L

Iodine Number pada Karbon Aktif: Perlukah Iodine 1000 ?


Bismillahirrohmanirrohim


Whole House Water Filtering: Cartridge

Alhamdulillah saya diberikan kesempatan menulis lagi di blog ini 🙂

Saya bukanlah full time blogger, sempat menjadi full time blogger ketika proses pembangunan blog ini saja 😀

 

Akhir-akhir ini memang topik yang saya angkat adalah seputaran water treatment/filtering, karena itu adalah salah satu project baru yang saya lakukan akhir-akhir ini, mempelajari hal baru, dan menerapkannya ke rumah saya pribadi dan rumah keluarga saya.

Awalnya karena masalah kandungan sediment dan besi pada air sumur di rumah saya pribadi, lalu terpikir untuk menerapkan ilmu baru saya ini pada rumah orang tua saya yang sudah sangat lama memiliki masalah air yakni rasa yang tidak tawar alias memiliki rasa khas yang saya tidak bisa mengungkapkannya dengan kata-kata seperti apa rasanya, meskipun sangat jernih dan tidak mengandung besi, mangan, apalagi hidrogen sulfida.

Di rumah pribadi saya, membutuhkan setidaknya 5 housing 10 inch untuk kebutuhan dan keinginan saya terkait water treatment ini, kebutuhannya sebenarnya hanyalah sediment filter dan manganese dioxide activated sand saja yang secara teknis hanya membutuhkan 2 housing 10 inch saja.

Tapi, ada satu jenis media filter yang opsional tapi sebaiknya digunakan pada kasus air tertentu, meski tidak ada bau, rasa, dan warna selain kandungan besi dan sediment pada air.

Media filter tersebut adalah karbon aktif !

Saya katakan opsional adalah ketika setelah menggunakan sediment filter dan pasir aktif masalah warna, rasa, dan bau pada air sudah teratasi/hilang.

Namun menjadi harus digunakan ketika masalah pada air seperti pada rumah orang tua saya.

Penggunaan karbon aktif walaubagaimanapun sebaiknya digunakan pada kondisi air seperti apa pun, karena fungsi karbon aktif yang sangat bagus menyaring zat kimia organik seperti pestisida, herbisida, dan segala macam zat kimia karsinogenik/penyebab kanker lainnya. Karena karbon aktif sudah umum digunakan untuk menetralisir limbah dari pabrik, rumah sakit, dsb

Masalahnya, kita tidak tau kandungan zat kimia itu di dalam air kan ?, lebih baik mencegah daripada mengobati, bahkan pada kondisi air yang tidak berwarna, tidak berbau, dan tidak berasa sekalipun, toh nanti karbon aktifnya akan sangat awet digunakan 🙂

 

Selain karbon aktif, saya juga menggunakan resin cation, meskipun water hardness atau kesadahan air yang diakibatkan kandungan kapur, kalsium, dan magnesium tidak tinggi, namun tetaplah ada, sehingga ketika menggunakan softener berupa resin cation tersebut, kualitas air saya menjadi lebih baik, khususnya untuk mencuci, karena lebih sedikit membutuhkan sabun dan lebih cepat ketika membilas, sehingga lebih hemat sabun dan air, baik itu untuk mencuci maupun untuk mandi.

Sediment Filter, Manganese Greensand, Manganese Zeolite, Karbon Aktif, dan Resin Cation, itulah media filter yang saya gunakan, saya menggunakan dua jenis media filter manganese dioxide yakni Manganese Greensand dan Manganese Zeolite, itu saya lakukan karena kandungan besi pada air saya yang masuk level medium bahkan high. Sehingga saya tidak perlu melakukan aerasi dan tidak perlu menampung air di toren atau tandon, air dari mesin pompa langsung bisa dihilangkan kandungan besi-nya.

Hebatnya, Pasir Aktif sesungguhnya juga bisa menghilangkan kandungan Arsenik dan Radium dalam air.

Ketika saya tau mengenai water treatment yang begitu terjangkau harganya dan mudah penerapannya, saya semakin sadar bahwa mengkonsumsi air tanpa treatment sebaiknya dihindari, karena tubuh kita (Manusia) mayoritasnya adalah air.

Powered by Dewaweb


Protected by DMCA ! Protected by Premium Copyscape !

Hi, Bagaimana Menurut Anda ?


Jadilah Pembaca yang Baik dengan cara meninggalkan Komentar pada setiap Artikel Bermanfaat yang sudah dibaca (•‿•)


Komentar adalah salah satu Faktor Penyemangat bagi seorang Blogger, termasuk juga saya. Sebagai bukti bahwa saya tidak sendirian disini, mengingat ada banyak sekali Viewer (Pembaca) Artikel di Blog saya ini. Tolong, jangan pergi begitu saja.


Tinggalkan Komentar Anda disini meskipun hanya sekedar menyapa saya, mari kita bangun Forum Diskusi di Kolom Komentar pada setiap Artikel di Blog ini.


Oleh karena itu, saya sudah menyediakan Fasilitas Comment System terbaik saat ini yakni Disqus Comments System untuk membangun Komunitas Komentator yang lebih Advanced lagi, tidak diperlukan Account Disqus untuk bisa berkomentar disini, Anda cukup memasukkan Nama dan Email saja, tapi saya sarankan untuk memiliki Account Disqus jika Anda sering berkomentar di banyak Blog yang menggunakan Disqus Comment System.

Mungkin Anda juga menyukai



Facebook Comments



Disqus Comments



×
SSL Verified