L

Inilah Beberapa Rekomendasi Merek Oli MTF untuk Gardan Motor Matic


Bismillahirrohmanirrohim


Eco Gear Oil

Sebelumnya saya sudah membahas Fakta tentang Scooter Matic Gear Oil Rekomendasi yang ternyata isinya Oli Mesin.

Banyak pertanyaan ditujukan kepada saya, salah satunya yang menurut saya perlu untuk dibuatkan artikel khususnya adalah MTF (Manual Transmission Fluid) yang menjadi Rekomendasi, baik dari saya pribadi, maupun dari Komunitas LDIC (Long Drain Interval Community).

Kenapa LDIC ?

Karena saya tidak sendirian 🙂

Topic ini sebenarnya sudah lama saya Blow Up di LDIC, baik itu di Facebook Group maupun di KaskusThread.

Pro Kontra ?

Jelas pasti ada, dan saat itulah teman-teman di LDIC mendukung saya, Thanks Bro ! 🙂

 

Memang wajar jika ada keraguan, karena ini adalah hal baru di Indonesia yang Mayoritas pengguna Scooter Matic H dan Y, dan Standard/Rekomendasi-nya menggunakan oli gardan yang disediakan oleh bengkel resmi yang kita sudah tau isinya apa (Oli Mesin 4 Tak).

Sebagian ada yang tetap menggunakan oli mesin di gardan karena “menganggap remeh” beban kerja gardan pada motor matic yang menurut mereka tidak seberat beban kerja mesin 😀

Saya pun awalnya mengira bahwa “Glitter” itu hanya terjadi pada Scooter Matic saya yakni Vario 125i, bahkan Vario 150i, dan Scoopy Fi, serta Xeon saya.

Tapi setelah mendapat respon “Senasib” dari pengguna Scooter Matic berbagai merk dan tipe lainnya, akhirnya saya putuskan untuk Riset, untuk menbuktikan sendiri.

Hasilnya jelas sekali, Oli Mesin ya untuk Mesin, Gardan ?, ya Manual Transmission Fluid !

Ini unik loh sob, karena justru dari hasil riset saya, malah yang bagus itu pakai MTF yang notabene adalah oli transmisi mobil, bukan oli gardan mobil 😀

Kenapa ?

Singkatnya, Adpack (Additive Pack)-nya berbeda  !

Wajar saja, Standard Sertifikasinya saja sudah berbeda 😀

Tidak perlu saya ceritakan proses panjang ketika saya melakukan Experiment yang saya lakukan pribadi itu ya sob, yang jelas saya menyimpulkan bahwa Oli Mesin, baik itu MCO (Motorcycle Oil), maupun PCMO (Passanger Car Motor Oil), dan HDEO (Heavy Duty Engine Oil), semuanya dari Sample yang saya uji pada Scooter Matic dari Honda, Yamaha, dan Suzuki, menghasilkan “Glitter”.

Dewaweb - Cloud Hosting Terbaik !

Protected by DMCA ! Protected by Premium Copyscape !

Hi, Bagaimana Menurut Anda ?


Jadilah Pembaca yang Baik dengan cara meninggalkan Komentar pada setiap Artikel Bermanfaat yang sudah dibaca (•‿•)


Komentar adalah salah satu Faktor Penyemangat bagi seorang Blogger, termasuk juga saya. Sebagai bukti bahwa saya tidak sendirian disini, mengingat ada banyak sekali Viewer (Pembaca) Artikel di Blog saya ini. Tolong, jangan pergi begitu saja.


Tinggalkan Komentar Anda disini meskipun hanya sekedar menyapa saya, mari kita bangun Forum Diskusi di Kolom Komentar pada setiap Artikel di Blog ini.


Oleh karena itu, saya sudah menyediakan Fasilitas Comment System terbaik saat ini yakni Disqus Comments System untuk membangun Komunitas Komentator yang lebih Advanced lagi, tidak diperlukan Account Disqus untuk bisa berkomentar disini, Anda cukup memasukkan Nama dan Email saja, tapi saya sarankan untuk memiliki Account Disqus jika Anda sering berkomentar di banyak Blog yang menggunakan Disqus Comment System.

