekalipun, termasuk CloudFlare dan CDN Konvensional lainnya.

            Mau nyimpen video yah?
            Kamu bisa pake Cloud Storage untuk menyimpan Video kamu, ini sarannya:
            Coba pake BunnyCDN, trus di manfaatin Cloud Storage nya, bisa kok di upload di situ, murah lagi, minimal deposit cmn $10 (setara 135rb atau 145rb-150rb kalo beli VCC nya (mungkin yahh :D), dan sejak saya kirimkan komentar ini) untuk Bandwidth sebesar 300 GB dengan Pull Zone Asia/Oceania per Tahun nya (Harga Bandwidth Pull Zone Asia/Oceania yaitu sekitar $0.030 per GB).

            Nah, kalo udh hampir setahun kemudian, kamu hrs deposit lagi minimal 10$ biar nambah saldo, lumayan tuh 😀
            Karena bandwidth akan bertambah banyak jika kamu menambah saldo 🙂

            Kalo mau yg lebih lokal, kamu bisa coba Kilat Storage di CloudKilat, tp CNAME tidak kebagian jatah SSL. Jadi, meski kamu memakai Custom Domain, maka Custom Domain tidak support SSL, alias tidak ada SSL nya, tidak seperti BunnyCDN yang Support SSL pada CNAME, bahkan kamu bisa mendapatkan SSL secara Gratis untuk CNAME nya, walaupun pake Let’s Encrypt. Pembayaran Kilat Storage itu Flat per Bulan (30rb/bulan untuk Space 10GB), tidak ada sistem Deposit ataupun “Pay as you go” atau apapun itu namanya. Palingan cuman isi saldo di WHMCS aja, dan itupun pembayarannya tetep Flat, jadi gak pake kayak beli voucher gitu.

            Di BunnyCDN, kamu mendapatkan Unlimited Space, tp nanti Saldo kamu di BunnyCDN akan berkurang (Seperti nya bukan hanya di BunnyCDN saja) baik pada proses download ataupun upload file nya (Walaupun di bedakan antara penggunaan Storage dan CDN). Sedangkan di Kilat Storage, kamu akan mendapatkan Unlimited Bandwidth, tapi di limit pada bagian Space nya saja.

            Kalo mau liat Review BunnyCDN, bisa di lihat artikel nya di blog ini (Saya lagi males nulis Review nya di Blog Saya, hehehe :D)

            Jujur, saya blm make Kilat Storage, tp saya hubungi Sales nya, jawabannya seperti itu, gk bisa SSL pada Custom Domain. Itulah kenapa saya jadi gk tertarik Kilat Storage

            Untuk Image Hosting, kamu bisa pake Cloudinary, cuman kamu akan di berikan Space 2 GB dan Bandwidth 5 GB per bulan (Per bulan nya itu buat Bandwidth, yah :D)
            Tapi, tidak support CNAME, dan hanya Support jika kamu membeli Plan Advanced nya yang seharga $249 / Bulan atau di atasnya.

            Bisa sih, kalo kamu pake Cloud Storage di atas, tp ribet, sampai skrg sy blm ketemu cara otomatis agar semua Image di upload ke FTP pada WP, termasuk thumbnail-thumbnail nya, lalu Link image nya pake server cloud storage, bukan server hosting. Berarti, kamu harus Upload manual, trus link nya juga harus eksternal, dan di insert manual.

            Jadi, bagusan mana di antara Cloud Storage di atas? Sesuaikan sama kebutuhan aja, mas, saya sudah memberikan saran terbaik nya 🙂

          • Aditya Maulana

            Wah penjelasan yang komprehensif..dan saya mesti tau juga arti cname dan vcc ya..hehe..tapi terima kasih sarannya mas. Jadi di project saya sedang mengembangkan web yang ada image dan video dari produk tsb. dan perlu diakses dengan cepat oleh costumer



×
SSL Verified