L

Alasan Saya Beralih Menggunakan Distro Linux Mint


Bismillahirrohmanirrohim


Ilustrasi Linux Mint

Saya adalah pengguna Linux yang termasuk petualang Distro (Distribution Outlet) juga sih sob 😀

Sudah banyak distro linux yang saya coba, dan kesimpulan saya semua punya kelebihan dan kekurangan masing-masing, dan justru yang bikin saya memilih suatu distro linux itu adalah faktor kemudahan, kenyamanan dan kestabilan. Pada dasarnya semua distro linux ya relatif sama saja, tapi tiap distro punya ciri khas masing-masing yang menjadi pembeda.

Dan semua mungkin setuju yah jika saya bilang kalau urusan kenyamanan, itu distro linux turunan Debian juaranya ?

Untuk urusan Desktop Environment (DE), saya KDE banget, kalau Gnome masih bisa saya tolerir asalkan menggunakan Unity Shell. Saya loh ya 😀

Awalnya saya seperti kebanyakan orang lain pencinta KDE, bahwa KDE itu ya openSUSE distronya !

Sempat lama juga saya menggunakan openSUSE, tapi saya tersiksa dengan komunitas openSUSE di Indonesia yang maaf, bagi saya kok seperti Hiatus gitu, sepi banget 😀

Sampai disaat saya mendapati masalah ketika menggunakan openSUSE dan tidak bisa melakukan troubleshooting, sudah googling pun tidak mendapatkan solusi, saya balik lagi ke Ubuntu, tapi karena saya suka KDE, saya pilih Kubuntu yang merupakan Ubuntu dengan KDE Desktop.

Tapi saya merasa bahwa KDE di Kubuntu agak tidak stabil dan tidak segreget KDE di openSUSE (Saat itu).

Saya pun mulai ngelirik Linux Mint, ini distro yang bikin saya kagum karena MATE Desktop-nya (Saya tidak suka yang Cinnamon).

Linux Mint adalah turunan Ubuntu, dan Ubuntu adalah turunan Debian. Pola yang menarik kan ?

Saya sampai bikin kesimpulan begini:

Distro Linux turunan akan lebih baik dari Distro yang menjadi basisnya !

Saling menyempurnakan satu dengan yang lain gitu pokoknya 😀

Nah karena saya selama menggunakan Kubuntu seringkali menemukan ketidaknyamanan dan bug, maka saya pun beralih ke Linux Mint yang menggunakan KDE, dan saya puas dan bertahan sangat lama.



Protected by DMCA ! Protected by Premium Copyscape !

Hi, Bagaimana Menurut Anda ?


Jadilah Pembaca yang Baik dengan cara meninggalkan Komentar pada setiap Artikel Bermanfaat yang sudah dibaca (•‿•)


Komentar adalah salah satu Faktor Penyemangat bagi seorang Blogger, termasuk juga saya. Sebagai bukti bahwa saya tidak sendirian disini, mengingat ada banyak sekali Viewer (Pembaca) Artikel di Blog saya ini. Tolong, jangan pergi begitu saja.


Tinggalkan Komentar Anda disini meskipun hanya sekedar menyapa saya, mari kita bangun Forum Diskusi di Kolom Komentar pada setiap Artikel di Blog ini.


Oleh karena itu, saya sudah menyediakan Fasilitas Comment System terbaik saat ini yakni Disqus Comments System untuk membangun Komunitas Komentator yang lebih Advanced lagi, tidak diperlukan Account Disqus untuk bisa berkomentar disini, Anda cukup memasukkan Nama dan Email saja, tapi saya sarankan untuk memiliki Account Disqus jika Anda sering berkomentar di banyak Blog yang menggunakan Disqus Comment System.

Mungkin Anda juga menyukai



Facebook Comments



Disqus Comments



×
SSL Verified