L

Perbandingan Tempered Glass Full VS Non-Full pada 2.5 D Curve Edge Screen


Bismillahirrohmanirrohim


Nillkin Amazing H+ Pro: Xiaomi Mi A1

Saya coba sharing mengenai dua jenis Tempered Glass ini ya sob 😀

Jadi kan ada 2 jenis nih, Full (Edge to Edge sampai Bazel) dan Non-full/Half (Hanya seukuran Panel Display dibalik Digitizer).

 

Kelebihan Full:

1. Tentu saja Full Protection juga, karena banyak kasus dimana bagian 2.5 D Curve itu gores dan lecet ketika jatuh. Maka ketika Smartphone jatuh pada posisi sudut-sudutnya, yang nerima impact adalah Tempered Glass, bukan bagian 2.5 D dari Gorilla Glass.

2. Secara penampilan seperti tidak pakai Screen Protector tambahan, apalagi kan bahannya Kaca, sama kayak Digitizer/Touchscreen Gorilla Glass yang juga kaca.

 

Kekurangan Full:

1. Namanya 2.5 Curve, ya bagian sisi-sisi Tempered Glass bakalan ngangkat/hollow/silhouette putih dan itu gk sedap dipandang dan debu halus bisa masuk yg kalau itu pasir, bakalan menggores Gorilla Glass yg cuma punya Hardness skala Mohs 6.7H itu. Tapi ini bisa diatasi pakai Liquid khusus.

2. Tempered Glass lebih berpotensi retak/pecah akibat benturan dari samping/sisi-sisinya. Tapi ini wajar, karena dia melindungi bagian 2.5 D dari Gorilla Glass dibaliknya.

Kesimpulannya, saya rasa gk ada alasan buat gk pakai Full Edge to Edge Tempered Glass, karena Problem ngangkat sudah Solved dengan Liquid khusus. Dan Problem Tempered Glass lebih riskan pecah itu sudah tugas dia sebagai “Guard” untuk menahan benturan hingga pecah, asalkan Gorilla Glass tetap aman, soalnya Tempered Glass 9H, Gorilla Glass 3 cuma 6.7H.

 

Tapi hati-hati, Tempered Glass harus punya lapisan yg mencegah pecahan/retakan Tempered Glass mengenai Digitizer, karena bisa gores, karena 9H sangat mampu menggores 6.7H. Ini yang ngebedain Tempered Glass Premium yang mahal dengan yang Murah.

 

Dan kalau Tempered Glass sudah retak, buruan ganti !

Lalu apa sih bahan dari Liquid itu ?

Dari info yg saya dapat, Liquid itu adalah Liquid Silicone.

Jelas beda jauh dengan Minyak Goreng, meski secara fisik terasa sama.

 

Perlu Anda tahu bahwa Tempered Glass bisa ditempel pada permukaan layar karena ada lapisan Silicone Adhesive di bagian dasarnya, nah fungsi Liquid Silicone ya mengisi bagian yang ngangkat itu, dan karena dia Syhthetic, jelas lebih baik daripada Minyak Goreng.

Teori/Logikanya, jika Tempered Glass nempel ke layar pakai lapisan Solid Silicone, maka tentu saja untuk ngisi gap/celah di bagian 2.5 D harus pakai Silicone juga kan ?, kenapa dalam bentuk Liquid, karena agar bisa masuk ke celah tersempit pada bagian yang ngangkat itu.

Silicone memang punya sifat Adhesive (Nempel), makanya sering disebut Lem, tentu Liquid Silicone beda dengan Lem Fox, dsb 😀

Ada yang bingung apakah Minyak itu bisa disebut Liquid ?, ya Minyak juga termasuk kategori Liquid (Cairan), Cairan punya Viscosity yang berbeda-beda, dari yang encer sampai kental, kalau sudah kental banget kayak Grease, itu masuk kategori Paste.

Tapi bukan berarti hanya karena Minyak = Liquid, jangan lantas dipakai pada Tempered Glass, karena Minyak yang dipakai itu Minyak Goreng, bukan Minyak Silicone.

Oh ya, Liquid SIlicone itu bisa dipakai juga untuk Screen Protector berbahan Plastic (P.E.T) atau yg Hybrid (Flexible Nano Glass), tidak cuma Tempered Glass saja.

 

Tempered Glass Full yang seperti apa yang bagus ?

Semua sepakat, adalah Tempered Glass Full yang Clear (Bening), bukan Warna seperti Digitizer bawaan, karena pewarnaan itu menyebabkan gap antara permukaan layar/Digiziter dengan Tempered Glass.

Gap itu menyebabkan berkurangnya sensitivitas, dan akurasi Touchscreen, dan tampilan layar juga tidak hitam pekat lagi.

Tempered Glass Full dengan Warna itu adalah “Tipuan” mata saja untuk menutupi bagian yang ngangkat di bagian 2.5 D, memang tidak perlu Liquid Silicone karena ngangkat-nya gk keliatan, tapi kalau celah ngangkat itu kemasukan debu pasir, bisa ditebak dampaknya apa pada Gorilla Glass 3 Xiaomi Mi A1 kita 😀

Menurut saya yang dapat ide pakai Liquid Silicone buat ngatasin masalah ngangkat itu briliant banget, karena mengatasi masalah sampai ke akarnya, sedangkan yang dapat ide pakai Warna buat nutupin bagian yang ngangkat itu nipu banget !, cuma mengatasi masalah risihnya pengguna liat bagian yang ngangkat itu, masalah Tempered Glass yg ngangkat bukan cuma soal kenyamanan mata saja, tapi soal keamanan layar itu sendiri.

Powered by Dewaweb


Protected by DMCA ! Protected by Premium Copyscape !

Hi, Bagaimana Menurut Anda ?


Jadilah Pembaca yang Baik dengan cara meninggalkan Komentar pada setiap Artikel Bermanfaat yang sudah dibaca (•‿•)


Komentar adalah salah satu Faktor Penyemangat bagi seorang Blogger, termasuk juga saya. Sebagai bukti bahwa saya tidak sendirian disini, mengingat ada banyak sekali Viewer (Pembaca) Artikel di Blog saya ini. Tolong, jangan pergi begitu saja.


Tinggalkan Komentar Anda disini meskipun hanya sekedar menyapa saya, mari kita bangun Forum Diskusi di Kolom Komentar pada setiap Artikel di Blog ini.


Oleh karena itu, saya sudah menyediakan Fasilitas Comment System terbaik saat ini yakni Disqus Comments System untuk membangun Komunitas Komentator yang lebih Advanced lagi, tidak diperlukan Account Disqus untuk bisa berkomentar disini, Anda cukup memasukkan Nama dan Email saja, tapi saya sarankan untuk memiliki Account Disqus jika Anda sering berkomentar di banyak Blog yang menggunakan Disqus Comment System.

Mungkin Anda juga menyukai


Disqus Comments



×
SSL Verified