L

Cara Melepas Baut Bintang Sensor Injeksi agar Tidak Rusak


Bismillahirrohmanirrohim


Old Vario 125i: TB dengan TPS Baru

Motor Injeksi saya yakni Old Vario 125i mengalami kerusakan pada salah satu sensor di Throttle Body, yakni TPS (Throttle Position Sensor).

Maka perlu dilakukan penggantian komponen yang rusak tersebut dengan komponen yang baru.

Nah dalam melepas baut atau skrup dengan kepala berpola bintang atau torx itu agak sedikit tricky sob 😀

Jika salah, resiko kepala baut slek atau dol (Rounded) sangat besar !

Karena penyebab kerusakan pada pattern/pola pada baut atau skrup biasanya karena kunci/tool tidak sempurna mencengkram pola pada baut.

Pola pada baut ada yang berbentuk Hexagonal, Torx, Philip (Kembang, Plus), dsb

Baut dengan pola philip saja ada banyak variasi, makanya pola yang paling sering slek itu ya philip yang sering kunci untuk membuka sering kita sebut obeng kembang/plus.

 

Marking Biru yang Berbahaya

Berbahaya disini maksudnya dapat menyebabkan kesalahan dalam prosedur pelepasan baut, karena kunci L Bintang T25 nya susah masuk kedalam kepala baut.

Old Vario 125i: Trik Membuka Baut Bintang Sensor Injeksi

Perhatikanlah IACV (Idle Air Control Valve) di atas, terdapat marking cat berwarna biru.

Fungsi dari marking biru tersebut adalah Segel  Garansi.

Baut bintang itu akan sulit dibuka, beresiko slek jika marking biru itu tidak dirusak terlebihdahulu, itulah point atau tujuan digunakannya marking tersebut 😀

Memang bisa saja memaksakan kunci L Bintang/Torx masuk kedalam kepala baut tersebut, dan banyak yang berhasil membukanya, termasuk saya, tapi relatif beresiko tinggi.

Banyak orang yang ketika merasa ngeri, khawatir slek dikemudian hari lantas menggantinya dengan baut baru dengan bentuk pola kepala baut Inner Hex alias baut L, tapi sebenarnya relatif tidak perlu.

 

Cara Menghilangkan Marking Biru pada Baut

Menghilangkannya sangat mudah, cukup menggunakan cairan solvent, seperti Aseton, yang umum kita bisa dapatkan dari Throttle Body/Carburator Cleaner dan juga Tiner yang digunakan untuk cat minyak.

Menggunakan bensin sudah saya coba tidak terlalu efektif, lebih efektif menggunakan TB Cleaner. Ketika disemprot dengan TB Cleaner, langsung pasang kunci L Bintangnya untuk merusak marking biru tersebut.

Hasilnya seperti pada gambar baut torx di atas yang marking birunya sudah lunak dan rusak, sehingga kunci L Bintang sangat mudah masuk ke kepala baut secara penuh dan dengan mudahnya melepaskan baut tersebut karena peganggan kunci L BIntang pada baut menjadi lebih kuat dan masuk secara penuh.

Oh ya, gunakan kunci L Bintang berkualitas bagus yah 🙂

Dan ketika mengencangkan baut itu jangan lebay, tidak perlu sampai tahan nafas 😀

 

Garansi Hangus

Namanya juga merusak segel garansi, ya tentu saja garansi jadi hangus (Void) 😀

Makanya jika mau melepas baut ini saat masa garansi belum berakhir, sebaiknya jangan dirusak segelnya, cukup digetok saja kunci L Bintangnya ke kepala baut agar masuk secara penuh, kemudian putar dengan hati-hati. Resikonya ya pola di kepala baut bisa rusak kalau meleset.

Tapi sebenernya segel garansinya ada dua sob, yakni marking putih disamping kepala baut menempel di bagian body sensornya. Itu kalau putus, garansi hangus !, meskipun marking biru tidak rusak.

Kebetulan sob, TPS di Throttle Body motor saya rusak pas setelah pemakaian 5 Tahun, sesuai dengan masa garansinya 😀

Yupz, motor saya sudah expired masa berlaku garansinya, jadi saya tidak ada masalah merusak segel marking biru di baut sensor tersebut, agar memudahkan saya melakukan bongkar pasang dikemudian hari, khususnya pada IACV.

 

Semoga artikel ini bermanfaat 🙂

 

 

Powered by Dewaweb


Protected by DMCA ! Protected by Premium Copyscape !

Hi, Bagaimana Menurut Anda ?


Jadilah Pembaca yang Baik dengan cara meninggalkan Komentar pada setiap Artikel Bermanfaat yang sudah dibaca (•‿•)


Komentar adalah salah satu Faktor Penyemangat bagi seorang Blogger, termasuk juga saya. Sebagai bukti bahwa saya tidak sendirian disini, mengingat ada banyak sekali Viewer (Pembaca) Artikel di Blog saya ini. Tolong, jangan pergi begitu saja.


Tinggalkan Komentar Anda disini meskipun hanya sekedar menyapa saya, mari kita bangun Forum Diskusi di Kolom Komentar pada setiap Artikel di Blog ini.


Oleh karena itu, saya sudah menyediakan Fasilitas Comment System terbaik saat ini yakni Disqus Comments System untuk membangun Komunitas Komentator yang lebih Advanced lagi, tidak diperlukan Account Disqus untuk bisa berkomentar disini, Anda cukup memasukkan Nama dan Email saja, tapi saya sarankan untuk memiliki Account Disqus jika Anda sering berkomentar di banyak Blog yang menggunakan Disqus Comment System.

Mungkin Anda juga menyukai


Disqus Comments



×
SSL Verified