L

Menggunakan Mailgun sebagai Outgoing Email Utama


Bismillahirrohmanirrohim


Mailgun: Send Using SMTP

Sebelumnya saya sudah share mengenai Penggunaan External Mail Service dan External DNS Service.

Disitu sekilas sudah saya sebutkan bahwa khusus untuk Outgoing Mail Service, saya menggunakan Mailgun sebagai SMTP Server Utama.

Sehingga untuk Mailbox (Inbound) menggunakan ZohoMail, sedangkan untuk Send Mail (Outgoing) saya menggunakan SMTP Service dari Mailgun.

Menarik Bukan ?

Saya menggunakan Mailgun selain untuk Mail Client, juga untuk SMTP Mailer di Blog saya ini.

 

Kenapa Mailgun, Bukan SMTP dari ZohoMail Saja ?

Berikut adalah alasan kenapa saya lebih memilih Mailgun daripada ZohoMail untuk layanan SMTP:

Ukuran Maksimal File Lampiran yang Lebih Besar

Pertama-tama, Ukuran File Attachment yang bisa dikirim lebih besar, yakni Mailgun membatasi ukuran file maksimal adalah 25 MB, sedangkan ZohoMail hanya 20 MB. Beda tipis ya 😀

 

Mailgun mendukung Multiple Domain !

Ya, itu fitur yang saya inginkan, yang mana ZohoMail harus bayar untuk mendapatkan fitur itu 😀

Sebenya yang saya inginkan hanyalah fitur Inbound Rule yakni Catch All Mail saja, karena seluruh Domain yang saya miliki ini menerima semua Email yang masuk dari Email Address apa pun, tapi akan diteruskan ke Alamat Email utama saya.

Sebelumnya untuk kebutuhan itu saya masih menggunakan fitur bawaan cPanel notabene adalah fitur yang berhak saya gunakan pada layanan Cloud Web Hosting yang digunakan Blog saya ini.

Tapi, Server Web Hosting yang saya gunakan mengalami Down, dan Downtime-nya lumayan lama, itu membuat saya memutuskan untuk menggunakan External Catch All Mail saja.

Karena menurut saya, jika Website tidak bisa diakses maka kemungkinan orang akan mencoba mengakses kembali akan lebih besar, daripada ketika Email tidak bisa menerima pesan, maka kemungkinan akan mengirim ulang sangat kecil !

Mengenai Downtime itu sudah dikompensasi sesuai SLA (Service Level Agreement), itulah pentinya memastikan Uptime Guaranteed sesuai SLA, agar tidak hanya Klaim semata. Uptime 99,99%, bahkan 100% ?, pastikan ada kompensasi jika mengalami Down dan Uptime tidak sesuai yang dijanjikan !

Powered by Dewaweb


Protected by DMCA ! Protected by Premium Copyscape !

Hi, Bagaimana Menurut Anda ?


Jadilah Pembaca yang Baik dengan cara meninggalkan Komentar pada setiap Artikel Bermanfaat yang sudah dibaca (•‿•)


Komentar adalah salah satu Faktor Penyemangat bagi seorang Blogger, termasuk juga saya. Sebagai bukti bahwa saya tidak sendirian disini, mengingat ada banyak sekali Viewer (Pembaca) Artikel di Blog saya ini. Tolong, jangan pergi begitu saja.


Tinggalkan Komentar Anda disini meskipun hanya sekedar menyapa saya, mari kita bangun Forum Diskusi di Kolom Komentar pada setiap Artikel di Blog ini.


Oleh karena itu, saya sudah menyediakan Fasilitas Comment System terbaik saat ini yakni Disqus Comments System untuk membangun Komunitas Komentator yang lebih Advanced lagi, tidak diperlukan Account Disqus untuk bisa berkomentar disini, Anda cukup memasukkan Nama dan Email saja, tapi saya sarankan untuk memiliki Account Disqus jika Anda sering berkomentar di banyak Blog yang menggunakan Disqus Comment System.

Mungkin Anda juga menyukai


Disqus Comments

  • Nah, kalo di akun Mailgun saya muncul error di dahsboard kyk di bawah ini:
    “Your account is on probation and domains are limited to 100 messages / hour. The restriction is removed if you keep sending good traffic.”
    Itu pemeriksaan nya sampai kapan, bro? Kalo misalnya saya masukkin CC di Mailgun ilang gk pesan nya?

    Btw, udh gk hosting di sana, tah?

    • Itu normal, karena itu sebagai “uji coba”, jadi sementara dilimit dulu 100 pesan per jam, dan normalnya kita gk bakalan ngirim email 100 pesan per jam kan ?

      Batasan itu akan dihapus (bukan cuma pesan peringatan itu saja) jika kita terus menjaga traffic email kita baik dan normal, bukan spamming.

      Masukin CC di Mailgun pun tetap muncul jika masih baru, nanti hilang sendiri.

      Memasukkan CC itu agar SMTP bisa ngirim ke email yg gk ada di authorized list.

      Nanti kalau udh normal traffic-nya, kita bisa kirim 10.000 email per bulan, bukan per jam, jadi bebas saja per jam berapa email yg dikirim.

      • Maksud saya web nya 🙂

        • Pertanyaan seperti ini riskan bro, karena postingan kan bisa gk relevant nantinya pas saya pindah-pindah provider hosting 😀

          Kebetulan kan kita pakai provider yg sama, ping saja, IP-nya sama gk 😀

          Nanya karena sidebar sebelah kanan ya ?, hehe,,, cek di footer sebelah kanan deh 😀

          • Ohh, iya, yah, hehehe 😀

            Kalo ping nya ke domain saya IP nya malah dari CloudFlare, sedangkan blog kamu IP nya gk dari CloudFlare, padahal kamu pake CloudFlare, kok bisa beda yah?

          • Saya cuma www.* dan cdn.* serta yang perlu pakai Page Rule saja yang tercover CloudFlare 😀

          • Ohh, iya, saya lupa kalo non-www bisa gk ke cover juga, hehehe 😀



×
SSL Verified