L

Inilah Solusi Ampuh Mengatasi Masalah Baterai dan Layar Samsung Galaxy Tab S


Bismillahirrohmanirrohim


Low Battery

Samsung Galaxy Tab S sejak awal Rilis sudah membawa masalah Battery (Baterai) yakni terlalu cepat Discharge (Habis). Tiba-tiba saja menjadi 15%, 10% dsb padahal kita ingat betul bahwa baru saja Full 100%, dan itu bisa dibuktikan dengan Grafik Battery History yang tiba-tiba Low.

Banyak teori berkembang atas kejadian ini, ada yang mengatakan Bug pada Hardware entah apa itu, ada yang mengatakan Baterainya Defect (Cacat), mereka yang mengatakan Baterainya Rusak memang memiliki alasan, karena mereka Klaim Garansi dan tindakan yang dilakukan adalah menggati baterai baru, ada juga yang menyalahkan Project Volta yang Buggy pada Android Lollypop, dan mereka mengutuk Samsung yang tidak kunjung memberikan Update Firmware, minimal Lollypop versi terbaru yang sudah mendapatkan Minor Bug Fix. Tapi setelah Samsung memberikan Official Update ke Marshmallow, teori itu terbukti salah, karena masalah tersebut masih ada.

Namun, apa yang sebenarnya terjadi ?, apa penyebab yang sebenarnya ?

 

Di Forum XDA Developers pun masalah ini menjadi Viral dikalangan Internal Section Samsung Galaxy Tab S disana. Tentu saja banyak Teori dan Troubleshooting yang mereka kemukakan, bahkan sampai mengarah pada Kernel.

Masalahnya tidak cuma Baterai yang Quick Discharged, tapi merembet pada Layar yang Flickering yakni ada Kedipan berupa Guratan Garis-garis pada Layar, dan itu mengganggu sekali, khususnya jika Baterai sudah Low.

 

Dan Misteri itu pun terungkap, yakni Konektor Baterai yang Longgar !

Ya, Anda tidak salah dengar, Konektor yang dimaksud adalah Female Connector pada Soket Baterai, karena Konektor pada Mainboard-nya adalah Male Connector.

Saya buktikan sendiri kebenaran Teori itu dengan Praktik nyata !

 

Seorang Member Forum XDA Developers memberikan Tutorial yang sangat jelas tentang bagaimana cara mengembalikan “Keperawanan” Konektor Baterai Samsung Galaxy Tab S ini, semua Credit Gambar-gambar dibawah ini sepenuhnya milik dia 🙂

Saya disini hanya menyampaikan Informasi dalam Bahasa Indonesia bagi Anda pemilik Samsung Galaxy Tab S yang masih mengalami masalah ini, meski sebenarnya cukup terlambat karena memang saat artikel ini saya tulis, Blog ini masih baru, dan Galaxy Tab S2 sudah rilis, saya takut jika Anda sudah terlanjur muak dan memutuskan menjualnya lalu membeli produk lain sebagai gantinya 😀

Tapi saya yakin setelah Anda membaca artikel ini, Anda akan mengurungkan niat Anda itu jika alasannya cuma karena masalah Baterai ini saja. Dan bagi saya, Sharing Informasi itu harus dilakukan, karena pasti ada saja yang memerlukannya.

 

Troubleshooting

Didalam Galaxy Tab S Connector via XDA Developer

Didalam Galaxy Tab S Connector via XDA Developers

Seperti itulah jika Kabel pada Soket Konektor dilepaskan, Anda tidak perlu melakukan ini, karena ini hanya ingin menunjukkan bagaimana jenis Konektor didalam Soketnya. Dari situlah muncul ide, bagaimana cara merapatkan Konektor yang longgar tersebut.

 

Cut Off Connector Socket Samsung Galaxy Tab S via XDA Developers

Cut Off Connector Socket Samsung Galaxy Tab S via XDA Developers

Masalahnya, bagian yang mengapit Male Connector adalah bagian samping dari Connector setiap Kabel, maka dari itu Member XDA Developers tersebut memotong plastik Soket tersebut agar bisa merapatkannya, dan saya sangat tidak menyarankan untuk Anda melepaskan Kabel dari Soket apalagi memotong Soket seperti gambar diatas, karena itu sangat beresiko dan sulit untuk dilakukan. Lagipula dapat dimaklumi karena dia saat itu dalam rangka Riset mencari Troubleshooting.

