L

Inilah Beberapa Rekomendasi Merek Oli MTF untuk Gardan Motor Matic


Bismillahirrohmanirrohim


Eco Gear Oil

Sebelumnya saya sudah membahas Fakta tentang Scooter Matic Gear Oil Rekomendasi yang ternyata isinya Oli Mesin.

Banyak pertanyaan ditujukan kepada saya, salah satunya yang menurut saya perlu untuk dibuatkan artikel khususnya adalah MTF (Manual Transmission Fluid) yang menjadi Rekomendasi, baik dari saya pribadi, maupun dari Komunitas LDIC (Long Drain Interval Community).

Kenapa LDIC ?

Karena saya tidak sendirian 🙂

Topic ini sebenarnya sudah lama saya Blow Up di LDIC, baik itu di Facebook Group maupun di KaskusThread.

Pro Kontra ?

Jelas pasti ada, dan saat itulah teman-teman di LDIC mendukung saya, Thanks Bro ! 🙂

 

Memang wajar jika ada keraguan, karena ini adalah hal baru di Indonesia yang Mayoritas pengguna Scooter Matic H dan Y, dan Standard/Rekomendasi-nya menggunakan oli gardan yang disediakan oleh bengkel resmi yang kita sudah tau isinya apa (Oli Mesin 4 Tak).

Sebagian ada yang tetap menggunakan oli mesin di gardan karena “menganggap remeh” beban kerja gardan pada motor matic yang menurut mereka tidak seberat beban kerja mesin 😀

Saya pun awalnya mengira bahwa “Glitter” itu hanya terjadi pada Scooter Matic saya yakni Vario 125i, bahkan Vario 150i, dan Scoopy Fi, serta Xeon saya.

Tapi setelah mendapat respon “Senasib” dari pengguna Scooter Matic berbagai merk dan tipe lainnya, akhirnya saya putuskan untuk Riset, untuk menbuktikan sendiri.

Hasilnya jelas sekali, Oli Mesin ya untuk Mesin, Gardan ?, ya Manual Transmission Fluid !

Ini unik loh sob, karena justru dari hasil riset saya, malah yang bagus itu pakai MTF yang notabene adalah oli transmisi mobil, bukan oli gardan mobil 😀

Kenapa ?

Singkatnya, Adpack (Additive Pack)-nya berbeda  !

Wajar saja, Standard Sertifikasinya saja sudah berbeda 😀

Tidak perlu saya ceritakan proses panjang ketika saya melakukan Experiment yang saya lakukan pribadi itu ya sob, yang jelas saya menyimpulkan bahwa Oli Mesin, baik itu MCO (Motorcycle Oil), maupun PCMO (Passanger Car Motor Oil), dan HDEO (Heavy Duty Engine Oil), semuanya dari Sample yang saya uji pada Scooter Matic dari Honda, Yamaha, dan Suzuki, menghasilkan “Glitter”.

 

“Glitter” Itu Bagaimana Sih ?

Silahkan baca artikel khusus yang membahas itu ya sob, disini.

 

Faktanya, “Glitter” ini memang ada, dan banyak, bahkan cuma dalam pemakaian singkat, yakni 100 – 200 KM !, itu artinya terjadi Friksi Hebat bahkan sejak Pertamakali digunakan, sehingga terakumulasi sedemikian banyaknya.

Itu Oli Mesin yang saya gunakan cuma sekitar 200 KM saja !

 

Rekomendasi MTF untuk Scooter Matic

Disinilah saya sangat dibantu oleh Teman-teman di LDIC yang Sharing, MTF yang terbukti tidak menghasilkan “Gliter”.

 

Rekomendasi dari saya adalah Castrol MTF API GL-4 SAE 80W-90.

Castrol Manual Transmission Fluid API GL-4 SAE 80W-90

Castrol Manual Transmission Fluid API GL-4 SAE 80W-90

Silahkan Download PDS (Product Data Sheet) disini dan MSDS (Material Safety Data Sheet) disini, atau bisa Anda lihat Screenshoot-nya dibawah ini:

Data Sheet Castrol Manual Transmission Fluid API GL-4 SAE 80W-90

Data Sheet Castrol Manual Transmission Fluid API GL-4 SAE 80W-90

Saya menggunakan ini karena memang produk ini sangat mudah didapatkan di Indonesia, sudah menjadi MTF yang  mainstream sekali di Indonesia ini, bahkan di daerah terpencil pun ada.

