L

Inilah Cara Terbaik Agar PC Kita Mendukung WiFi dan Bluetooth


Bismillahirrohmanirrohim


Property of Lukmanul Hakim Watermark V2

Saya cukup lama menggunakan laptop saja ketimbang PC (Dulu punya PC sampai dirusakin adik saya), karena memang kebutuhan saya selama ini adalah portable mobile computing, maklum saat itu masih kuliah dan ngekost, kalau untuk PC belum cocok untuk saya, tapi setelah selesai urusan kuliah, punya usaha, menikah, dan punya anak, saya pun sudah tidak nomaden lagi, mengingat usaha juga sudah di rumah saja, maka laptop high end sudah tidak relevant lagi, maka saya putuskan untuk merakit sebuah PC high end untuk mendukung kebutuhan pekerjaan saya di bidang IT, disamping usaha offline saya di bidang perdagangan.

Nah, dua hal yang kemudian terasa berbeda antara laptop dengan PC adalah soal Wireless Connection, yakni WiFi dan Bluetooth, karena simple-nya saya bisa saja cukup pakai kabel lan untuk menghubungkan PC saya ke IndiHome Fiber Optic yang sudah lama saya gunakan di rumah saya. Tentu saja IndiHome yang saya gunakan ini menggunakan Wireless Router, jadi di rumah saya tersedia WiFi.

Tapi, posisi pemasangan router IndiHome di rumah saya agak kurang ideal jika saya menggunakan kabel ethernet/LAN ke PC saya, dan saya tidak ingin mengubah posisi router itu. Routernya dipasang di tembok di sudut rumah.

Meski jarak antara PC dengan router cuma 2 sampai 3 meter, tapi jika menggunakan kabel LAN, dibutuhkan kabel yang panjang minimal 10 meter, karena dipasang di tembok atau sudut bawah tembok itu, memutar/keliling sampai menuju PC saya, jika ditarik lurus saja, maka akan melintang di lantai begitu saja, keduanya sama-sama jelek 😀

Maka saya memutuskan untuk menggunakan WiFi saja di PC saya ini yang karena pertimbangan lainnya saya menggunakan Motherboard yang tidak ada fitur WiFi bawaannya.

Setidaknya ada 4 opsi untuk menerapkan WiFi pada PC saya ini, yakni:

  1. Menggunakan MiFi TP-Link MR3020 yang sudah saya miliki sejak lama, MiFi itu bisa digunakan sebagai Range Extender, jadi dia bisa menangkap sinyal WiFi, terkoneksi dengan router WiFi saya, kemudian dari MiFi tersebut dikoneksikan ke PC saya melalui kabel LAN yang tersedia di MiFi tersebut, tapi karena MiFi ini dibutuhkan untuk Range Extender agar sinyal WiFi di rumah saya sampai dengan kuat ke rumah orang tua saya yang posisinya di sebelah rumah saya, maka saya tidak bisa pakai opsi ini, hahaha 😀
  2. Menggunakan USB WiFi Dongle, tapi jujur saja saya tidak tertarik karena ada laporan soal kerusakan USB pada PC karena overheat dan masalah lainnya terkait kestabilan, mengingat penggunaan internet saya cukup berat, saya tidak menggunakan opsi ini, padahal secara teknis cukup saja, mengingat posisi PC sangat dekat dengan Wireless Router saya dan kecepatan internetnya tidak sampai ratusan Mbps yang sepertinya tidak bisa dihandle USB, apalagi USB 2.0.
  3. Menggunakan PCIe Wireless Adaptor TP-Link TL-WN881ND (Dua Antena) atau TL-WN781ND (Satu Antena), opsi ini yang terbaik menurut saya, mengenai tipenya, saya pilih yang dua antena, karena selisih harganya tepaut cukup tipis, soal kecepatannya yang satu 150Mbps dan yang dua 300Mbps itu tidak penting bagi saya, karena Internet di Indonesia cuma sampai puluhan Mbps.
  4. Menggunakan PCIe Dual Wireless Adaptor dengan Bluetooth yang jadi satu modul, opsi ini lebih mahal daripada opsi ke-3 di atas, dan berlebihan mengingat saya tidak terlalu membutuhkan Bluetooth juga.

 

Mari kita bahas satu per satu…


Protected by DMCA ! Protected by Premium Copyscape !

Hi, Bagaimana Menurut Anda ?


Jadilah Pembaca yang Baik dengan cara meninggalkan Komentar pada setiap Artikel Bermanfaat yang sudah dibaca (•‿•)


Komentar adalah salah satu Faktor Penyemangat bagi seorang Blogger, termasuk juga saya. Sebagai bukti bahwa saya tidak sendirian disini, mengingat ada banyak sekali Viewer (Pembaca) Artikel di Blog saya ini. Tolong, jangan pergi begitu saja.


Tinggalkan Komentar Anda disini meskipun hanya sekedar menyapa saya, mari kita bangun Forum Diskusi di Kolom Komentar pada setiap Artikel di Blog ini.


Oleh karena itu, saya sudah menyediakan Fasilitas Comment System terbaik saat ini yakni Disqus Comments System untuk membangun Komunitas Komentator yang lebih Advanced lagi, tidak diperlukan Account Disqus untuk bisa berkomentar disini, Anda cukup memasukkan Nama dan Email saja, tapi saya sarankan untuk memiliki Account Disqus jika Anda sering berkomentar di banyak Blog yang menggunakan Disqus Comment System.

Mungkin Anda juga menyukai



Facebook Comments



Disqus Comments



SSL Verified