L

Cara Ampuh Mengatasi Masalah Touchpad Acer Aspire E11 yang Liar Sulit Dikendalikan !


Bismillahirrohmanirrohim


Modif Grounding Touchpad Acer Aspire E11 Sudah Rapi

Jadi ceritanya ini Notebook (Laptop) punya adik saya (makanya warnanya Pink), adik saya mengeluh bahwa Netbook dia itu seringkali ngaco Pointer Mouse-nya, liar kesana kemari dan tidak bisa dikendalikan lagi.

Masalah itu tidak selalu terjadi, datangnya tiba-tiba secara acak, semakin lama Laptop digunakan, maka masalah itu akan muncul, mungkin saja dipengaruhi suhu atau temperature Laptop itu sendiri dan tergantung dari listrik statis yang diproduksi oleh tubuh penggunanya. Makanya masalah itu seringkali terjadi jika sedang menggarap project atau laporan, sangat menyebalkan karena pekerjaan yang dilakukan berjam-jam bisa hilang begitu saja karena tidak bisa menyimpan file yang sudah dibuat dan diubah itu.

Untuk menormalkannya Laptop harus direboot atau restart secara paksa, jika tidak tau, maka akan melakukan cara yang salah, yakni dengan menekan tombol power dengan durasi tertentu, sehingga Laptop akan power off secara paksa.

Sudah 1 Tahun lebih masalah Laptop itu dia alami, solusi dari saya saat Laptop itu masih baru adalah dengan mengganti Operating System dari Windows menjadi Linux, dan saya pilihkan Distro Linux Ubuntu untuk adik saya itu.

Alasannya ?

Karena di Linux, kita bisa melakukan reboot paksa dengan cara yang lebih baik, yakni langsung menghubungi Hardware langsung melalui kernel, dengan cara menekan kombinasi tombol PRTSC / SYSTRQ + R + E + I + S + U + B , beri jeda beberapa detik ketika menekan setiap tombol itu, karena prosesnya terjadi secara background, kita tidak melihat apa-apa di layar, tapi kernel sedang melakukan prosedur yang aman untuk melakukan reboot.

Alhamdulillah, 1 Tahun pun Harddisk Laptop ini tidak rusak 😀

Ya, jika Laptop atau Komputer dimatikan secara paksa dan salah, yakni dengan cara menekan dan menahan tombol power, maka Harddisk berpotensi mengalami kerusakan.

 

Dulu saya tidak ingin membongkar Laptop adik saya ini, karena masih segel dan garansi, masalahnya saya selalu tidak punya waktu untuk mengklaim garansi Laptop itu, dan adik saya juga sibuk dan membutuhkan Laptop itu.

Kombinasi solusi Auto Save pada Software yang digunakan atau kesadan sendiri untuk selalu menekan kombinasi tombol CRTL + S , dan solusi “safe reboot” sudah diatas diarasa sudah cukup saat itu.

 

Nah baru sekaranglah saya bisa mengeksekusi/membongkar Laptop itu, karena sudah jarang digunakan dan masa garansinya pun sudah berakhir.

Daripada menyerahkan ke Service Center, lebih baik saya handle sendiri, masa orang IT masih pakai jasa orang lain ?

Lagipula karena garansi sudah habis, maka tentu saya akan mengeluarkan ongkos/biaya untuk reparasi itu 😀

 

Penyebab Masalah Touchpad Acer Aspire E11

Cukup mudah bagi saya mengetahui masalahnya sejak awal dulu, karena Touchpad itu sangat sensitif terhadap listrik statis, sehingga perlu Grounding yang reliable.

Dan ketika saya bongkar, saya pun menemukan bahwa Grounding pada Touchpad hanya menggunakan semacam Grounding Tape saja !

Grounding Tape Kualitas Rendah Touchpad Acer Aspire E11

Grounding Tape Kualitas Rendah Touchpad Acer Aspire E11

Saya lupa mengambil/capture foto before dan after 😀

Intinya Grounding Tape itu menghubungkan permukaan tembaga di Touchpad ke bagian logam di body Touchpad itu.