Mungkin Anda juga menyukai



Facebook Comments



WordPress Comments

14 Respon

    • Lukmanul Hakim berkata:

      Wih serem amat yah, itu abnormal om, saya pakai castrol gk pernah kayak gitu, baik 200 KM, 10.000 KM, 20.000 KM.

      Itu habis dipake motornya lalu oli gear-nya dikeluarin yah ?

      • Alit keniten berkata:

        Pakainya udah tadi jam /4 an bos, itu udah sempet dcuci motornya, trus iseng” dkuras kyk gtu hasilnya..
        Soalnya dgrup nmax ada yg bilang berbusa, mau tes aja ternyata beneran bos, tpi masih tak dcoba dlu, kalau masih sama bru tak ganti aja bos..

        • Lukmanul Hakim berkata:

          Itu ngisi oli gear berapa mL ?, dilebihin dari standardnya ya atau tidak ?, soalnya berbusa bisa juga karena oli melebihi volume standard yang dianjurkan.

          • Alit keniten berkata:

            Iya bos, itu isinya sekitar 200ml, mungkin krna gk sesuai takaranya, jdi berbusa gitu..

          • Lukmanul Hakim berkata:

            Nah iya om, salah satu penyebab oli berbusa itu adalah karena melebihi takaran standard, nmax kan setau saya cuma 150 mL yah ?

            Ini juga berlaku di oli mesin om 🙂

            Kalau saya di vario dan matic produksi honda lainnya ada prosedurnya sendiri om, jadi lebih presisi, artikelnya disini.

    • Alit keniten berkata:

      Ini hasil pergantian pertama bos, apa mungkin krna masih ada sisa oli bawaanya..

      • Lukmanul Hakim berkata:

        Memang dalam peralihan dari MCO ke PCMO/HDEO (Oli Mesin) ada tahap “flushing”, itu untuk menghindari reaksi negatif dari additive pack masing-masing oli, dan kalau di mesin itu sambil membersihkan sludge-sludge yg disebabkan MCO.

        Jadi, pada oli gear juga perlu flushing jika sebelumnya menggunakan oli mesin di gardan.

        Kita tidak pernah tau sih om apakah terjadi reaksi negatif atau tidak antar aditif, karena sesama oli mesin saja jika beda merek/tipe bisa saja terjadi reaksi negatif, apalagi jika oli mesin bercampur dengan oli gear/mtf.

  1. Andhika berkata:

    Siang mas lukmanul hakim, terima kasih banyak atas sharingnya, jadi dapat pencerahan mengenai oli gardan yg tepat untuk matic, mau nanya mas, klo pake castrol mtf / castrol gear oil ini periode penggantian nya brp lama ? Trus untuk pemakaian pertama kali langsung tuang aja ya mas ? Makasih banyak atas jawaban nya, sukses terus mas

  2. Purwa Shashangka berkata:

    Assalamualaikum mas,
    Oli gardan motor scoopy saya habis kena banjir warnaya keruh dan agak putih berbusa. Ini mau saya ganti dg rored mtf, apakh perlu dibilas berulang agar bersih airnya. Matursuwon.

  3. Irwan berkata:

    Assalamualaikum,, pak mau tanya klo Oli MTF Idemitsu SAE : 75w-85 GL-4 sdh pernah ditest blm? Atau bgmn menurut bpk utk scooter matic? Trm ksh

  4. Setiawan H. Karno berkata:

    Assalamualaikum om lukman
    Saya pengguna nmax
    Saya mau ganti oli gardan, cuma saya sudah membeli merk mobil mobilube HD premium multiple purpose gear oil SAE 80W-90 Api GL-5, apakah oli ini bakal menimbulkan gliter? Soalnya saya liat di artikel om merekomendasikan castrol scooter gear oil 80w-90 klo saya liat itu tergolong oli gear bukan MTF… Dan saya baca di artikel klo MTF & gear oil berbeda, oh iya om satu lagi cara flushing gardan & mesin yang bener gimana ya?

    Mohon pencerahan nya om thanks https://uploads.disquscdn.com/images/bd28570c39be036b19bfc51a981c0b169abf3509ef49e2bcf4721daf4b18d2e8.jpg https://uploads.disquscdn.com/images/81ffe899ed7b161bddea367fc79798ae31bb45927e52e26b3d5e7735b117c025.jpg

  5. Wahyu berkata:

    Kalo menurut om shell spirax itu bagaimana?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *