L

Desain Logo dan Watermark Baru Blog Saya agar Nanti Tidak Bermasalah dengan Tademark/Copyright Logo Kubuntu


Bismillahirrohmanirrohim


Kubuntu KInfocenter

Akhir-akhir ini saya sibuk melakukan optimasi gambar di Blog saya ini, sempat mencoba banyak cara Manual, tapi akhirnya saya merasakan bahwa melakukan cara manual itu tidak efisien baik itu Waktu, Tenaga, dan Pikiran.

Hingga saya memutuskan untuk menggunakan Tools yang memang dirancang untuk itu, ada banyak pilihan, dan pilihan saya jatuh kepada Imagify, dan saya tentu saja membutuhkan Resource besar untuk mengoptimasi seluruh gambar mulai dari gambar yang pertama saya upload ke Blog ini, sampai gamabar terakhir yang saya upload. Makanya jika ingin Optimasi Gambar itu lakukan sejak awal !, agar layanan Free pun sudah cukup.

Alhamdulillah, tidak terlalu banyak Resource yang dihabiskan, sekitar 80’an MB saja, karena Opsi Optimize Thumbnail saya Disable. Jika Thumbnail ikutan dioptimasi, jumlahnya bisa sampai 250’an MB 😀

Itu Trick dari saya saja sebenarnya, untuk mengoptimasi Thumbnail, gampang sekali, saya hanya perlu memanfaatkan Plugin Gratisan bernama “Regenerate Thumbnails”.

Sesuai namanya, maka jika Tool itu saya jalankan, maka Thumbnail berbagai ukuran akan dibuat ulang berdasarkan file utama yang sudah dioptimasi sebelumnya dengan Imagify. Hasilnya, saya bisa hemat Resource ratusan MB 😀

Ya, Imagify memang menghitung berdasarkan File Size, tidak seperti ShortPixel yang menghitung berdasarkan Inodes (Jumlah File).

Dengan Imagify, saya/kita mendapatkan Resource sebesar 25 MB/Bulan secara gratis dengan Limit File Size 2 MB/File untuk Free Plan.

Namun jika kita membeli One Time Plan (seperti yang saya lakukan, saya beli 1 GB One Time Plan), maka Limit akan naik lebih dari 2 MB/File, dan bulan depan tetap dapat 25 MB Gratis.

Saya memilih Imagify karena saya jatohnya lebih murah dari ShortPixel untuk First Usage yang membutuhkan banyak Resource, dan secara User Interface, Imagify lebih cantik dari ShortPixel. Memang pilihan saya menjadi hanya Imagify VS ShortPixel karena opsi lain sudah saya kesampingkan/eleminasi.

Dan menurut riset yang saya lakukan, dengan pola tarif berdasarkan File Size itu lebih menguntungkan daripada Inodes, karena sering sekali gambar-gambar yang saya punya itu masih dibawah 2 MB/File, akan rugi jika menggunakan ShortPixel. 200 File Gambar saja bisa kurang dari 15 MB menurut perhitungan saya.

Karena untuk kebutuhan Blogging, saya sudah Setup Kamera saya agar tidak jauh melebihi 1320p (Maksimal Resolusi terbaik untuk Blog WordPress yakni Thumbnail XXLarge).

Powered by Dewaweb


Protected by DMCA ! Protected by Premium Copyscape !

Hi, Bagaimana Menurut Anda ?


Jadilah Pembaca yang Baik dengan cara meninggalkan Komentar pada setiap Artikel Bermanfaat yang sudah dibaca (•‿•)


Komentar adalah salah satu Faktor Penyemangat bagi seorang Blogger, termasuk juga saya. Sebagai bukti bahwa saya tidak sendirian disini, mengingat ada banyak sekali Viewer (Pembaca) Artikel di Blog saya ini. Tolong, jangan pergi begitu saja.


Tinggalkan Komentar Anda disini meskipun hanya sekedar menyapa saya, mari kita bangun Forum Diskusi di Kolom Komentar pada setiap Artikel di Blog ini.


Oleh karena itu, saya sudah menyediakan Fasilitas Comment System terbaik saat ini yakni Disqus Comments System untuk membangun Komunitas Komentator yang lebih Advanced lagi, tidak diperlukan Account Disqus untuk bisa berkomentar disini, Anda cukup memasukkan Nama dan Email saja, tapi saya sarankan untuk memiliki Account Disqus jika Anda sering berkomentar di banyak Blog yang menggunakan Disqus Comment System.

Mungkin Anda juga menyukai


Disqus Comments



×
SSL Verified