L

Preview dan Cara Mengganti O2 Sensor pada Old Vario 125 PGM-FI


Bismillahirrohmanirrohim


O2 Sensor Honda PGM-FI: NTK

Bagi yang belum tau, O2 Sensor yang digunakan oleh Honda pada awalnya adalah produksi NTK yang merupakan bagian dari NGK.

Tau NGK produsen Busi OEM (Original Equipment Manufacturer) itu kan ?, nah NTK adalah merek dagang khusus produk O2 Sensor produksi mereka.

Ada juga O2 Sensor lama itu yang di unitnya tertulis ZSA, saya tidak tau ZSA itu produsen mana, dicari di Internet tidak ditemukan, saya berpikiran bahwa desain O2 Sensor yang unik ini adalah original by Honda Motor, yang pembuatannya diserahkan pada Manufactur, seperti NTK by NGK, dan ZSA. Mengenai foto O2 Sensor merek ZSA tidak bisa saya muat karena bukan foto milik saya, melainkan foto teman saya di Facebook, masih ada nih fotonya kalau mau liat, by request 😀

Update: Ternyata merek-merek tidak berpengaruh, karena mereka hanya Manufacturer/Produsen, sedangkan desain adalah sesuai OEM. Bahkan saya beli O2 Sensor baru Non-removable Wire itu bukan merk Denso, tapi tanpa merek sama sekali, polos.

Sekarang, nampaknya Honda dan Yamaha kompak (Bisa subtitusi, tapi beda socket di harness body) menggunakan O2 Sensor produksi Denso (Atau OEM lain dengan desain yg sama), perbedaan mencolok ada pada desainnya, dimana O2 Sensor dari NTK ini kabelnya bisa dilepas layaknya busi dengan cop businya, maka O2 Sensor versi baru tidak bisa dilepas alias menyatu secara permanent.

Glosarium:

  • Removable Wire = O2 Sensor seperti Busi, ada Cop/Cap dimana kabel sensor bisa dilepas dari unit sensor, bukan dari socket sensor di kabel utama/harness.
  • Non-removable Wire = Sebaliknya dari Removable Wire, kabel sensor pada unit O2 Sensor tidak bisa dilepas lagi.

Kalau dicari di online market place, O2 Sensor lawas produksi NTK cuma ada yang second/bekas yakni copotan dari motor, tiak ada yang baru. Kalau O2 Sensor versi baru, sudah ada yang menjualnya dalam kondisi baru.

Update: O2 Sensor versi lama, jenis removable wire dalam kondisi baru ternyata ada dijual di online market place, tapi saya tidak pastikan ready stock atau tidak karena saya tidak berminat untuk membelinya, saya lebih memilih O2 Sensor non-removable wire, versi baru.

Mana yang lebih baik ?, tentu saja O2 Sensor versi baru, dalam hal ini karena kabel atau lead wire-nya tidak bisa dilepas alias permanent, karena disatukan dengan las/welded laser, sehingga lebih heavy duty.

Update: Gambar O2 Sensor Removable Wire VS Non-removable Wire.

O2 Sensor OEM Honda PGM-FI: Desain Lama VS Baru

Menurut info yang saya dapat dari kawan-kawan mekanik/teknisi, banyak ditemui kasus salah diagnosis, yang dikira error sensornya, ternyata cop kabel sensor yang contact point-nya longgar, alhasil salah order part, mestinya yang diganti kabel sensornya, mungkin bisa jadi itu alasan kenapa pabrikan motor merevisi/mengganti O2 Sensor menjadi non-removable wire agar yang dilepas pasang cuma socket saja, bukan cop yang ada di unit sensor.

Contact Point pada O2 Sensor Cap Lama

Lubang Masuk Udara O2 Sensor pada Cap Lama

Contact Point pada O2 Sensor Lama Mudah Rusak

Selain itu, Zirconia (ZrO2) Tube bagian belakang pada O2 Sensor juga terlindungi oleh metal shield, mengingat posisi O2 Sensor biasanya berada di bawah, rentan sekali kotor, mengenai foto dari O2 Sensor versi baru, nanti akan saya update, saya sudah order dan masih dalam proses pengiriman.

Powered by Dewaweb


Protected by DMCA ! Protected by Premium Copyscape !

Hi, Bagaimana Menurut Anda ?


Jadilah Pembaca yang Baik dengan cara meninggalkan Komentar pada setiap Artikel Bermanfaat yang sudah dibaca (•‿•)


Komentar adalah salah satu Faktor Penyemangat bagi seorang Blogger, termasuk juga saya. Sebagai bukti bahwa saya tidak sendirian disini, mengingat ada banyak sekali Viewer (Pembaca) Artikel di Blog saya ini. Tolong, jangan pergi begitu saja.


Tinggalkan Komentar Anda disini meskipun hanya sekedar menyapa saya, mari kita bangun Forum Diskusi di Kolom Komentar pada setiap Artikel di Blog ini.


Oleh karena itu, saya sudah menyediakan Fasilitas Comment System terbaik saat ini yakni Disqus Comments System untuk membangun Komunitas Komentator yang lebih Advanced lagi, tidak diperlukan Account Disqus untuk bisa berkomentar disini, Anda cukup memasukkan Nama dan Email saja, tapi saya sarankan untuk memiliki Account Disqus jika Anda sering berkomentar di banyak Blog yang menggunakan Disqus Comment System.

Mungkin Anda juga menyukai



Facebook Comments



Disqus Comments



×
SSL Verified