L

Hati-Hati !, Jangan Sembarangan Menggunakan Fitur Tag pada Artikel !


Bismillahirrohmanirrohim


Tag Feed

Tag atau Label memang menjadi salah satu fitur WordPress yang disandingkan dengan fitur Cateogry (Kategori), padahal Tag dan Kateogori itu fungsinya relatif sama pada intinya, tapi Tag menyimpan banyak sekali potensi-potensi lain daripada Kategori yang hanya berfungsi mengelompokan/mengkategorikan.

Jika Anda pernah menggunakan Blogger.com by Google, bahkan Anda tidak akan menemukan fitur kategori disana, yang ada hanyalah tag yang salah satunya juga berfungsi sebagai kategori.

Banyak Blogger dengan CMS WordPress yang menggunakan Tag secara sembarangan.

Misalnya membagi kata pada judul dengan memisahkan kata per kata dengan koma:

Jangan , Sembarangan , Menggunakan , Tag , pada , Artikel

Atau dengan Lowercase seperti:

jangan , sembarangan , menggunakan , tag , pada , artikel

Anda perlu tau bahwa Search Engine secara default memisahkan Keyword berdasarkan Spasi, kecuali kita memberikan tanda kutip (“) pada kalimat tertentu, maka Search Engine akan mencari persis seperti kalimat yang kita beri tanda kutip tersebut.

Jadi, jangan sembarangan membuat Tag dari Keyword yang tidak jelas, seperti kata penghubung, dsb

Pada dasarnya, setiap kata di sebuah halaman, itu adalah Keyword yang digunakan Search Engine !

Misalnya: Jangan Sembarangan Menggunakan Tag pada Artikel

 

Bagaimana Menggunakan Tag dengan Baik dan Benar ?

Tag adalah cara lain mengorganisir konten yang lebih simple daripada Katogori.

Contoh Kategori:

NgeblogWeb HostingCurahan Hati

Contoh Tag:

Review OliGoogle AdSenseDaftar Web Hosting TerbaikTips dan Trick

 

Sekilas, Tag dan Kategori itu sama saja, fungsinya mengorganisir Artikel berdasarkan Kata Kunci yang relevant.

Tapi Tag lebih luas lagi fungsinya, jika Kategori lebih kepada pengurutan berdasarkan Topik secara umum, maka Tag adalah pengurutan berdasarkan Keyword yang relevant.

Kelebihan Tag adalah kita bisa membuat banyak sekali Tag tanpa perlu takut mengurangi estetika Blog kita.

Karena Tag ditampilkan dalam bentuk “Tag Cloud”, sedangkan Category ditampilkan dalam bentuk List, semakin banyak, maka akan semakin mengganggu tampilan Blog kita, sehingga jika jumlah kategori sudah banyak maka diperlukan Drop-down Menu untuk merapikannya, dan itu artinya kategori itu lebih sulit discanning oleh Bot Crawler dari Search Engine.

 

Tag = Category

Bisa dikatakan bahwa Tag itu sama dengan Category, atau lebih tepatnya Tag itu memiliki banyak fungsi atau kegunaan yang salah satunya adalah untuk Category.

Asiknya, Tag bisa lebih leluasa, bahkan kita bisa membuat banyak sekali kreasi yang lebih kreatif dengan Tag, dibandingkan dengan menggunakan Category yang bersifat kaku.

Seperti …

 

Tag Sebagai Judul Artikel Alternatif

Ya, Tag bisa kita buat sebagai Judul Artikel Aleternatif 😀

Bahkan di SERP (Search Engine Result Page), Tag tersebut akan ditampilkan layaknya sebuah judul Artikel !

Jadi, jika ada memiliki banyak sekali Artikel tentang Google AdSense, maka Anda bisa mengurutkan semua artikel tersebut kedalam satu wadah yang disebut Tag, berilah Tag yang seolah-olah itu adalah judul artikel. Misalnya Semua Tentang Google AdSense .

Itu akan sangat signifikan meningkatkan Organic Visitor, dan Page View dan memudahkan Navigasi, seolah-olah kita membuat Daftar Isi pada Blog kita pada Topic yang relevan atau secara umum topiknya sama.

Jangan menggunkan Tag hanya satu kata per tag, itu sangat bias sekali dan hanya memenuh-menuhi SERP dengan Kata Kunci yang aneh tanpa maksud yang jelas, kecil kemungkinan orang akan mengklik Link dari Tag berkualitas rendah seperti itu. Dan jangan pernah menggunakan Plugins apa pun yang mengklaim mampu membuat Tag secara otomatis dengan embel-embel kata SEO. Tag harus dibuat dengan sepenuh hati, dengan kreativitas kita yang tanpa batas itu, palingan yang membatasi nantinya adalah kita sendiri yang capek ngetik dan merasa sudah cukup banyak kreasi Tag Unik yang kita buat 😀

Apalagi saya sering menemukan penggunaan Tag yang menggunakan kata penghubung, seperti misalnya: pada , di , kapan , dsb. Untuk apa ?

