L

Cara Efektif Mengatasi Masalah Domain Aplikasi Harus Cocok dengan Domain URL Game Web Facebook (https), URL Situs Seluler, URL Unity Binary, URL Situs atau URL Tab Halaman Aman


Bismillahirrohmanirrohim


Facebook Developer

Aplikasi pada Facebook Developer, terdapat Opsi Domain Aplikasi di Informasi Dasarnya, namun ketika URL Domain diisikan, dan Pengaturan disimpan, ada Tanda X berwarna Merah disampingnya, yang ketika dilakukan Mouse Over (Mengarahkan Pointer Mouse diatasnya) terdapat Pesan Error/Kesalahan yakni sesuai Judul Artikel ini.

Domain Aplikasi Harus Cocok dengan Domain URL Game Web Facebook (https), URL Situs Seluler, URL Unity Binary, URL Situs atau URL Tab Halaman Aman

Harap Koreksi Domain ini: www.domainsaya.com

Dan kita diminta untuk mengkoreksinya, namun apa yang terjadi ketika kita ubah URL http menjadi https ?

Tetap saja Pesan Error itu muncul, bahkan kita sudah mencoba Subdomain seperti demo.domainsaya.com, m.domainsaya.com, dsb tetap saja Pesan Error itu muncul !

Karena Faktanya, URL Domain Aplikasi tidak memerlukan atau mewajibkan adanya penanda Protokol baik itu HTTP (Non-SSL) maupun HTTPS (SSL).

 

Lalu Bagaimana Cara Mengatasi Masalah Domain Aplikasi Facebook Tersebut ?

 

Troubeshooting

Caranya adalah dengan menambahkan Platform Website pada Aplikasi tersebut.

 

Begini Step by Step-nya:

Saya asumsikan Anda sudah berada di Halaman yang dimaksud yakni https://developers.facebook.com/apps/ID_Aplikasi/settings/

Pada Pengaturan → Dasar

Error Domain Aplikasi Facebook

Error Domain Aplikasi Facebook

Begitulah Pesan Error-nya ditampilkan dalam bentuk “Ballon Tip”.

Biarkan saja, tidak perlu dihapus atau diubah, dengan atau tanpa WWW.

 

Selanjutnya …

 

Tepat dipaling bawah di Halaman tersebut, terdapat Tombol bertuliskan “+ Tambahkan Platform“. Klik Tombol tersebut.

 

Lalu …

Pilih Platform Aplikasi Facebook

Pilih Platform Aplikasi Facebook

Akan muncul Dialog berisi Platform apa saja yang ingin ditambahkan, dalam hal ini, Klik pada Platform “Website“.

 

Maka …

Domain Aplikasi Platform Website di Facebook

Domain Aplikasi Platform Website di Facebook

Akan muncul Form Isian URL Situs. Disitulah Domain Website / Blog Anda diisikan.

Gunakan HTTP atau HTTPS pada Form tersebut, karena yang diminta adalah URL (Uniform Resource Locator), bukan hanya Domain saja. Ini berbeda dengan Domain Aplikasi yang hanya memerlukan Domain saja tanpa Protokol.

Dalam tahap ini Error masih muncul, karena perubahan belum diterapkan.

 

Jika Sudah …

Klik Tombol “Simpan Perubahan” yang ada disudut kanan bawah di Halaman tersebut untuk menerapkan Perubahan Setting yang sudah kita lakukan diatas.

 

Selesai

Domain Aplikasi Platform Website di Facebook Tanpa Error

Domain Aplikasi Platform Website di Facebook Tanpa Error

Problem Solved !

Pesan Error sudah tidak ada lagi, kini Domain Aplikasi sudah berhasil ditambahkan.

 

Lihat ?, mudah saja kan cara menghilangkan Error tersebut 😀

Sesuai Namanya, yakni Domain Aplikasi, maka yang tertera disana hanyalah Domain saja, tidak perlu HTTP atau HTTPS. Dan tidak perlu menambahkan Subdomain Khusus untuk Mobile Version Website/Blog kita. Hari gini ?, hehe … Sekarang sudah Responsive Theme Mobile Friendly bro 😀

 

Kesimpulan

Pesan Error itu muncul karena Sistem masih menganggap bahwa Aplikasi Facebook kita tersebut adalah Aplikasi Bukan Website. Melainkan Aplikasi Platform Facebook (Native) secara Default.

Sehingga harus didefinisikan dulu bahwa Aplikasi tersebut menggunakan Platform lain, yakni Website, terserah apakah Website atau Blog (Web Log) tersebut menggunakan Platform CMS (Content Management System) berbasis WordPress, Joomla, Drupal, dsb

Pada Halaman Pengaturan Dasar Aplikasi Facebook tersebut, kita juga bisa mengisi Informasi lain seperti URL yang mengarah pada Halaman Kebijakan Privasi (Privacy Policy) dan Ketentuan Layanan (Term of Service) di Situs kita. Namun itu bersifat Opsional saja, boleh diisi, boleh juga tidak diisi.

Selain itu kita juga bisa menentukan Ikon Aplikasi, sayangnya meski namanya Ikon, tapi Resolusi Minimalnya cukup besar, yakni 1024 x 1024. WOW, itu bukan Ikon yah 😀

Kita juga bisa menentukan Email Kontak, Namespace, dan Kategori.

Apa itu “Namespace” ?

Namespace adalah Nama lain dari Aplikasi Facebook kita, yang nanti digunakan untuk URL.

Menggunakan Subdomain https://apps.facebook.com/NameSpaceAplikasi

 

Semoga Artikel ini Bermanfaat untuk Anda 🙂


Protected by DMCA ! Protected by Premium Copyscape !

Hi, Bagaimana Menurut Anda ?


Jadilah Pembaca yang Baik dengan cara meninggalkan Komentar pada setiap Artikel Bermanfaat yang sudah dibaca (•‿•)


Komentar adalah salah satu Faktor Penyemangat bagi seorang Blogger, termasuk juga saya. Sebagai bukti bahwa saya tidak sendirian disini, mengingat ada banyak sekali Viewer (Pembaca) Artikel di Blog saya ini. Tolong, jangan pergi begitu saja.


Tinggalkan Komentar Anda disini meskipun hanya sekedar menyapa saya, mari kita bangun Forum Diskusi di Kolom Komentar pada setiap Artikel di Blog ini.


Oleh karena itu, saya sudah menyediakan Fasilitas Comment System terbaik saat ini yakni Disqus Comments System untuk membangun Komunitas Komentator yang lebih Advanced lagi, tidak diperlukan Account Disqus untuk bisa berkomentar disini, Anda cukup memasukkan Nama dan Email saja, tapi saya sarankan untuk memiliki Account Disqus jika Anda sering berkomentar di banyak Blog yang menggunakan Disqus Comment System.

Mungkin Anda juga menyukai



Facebook Comments



Disqus Comments



×
SSL Verified