L

Faktanya Bendix Itu Kampas Rem Daur Ulang ?


Bismillahirrohmanirrohim


Bendix

 

Bendix adalah Produsen Kampas Rem (Brake Pad dan Brake Soe) yang sudah tidak diragukan lagi kualitasnya oleh sebagian besar Rider di Indonesia, karena memberikan Teknologi Mutakhir dengan Harga yang relatif terjangkau.

Namun, ketika mendengar istilah “Daur Ulang“, “Recycle“, “Remanufacturer“, apa yang ada di benak sobat ?

Bendix yang merupakan Brand asal Amerika ini, memang tidak heran jika Bendix peduli dengan Lingkungan, di Amerika, produk berembel-embel Bio, Recycle, dan Remanufacurer tidak sejelek Stigma yang beredar di Indonesia.

Di Indonesia, kalau sudah tidak menggunakan Part Standard, sudah dicap jelek oleh sebagian orang yang masih berpikiran “Old School”.

Pada produk Barke Pad dan Brake Soe, bagian yang Habis tentu hanyalah bagian Liner atau “Dagingan” Kampasnya saja, sedangkan bagian Material Logam-nya masih Utuh.

Tentu sangat konyol sekali jika bagian Logam tersebut dilebur kembali, lalu dicetak kembali bukan ?

Nah, disini Bendix melihat potensi itu, dengan menggunakan Brake Pad dan Brake Soe bekas, mereka bisa memproduksi Brake Pad dan Brake Soe baru menggunakan Liner yang berkualitas tinggi produksi mereka, bahkan dengan kuliatas melebihi Liner OEM yang sebelumnya melekat pada Brake Pad dan Brake Soe tersebut.

 

Setidaknya, pada Industri Kampas Rem, yang paling krusial itu adalah bagian Liner-nya, bukankah di Komunitas Motor Matic yang paling populer sebagai “Racun” Modifikasi/Upgrade CVT adalah Kampas Kopling “Pantek” atau Reliner ?, rahasinya ada pada Lem yang digunakan, dan Liner yang digunakan, saya tidak akan menyebutkan Produsen Liner Kampas Pantekan yang mereka gunakan, karena itu adalah “Rahasia Dapur” mereka.

Maka dari itu, dalam hal Kampas Rem juga demikian, tentu yang paling menuntut Kualitas Tinggi adalah bagian Liner-nya.

Untuk Logam tempat Liner tersebut dipasang, tentu tidak ada yang lebih baik dari OEM Original Pabrikan bukan ?, karena ini terkait kepresisian Desain dan Ukuran.

Kampas Rem Remanufacturer sudah sangat umum dikenal di kalangan pengguna Mobil, khususnya Truck, ada banyak jasa Pantek Kampas Rem Umum untuk Mobil yang bisa ditemui di Kota-kota Besar di Indonesia.

Namun, pada Kampas Rem Motor juga bisa dilakukan Remanufacuring, tapi bukan sembarang Daur Ulang, karena Brake Pad dan Brake Soe Sepeda Motor hanya mengandalkan lem sebagai perekat antara Liner dan bagian Logam-nya.

 

Tahapan Daur Ulang yang dilakukan Bendix antara lain adalah mendapatkan Bahan Kampas Rem bekas dari pengepul, kemudian dilakukan inspeksi kondisinya, dibersihkan dari kotoran, minyak, grease, dan sisa Liner bawaan OEM-nya, kemudian dilakukan pemasangan Liner baru dari Bendix, dan kemudian diberi Anti Corrotion Coating (Lapisan Anti Karat) berupa Cat Khusus.

 

Berikut adalah Bukti bahwa Kampas Rem Bendix untuk Motor juga adalah Produk Daur Ulang

Bendix Brake Soe

Bendix Brake Soe

Bagian yang saya beri lingkaran merah tersebut seharusnya terdapat Logo OEM yang dicetak secara Emboss, dan oleh Bendix dihilangkan dengan menggunakan CNC. Alih-alih melakukan Emboss ulang dengan Logo Branding milik Bendix yang akan meningkatkan Harga Jual.

 

Sekarang sudah tau kan kalau Bendix itu produk Remanufacure ?

 

Menurut saya ini bukanlah sebuah Aib, ini adalah kabar gembira untuk para Pencinta Alam yang semaksimal mungkin selalu menginginkan produk yang memiliki Komitment Environment Friendly (Ramah Lingkungan).

 

Update

Ternyata informasi di artikel ini keliru, maka sudah kewajiban saya untuk meluruskan kesalahan informasi pada artikel ini.

Jadi sob, ternyata Kampas Rem Bendix 100% Brand New Product, bukan Recycle Product.