Contoh penggunaan Tag sebagai Judul Alternatif Artikel (Keyword Targeting) bisa Anda lihat pada bagian Tag di Artikel ini. Scrowl Down saja setelah selesai membaca artikel ini sampai habis, dan jangan lupa tinggalkan komentar 🙂

 

Jangan Gunakan Plugins Auto Tag

WordPress adalah CMS dengan dukungan Plugins sangat luas, termasuk dalam hal ini adalah Plugin yang memungkinakan kita tidak perlu repot-repot mengisi Tag untuk setiap artikel yang kita buat.

Percayalah Plugins Auto Tag semacam itu bukan A.I (Artificial Intelligence) yang dengan pintarnya mampu membuat Tag berkualita, oh sama sekali tidak !, bahkan bisa saya katakan Plugins seperti itu Bodoh 😀

Anda hanya akan mendapati Tag Random/Acak yang berkualitas rendah 😀

Buatlah Tag dengan hati dan pikiran Anda, tujuannya sangat jelas, yakni memudahkan Navigasi, dan itu sangat dicintai Search Engine, khususnya Google.

Dulu, ada Plugins yang sangat ampuh untuk kebutuhan ini dengan otomatis yakni STT2 (Search Term Tagging 2) yang saat ini bahkan sudah sejak lama dimasukkan kedalam Black Hat SEO. Saya tidak merekomendasikan itu, Google tidak menyukainya, dan Web Hosting Provider pun banyak yang melarang penggunan Plugin itu.

 

Fitur Category Masih Diperlukan

Tentu kemampuan Tag yang saya jelaskan di artikel ini tidak dimiliki Category, tapi Fitur Category tetap diperlukan, karena idealnya sebuah Blog memiliki Kategori yang umum, dan tidak terlalu banyak, sedangkan Tag, kita bisa buat sebanyak yang kita mau, itulah kenapa Tag biasanya diletakkan dibawah Artikel, dipisahkan tanda koma (,). Seolah-olah berfungsi seperti Related Post, Keyword Tagging, dsb

Seolah-olah mengatakan:

Ingin baca Artikel lainnya dengan Artikel ini berdasarkan Labelnya ?, klik saja Tag dibawah ini:

Maka ketika pembaca mengklik Tag: Semua Tentang Web Hosting

Maka daftar artikel mengenai Web Hosting akan ditampilkan pada halaman yang sama, seolah-olah Daftar Isi pada sebuah Buku.

Tapi, Fitur Category tetap diperlukan, karena sesuai namanya Category tetaplah lebih relevant untuk mengkategorikan artikel berdasarkan Topik yang relevant, bukan berdasarkan Keyword yang relevant.

Ya, Tag sebenarnya mengelompokkan artikel berdasarkan Keyword yang relevant, itulah kenapa kita bisa membuatnya sebanyak-banyaknya dengan menggunakan Tag.

Keduanya, baik Category maupun Tag, sebaiknya digunakan dengan baik dan benar, sehingga Search Engine Optimization, Navigasi Blog, dan Pengelompokkan Artikel bisa lebih baik lagi, mau berdasarkan Topik yang relevant atau berdasarkan Keyword yang relevant ?, sebaiknya kita sebagai pemilik Blog menyediakan keduanya, sedangkan pengunjung bebas memilih mau menggunakan yang mana saja.

 

Memperkaya Artikel dengan Keyword Terbaik

Karena Tag selalu berada di halaman yang sama dari sebuah Artikel, maka Tag yang berkualitas seperti diatas akan menjadi Judul Alternatif yang akan digunakan Search Engine sebagai Keyword Potensial yang memudahkan Artikel tersebut ditemukan dengan menggunakan Keyword dari Tag tersebut.

Maka dari itu, kita bisa membuat banyak sekali Tag dalam sebuah Artikel, tapi buatlah Tag berkualitas dengan membuat Tag yang seolah-olah itu adalah Judul Artikel secara umum.

Dengan Tag, kita bisa membuat Internal Linking dengan Anchor berkualitas, yakni Short Tail Keyword atau bahkan Long Tail Keyword yang dapat meningkatkan ranking Blog kita di Search Engine.

 

Tag yang Tidak Jelas Akan Menurunkan Ranking Blog Anda di SERP

Apalah artinya sebuah Tag dengan kata yang bias dan tidak jelas seperti:  pada , di , kapan , dsb ?

Hanya akan mengubur dalam-dalam Artikel di Blog kita yang sebenarnya !

Coba Anda cari di Google menggunakan Keyword: site:domainanda.tld

Note: Ganti dengan Domain dan Extension yang sesuai.

