L

Rekomendasi Oli MTF untuk Gardan Motor Matic


Bismillahirrohmanirrohim


Eco Gear Oil

Sebelumnya saya sudah membahas Fakta tentang Scooter Matic Gear Oil Rekomendasi yang ternyata isinya Oli Mesin.

Banyak pertanyaan ditujukan kepada saya, salah satunya yang menurut saya perlu untuk dibuatkan artikel khususnya adalah MTF (Manual Transmission Fluid) yang menjadi Rekomendasi, baik dari saya pribadi, maupun dari Komunitas LDIC (Long Drain Interval Community).

Kenapa LDIC ?

Karena saya tidak sendirian 🙂

Topic ini sebenarnya sudah lama saya Blow Up di LDIC, baik itu di Facebook Group maupun di Kaskus.

Pro Kontra ?

Jelas pasti ada, dan saat itulah teman-teman di LDIC mendukung saya, Thanks Bro ! 🙂

 

Memang wajar jika ada keraguan, karena ini adalah hal baru di Indonesia yang Mayoritas pengguna Scooter Matic Honda dan Yamaha, dan Standard/Rekomendasi-nya menggunakan oli gardan yang disediakan oleh bengkel resmi yang kita sudah tau isinya apa.

Sebagian ada yang tetap menggunakan oli mesin di gardan karena menganggap remeh beban kerja gardan pada motor matic yang menurut mereka tidak seberat beban kerja mesin 😀

Saya pun awalnya mengira bahwa “Glitter” itu hanya terjadi pada Scooter Matic saya yakni Vario 125i.

Tapi setelah mendapat respon “Senasib” dari pengguna Scooter Matic berbagai merk dan tipe lainnya, akhirnya saya putuskan untuk Riset, untuk menbuktikan sendiri.

Hasilnya jelas sekali, Oli Mesin ya untuk Mesin, Gardan ?, ya Manual Transmission Fluid !

Ini unik loh soh, karena justru dari hasil riset saya, malah yang bagus itu pakai MTF yang notabene adalah oli transmisi mobil, bukan oli gardan mobil 😀

Kenapa ?

Singkatnya, Adpack (Additive Pack)-nya berbeda  !

Wajar saja, Standard Sertifikasinya saja sudah berbeda 😀

Tidak perlu saya ceritakan proses panjang ketika saya melakukan Experiment yang saya lakukan pribadi itu ya sob, yang jelas saya menyimpulkan bahwa Oli Mesin, baik itu MCO (Motorcycle Oil), maupun PCMO (Passanger Car Motor Oil), dan HDEO (Heavy Duty Engine Oil), semuanya dari Sample yang saya uji pada Scooter Matic dari Honda, Yamaha, dan Suzuki, menghasilkan “Glitter”.

Powered by Dewaweb


Protected by DMCA ! Protected by Premium Copyscape !

Hi, Bagaimana Menurut Anda ?


Jadilah Pembaca yang Baik dengan cara meninggalkan Komentar pada setiap Artikel Bermanfaat yang sudah dibaca (•‿•)


Komentar adalah salah satu Faktor Penyemangat bagi seorang Blogger, termasuk juga saya. Sebagai bukti bahwa saya tidak sendirian disini, mengingat ada banyak sekali Viewer (Pembaca) Artikel di Blog saya ini. Tolong, jangan pergi begitu saja.


Tinggalkan Komentar Anda disini meskipun hanya sekedar menyapa saya, mari kita bangun Forum Diskusi di Kolom Komentar pada setiap Artikel di Blog ini.


Oleh karena itu, saya sudah menyediakan Fasilitas Comment System terbaik saat ini yakni Disqus Comments System untuk membangun Komunitas Komentator yang lebih Advanced lagi, tidak diperlukan Account Disqus untuk bisa berkomentar disini, Anda cukup memasukkan Nama dan Email saja, tapi saya sarankan untuk memiliki Account Disqus jika Anda sering berkomentar di banyak Blog yang menggunakan Disqus Comment System.

