L

Inilah Beberapa Rekomendasi Merek Oli MTF untuk Gardan Motor Matic


Bismillahirrohmanirrohim


Eco Gear Oil

Sebelumnya saya sudah membahas Fakta tentang Scooter Matic Gear Oil Rekomendasi yang ternyata isinya Oli Mesin.

Banyak pertanyaan ditujukan kepada saya, salah satunya yang menurut saya perlu untuk dibuatkan artikel khususnya adalah MTF (Manual Transmission Fluid) yang menjadi Rekomendasi, baik dari saya pribadi, maupun dari Komunitas LDIC (Long Drain Interval Community).

Kenapa LDIC ?

Karena saya tidak sendirian 🙂

Topic ini sebenarnya sudah lama saya Blow Up di LDIC, baik itu di Facebook Group maupun di KaskusThread.

Pro Kontra ?

Jelas pasti ada, dan saat itulah teman-teman di LDIC mendukung saya, Thanks Bro ! 🙂

 

Memang wajar jika ada keraguan, karena ini adalah hal baru di Indonesia yang Mayoritas pengguna Scooter Matic H dan Y, dan Standard/Rekomendasi-nya menggunakan oli gardan yang disediakan oleh bengkel resmi yang kita sudah tau isinya apa (Oli Mesin 4 Tak).

Sebagian ada yang tetap menggunakan oli mesin di gardan karena “menganggap remeh” beban kerja gardan pada motor matic yang menurut mereka tidak seberat beban kerja mesin 😀

Saya pun awalnya mengira bahwa “Glitter” itu hanya terjadi pada Scooter Matic saya yakni Vario 125i, bahkan Vario 150i, dan Scoopy Fi, serta Xeon saya.

Tapi setelah mendapat respon “Senasib” dari pengguna Scooter Matic berbagai merk dan tipe lainnya, akhirnya saya putuskan untuk Riset, untuk menbuktikan sendiri.

Hasilnya jelas sekali, Oli Mesin ya untuk Mesin, Gardan ?, ya Manual Transmission Fluid !

Ini unik loh sob, karena justru dari hasil riset saya, malah yang bagus itu pakai MTF yang notabene adalah oli transmisi mobil, bukan oli gardan mobil 😀

Kenapa ?

Singkatnya, Adpack (Additive Pack)-nya berbeda  !

Wajar saja, Standard Sertifikasinya saja sudah berbeda 😀

Tidak perlu saya ceritakan proses panjang ketika saya melakukan Experiment yang saya lakukan pribadi itu ya sob, yang jelas saya menyimpulkan bahwa Oli Mesin, baik itu MCO (Motorcycle Oil), maupun PCMO (Passanger Car Motor Oil), dan HDEO (Heavy Duty Engine Oil), semuanya dari Sample yang saya uji pada Scooter Matic dari Honda, Yamaha, dan Suzuki, menghasilkan “Glitter”.

 

“Glitter” Itu Bagaimana Sih ?

Silahkan baca artikel khusus yang membahas itu ya sob, disini.

 

Faktanya, “Glitter” ini memang ada, dan banyak, bahkan cuma dalam pemakaian singkat, yakni 100 – 200 KM !, itu artinya terjadi Friksi Hebat bahkan sejak Pertamakali digunakan, sehingga terakumulasi sedemikian banyaknya.

Itu Oli Mesin yang saya gunakan cuma sekitar 200 KM saja !


Protected by DMCA ! Protected by Premium Copyscape !

Hi, Bagaimana Menurut Anda ?


Jadilah Pembaca yang Baik dengan cara meninggalkan Komentar pada setiap Artikel Bermanfaat yang sudah dibaca (•‿•)


Komentar adalah salah satu Faktor Penyemangat bagi seorang Blogger, termasuk juga saya. Sebagai bukti bahwa saya tidak sendirian disini, mengingat ada banyak sekali Viewer (Pembaca) Artikel di Blog saya ini. Tolong, jangan pergi begitu saja.


Tinggalkan Komentar Anda disini meskipun hanya sekedar menyapa saya, mari kita bangun Forum Diskusi di Kolom Komentar pada setiap Artikel di Blog ini.


Oleh karena itu, saya sudah menyediakan Fasilitas Comment System terbaik saat ini yakni Disqus Comments System untuk membangun Komunitas Komentator yang lebih Advanced lagi, tidak diperlukan Account Disqus untuk bisa berkomentar disini, Anda cukup memasukkan Nama dan Email saja, tapi saya sarankan untuk memiliki Account Disqus jika Anda sering berkomentar di banyak Blog yang menggunakan Disqus Comment System.

Mungkin Anda juga menyukai



Facebook Comments



Disqus Comments



×
SSL Verified