L

Cara Terbaik Proteksi Konten dengan Menonaktifkan Fungsi Select Text dengan Menggunakan CSS (Bukaan JavaScript)


Bismillahirrohmanirrohim


Property of Lukmanul Hakim Watermark V2

Cukup lama konten-konten di blog saya ini saya biarkan tanpa proteksi dalam bentuk pelarangan langsung yakni melarang tindakan tertentu ketika membaca artikel, seperti klik kanan, select text, CTRL + A, CTRL + C, dsb

Karena bagi saya hal itu tidak ideal 😀

Kenapa ?

Karena ketika mendisable select text, justru hal itu diterapkan pada seluruh halaman, tentu saja elemen-elemen lain yang tidak perlu disable select text dan bahkan justru membutuhkan fungsi select text malah ikut-ikutan.

Lalu mengenai disable right click atau contect menu, itu juga sangat tidak ideal, karena saya pribadi pun membutuhkannya. Terlalu berlebihan 😀

Kalau kombinasi tombol keyboard, hanya CTRL + U yang perlu saya disable 😀

Memang sih ada plugins yang bisa menonaktifkan segala proteksi diatas ketika kita login sebagai Admin, sehingga hanya pengunjung saja yang mengakses halaman terproteksi. Tapi plugins dengan fitur tersebut tentu saja berbayar, karena itu salah satu fitur Premium. Saya pribadi masih belum menemukan cara bagaimana menerapkan proteksi manual hanya pada pengunjung saja.

 

Menerapkan Fitur Premium dengan Gratis

Nah salah satu fitur premium yang justru lucunya bisa kita terapkan secara gratis adalah Proteksi menggunakan CSS, dalam hal ini mendisable fungsi marking text atau select text, termasuk juga CTRL + A (Select All) juga tidak bisa dilakukan.

Hebatnya, dengan menggunakan metode ini, kita bisa menerapkannya pada bagian-bagian tertentu saja pada website/blog kita, sehingga bagian-bagian lain masih bisa melakukan select text, misalnya pada bagian related post, judul artikel, dan bagian komentar.

Menjadi fitur premium karena disable select text menggunakan CSS tidak memaksa semua elemen di seluruh halaman tidak bisa melakukan select text seperti yang saya sebutkan diatas.

Dan tentu saja karena menggunakan plugins lebih praktis tanpa menyentuh kode 😀

 

CSS Code

Berikut kode CSS untuk mendisable select text, disini kita menggunakan fungsi Class ya 🙂

Simple kan ?, gratis lagi 😀

 

Cara Menerapkannya

Mudahnya sih menggunakan fitur Custom CSS saja, bisa bawaan JetPack by WordPress.com (Ini seringkali tidak berfungsi), bisa menggunakan plugins lainnya dengan fungsi yang sama.

Atau jika Anda menggunakan Plugin SEO Ultimate, ada fitur Code Inserter, nah pada bagian <head> Tag isilah kode diatas tapi diapit tag <style> ... </style> .

Jangan lupa nama class-nya disesuaikan dengan nama class di theme Anda, caranya ya periksa kode-nya dong ya 😀

Periksa di file single.php atau semacamnya, tidak hanya itu, bahkan kita bisa terapkan di footer.php kok, intinya carilah tag <div>  yang biasanya ada id dan class-nya, nah kita pakai yang class.

Jika tidak ada bisa ditambahkan sendiri sesuai nama class yang kita inginkan.

Jadi nanti pada tag div-nya tambahkan kode class="nama-class" .

Cara lainnya adalah dengan memodifikasi langsung pada file theme yang digunakan, sangat disarankan sebelumnya menerapkan Child Theme dulu agar ketika ada upgrade untuk theme tersebut maka semua ubahan yang dilakukan tidak ditimpa (Hilang).

Caranya menerapkannya sama seperti ketika menggunakan fitur Code Inserter pada SEO Ultimate, bedanya tentu saja kali ini mengedit langsung file header.php dan meletakkan kode tersebut sebelum tag </head> .

Silahkan pilih cara penerapan mana yang menurut Anda mudah 🙂

 

Live Demo

Untuk live demo tentu saja sudah ada di hadapan Anda yakni pada artikel ini, coba saja klik kiri lalu geser ke samping, tidak akan bisa menandai teks yang ada 😀

Lalu coba deh tekan kombinasi tombol CTRL + A, dan lihatlah bagian yang diterapkan kode css diatas tidak termasuk.