Maka bisa dipastikan bahwa di Halaman 1, dst hanya akan dipenuhi Tag-tag tidak jelas itu saja 😀

Dan Artikel sebenarnya terkubur di entah di nomor halaman ke berapa di SERP !

Alangkah baiknya jika Tag tidak jelas itu dibuat sedemikian rupa seolah-olah itu adalah Judul Artikel bukan ?

Karena rupanya, Google pun lebih menyukai Tag daripada Judul Artikel (Single Page) loh !

Jadi, akan lebih baik jika Tag itu dijadikan seolah-olah Judul Artikel saja. Google senang menjadikan Tag sebagai hasil pencarian teratas jika memuat banyak artikel yang relevant didalamnya, bahkan salah satu Artikel didalam Tag itu pun bisa saja berada bukan di urutan teratas di SERP.

Tag itu bisa membahayakan SEO, bisa juga malah menguntungkan kita jika digunakan dengan Baik dan Benar.

Hati-hati, jika Anda terlalu banyak membuat Tag-tag tidak berkualitas, Blog Anda kemungkinan besar akan masuk kedalam Google Sandbox, yakni tempat paling ditakuti pada Webmaster, yakni Blog Anda akan sulit ditemukan di Google, meskipun menggunakan Keyword yang relevant sekalipun.

Sekali lagi saya katakan, Tag berkualitas rendah sangat-sangat berdampak buruk pada Blog atau Website Anda !

 

Kesimpulan

Tag bukanlah sampah tanpa makna yang berserakan dibawah Artikel, tapi justru sebuah Fitur yang mampu memperkaya sebuah Artikel dengan Shot Tail Keyword bahkan Long Tail Keyword sekalipun, seolah-olah membuat Judul Alternatif dari sebuah Artikel.

Memang menyebalkan, karena kita bisa saja menghabiskan waktu yang lama untuk berurusan dengan pembuatan Tag ini, karena kita tentu akan memikirkan Tag-tag yang terbaik, lebih sulit ketimbang membuat Random Tag dengan kata per kata seperti yang kebanyakan orang lain lakukan. Cuma nyampah saja menurut saya, tidak ada manfaatnya untuk SEO dan Navigasi Blog, cuma yang penting Tag digunakan saja.

 

Saya juga seperti Blogger lain yang awalnya melakukan itu, sampai pada akhirnya semua Tag tidak jelas itu saya hapus semuanya, dan saya biarkan agar Google menghapus Tag-tag tidak berguna itu dari SERP-nya karena statusnya yang 404 Not Found.

Hasilnya, Organic Visitor saya meningkat, ketika Tag-tag tak berguna sebelumnya tersebut sudah berkurang dari SERP 🙂

Padahal, saat Artikel ini saya tulis, Blog ini masih berjalan tanpa Tag sama sekali, karena saat ini masih proses pembersihan Tag-tag berkualitas rendah dari SERP yang sebelumnya banyak saya buat di Blog ini.

Menurut pengamatan saya, Google memprioritaskan Tag lebih tinggi daripada Judul Artikel ketika dilakukan pencarian dengan Keyword “site:namadomain.tld”, karena Tag merupakan kemudahan Navigasi dari sebuah Blog atau Website yang berisi artikel-artikel yang relevant didalamnya.

Kalau dalam Website Toko Online, biasanya setelah kita membuka kategori tertentu, maka kita akan mengurutkan produk yang ditampilkan berdasarkan harga termurah ke harga termahal, berdasarkan daerah seller, berdasarkan merk, dsb, itulah Tag atau Label yang menjadikan Navigasi lebih luas daripada hanya sekedar Kategori saja.


Protected by DMCA ! Protected by Premium Copyscape !

Hi, Bagaimana Menurut Anda ?


Jadilah Pembaca yang Baik dengan cara meninggalkan Komentar pada setiap Artikel Bermanfaat yang sudah dibaca (•‿•)


Komentar adalah salah satu Faktor Penyemangat bagi seorang Blogger, termasuk juga saya. Sebagai bukti bahwa saya tidak sendirian disini, mengingat ada banyak sekali Viewer (Pembaca) Artikel di Blog saya ini. Tolong, jangan pergi begitu saja.


Tinggalkan Komentar Anda disini meskipun hanya sekedar menyapa saya, mari kita bangun Forum Diskusi di Kolom Komentar pada setiap Artikel di Blog ini.


Oleh karena itu, saya sudah menyediakan Fasilitas Comment System terbaik saat ini yakni Disqus Comments System untuk membangun Komunitas Komentator yang lebih Advanced lagi, tidak diperlukan Account Disqus untuk bisa berkomentar disini, Anda cukup memasukkan Nama dan Email saja, tapi saya sarankan untuk memiliki Account Disqus jika Anda sering berkomentar di banyak Blog yang menggunakan Disqus Comment System.

Mungkin Anda juga menyukai



Facebook Comments



Disqus Comments



×
SSL Verified