L

Rekomendasi Oli MTF untuk Gardan Motor Matic


Bismillahirrohmanirrohim


Eco Gear Oil

Sebelumnya saya sudah membahas Fakta tentang Scooter Matic Gear Oil Rekomendasi yang ternyata isinya Oli Mesin.

Banyak pertanyaan ditujukan kepada saya, salah satunya yang menurut saya perlu untuk dibuatkan artikel khususnya adalah MTF (Manual Transmission Fluid) yang menjadi Rekomendasi, baik dari saya pribadi, maupun dari Komunitas LDIC (Long Drain Interval Community).

Kenapa LDIC ?

Karena saya tidak sendirian 🙂

Topic ini sebenarnya sudah lama saya Blow Up di LDIC, baik itu di Facebook Group maupun di Kaskus.

Pro Kontra ?

Jelas pasti ada, dan saat itulah teman-teman di LDIC mendukung saya, Thanks Bro ! 🙂

 

Memang wajar jika ada keraguan, karena ini adalah hal baru di Indonesia yang Mayoritas pengguna Scooter Matic Honda dan Yamaha, dan Standard/Rekomendasi-nya menggunakan oli gardan yang disediakan oleh bengkel resmi yang kita sudah tau isinya apa.

Sebagian ada yang tetap menggunakan oli mesin di gardan karena menganggap remeh beban kerja gardan pada motor matic yang menurut mereka tidak seberat beban kerja mesin 😀

Saya pun awalnya mengira bahwa “Glitter” itu hanya terjadi pada Scooter Matic saya yakni Vario 125i.

Tapi setelah mendapat respon “Senasib” dari pengguna Scooter Matic berbagai merk dan tipe lainnya, akhirnya saya putuskan untuk Riset, untuk menbuktikan sendiri.

Hasilnya jelas sekali, Oli Mesin ya untuk Mesin, Gardan ?, ya Manual Transmission Fluid !

Ini unik loh soh, karena justru dari hasil riset saya, malah yang bagus itu pakai MTF yang notabene adalah oli transmisi mobil, bukan oli gardan mobil 😀

Kenapa ?

Singkatnya, Adpack (Additive Pack)-nya berbeda  !

Wajar saja, Standard Sertifikasinya saja sudah berbeda 😀

Tidak perlu saya ceritakan proses panjang ketika saya melakukan Experiment yang saya lakukan pribadi itu ya sob, yang jelas saya menyimpulkan bahwa Oli Mesin, baik itu MCO (Motorcycle Oil), maupun PCMO (Passanger Car Motor Oil), dan HDEO (Heavy Duty Engine Oil), semuanya dari Sample yang saya uji pada Scooter Matic dari Honda, Yamaha, dan Suzuki, menghasilkan “Glitter”.

Powered by Dewaweb


Protected by DMCA ! Protected by Premium Copyscape !

Hi, Bagaimana Menurut Anda ?


Jadilah Pembaca yang Baik dengan cara meninggalkan Komentar pada setiap Artikel Bermanfaat yang sudah dibaca (•‿•)


Komentar adalah salah satu Faktor Penyemangat bagi seorang Blogger, termasuk juga saya. Sebagai bukti bahwa saya tidak sendirian disini, mengingat ada banyak sekali Viewer (Pembaca) Artikel di Blog saya ini. Tolong, jangan pergi begitu saja.


Tinggalkan Komentar Anda disini meskipun hanya sekedar menyapa saya, mari kita bangun Forum Diskusi di Kolom Komentar pada setiap Artikel di Blog ini.


Oleh karena itu, saya sudah menyediakan Fasilitas Comment System terbaik saat ini yakni Disqus Comments System untuk membangun Komunitas Komentator yang lebih Advanced lagi, tidak diperlukan Account Disqus untuk bisa berkomentar disini, Anda cukup memasukkan Nama dan Email saja, tapi saya sarankan untuk memiliki Account Disqus jika Anda sering berkomentar di banyak Blog yang menggunakan Disqus Comment System.

Mungkin Anda juga menyukai


Disqus Comments

  • Alit keniten
    • Wih serem amat yah, itu abnormal om, saya pakai castrol gk pernah kayak gitu, baik 200 KM, 10.000 KM, 20.000 KM.

      Itu habis dipake motornya lalu oli gear-nya dikeluarin yah ?

      • Alit keniten

        Pakainya udah tadi jam /4 an bos, itu udah sempet dcuci motornya, trus iseng” dkuras kyk gtu hasilnya..
        Soalnya dgrup nmax ada yg bilang berbusa, mau tes aja ternyata beneran bos, tpi masih tak dcoba dlu, kalau masih sama bru tak ganti aja bos..

        • Itu ngisi oli gear berapa mL ?, dilebihin dari standardnya ya atau tidak ?, soalnya berbusa bisa juga karena oli melebihi volume standard yang dianjurkan.

          • Alit keniten

            Iya bos, itu isinya sekitar 200ml, mungkin krna gk sesuai takaranya, jdi berbusa gitu..

          • Nah iya om, salah satu penyebab oli berbusa itu adalah karena melebihi takaran standard, nmax kan setau saya cuma 150 mL yah ?

            Ini juga berlaku di oli mesin om 🙂

            Kalau saya di vario dan matic produksi honda lainnya ada prosedurnya sendiri om, jadi lebih presisi, artikelnya disini.

    • Alit keniten

      Ini hasil pergantian pertama bos, apa mungkin krna masih ada sisa oli bawaanya..

      • Memang dalam peralihan dari MCO ke PCMO/HDEO (Oli Mesin) ada tahap “flushing”, itu untuk menghindari reaksi negatif dari additive pack masing-masing oli, dan kalau di mesin itu sambil membersihkan sludge-sludge yg disebabkan MCO.

        Jadi, pada oli gear juga perlu flushing jika sebelumnya menggunakan oli mesin di gardan.

        Kita tidak pernah tau sih om apakah terjadi reaksi negatif atau tidak antar aditif, karena sesama oli mesin saja jika beda merek/tipe bisa saja terjadi reaksi negatif, apalagi jika oli mesin bercampur dengan oli gear/mtf.



×
SSL Verified