L

Faktanya Beginilah Akibat Menggunakan Oli Mesin pada Gardan Motor Matic !


Bismillahirrohmanirrohim


Ilustrasi Gear Oil

Setelah sebelumnya saya sudah share sebuah fakta bahwa oli gardan rekomendasi pabrikan motor matic itu sebenarnya isinya adalah oli mesin, kali ini saya akan membahas mengenai dampak negatif ketika oli mesin digunakan pada gardan motor matic !

 

Anda jangan langsung percaya dengan Statement yang mengatakan bahwa:

Beban kerja Gardan Motor Matic tidak seberat beban kerja Gardan pada Mobil

Atau:

Beban kerja Gardan Motor Matic tidak seberat beban kerja Mesin Motor itu sendiri

 

Terdengar familiar ? 😀

Masih ingat statement dibawah ini ?:

Beban Kerja Mesin Motor tidak seberat beban kerja Mesin Mobil

 

Percayalah Statement seperti itu sudah kita patahkan di komunitas Long Drain Interval Community sejak lama, dan secara global/international juga sudah terbantahkan 😀

Seharusnya sudah tidak perlu aneh lagi mengenai penggunaan oli gardan mobil pada gardan motor matic.

 

Hasil Flashlight Test

Jangan mengatakan “Di Motor saya baik-baik saja tuh” kalau belum melakukan “Flashlight Test” seperti dibawah ini, yakni dengan menyorotkan Cahaya Senter (Lebih baik Senter LED, bisa pakai Flashlight di Smartphone Anda) pada Oli yang tertampung di Wadah yang sebelumnya dipastikan Bersih.

Hasil Penggunaan Oli Mesin di Gearbox Scooter Matic

Hasil Penggunaan Oli Mesin di Gearbox Scooter Matic

Bisakah Anda melihat terdapat “Glitter” (Serpihan logam) dipermukaan Oli pada Gambar diatas ?

Itulah Serpihan Logam Bearing yang terkikis akibat Friksi yang terjadi ketika menggunakan Oli Mesin pada Gearbox Scooter Matic.

 

Saya sudah Riset menggunakan berbagai Merk dan Spesifikasi Oli Mesin, dan Hasilnya sama !

Faktanya, “Glitter” ini memang ada, dan banyak, bahkan cuma dalam pemakaian singkat, yakni 100 – 200 KM !, itu artinya terjadi Friksi Hebat bahkan sejak Pertamakali digunakan, sehingga terakumulasi sedemikian banyaknya.

Itu Oli Mesin yang saya gunakan cuma sekitar 200 KM saja !

 

Saya sudah menggunakan Oli Mesin dengan berbagai macam Properties di Data Sheet, hasilnya sama, baik itu Oli Mesin Mobil Bensin, Diesel, maupun Oli Mesin Motor (MCO). Coba test sendiri deh, karena subject yang berbeda seringkali menghasilkan hasil yang berbeda pula, karena itulah disini saya mengajak Anda untuk riset juga, siapa tau di motor Anda tidak terjadi kan ?

 

Bandingkan dengan Hasil Penggunaan Oli Gear MTF (Manual Transmission Fluid) API GL-4 SAE 80W-90 dibawah ini:

Hasil Penggunaan Gear Oil MTF API GL-4 SAE 80W-90

Hasil Penggunaan Gear Oil MTF API GL-4 SAE 80W-90

Lihat ?, Bening yah 😀

Kita tidak bicara Jangka Pendek, melainkan Jangka Panjang. Siapa coba yang mau Overhaul Gearbox untuk mengganti Bearing ?

 

Sebenarnya banyak Testimonial mengenai “Fenomena Glitter” ini, dimana ketika menggunakan Oli Mesin terdapat Glitter, dan ketika menggunakan Oli Gear API GL tidak ada Glitter, hanya saja saya tidak memasukkannya ke dalam artikel ini. Saya kehilangan akses di Facebook karena saya sudah tidak di facebook lagi. Artikel ini awalnya jadi topic bahasan di Group LDIC (Long Drain Interval Community) di Facebook, jauh sebelum saya aktif ngeblog 😀

 

Apa Itu “Glitter” ?

Glitter” atau dalam Bahasa Indonesianya “Berkilau“, itu sesuai Istilahnya, yakni Bintik-bintik Putih yang berkilauan ketika disorotkan cahaya, khususnya dari LED Flashlight, paling mudah saat ini menggunakan Flashlight di Smartphone yang menggunakan LED Flash Kamera sebagai Senter. Yeah Mostly Senter saat ini menggunakan LED 😀

Ada banyak spekulasi mengenai dari mana serpihan itu dihasilkan ?, apakah dari Bearing ?, Gear ?, bahkan ada yang mengira itu dari Drat Baut. Tidak ada yang bisa memastikan, karena tidak melakukan UOA (Used Oil Analysis).

Dugaan terkuat, serpihan itu dari Bearing !, karena melihat kenyataan yang terjadi pada Motor Scooter Matic yang Mileage-nya sudah jauh, ketika mengganti Oli “Gardan”, selalu didapati Oli Bekasnya menjadi Hitam.

