L

Inilah Kelebihan dan Kekurangan Mailgun sebagai Outgoing Email Utama


Bismillahirrohmanirrohim


Mailgun: Send Using SMTP

Sebelumnya saya sudah share mengenai Penggunaan External Mail Service dan External DNS Service.

Disitu sekilas sudah saya sebutkan bahwa khusus untuk Outgoing Mail Service, saya menggunakan Mailgun sebagai SMTP Server Utama.

Sehingga untuk Mailbox (Inbound) menggunakan ZohoMail, sedangkan untuk Send Mail (Outgoing) saya menggunakan SMTP Service dari Mailgun.

Menarik Bukan ?

Saya menggunakan Mailgun selain untuk Mail Client, juga untuk SMTP Mailer di Blog saya ini.

 

Update: Saya sekarang hanya menggunakan Mailgun untuk SMTP Mailer di Blog ini saja. Alasannya saya tulis sebagai update di bagian kekurangan Mailgun di artikel ini.

 

Kenapa Mailgun, Bukan SMTP dari ZohoMail Saja ?

Berikut adalah alasan kenapa saya lebih memilih Mailgun daripada ZohoMail untuk layanan SMTP:

Ukuran Maksimal File Lampiran yang Lebih Besar

Pertama-tama, Ukuran File Attachment yang bisa dikirim lebih besar, yakni Mailgun membatasi ukuran file maksimal adalah 25 MB, sedangkan ZohoMail hanya 20 MB. Beda tipis ya 😀

 

Mailgun Mendukung Multiple Domain !

Ya, itu fitur yang saya inginkan, yang mana ZohoMail harus bayar untuk mendapatkan fitur itu 😀

Sebenarnya yang saya inginkan hanyalah fitur Inbound Rule yakni Catch All Mail saja, karena seluruh Domain yang saya miliki ini menerima semua Email yang masuk dari Email Address apa pun, tapi akan diteruskan ke Alamat Email utama saya.

Sebelumnya untuk kebutuhan itu saya masih menggunakan fitur bawaan cPanel yang notabene adalah fitur yang berhak saya gunakan pada layanan Cloud Web Hosting yang digunakan Blog saya ini.

Tapi, Server Web Hosting yang saya gunakan mengalami Down, dan Downtime-nya lumayan lama, itu membuat saya memutuskan untuk menggunakan External Catch All Mail saja.

Karena menurut saya, jika Website tidak bisa diakses maka kemungkinan orang akan mencoba mengakses kembali akan lebih besar, daripada ketika Email tidak bisa menerima pesan, maka kemungkinan akan mengirim ulang sangat kecil !

Mengenai Downtime itu sudah dikompensasi sesuai SLA (Service Level Agreement), itulah pentingnya memastikan Uptime Guaranteed sesuai SLA, agar tidak hanya Klaim semata. Uptime 99,99%, bahkan 100% ?, pastikan ada kompensasi jika mengalami Down dan Uptime tidak sesuai yang dijanjikan !

 

Security yang Sangat-sangat Ketat

Saking ketatnya, banyak yang merasa jengkel, jika ada sesuatu yang mencurigakan, makan Account kita akan disuspend, dan semua kegiatan Send Mail akan terhenti.

Untuk melakukan unsuspend, perlu request melalui ticket yang menurut saya lumayan cepat juga respon-nya.

Terus terang, saya suka yang seperti ini 😀

 

Lebih Cepat daripada SMTP dari ZohoMail

Karena Mailgun adalah spesialis SMTP Service, maka tentu kinerjanya akan lebih baik, dan saya merasakan hal itu.

Menurut pengalaman saya menggunakan keduanya, baik SMTP dari ZohoMail maupun Mailgun, menurut saya lebih cepat kinerja SMTP Server dari Mailgun.

Sehingga proses mengirim email menjadi lebih cepat dan bisa dipastikan email yang kita kirim tidak akan masuk ke Folder Spam di Mail Server tujuan.

 

Kekurangan Mailgun (Updated)

Tentu saja Mailgun memiliki kelemahan, dan ini sudah saya buktikan sendiri 😀

Kelemahan Mailgun yang paling krusial adalah Shared IP Address yang mereka gunakan bermasalah, tidak bersih, maksudnya banyak diblacklist dimana-mana 😀

Maka dari itu mereka tawarkan Dedicated IP Address yang tentu saja berbayar dengan cara berlangganan !

Itu wajar, karena Mailgun adalah Massive Send Mail Provider, gratisan pula :D, sehingga tentu saja riskan diblacklist dimana-mana.

Mailgun sangat tidak ideal digunakan sebagai SMTP Server untuk kebutuhan pribadi dan professional kita, karena Mailgun hanya cocok untuk kebutuhan aplikasi seperti email marketing, spamming, dsb

Jika Anda menggunakan Mailgun sebagai SMTP Server utama Anda seperti yang saya lakukan sesuai judul artikel ini, maka tentu gunakanlah Dedicated IP Address yang ditawarkan pihak Mailgun.

