L

Jangan Sembarangan Menggunakan Tag pada Artikel


Bismillahirrohmanirrohim


Tag Feed

Tag atau Label memang menjadi salah satu fitur WordPress yang disandingkan dengan fitur Cateogry (Kategori), padahal Tag dan Kateogori itu fungsinya relatif sama pada intinya, tapi Tag menyimpan banyak sekali potensi-potensi lain daripada Kategori yang hanya berfungsi mengelompokan/mengkategorikan.

Jika Anda pernah menggunakan Blogger.com by Google, bahkan Anda tidak akan menemukan fitur kategori disana, yang ada hanyalah tag yang salah satunya juga berfungsi sebagai kategori.

Banyak Blogger dengan CMS WordPress yang menggunakan Tag secara sembarangan.

Misalnya membagi kata pada judul dengan memisahkan kata per kata dengan koma:

Jangan , Sembarangan , Menggunakan , Tag , pada , Artikel

Atau dengan Lowercase seperti:

jangan , sembarangan , menggunakan , tag , pada , artikel

Anda perlu tau bahwa Search Engine secara default memisahkan Keyword berdasarkan Spasi, kecuali kita memberikan tanda kutip (“) pada kalimat tertentu, maka Search Engine akan mencari persis seperti kalimat yang kita beri tanda kutip tersebut.

Jadi, jangan sembarangan membuat Tag dari Keyword yang tidak jelas, seperti kata penghubung, dsb

Pada dasarnya, setiap kata di sebuah halaman, itu adalah Keyword yang digunakan Search Engine !

Misalnya: Jangan Sembarangan Menggunakan Tag pada Artikel

Powered by Dewaweb


Protected by DMCA ! Protected by Premium Copyscape !

Hi, Bagaimana Menurut Anda ?


Jadilah Pembaca yang Baik dengan cara meninggalkan Komentar pada setiap Artikel Bermanfaat yang sudah dibaca (•‿•)


Komentar adalah salah satu Faktor Penyemangat bagi seorang Blogger, termasuk juga saya. Sebagai bukti bahwa saya tidak sendirian disini, mengingat ada banyak sekali Viewer (Pembaca) Artikel di Blog saya ini. Tolong, jangan pergi begitu saja.


Tinggalkan Komentar Anda disini meskipun hanya sekedar menyapa saya, mari kita bangun Forum Diskusi di Kolom Komentar pada setiap Artikel di Blog ini.


Oleh karena itu, saya sudah menyediakan Fasilitas Comment System terbaik saat ini yakni Disqus Comments System untuk membangun Komunitas Komentator yang lebih Advanced lagi, tidak diperlukan Account Disqus untuk bisa berkomentar disini, Anda cukup memasukkan Nama dan Email saja, tapi saya sarankan untuk memiliki Account Disqus jika Anda sering berkomentar di banyak Blog yang menggunakan Disqus Comment System.

Mungkin Anda juga menyukai


Disqus Comments

  • Kalau tag nya adalah Judul Artikel nya gimana, gan?

    Btw, untuk penyusunan kategori sebaiknya bagaimana, gan? 🙂

    • Tidak perlu, karena judul artikel sudah mewakili, tag bisa dioptimalkan untuk “Judul Alias/Alternatif” dan fungsi Tag sebenarnya adalah pengelompokan, tapi karena Tag berisi Keyword, itulah yang mendasari tips dan trik SEO menggunakan tag di blog berbasis wordpress maupun blogger by google.

      Crawler Bot milih Search Engine seperti Goolge akan memindai semua kata di dalam sebuah halaman, bahkan di form komentar, nah di balasan komentar saya ini sudah masuk keyword juga yakni long tail keyword “tips dan trik SEO menggunakan tag di blog berbasis wordpress maupun blogger by google”, yang nanti bisa dipecah lagi jadi short tail keyword “tips dan trik SEO menggunakan tag”, dsb

      Untuk menyusun kategori, sebaiknya buatlah yang relevan, nah untuk mengoptimasi tag dan kategori, juga dibutuhkan jumlah konten/artikel yang banyak dulu, awal-awalnya kita bisa saja kategorikan di “Uncategorized” dulu, kalau sudah banyak, baru kita organisir sesuai topik yang relevan/sesuai.

      Pengelolaan Kategori sangat mudah, bisa dilakukan lebih cepat dengan opsi “Quick Edit”, kita bisa sekaligus menandai/checklist beberapa artikel yang sesuai, topiknya sama, dan masukkan ke katori yang sama.

  • Btw, di blog ini saya gak lihat tag-nya ya.

    • Hehe iya, saya lagi membersihkan Blog saya dari tag-tag “sampah” yg dulu saya buat, dari pengalaman itu saya buat artikel ini 🙂

      Agak nyesal sih dengan kebiasaan lama yang kalo nulis tag tuh tidak efisien dan efektif seperti yang saya jelaskan di artikel ini 😀

      Update: Sekarang sudah ada Tag-nya, tapi saya menerapkan Tag tidak wajib disemua artikel yang baru saya buat, saya menerapkan Tag sesuai keperluan saja.



×
SSL Verified