Pada gambar diatas, lingkaran paling besar berwarna merah itulah Grounding Tape yang digunakan, dan pada gambar itu kondisinya sudah saya lepas.

Pita itu semacam serat seperti kain, namun memiliki sifat konduktif atau menghantarkan listrik.

Tapi masalahnya, yang namanya Tape, ya tentu memerlukan sifat adhesive/merekat kan ?

Dan itu memerlukan lem yang dapat mengurangi konduktivitas dari Grounding Tape tersebut !, karena lem bersifat hambatan.

Ketika Grounding Tape saya lepaskan, tertinggal bekas lem di permukaan tembaga pada Touchpad, persis seperti Double Tape saja 😀

Saya perlu menggunakan Acetone untuk menghilangkan bekas lem itu.

Nah itulah akar masalahnya, yakni Grounding Tape tidak berfungsi dengan baik akibat hambatan atau resistance-nya meningkat, ya karena lem itu tadi yang menjadi perantara antara permukaan tembaga di Touchpad dengan Grounding Tape tersebut.

 

Solusi Masalah Touchpad Acer Aspire E11

Karena material permukaan grounding pada Touchpad adalah tembaga, maka itu artinya timah solder bisa menempel dengan sempurna.

Maka, solusi terbaik adalah dengan menyolder kabel tembaga pada permukaan tembaga di Touchpad itu.

Modif Grounding Touchpad Acer Aspire E11 ke Body

Modif Grounding Touchpad Acer Aspire E11 ke Body

Tips: Temperature solder jangan terlau panas, dan durasi penyolderan jangan lama-lama, karena bagian plastik Trackpad pada Touchpad akan meleleh !, dan sebaiknya gunakan kabel single core serabut berdiameter kecil saja.

 

Oke, salah satu ujung kabel bisa menempel dengan sempurna, tapi ujung lainnya ?

Disolder ke Grounding di Body tidak memungkinkan karena material logamnya tidak bisa disolder, timah solder tidak bisa menempel sama sekali.

Maka “Teknik Jepit” pun saya lakukan 😀

Sebenarnya bisa saja dengan cara dipasang ke salah satu skrup di yang menempe ke Grounding, seperti skrup untuk Motherboard, dsb

Tapi menurut saya akan menarik banyak kabel, dan kebetulan saya tidak punya skun ukuran kecil untuk kebutuhan itu, kan tidak lucu jika kabel dililitkan ke skrup 😀

Saya pun memutuskan untuk menjepit saja diantara sambungan Grounding di Body Touchpad ke Grounding di Body itu (Lihat Gambar).

Maka, ujung kabel-nya pun saya perkuat dengan timah solder juga agar lebih mantap 😀

 

Dan, Acer Aspire E11 Touchpad Issue pun Solved !

 


Protected by DMCA ! Protected by Premium Copyscape !

Hi, Bagaimana Menurut Anda ?


Jadilah Pembaca yang Baik dengan cara meninggalkan Komentar pada setiap Artikel Bermanfaat yang sudah dibaca (•‿•)


Komentar adalah salah satu Faktor Penyemangat bagi seorang Blogger, termasuk juga saya. Sebagai bukti bahwa saya tidak sendirian disini, mengingat ada banyak sekali Viewer (Pembaca) Artikel di Blog saya ini. Tolong, jangan pergi begitu saja.


Tinggalkan Komentar Anda disini meskipun hanya sekedar menyapa saya, mari kita bangun Forum Diskusi di Kolom Komentar pada setiap Artikel di Blog ini.


Oleh karena itu, saya sudah menyediakan Fasilitas Comment System terbaik saat ini yakni Disqus Comments System untuk membangun Komunitas Komentator yang lebih Advanced lagi, tidak diperlukan Account Disqus untuk bisa berkomentar disini, Anda cukup memasukkan Nama dan Email saja, tapi saya sarankan untuk memiliki Account Disqus jika Anda sering berkomentar di banyak Blog yang menggunakan Disqus Comment System.

Mungkin Anda juga menyukai



Facebook Comments



Disqus Comments



×
SSL Verified