L

[Solved] Old Vario 125i: Kepala Baut Cylinder Head Dol !


Bismillahirrohmanirrohim


Kepala Baut Cover Cylinder Head Dol

Ini problem cukup lama juga sih saya biarkan, soalnya urgensinya juga tidak begitu urgent, tidak ada masalah pada settingan celah kerenggangan klep kalau dianalisa dari suara di area cylinder head.

Ini kepala bautnya jadi dol begini karena motor saya ada kendala di kecepatan tinggi terjadi lose power dan ada bunyi aneh ketika itu terjadi yang saya kira ada kaitannya dengan settingan celah klep, makanya mau saya cek, eh gagal karena bautnya slek.

Masalah itu sudah teratasi, sumber bunyi aneh sudah jelas yakni di dalam combustion chamber yakni terjadi detonasi !, karena TPS (Throttle Position Sensor) mulai rusak tapi belum cukup rusak hingga ECU masuk ke dalam Fail Safe Mode, ditambah saat itu menggunakan Koil Ultra Speed Racing yang apinya gede itu dan Knalpot Free Flow R9 Misano yang notabene menyebabkan AFR menjadi lean serta ubahan lain di sektor Air Supply yang kesemuanya menyebabkan AFR menjadi lean, nah ketika TPS mulai error value-nya, itu AFR tidak bisa menyesuaikan lagi, ngaco, alhasil ruang pembakaran miskin bensin, AFR terlalu lean, maka terjadilah detonasi di putaran tinggi, ECU cukup pintar mengatasi itu dengan cara menurunkan kecepatan secara paksa !, yupz, meski grip gas masih dibejek full throttle, tapi kecepatan turun sendiri 😀

Artikelnya ada disini.

 

Penyebab Kepala Baut Slek

Penyebabnya adalah Overtorque alias bautnya kekencangan ketika dipasang 😀

Entahlah apakah saya yang ketika memasang terlalu kencang, atau bautnya menjadi kencang sendiri akibat goncangan (Thread Seizing) ?, bisa jadi.

Untunglah hanya satu baut, tapi posisinya ngeselin banget !

Selain karena pada dasarnya emang kenceng banget tuh baut, juga karena kunci T 10 mm yang saya gunakan tidak terlalu ngepas banget seperti kunci Sock yang kualitasnya lebih baik, punya sih cuman lebih panjang handle-nya, sedangkan kunci T 10 yang saya gunakan itu lebih pendek, lebih nyaman saja digunakan karena tidak mentok.

Apalagi ditambah kontur sisi-sisi hexagonalnya yang meruncing seperti pada gambar dibawah ini:

Jenis Kepala Baut Riskan Dol

Jenis kepala baut seperti ini riskan sekali dol jika baut terpasang terlalu kencang, karena permukaan yang bersentuhan dengan kunci socket lebih sedikit, akhirnya ngelos 😀

Baut cylinder head ini juga tidak menggunakan ring tambahan.

Sebenarnya saya juga sih yang terbawa perasaan penasaran parah ingin menghandle sendiri tapi tidak punya alat yang sesuai. Awalnya saya tidak kepikiran penyebab utamanya karena overtorque tapi karena kunci T yang saya gunakan meleset ketika membuka baut, apalagi saat itu juga saya membuka baut dalam kondisi mesin masih hangat, tidak benar-benar dingin.

Mulai saya coba pakai kunci Rig, ngelos makin parah sudut-sudut kepala baut jadi rompal. Lalu saya paksa lagi pakai tang jepit yang bisa ngunci itu, makin parahlah kondisi kepala bautnya, jadi bulet (Rounded). Baut kalau udah rusak gini kesannya udah kayak timah aja bahannya 😀

Ternyata cuma butuh alat yang tepat saja, masalah bisa teratasi.

Powered by Dewaweb


Protected by DMCA ! Protected by Premium Copyscape !

Hi, Bagaimana Menurut Anda ?


Jadilah Pembaca yang Baik dengan cara meninggalkan Komentar pada setiap Artikel Bermanfaat yang sudah dibaca (•‿•)


Komentar adalah salah satu Faktor Penyemangat bagi seorang Blogger, termasuk juga saya. Sebagai bukti bahwa saya tidak sendirian disini, mengingat ada banyak sekali Viewer (Pembaca) Artikel di Blog saya ini. Tolong, jangan pergi begitu saja.


Tinggalkan Komentar Anda disini meskipun hanya sekedar menyapa saya, mari kita bangun Forum Diskusi di Kolom Komentar pada setiap Artikel di Blog ini.


Oleh karena itu, saya sudah menyediakan Fasilitas Comment System terbaik saat ini yakni Disqus Comments System untuk membangun Komunitas Komentator yang lebih Advanced lagi, tidak diperlukan Account Disqus untuk bisa berkomentar disini, Anda cukup memasukkan Nama dan Email saja, tapi saya sarankan untuk memiliki Account Disqus jika Anda sering berkomentar di banyak Blog yang menggunakan Disqus Comment System.

Mungkin Anda juga menyukai



Facebook Comments



Disqus Comments



×
SSL Verified