Berikut kutipan statement dari om Temmy Hartadi yang mewakili Bendix di Indonesia:

Siang bro Hakim. Apa kabar udah lama ga ngobrol kita. Oh iya ini info aja soal artikel ini, karena ini ada kekeliruan. Bendix bukan barang refurbish atau memakai bekas dari rem original. Bendix bekerja sama dengan perusahaan rem di Taiwan untuk memproduksi kampas rem Tromol, produk rem dari Taiwan tersebut logo nya ada embos merk mereka di rangka rem nya, jadi di haluskan lah bagian tersebut dengan mesin cnc dan di cetak merk Bendix. Proses ini kita sebut dengan rebranding. Sama seperti Chevrolet memakai produk Wuling sebagai Captiva mereka. Jadi semua kampas rem Bendix diolah dari 0 sampai jadi, tidak ada pemakaian barang bekas original yang diperbaiki dan dibersihkan. Semoga informasi ini menjadi dasar perbaikan artikel ini. Karena saya yakin bro Hakim sangat menjunjung tinggi kebenaran dari sebuah informasi agar pembaca blog ini juga yakin dengan kredibilitas bro Hakim. Thank you dan Sukses selalu.

Jadi, Bendix adalah produk yang benar-benar baru, bukan daur ulang, adanya penghapusan brand/merek pada Kampas Rem itu ya untuk menghapus brand pembuat Kampas Rem pertama untuk kemudian direbranding oleh pihak Bendix menggunakan brand Bendix.

Mohon maaf jika ada kesalahan informasi akibat kelalaian saya yang tidak tabayun dulu ke pihak produsen terkait artikel yang saya buat mengenai produknya. Ini adalah kekurangan saya dulu saat awal-awal mengelola blog ini.

Saya mengambil kesimpulan bahwa Bendix adalah kampas rem daur ulang ketika melihat bagian embossed brand yang dihapus menggunakan CNC dan juga melihat video ini:

For the best line of defense against rust jacking and cracked friction, choose Bendix brake shoes. To build a better brake shoe, we start with coining, to return the shoe to OE geometry. Next, we apply our premier PermaGuard™ coating. The final ingredient is Bendix friction with high flexural strength, to resist cracking. Choose from a wide range of friction offerings, from economy to OE, including the industry’s first RSD-certified aftermarket offering. It all adds up to reliable, durable performance, reduced downtime, and lower total cost of ownership. Now, you know better.

Sungguh, saya tidak masalah dengan produk Recycle, karena itu lebih ramah lingkungan (Environment Friendly), apalagi jika menggunakan bagian logam dari part OEM/Original dari pabrikan motor saya 🙂

Apalagi setiap saya mengganti Kampas Rem, saya merasa sayang jika bagian logam-nya itu tidak dimanfaatkan.

Itulah sebabnya sejak awal, saya sangat senang ketika tau brand Kampas Rem favorite saya ini melakukannya, tapi saya salah, maafkan saya.

Jadi sudah jelas ya sob, Bendix untuk bagian logam di Kampas Rem-nya menggunakan produk Rebranding, bukan Recycling 🙂

Ini bagus, artinya semua bagian dari Kampas Rem Bendix adalah benar-benar baru untuk menjamin performa dan durabilitas terbaik, fresh from the oven !

Yah mengingat banyak sekali kasus dimana pengguna motor di Indonesia menggunakan Kampas Rem yang liner-nya sudah tipis namun tetap digunakan sampai akhirnya menggerus bagian logam pada Kampas Rem 😀

Himbauan: Ketika kita mengganti Kampas Rem lama dengan yang baru, sebaiknya Kamaps Rem lama dibuang ke tempat pembuangan sampah yang dikelola oleh pemerintah, harapannya agar dilakukan daur ulang menjadi produk yang lebih bermanfaat, jangan dibuang ke lingkungan secara sembarangan apalagi dibakar bersama sampah-sampah yang lain (Bagi yang suka bakar sampah, hentikanlah), karena tidak akan memusnahkan bagian logam pada Kampas Rem jika dibakar biasa begitu saja 😀

 

Semoga artikel ini bermanfaat 🙂


Protected by DMCA ! Protected by Premium Copyscape !

Hi, Bagaimana Menurut Anda ?


Jadilah Pembaca yang Baik dengan cara meninggalkan Komentar pada setiap Artikel Bermanfaat yang sudah dibaca (•‿•)


Komentar adalah salah satu Faktor Penyemangat bagi seorang Blogger, termasuk juga saya. Sebagai bukti bahwa saya tidak sendirian disini, mengingat ada banyak sekali Viewer (Pembaca) Artikel di Blog saya ini. Tolong, jangan pergi begitu saja.


Tinggalkan Komentar Anda disini meskipun hanya sekedar menyapa saya, mari kita bangun Forum Diskusi di Kolom Komentar pada setiap Artikel di Blog ini.


Oleh karena itu, saya sudah menyediakan Fasilitas Comment System terbaik saat ini yakni Disqus Comments System untuk membangun Komunitas Komentator yang lebih Advanced lagi, tidak diperlukan Account Disqus untuk bisa berkomentar disini, Anda cukup memasukkan Nama dan Email saja, tapi saya sarankan untuk memiliki Account Disqus jika Anda sering berkomentar di banyak Blog yang menggunakan Disqus Comment System.

Mungkin Anda juga menyukai



Facebook Comments



Disqus Comments



×
SSL Verified