Mungkin Anda juga menyukai


Disqus Comments

  • Moe dan Zack
    • Dari beberapa Review oleh teman-teman, MTF itu Recommended

  • Muhammad Ridzky

    Klo boleh tau

    CASTROL MANUAL GL-4 80W-90

    dikota agan sekitar berapa harganya ? saya di palangkaraya mungkin ngk jauh beda harganya

  • Arief Al Kahfi

    bagaimana dengan oli ini gan ? apakah oli ini sama saja dengan castrol MTF GL4 itu? kalau sama kan mending yang ini, karena kemasan kecil.
    MTF GL4 harus beli minimal 1liter. padahal yang diperlukan sekitar 120mL/10.000km. berarti 1liter MTF gl4 bisa dipakai untuk 80.000km, dan itu akan lama sekali. Apakah waktu yang lama akan mengurangi kualitas dari MTF gL 4 itu pak?
    mohon penerangan pak. karena saya sangat setuju dengan penggunaan MTF ini:

    https://uploads.disquscdn.com/images/ce2fc104eb27db957dc83709eab60af273caf9eb1e490e52c5c94d2f1731dc2d.jpg

    • Mengenai apakah isinya apakah Castrol MTF GL-4, itu tidak penting, yang jelas Spesifikasinya sudah benar, API GL-4, SAE 80W-90, banyak kok yang pakai Castrol Scooter Gear Oil yang itu gan, alternative paling ideal daripada beli Castrol MTF 1 Liter, alasannya kurang lebih sama dengan yg agan keluhkan 😀

      • Arief Al Kahfi

        Terima kasih gan. Tambah manteep. Btw, saya mau masuk grup fb LDIC blm di approve nih..Heheeee. siapa tahu agan admin nya. #piss gan

        • Sama-sama, mengenai itu, saya tidak di Facebook lagi gan 🙂

  • Agung Dwi

    Varioku malah pakai Agip Rotra MP GL5 utk transmisinya mas. Gimana?

    • Nah justru saya yang mesti bertanya, gimana hasilnya setelah dilakukan test pakai senter ?

      Karena keterbatasan saya, saya tidak bisa nyoba semua merk Gear Oil/MTF API GL gan, harap maklum, makanya saya share Artikel cara ngetestnya disini.

  • Satanichia

    Yg saya tau GL-4 biasa dipakai untuk gearbox manual mobil, GL-5 untuk gardan. Perbedaannya di aditifnya (lupa apa namanya), di GL-5 dikasih aditif yg berguna buat gardan tapi gk cocok buat synchromesh di transmisi manual mobil. Cmiiw

    • Benar sekali gan 🙂

      GLT-4 biasa dipakai untuk Gearbox Transmisi Manual di Mobil. GL-5 untuk Gardan/Differential.

      Makanya saya juga sering bilang, meski sama-sama Standard API GL, tapi Additive Pack bisa beda, makanya ada MTF (Manual Transmission Fluid) dan Gear Oil (Differential Gear Oil). Dari pengujian yang saya lakukan, yang Fully Compatible dengan Gearbox Motor Matic ya MTF, semua merk, kalo Gear Oil yang buat Gardan Mobil itu masih ada yang Aditifnya tidak cocok, jadinya masih ada Glitter.

      • Satanichia

        Makasih om balesannya, itu yg saya tulis diatas dpt dari forum sih hehe. Apa bahan gear motor matik itu sama dengan synchromesh di gearbox mobil ya jd sama2 gk kuat sama oli GL5? Setau saya synchromesh itu semacam ring bergigi bahannya kuningan. Cmiiw

        • Sama-sama, terimakasih juga sudah berkomentar 🙂

          Nah itu masih misteri loh, yg jelas sih sepengalaman saya overhaul gearbox motor matic, tidak saya temukan adanya bahan kuningan (Yellow Metal) pada Gear-gear-nya.

          Mungkin perbedaan AdPack (Additive Pack) yang menyebabkan itu.

  • rizwan

    ikut nanya om..kenapa ya “castrol scooter gear oil” yg banyak di jual online sae 15w-40 bukan 80w-90..susah bener nyarinya.makasih sebelumnya

    • kalau online, seharusnya gk susah dapetinnya om 😀

      Coba pada keywordnya ditambahin jadi “castrol scooter gear oil sae 80w-90”

  • Rey

    Terima kasih Gan ilmunya bermanfaat..

  • Ersya

    Maaf Gan saya belum ngerti nih… Itu maksud nya untuk oli Gardan ya, terus buat oli mesin rekomend nya apa Gan?

    • Iya oli gardan, kalau untuk oli mesin, pembahasannya beda lagi 😀

      • Ersya

        Terus buat oli mesin cocoknya buat aerox 155 vva apa Gan bisa recommend?