Harganya terjangkau, dan yang terpenting adalah saya sudah buktikan sendiri tidak terdapat “Glitter”.

 

Update

Kabar gembira nih sob 😀

Castrol sudah memproduksi Scooter Matic Gear Oil dengan Spesifikasi API GL-5, SAE 80W-90, yang menjadi produk yang relevant untuk Scooter Matic sesuai dengan yang saya bahas di Blog saya ini 🙂

Sebenarnya produk ini sudah lumayan lama beredar di Indonesia dan saya posting pada Reply Komentar dari salah satu pembaca Artikel ini, maaf ya baru Update disini 🙂

Castrol Scooter Matic Gear Oil API GL-5, SAE 80W-90

Castrol Scooter Matic Gear Oil API GL-5, SAE 80W-90

Karena distribusi Castrol di Indonesia cukup baik, produk ini bisa kita dapatkan sampai ke pelosok, dan karena labelnya untuk Motor Matic, maka kita bisa mendapatkannya di Bengkel Motor Umum, khususnya yang ada Logo Castrol Bike Point.

Ini berbeda dengan produk Scooter Matic Gear Oil dari Castrol sebelumnya yang isinya Oli Mesin Motor (MCO) API SG, SAE 15W-40, JASO MA.

NPT MIGAS Castrol Scooter Gear Oil API SG, SAE 15W-40, JASO MA

NPT MIGAS Castrol Scooter Gear Oil API SG, SAE 15W-40, JASO MA

Itu loh yang botol/kemasannya bisa dipakai kembali, karena tutupnya pakai drat 😀

Saya menggunakan kemasan itu untuk mengisi Castrol MTF ke Motor Matic saya, hehe 😀

Jadi, dengan hadirnya Castrol Scooter Matic Gear Oil API GL-5, SAE 80W-90 ini, maka tidak ada alasan lagi untuk tetap pakai Oli Mesin di Gearbox Motor Matic 😀

Mungkin segmentasi produk ini untuk Scooter Matic Kymco ya sob (yang dari dulu sudah pakai API GL), mengingat Castrol juga produksi Scooter Gear Oil yang isinya Oli Mesin 😀

Tapi tenang saja, jangan terpaku pada Marketing Gimmick dan Propaganda ATPM, saya sudah kupas habis-habisan di Artikel Fakta Oli Gardan Motor Matic disini.

 

Community Recomendation

Kalau Castrol MTF API GL-4 SAE 80W-90 diatas adalah Recomendasi dari saya, maka selanjutnya saya akan memberikan satu lagi MTF yang Lulus “Flashlight Test“, yang dilakukan oleh Teman-teman di LDIC.

Pertamina RORED SAE 80W-90

Pertamina RORED MTF API GL-4 SAE 80W-90

Pertamina RORED MTF API GL-4 SAE 80W-90

Silahkan Anda Download PDS-nya disni, atau bisa Anda lihat langsung Screenshoot-nya dibawah ini:

Pertamina RORED MTF API GL-4 SAE 80W-90

Data Sheet Pertamina RORED MTF API GL-4 SAE 80W-90

Kebanyakan dari teman-teman di LDIC mengatakan bahwa Pertamina RORED baik itu MTF, EPA, dan HDA, bisa digunakan di Gearbox Motor Scooter Matic tanpa ditemukannya “Glitter”. Padahal EPA dan HDA itu Differential Gear Oil (Gardan Mobil).

Ada perbedaan antara Manual Transmission Fluid (MTF) dan Differential Gear Oil (Gear Oil), karena Transmisi dan Gardan pada Mobil pun berbeda. Maka, meski sama-sama menggunakan Standard API GL, antara MTF dan Gear Oil itu Mostly berbeda pada Adpack-nya.

