L

Cara Ganti Radiator Coolant ke Glycol Free: Wajib Bilas Sampai Bening !


Bismillahirrohmanirrohim


Liquid Performance: Glycol Free Racing Coolant

Rupanya selama saya “Naik Gunung” itu di LDIC banyak yang mengalami ada “Odol” di Radiatornya ketika migrasi dari Glycol Based ke Glycol Free Radiator Coolant.

Maksud dari “Odol” adalah cairan coolant berubah jadi putih susu dan mengental !, terjadi karena ada efek koagulasi akibat bercampurnya dua jenis aditif inhibitor yang berbeda, yakni dalam hal ini adalah Organic dan Inorganic Inhibitor.

Lantas gimana dengan Hybrid Inhibitor yang perpaduan Organic dan Inorganic Inhibitor ?

Percayalah kalau ada istilah “Hybrid Organic-Inorganic Inhibitor”, itu sebenarnya Inorganic Inhibitor 😀

 

Alhamdulillah cairan itu bisa dengan mudah dibilas, cukup dengan air saja, tapi jika tidak dibersihkan maka dampaknya bisa fatal, bisa mengakibatkan overheat pada mesin, karena cairan radiator lebih kental dari seharusnya dan kemampuan heat exchange/pertukaran panas juga menjadi berkurang.

Saya mohon maaf karena akun saya yang lama yang membahas mengenai Glycol Free Coolant itu bermasalah, mulai dari dihapus permanent secara sengaja, dan yang terakhir itu disuspend oleh pihak Facebook :D, sehingga mungkin semangat Glycol Free Movement terus ada namun pembahasan mengenai itu dari saya ikut hilang karena akun Facebook saya yang lama yang hilang dari peredaran.

Disini saya ingin membahas lebih detail mengenai prosedur pembilasan (Flushing) pada Water Cooling System (Selanjutnya saya sebut Sistem Radiator) baik pada sepeda motor maupun mobil, utamanya ketika mengganti coolant berbeda jenis inhibitor. Mudahnya sih jika beda merek, lakukan prosedur yang saya jelaskan disini.

 

Water Jacket di Cylinder Block

Baut Pembuangan Coolant di Cylinder Water Jacket

Pada Sistem Radiator, semua memiliki yang disebut dengan Water Jacket, sesuai namanya, Water Jacket adalah air yang menyelubungi bagian mesin, yang berfokus pada Cylinder Block, sehingga pada Cylinder Block akan ada jalur air yang disitulah coolant akan bersirkulasi mendinginkan Blok Silinder dan juga Busi.

Ilustrasi Heat Range pada Busi

Bagian berwarna biru pada gambar ilustrasi dudukan busi di silinder di atas itu adalah water jacket.

Anda bisa melihat bagaimana realnya jalur water jacket ini dengan mencari engine cut dari model motor tertentu yang biasanya ditandai dengan penanda cat warna hijau, atau lihat saja unit part blok silinder yang belum dipasang, akan terlihat boring pada silinder akan ada semacam ruang yang memisahkannya dengan bagian luar pada silinder, nah disitulah coolant akan mengalir mendinginkan blok silinder.

Tidak semua motor dan mobil memiliki baut khusus untuk mengeluarkan coolant dari water jacket, dan hati-hati karena sangat mungkin terlihat seperti baut drain water jacket tapi sebenarnya itu baut untuk memeriksa sirkulasi oli di cylinder head.

Ini pernah saya alami ketika melakukan flushing pada motor tertentu yang sekilas terkesan seperti baut drain water jacket, tapi ketika dibuka ternyata yang keluar sedikit oli mesin dari head (Tidak mengalir karena mesin dalam kondisi mati) 😀

Nah silahkan pastikan sendiri apakah motor atau mobil Anda memiliki fitur ini, yakni baut khusus untuk menguras coolant di water jacket, jika ada baut yang sekilas kayaknya iya, maka buka saja jika yang keluar coolant berarti benar 😀

Alasan kenapa baut drain water jacket ini saya bahas, karena dengan kita menguras coolant langsung dari baut tersebut, maka proses selanjutnya akan lebih cepat dan lebih sedikit air yang dibutuhkan untuk flushing.

Jika tidak ada fitur ini, berarti menurut enginernya mungkin dianggap air di water jacket tidak terlalu banyak jumlahnya, sehingga flushing akan dilakukan mengandalkan water pump pada sistem radiator.

Jangankan baut drain di water jacket, bahkan ada radiator yang tidak punya baut drainnya loh, sehingga untuk menguras coolant harus melepaskan hosing/selang dari radiator menuju water pump.

Powered by Dewaweb


Protected by DMCA ! Protected by Premium Copyscape !

Hi, Bagaimana Menurut Anda ?


Jadilah Pembaca yang Baik dengan cara meninggalkan Komentar pada setiap Artikel Bermanfaat yang sudah dibaca (•‿•)


Komentar adalah salah satu Faktor Penyemangat bagi seorang Blogger, termasuk juga saya. Sebagai bukti bahwa saya tidak sendirian disini, mengingat ada banyak sekali Viewer (Pembaca) Artikel di Blog saya ini. Tolong, jangan pergi begitu saja.


Tinggalkan Komentar Anda disini meskipun hanya sekedar menyapa saya, mari kita bangun Forum Diskusi di Kolom Komentar pada setiap Artikel di Blog ini.


Oleh karena itu, saya sudah menyediakan Fasilitas Comment System terbaik saat ini yakni Disqus Comments System untuk membangun Komunitas Komentator yang lebih Advanced lagi, tidak diperlukan Account Disqus untuk bisa berkomentar disini, Anda cukup memasukkan Nama dan Email saja, tapi saya sarankan untuk memiliki Account Disqus jika Anda sering berkomentar di banyak Blog yang menggunakan Disqus Comment System.

Mungkin Anda juga menyukai



Facebook Comments



Disqus Comments



×
SSL Verified