        • Enkhei

          Di km 500 ane ganti ke motul scooter LE 10w-30 gan. Trip KM nya coba diset ke 0 lagi. Soalnya awal pemakaian penggantian sae oli biasanya diawal proses mesin butuh penyesuaian. Tetapi setelah berjalan sekitar 60 km – 100 km keatas, suara mesin jadi berubah halus dan ngacir. Kalo kalo agan mau pake sae bawaan pabrikan ya 10w-40. Cuman untuk rekomendasi aja gan kalo mau mesin awet suara halus pake yg harga dari 80k keatas. ( berdasarkan pengalaman ane ) kebetulan ane baru ngambil aerox 155 jg.

  • Muhammad Iqbal Tanjung

    untuk nmax oli transmisi ini jumlahnya berapa ml ya gan? kalo dari buku manualnya kan 150 ml, tp kok banyak suhu2 di grup nmax nyaranin 200-300 ml? apa gapapa kalo lebih? mohon pencerahan gan

  • Rizal

    mas mau tanya nih, kan aerox 155 saya baru jalan 500km, takutnya oli gear nya isi nya oli mesin, kalo misal terjadi seperti itu , apa perlu lgsg saya ganti atau nunggu jalan beberapa puluh ribu km dulu ? terimakasih.

    • Pasti oli mesin isinya kalau bawaan pabrikan Indonesia 🙂

      Sudah 500 KM sebaiknya ganti ke MTF saja bro, drain cukup sekali saja ya, jangan pakai acara “Bilas” yang cuma membuang-buang MTF yg masih bagus saja 😀

      • Rizal

        siap mas, dengan begini saya jadi tercerahkan, hehe

        terimakasih, sukses selalu mas.

  • Agoy

    Gan mau tanya deh apa bedanya Scooter Gear Oil 15W-40 sama 80W-90? Soalnya di toko castrol bike point deket rumah ane cuma jual yg 15W-40. Makasihh

    • Muhammad Iqbal Tanjung

      Uda dijelasin diatas gan, yg 15w-40 sama aja kaya oli mesin motor biasa, yang 80w 90 gl 4 itu buat transmisi.

  • Alit keniten

    Bos mau tanya dong, ada yg bilang kalau pakai castrol, pas dkuras olinya berbuih itu gmna bos ya?
    Saya baru pakek, tpi blum sempet cek..

    • Kalau Buih di permukaan seperti sabun cuci itu masalah bro, tapi kalau di dalam itu wajar, karena gear oil sudah mengandung anti-foaming agent.

  • Alit keniten
    • Wih serem amat yah, itu abnormal om, saya pakai castrol gk pernah kayak gitu, baik 200 KM, 10.000 KM, 20.000 KM.

      Itu habis dipake motornya lalu oli gear-nya dikeluarin yah ?

      • Alit keniten

        Pakainya udah tadi jam /4 an bos, itu udah sempet dcuci motornya, trus iseng” dkuras kyk gtu hasilnya..
        Soalnya dgrup nmax ada yg bilang berbusa, mau tes aja ternyata beneran bos, tpi masih tak dcoba dlu, kalau masih sama bru tak ganti aja bos..

        • Itu ngisi oli gear berapa mL ?, dilebihin dari standardnya ya atau tidak ?, soalnya berbusa bisa juga karena oli melebihi volume standard yang dianjurkan.

          • Alit keniten

            Iya bos, itu isinya sekitar 200ml, mungkin krna gk sesuai takaranya, jdi berbusa gitu..

          • Nah iya om, salah satu penyebab oli berbusa itu adalah karena melebihi takaran standard, nmax kan setau saya cuma 150 mL yah ?

            Ini juga berlaku di oli mesin om 🙂

            Kalau saya di vario dan matic produksi honda lainnya ada prosedurnya sendiri om, jadi lebih presisi, artikelnya disini.

    • Alit keniten

      Ini hasil pergantian pertama bos, apa mungkin krna masih ad https://uploads.disquscdn.com/images/4a2fe6dfe498816ca88aba20876ed37ed5897b12c414cb8129cc62f5a9a8a45d.jpg a sisa oli bawaanya..

      • Memang dalam peralihan dari MCO ke PCMO/HDEO (Oli Mesin) ada tahap “flushing”, itu untuk menghindari reaksi negatif dari additive pack masing-masing oli, dan kalau di mesin itu sambil membersihkan sludge-sludge yg disebabkan MCO.

        Jadi, pada oli gear juga perlu flushing jika sebelumnya menggunakan oli mesin di gardan.

        Kita tidak pernah tau sih om apakah terjadi reaksi negatif atau tidak antar aditif, karena sesama oli mesin saja jika beda merek/tipe bisa saja terjadi reaksi negatif, apalagi jika oli mesin bercampur dengan oli gear/mtf.



×
SSL Verified