L

Cara Ampuh Mengatasi Flashdisk yang Tidak Terbaca di EZ Flash


Bismillahirrohmanirrohim


ASUS ROG Strix GL503VD: RGB Backlight Keyboard

Ketika saya membuka halaman resmi ASUS untuk Support and Drivers Notebook ASUS ROG Strix GL503VD saya, pada bagian kategori BIOS saya mendapati ada rilisan versi terbaru untuk BIOS/UEFI laptop saya ini, tapi ketika saya download, saya tidak familiar dengan file-nya 😀

Ternyata, cara flashing-nya tidak melalui Windows atau OS (Operating System) lainnya, tapi langsung pada BIOS itu sendiri menggunakan tool bernama EZ Flash. WOW !

Fitur itu dijuluki “Crashless Flasher”, mungkin diberi nama seperti itu memang sesuai namanya, tidak ada kegagalan karena crash ketika proses flashing BIOS berlangsung, seperti yang bisa saja terjadi jika menggunakan metode lain yakni flashing menggunakan OS tertentu seperti Windows, dsb.

Dan asiknya, ketika kita single boot pakai Linux saja, tidak pakai Windows, kita tidak ada masalah ketika ingin mengupgrade BIOS laptop kita, mengingat BIOS Upgrade biasanya cuma disediakan tool under Windows OS.

Saya tidak akan share tutorial penggunaannya disini karena tidak sesuai judul artikel ini, sebagai gantinya akan saya share link resmi tutorial dari ASUS, disini.

Kebetulan laptop saya sudah menggunakan EZ Flash 3 yang terbaru sampai artikel ini saya tulis.

Oke sampai disitu dulu pengenalan mengenai EZ Flash, selanjutnya saya ingin sharing mengenai kebingungan saya ketika mendapati kok Flashdisk saya tidak terdeteksi ?

Sayang sekali saya lupa capture foto-fotonya 😀

Jadi, saya sudah meletakkan file BIOS Upgrade-nya di Flashdisk saya sesuai tutorial di link diatas, namun anehnya tidak saya temukan eksistensi file tersebut di EZ Flash.

Saya sampai melakukan banyak trial and error, sampai saya perhatikan ternyata Flashdisk tersebut sebenarnya terdeteksi, hanya saja data di dalamnya tidak bisa terbaca.

Saya pun mendapati bahwa partisi untuk instalasi Windows (C:\) saya pun tidak terbaca, hanya partisi EFI System saja.

Lalu saya buka menggunakan Partition Manager untuk melihat seperti apa sih EFI System Partition itu, kok terbaca di EZ Flash ?

Ternyata format file systemnya adalah FAT32.

Sampai disini saya sudah tau sebab kenapa partisi C:\ tidak terdeteksi di EZ Flash, karena EZ Flash tidak mendeteksi file system NTFS, EZ Flash hanya mendeteksi file system FAT32 dan FAT (FAT16) saja.

Tapi saya belum mendapatkan solusi mengenai masalah data di Flashdisk tidak terbaca oleh EZ Flash tersebut, karena seperti yang kita ketahui bersama bahwa Flashdisk ya menggunakan file system FAT32.

Saya buka lagi Partition Manager, dan saya perhatikan ternyata Flashdisk saya itu menggunakan MBR, sedangkan EFI System Partition yang datanya bisa dibaca itu menggunakan GPT.

Bagi yang belum tau, MBR (Master Boot Record) dan GPT (GUID Partition Table) itu adalah jenis Partition Table yang umum digunakan saat ini, yang terbaru memang GPT yang digunakan pada UEFI System (Versi lanjutan dari BIOS).

Karena BIOS laptop saya sudah UEFI, tidak ada opsi Legacy, maka tentu saja MBR menjadi masalah disini.

Maka benar saja, ketika Partition Table pada Flashdisk tersebut saya ubah ke GPT menggunakan software Partition Manager, seluruh data/file di Flashdisk sudah bisa terbaca di EZ Flash.

Tapi hanya pada Flashdisk dengan kapasitas maksimal 8GB saja, diatas itu EZ Flash sudah tidak bisa membaca data di dalamnya meski sudah menggunakan file system FAT32 dan partition table GPT.

Oh ya, tidak mesti menggunakan Flashdisk yah, kita bisa kok membuat partisi baru di Harddisk kita, hanya saja menggunakan file system FAT32 dengan kapasitas maksimal 8GB, tapi lebih mudah pakai Flashdisk.

Di laptop lain saya lihat ada juga opsi via Internet loh 😀

Sebenarnya kita bisa saja meletakkan file BIOS Upgrade di EFI System Partition dengan mengassign drive letter pada EFI Syetem Partition menggunakan software Partition Manager atau Diskpart via CMD 😀


Protected by DMCA ! Protected by Premium Copyscape !

Hi, Bagaimana Menurut Anda ?


Jadilah Pembaca yang Baik dengan cara meninggalkan Komentar pada setiap Artikel Bermanfaat yang sudah dibaca (•‿•)


Komentar adalah salah satu Faktor Penyemangat bagi seorang Blogger, termasuk juga saya. Sebagai bukti bahwa saya tidak sendirian disini, mengingat ada banyak sekali Viewer (Pembaca) Artikel di Blog saya ini. Tolong, jangan pergi begitu saja.


Tinggalkan Komentar Anda disini meskipun hanya sekedar menyapa saya, mari kita bangun Forum Diskusi di Kolom Komentar pada setiap Artikel di Blog ini.


Oleh karena itu, saya sudah menyediakan Fasilitas Comment System terbaik saat ini yakni Disqus Comments System untuk membangun Komunitas Komentator yang lebih Advanced lagi, tidak diperlukan Account Disqus untuk bisa berkomentar disini, Anda cukup memasukkan Nama dan Email saja, tapi saya sarankan untuk memiliki Account Disqus jika Anda sering berkomentar di banyak Blog yang menggunakan Disqus Comment System.

Mungkin Anda juga menyukai



Facebook Comments



Disqus Comments



×
SSL Verified