Tapi tentu saja hanya Produsen yang tau, yang jelas mereka tidak akan membedakan produk mereka menjadi Gear Oil dan MTF kalau tidak ada bedanya dari sisi Adpack, karena sama-sama API GL, bahkan sama-sama SAE 80W-90, bahkan ada Gear Oil khusus LSD (Limited-slip Differential).

Jadi, perlu digaris bawahi bahwa ketika sebuah produk menggunakan Istilah “Gear Oil”, maka umumnya itu adalah Differential Gear Oil, namun jika menggunakan Istilah “Manual Transmission Fluid”, maka  sudah bisa dipastikan itu untuk Transmisi Manual.

Testimonial dari Teman-teman LDIC ketika menggunakan Pertamina Gear Oil ini menarik, karena dalam proses Experiment yang saya lakukan, penggunaan Gear Oil masih terdapat “Glitter”.

Jadi, semua kembali lagi pada “Flashlight Test“.

 

Kenapa MTF, bukan ATF (Automatic Transmission Fluid, kan Motor Scooter Matic itu Automatic ?

Anda tau yang maksud dari istilah “Automatic” di Scooter Matic itu apa ?

CVT (Continuously Variable Transmission), dan “Transmission” disini bukan merujuk pada Gearbox, karena Gearbox pada Scooter Matic itu Fixed yang karena itulah lebih relevant disebut “Final Gear Ratio“.

 

Tahukah Anda, kalau ATF sering digunakan juga pada Power Steering ?

Karena ATF itu Kompatibel dengan Sistem Hidrolis (Hydraulic) yang menjadikannya sangat encer 😀

 

Tahukah Anda, kalau ATF dicampur Asetone bisa lebih baik daripada cairan Penetrant ketika ingin membuka baut yang sudah berkarat ?

Karena ATF itu Encer 😀

Menurut Teman-teman yang sudah mencoba ATF di Gearbox Scooter Matic, hasilnya Harmful !

Mau coba ?, DWYOR (Do It With Your Own Risk) !

 

Jangan khawatir, meskipun MTF itu SAE 80W-90, tapi itu sama dengan SAE 20W-40 pada Oli Mesin 🙂

Comparative Viscosity Classifications

Sumber: http://www.leaderpetroleum.com/viscosity_table.htm

 

Mau yang sebanding dengan 10W-30 ?

Maka carilah dan gunakanlah SAE 75W-80, Good Luck 🙂

Salnya itu barang langka 😀

 

Disclaimer

Saya tidak ada afiliasi atau hubungan apa pun dengan produsen oli yang produknya saya share di artikel ini, saya tidak dapat apa-apa dari mereka, artikel ini murni hanya sharing saja, tidak ada fanatik merk atau apa pun.

Jika, Anda punya tambahan mengenai MTF atau bahkan Gear Oil yang lulus “Flashlight Test”, saya berharap Anda mau berbagi dengan saya untuk melengkapi Artikel ini 🙂


Protected by DMCA ! Protected by Premium Copyscape !

Hi, Bagaimana Menurut Anda ?


Jadilah Pembaca yang Baik dengan cara meninggalkan Komentar pada setiap Artikel Bermanfaat yang sudah dibaca (•‿•)


Komentar adalah salah satu Faktor Penyemangat bagi seorang Blogger, termasuk juga saya. Sebagai bukti bahwa saya tidak sendirian disini, mengingat ada banyak sekali Viewer (Pembaca) Artikel di Blog saya ini. Tolong, jangan pergi begitu saja.


Tinggalkan Komentar Anda disini meskipun hanya sekedar menyapa saya, mari kita bangun Forum Diskusi di Kolom Komentar pada setiap Artikel di Blog ini.


Oleh karena itu, saya sudah menyediakan Fasilitas Comment System terbaik saat ini yakni Disqus Comments System untuk membangun Komunitas Komentator yang lebih Advanced lagi, tidak diperlukan Account Disqus untuk bisa berkomentar disini, Anda cukup memasukkan Nama dan Email saja, tapi saya sarankan untuk memiliki Account Disqus jika Anda sering berkomentar di banyak Blog yang menggunakan Disqus Comment System.

Mungkin Anda juga menyukai



Facebook Comments



Disqus Comments



×
SSL Verified