Keren yah 😀

Anda bisa proteksi bagian mana saja yang ada teks-nya dengan menggunakan class pada tag div.

 

Tips: Oh ya karena menandai teks biasanya dilakukan ketika membaca artikel panjang sebagai penanda area terdekat dari bagian artikel yang dibaca, maka proteksi jenis ini akan sangat mengesalkan pembaca jika artikel di blog kita panjang lebar 😀

Maka dari itu, sebaiknya gunakanlah fitur Page Break yang sesuai namanya akan memudahkan pembaca dalam membaca artikel yang panjang tanpa perlu menandai teks.

 

Memang yah, yang namanya fitur, itu bisa digunakan untuk hal yang positif dan bisa juga disalahgunakan untuk hal negatif.

 

Proteksi dengan Hukum yang Berlaku

Selain tindakan nyata ini, sebaiknya proteksi juga konten Anda menggunakan badge dari DMCA (Digital Millennium Copyright Act) yang sekaligus memonitoring dan juga badge CopyScape, agar menegaskan kalau Anda tau apa itu DMCA dan CopyScape dan memproteksi konten Anda dengan itu.

Tidak cukup hanya itu saja, tegaskan juga kalau Anda tau apa itu UU No. 28 Tahun 2004 tentang Hak Cipta, kita dilindungi hukum !

Soalnya DMCA itu sangar juga sob 😀

Kita bisa mendownkan server di Data Center yang menyimpan website yang berisi konten bajakan tersebut, dan tentu saja pihak hoster akan sangat tegas, mengingat shared hosting memuat banyak pengguna tak bersalah, sudah pasti disuspend !

Beberapa hoster bahkan menysaratkan surat pernyataan tidak melakukan plagiat dan pencurian artikel lagi yang disertai tanda tangan di atas materai, hard copy, dikirim via POS ke kantor perusahaan hosting bersangkutan. Baru setelah itu account-nya diunsuspend.

Inilah proteksi sebenarnya yang lebih ampuh daripada “On Page Protecotor” yang salah satunya telah kita bahas di artikel ini.

Tapi meski “Off Pae Protection” sangat ampuh, tetap saja itu dilakukan setelah semuanya terjadi yakni konten dicuri dan/atau diplagiat. Maka dari itu perlu bagi kita untuk menerapkan proteksi nyata dari sisi website kita sendiri, yang paling minimal adalah menonaktifkan fungsi select text.

Sisa celah yang ada pada metode proteksi dari sisi website, ditambal oleh proteksi dari sisi hukum yang sudah saya jelaskan juga di atas.

 

Kesimpulan

Ini adalah fitur premium dari plugin protektor konten yang bisa kita terapkan secara gratis, hanya saja memang kelemahannya kita tidak bisa menonaktifkan proteksi ini untuk kita ketika login sebagai admin, sedangkan plugin tersebut bisa.

Tapi setidaknya kita sudah selangkah lebih maju dari para plagiator dan copastor, apalagi proteksi select text menggunakan CSS ini ampuh banget, karena meskipun JavaScript pada browser dinonaktifkan, proteksi ini tetap aktif karena berbasis CSS.

Dan tentu saja proteksi dengan CSS ini tetap SEO Friendly 🙂


Protected by DMCA ! Protected by Premium Copyscape !

Hi, Bagaimana Menurut Anda ?


Jadilah Pembaca yang Baik dengan cara meninggalkan Komentar pada setiap Artikel Bermanfaat yang sudah dibaca (•‿•)


Komentar adalah salah satu Faktor Penyemangat bagi seorang Blogger, termasuk juga saya. Sebagai bukti bahwa saya tidak sendirian disini, mengingat ada banyak sekali Viewer (Pembaca) Artikel di Blog saya ini. Tolong, jangan pergi begitu saja.


Tinggalkan Komentar Anda disini meskipun hanya sekedar menyapa saya, mari kita bangun Forum Diskusi di Kolom Komentar pada setiap Artikel di Blog ini.


Oleh karena itu, saya sudah menyediakan Fasilitas Comment System terbaik saat ini yakni Disqus Comments System untuk membangun Komunitas Komentator yang lebih Advanced lagi, tidak diperlukan Account Disqus untuk bisa berkomentar disini, Anda cukup memasukkan Nama dan Email saja, tapi saya sarankan untuk memiliki Account Disqus jika Anda sering berkomentar di banyak Blog yang menggunakan Disqus Comment System.

Mungkin Anda juga menyukai



Facebook Comments



Disqus Comments



×
SSL Verified