 

Wajar saja Mailgun “Tidak Bersih”, karena layanan ini Free/Gratis hingga 10.000 Email per Bulan !

Tapi Anda perlu menjamin dengan sebuah Credit Card agar bisa mengirim Email ke semua Alamat Email meskipun tidak terdaftar. Sayangnya hal itu hanya untuk membuka fitur pengiriman email ke alamat email yang tidak perlu dimasukkan ke Autohorized Email Address saja, tidak ada jaminan mendapatkan IP Address yang lebih baik.

Ya, untuk mengirim Email menggunakan SMTP dari Mailgun, alamat email tujuan harus diautorisasi di sistem Mailgun !, kecuali Anda pasang Credit Card (bisa juga pakai Virtual Credit Card) di Billing System mereka seperti yang sudah saya katakan diatas.

Tapi ada solusinya, yakni menggunakan VCC (Virtual Credit Card) yang bisa dibeli sangat murah, ada yang cuma kisaran 20rb saja untuk sekali pakai, tidak bisa diisi ulang, dengan masa aktif hingga 5 Tahun.

Ini adalah kebijakan baru, dulu kita hanya perlu konfirmasi (Minta) melalui Ticket, tapi sekarang kita harus memasang Credit Card kita, tidak ada biaya yang ditarik dari Credit Card tersebut, kecuali Anda melebihi jatah gratis 10.000 Send Mail per Bulan.

 

Cara Menjadikan Mailgun Sebagai SMTP Server Utama

Saya tidak melengkapi artikel ini dengan Screenshoot, jadi mohon maaf, karena langkah-langkahnya terlalu mudah.

Dan saya asumsikan Anda sudah melakukan setup terhadap Domain yang Anda miliki di Mailgun dengan benar, yakni DKIM, SPF, dsb, untuk MX Record tidak perlu kecuali Anda ingin Inbound (Incoming Mail) menggunakan Mailgun. Jika Anda menggunakan ZohoMail untuk Mailbox, jangan sentuh MX Record.

Dan meskipun sistem menyarankan menggunakan Subdomain, untuk penggunaan ini, jangan gunakan Subdomain, tapi gunakan Domain Utama Anda. Panduan untuk itu sudah sangat lengkap disediakan oleh pihak Mailgun.

 

Simple saja, pada Mail Client seperti Thunderbird, jadikan smtp.mailgun.org sebagai SMTP Server-nya 😀

Mailgun mendukung semua Protokol dengan Port yang umum seperti layanan Email pada umumnya.

 

Namun sebelumnya, Anda harus setup dulu SMTP User untuk melakukan SMTP Auth. Ini adalah prosedur umum yang diterapkan pada semua layanan SMTP Service.

Di Mailgun, lokasi menu-nya ada di Domains →example.com →Manage SMTP credentials →New SMTP Credential

Selebihnya saya tau kok Anda pasti bisa 🙂

Jika mengalami kendala, tanyakan saja melalui form komentar dibawah artikel ini.

 

Kesimpulan

Mailgun adalah penyedia layanan SMTP Server, udah itu saja 😀

Maka dari itu, kebutuhan akan Mailgun ya tergantung kita juga apakah membutuhkan Send Mail lebih dari 10.000 email per bulan dengan Unlimited send mail per jam ?

Jika ya, maka Mailgun sangat worth it sekali digunakan, tapi untuk penggunaan email personal saya rasa mustahil memenuhi target itu ya 😀

Tapi jika Anda termasuk pengguna yang kebutuhan email pribadinya seperti itu, maka Mailgun + Dedicated IP Address adalah opsi terbaik.


Protected by DMCA ! Protected by Premium Copyscape !

Hi, Bagaimana Menurut Anda ?


Jadilah Pembaca yang Baik dengan cara meninggalkan Komentar pada setiap Artikel Bermanfaat yang sudah dibaca (•‿•)


Komentar adalah salah satu Faktor Penyemangat bagi seorang Blogger, termasuk juga saya. Sebagai bukti bahwa saya tidak sendirian disini, mengingat ada banyak sekali Viewer (Pembaca) Artikel di Blog saya ini. Tolong, jangan pergi begitu saja.


Tinggalkan Komentar Anda disini meskipun hanya sekedar menyapa saya, mari kita bangun Forum Diskusi di Kolom Komentar pada setiap Artikel di Blog ini.


Oleh karena itu, saya sudah menyediakan Fasilitas Comment System terbaik saat ini yakni Disqus Comments System untuk membangun Komunitas Komentator yang lebih Advanced lagi, tidak diperlukan Account Disqus untuk bisa berkomentar disini, Anda cukup memasukkan Nama dan Email saja, tapi saya sarankan untuk memiliki Account Disqus jika Anda sering berkomentar di banyak Blog yang menggunakan Disqus Comment System.

Mungkin Anda juga menyukai



Facebook Comments



Disqus Comments



×
SSL Verified