Bearing yang ada pada Gearbox sudah Aus, maka Oli didalam Gearbox PASTI cepat Hitam, meskipun hanya digunakan dengan jarak yang pendek !

 

Disclaimer

Mengenai masalah Glitter, ada kasus dimana Glitter tidak ditemukan ketika menggunakan Oli Mesin yang mengandung banyak Ester, seperti Amsoil Signature Series, karena menurut mereka yang kerjadi Lab Petroleum, MTF memang mengandung Ester.

Dan dalam beberapa kasus, ada motor yang tidak menghasilkan Glitter, meskipun menggunakan MCO (Oli Motor) biasa, jadi harap berpedoman pada metode “Flashlight Test” diatas. Karena ada banyak sebab kenapa Glitter itu muncul, salah satunya penggunaan Oli Mesin pada Gardan Motor Matic.

 

Jangankan Oli bro, coba tanya kenapa Motor-motor Honda yang secara body sudah bongso-bongsor, tapi masih saja pakai Komstir yang merupakan Common Part dari jaman Honda Grand Astrea ?, terbukti ketika menggunakan Needle Bearing (Bearing Bambu), problem solved, yakni masalah Komstir tidak tahan lama pun teratasi.

Jadi, tidak bisa dipukul rata bahwa “Oli Mesin sudah lebih dari cukup untuk Oli Gardan Motor Matic”, apalagi jika motor matic sudah tidak standard, yang paling umum ?, oversize ukuran ban menjadi lebih besar dari ukuran standard, disertai penggantian velg tapak lebar !, belum lagi soal bobot bawaan yang disandang oleh motor itu, entah itu berat badan si pengemudi, pembonceng, dan barang-barang bawaan.

Dan coba tanya kenapa Oli Mesin saja berbeda-beda kualitasnya, kenapa banyak para pemilik Sepeda Motor tidak suka dengan oli rekomendasi pabrikan, lebih suka pakai oli aftermarket ?

Karena kebutuhan tiap orang itu berbeda-beda, meskipun merk motornya sama, dan tipe/jenis motornya sama !

Jadi, saya berharap, artikel saya ini tidak menjadi kontroversial, tidak pula bermaksud menyinggung, mendiskreditkan, menyudutkan, atau apa pun kepada pihak-pihak manapun. Karena faktnya, pihak Manufacture Sepeda Motor seperti Honda, Yamaha, Kymco pun pada dasarnya secara global, mengakui penggunaan Gear Oil API GL pada Gardan Motor Matic produksi mereka, seperti yang sudah saya informasikan disini.

Tidak perlu mengemukakan statement mainstream seperti “Beban kerja Gardan Sepeda Motor Matic tidak seberat beban kerja Gardan Mobil”, itu sudah basi sb, sudah dibantah keras oleh komunitas LDIC mengenai statement “Beban kerja Mesin Sepeda Motor lebih berat daripada beban kerja Mesin Mobil, sehingga perlu Oli yang diformulasikan khusus untuk Mesin Sepeda Motor”.

 

Kita sebagai Pemilik, tentu ingin agar Life Cycle/Span dari semua komponen di motor kita bisa Expand (Diperlama) bukan ?

Misalnya Oli Mesin yang cuma 2000 KM saja, kita ingin agar bisa 5000 – 10.000 KM dengan menggunakan Oli yang lebih High Spec seperti PCMO, atau Roller Scooter Matic yang kita bela-belain beli mahal-mahal karena menggunakan material Teflon berkualitas tinggi, dsb

Jadi, artikel ini sama sekali tidak bermaksud mengganggu Disivisi Marketing/Sales dari produk Oli OEM yang mereka jual, khususnya Oli Gardan Motor Matic yang isinya Oli Mesin itu.

Anda yang mempraktekkan apa yang saya share disini, saya anggap sudah setuju bahwa Anda paham apa itu DWYOR (Do It With Your Own Risk). Kita adalah Opreker, DIY (Do It Yourself) Mania 😀


Protected by DMCA ! Protected by Premium Copyscape !

Hi, Bagaimana Menurut Anda ?


Jadilah Pembaca yang Baik dengan cara meninggalkan Komentar pada setiap Artikel Bermanfaat yang sudah dibaca (•‿•)


Komentar adalah salah satu Faktor Penyemangat bagi seorang Blogger, termasuk juga saya. Sebagai bukti bahwa saya tidak sendirian disini, mengingat ada banyak sekali Viewer (Pembaca) Artikel di Blog saya ini. Tolong, jangan pergi begitu saja.


Tinggalkan Komentar Anda disini meskipun hanya sekedar menyapa saya, mari kita bangun Forum Diskusi di Kolom Komentar pada setiap Artikel di Blog ini.


Oleh karena itu, saya sudah menyediakan Fasilitas Comment System terbaik saat ini yakni Disqus Comments System untuk membangun Komunitas Komentator yang lebih Advanced lagi, tidak diperlukan Account Disqus untuk bisa berkomentar disini, Anda cukup memasukkan Nama dan Email saja, tapi saya sarankan untuk memiliki Account Disqus jika Anda sering berkomentar di banyak Blog yang menggunakan Disqus Comment System.

Mungkin Anda juga menyukai



Facebook Comments



Disqus Comments



×
SSL Verified