Maka, saya melakukan sedikit Tweaking dari Tutorial yang sudah ada tersebut diatas, yakni menggunakan Jarum !

Jarum memiliki ujung yang kecil yang menjadikannya tajam, hingga bisa mencengkram permukaan Kuningan Konektor sehingga kita bisa mempersempitnya dengan mudah, hanya cukup tancapkan ujung jarum ke salah satu sisinya, lalu geser ke arah dalam seperti gambar dibawah ini:

Merapatkan Male Connector Samsung Galaxy Tab S via XDA Developers

Merapatkan Male Connector Samsung Galaxy Tab S via XDA Developers

 

Akan lebih mudah jika Anda menggunakan Magnifier (Kaca Pembesar) yang memiliki Stand seperti dibawah ini:

Cambridge Optics Magnifier via http://www.gtvision.co.uk

Cambridge Optics Magnifier via http://www.gtvision.co.uk

 

Oh tentu saja itu bukanlah alat yang harus Anda miliki untuk dapat mengatasi masalah ini 😀

Anda bisa menggunakan Feeling (Perasaan) Anda dan sedikit kemampuan mata Anda dalam melakukannya, sudah saya katakan sebelumnya bahwa Jarum itu bisa mencengkram permukaan Logam Kuningan Konektor sehingga Anda bisa menggesernya dengan mudah, tidak perlu terlalu sempit 😀

Itu sama seperti pengait yang digunakan untuk menggeser Balok-balok Es 😀

 

Lalu muncul pertanyaan, bagaimana cara membuka Casing Samsung Galaxy Tab S agar bisa melakukan Troubleshooting ini ?

Come on :D, apa gunanya YouTube untuk menjawab Pertanyaan seperti itu 😀

Part of the Complete Battery Installation Kit from NewPower99.com, available at http://www.newpower99.com/Samsung_GAL..., this video provides a step by step demonstration of the procedure for replacing the battery in your Samsung GALAXY Tab S 8.4

 

Tidak cuma Samsung Galaxy Tab S, Anda bisa mencari Video Tutorial membongkar Gadget lainnya di YouTube dengan mengetikkan Keyword “Disassembly Brand Type”, ganti “Brand” dengan Merk, dan “Type” dengan Tipe. Contoh: “Disassembly Samsung Galaxy Tab S”.

Sudah menjadi Trend tersendiri di YouTube berupa kemunculan Channel-channel yang memuat Konten Video Tutorial Assembly and Disassembly Gadget yang memudahkan siapa saja bisa melakukan itu dirumah, tentunya dengan memiliki Tools yang diperlukan, dan tentunya sedikit Skill dan Knowledge yang diperlukan 😀

DWYOR (Do It With Your Own Risk) yah 😀

Semoga Berhasil 🙂


Protected by DMCA ! Protected by Premium Copyscape !

Hi, Bagaimana Menurut Anda ?


Jadilah Pembaca yang Baik dengan cara meninggalkan Komentar pada setiap Artikel Bermanfaat yang sudah dibaca (•‿•)


Komentar adalah salah satu Faktor Penyemangat bagi seorang Blogger, termasuk juga saya. Sebagai bukti bahwa saya tidak sendirian disini, mengingat ada banyak sekali Viewer (Pembaca) Artikel di Blog saya ini. Tolong, jangan pergi begitu saja.


Tinggalkan Komentar Anda disini meskipun hanya sekedar menyapa saya, mari kita bangun Forum Diskusi di Kolom Komentar pada setiap Artikel di Blog ini.


Oleh karena itu, saya sudah menyediakan Fasilitas Comment System terbaik saat ini yakni Disqus Comments System untuk membangun Komunitas Komentator yang lebih Advanced lagi, tidak diperlukan Account Disqus untuk bisa berkomentar disini, Anda cukup memasukkan Nama dan Email saja, tapi saya sarankan untuk memiliki Account Disqus jika Anda sering berkomentar di banyak Blog yang menggunakan Disqus Comment System.

Mungkin Anda juga menyukai



Facebook Comments



Disqus Comments



×
SSL Verified