L

Pengalaman Membeli Lisensi Original Windows 10 Pro Retail FPP dengan Harga Sangat Murah


Bismillahirrohmanirrohim


ASUS ROG Strix GL503VD: Badge Windows 10 Pro

Ketika saya membeli laptop ASUS ROG Strix GL503VD, sebenarnya sudah termasuk Genuine/Original Windows 10 Home OEM, tapi saya perlu beberapa fitur yang ada pada Windows 10 Pro yang tidak ada di Windows 10 Home.

Terpikir oleh saya untuk membeli Windows 10 Pro Original, awalnya pengen beli yang mahal, tapi ketika saya cari di Online Market Place, saya mendapati begitu banyak tawaran lisensi original tapi murah.

 

Kok Bisa ?

Setelah saya perhatikan, seller menjual lisensi OEM atau Volume, ada yang disertai COA (Certificate of Authority) namun ada juga yang tidak, dengan selisih harga yang tidak terlalu mahal.

Lucunya ada juga yang jual COA Windows 10 Pro OEM bekas yang tentu saja Key-nya tidak valid lagi, Sticker COA hanya hiasan saja 😀

Saya yang paham soal ini, tentu memilih yang disertai COA, hampir saja saya beli yang Volume OEM License, saya menemukan satu iklan yang menarik perhatian saya, karena ada gambar DVD Installer Windows 10 Pro dan juga COA yang unik, ketika saya baca judulnya ternyata itu adalah lisensi jenis Retail FPP (Full Packaged Product), lucunya tidak seperti namanya, produk itu dijual tidak full packaged, alias cuma License Key disertai COA dan Badge.

Awalnya saya ragu, sampai saya paham kalau ternyata yang membuat harga software retail mahal adalah fisiknya dan segala macam urusan terkait retail sampai produk fisik itu bisa dipajang di etalase toko.

Jadi, Windows 10 Pro Retail FPP yang di iklan itu cuma Lisensi Key disertai COA dan Badge, namun karena jenis lisensinya adalah FPP yang notabene tidak terikat pada mesin/motherboard, maka lisensinya bisa dipindah ke PC lain, tidak seperti lisensi OEM.

Makanya, COA-nya pun beda, yakni berupa Genuine Card, tapi bisa saja sih License Key-nya dipasang ke kesing PC/Notebook kita, hanya saja tidak disarankan, karena ini Retail FPP yang mana lisensi bisa digunakan lagi pada mesin lain dengan syarat hanya aktif pada satu mesin saja.

Kalau sticket COA itu saya pasang pada kesing, apalagi laptop yang notabene pemasangannya dibagian bawah, maka COA riskan rusak/pudar, dan proses pelepasan sticker COA bisa saja merusak COA tersebut.

Maka dari itu, Retail FPP ini disertai Genuine Windows 10 Pro Badge, berupa sticker lencana yang ditempelkan di kesing, seperti pada foto di atas. Hebatnya, bisa saya pastikan Badge-nya ini Genuine !, itulah yang menambah kepercayaan saya pada seller tersebut, dan sekaligus bikin saya terheran-heran.

Berikut adalah foto Windows 10 Pro Genuine Retail FPP yang saya beli:

Windows 10 Pro: Retail FPP Genuine Card

Windows 10 Pro: FPP COA

Ya, kelengkapannya hanya itu, dan yang Genuine hanya COA dan Badge, sedangkan Installation Media (DVD) itu hanya Copy saja, yang oleh seller dibuat professional yakni diberi printed label yang bagus, yakni dicetak di DVD, bukan pada sticker label kertas yang ditempel ke DVD.

Kita bisa request Installation Medianya mau yang 32 Bit atau 64 Bit, kalau lisensinya bisa dipakai baik pada sistem 32 Bit maupun 64 Bit.

Saya sudah buktikan bahwa lisensinya genuine, bisa diaktifkan dan ID-nya benar Retail, bukan OEM dan bukan MSDN.

Dan tentu saja ini Permanent Activated.

 

Harganya ?

Mengenai harga, saya beli cuma Rp 275.000 saja, murah kan ?

Mohon maaf jika saya tidak bisa share link iklan dimana saya beli produk ini.

Perlu diketahui harga Windows 10 Pro Retail FPP yang Full Packaged itu adalah Rp 3.550.000 – 3.700.000 😀

Itu harga di salah satu toko ritel software original.

Jadi memang lucu, disatu sisi lisensinya Retail FPP, tapi saya mendapatkan produk yang tidak full packaged dan tidak retail, karena hanya dapat COA dan Badge (Installation Media tidak perlu dianggap karena hanya copy), dan saya tidak beli di toko ritel software 😀

Ada lagi yang tidak didapatkan dari pembelian yang murah ini adalah official technical support, dan invoice resmi dari microsoft atau ritel resmi, tentu saja tidak dapat.

Karena laptop saya sudah pre-installed Windows 10 Home Original, maka saya tinggal lakukan upgrade saja yang prosedurnya sangat mudah, dan kalau mau re-install tinggal reset saja, jadi installation media tidak dibutuhkan.

Bahkan ketika saya melakukan upgrade dari SHDD ke SSD, saya tidak perlu install ulang, cukup melakukan cloning saja.

Kelebihan Pre-installed Windows pada laptop saya adalah ketika melakukan reset, semua driver otomatis terinstall.

 

Apakah Ini Legal ?

Nah definisi legal ini kadang rancu sob dalam urusan jual beli software original.

Pada dasarnya, untuk urusan aktivasi windows atau software microsoft lainnya, selama tidak menggunakan software crack/activator dan leaked serial/key number, maka bisa dikatakan legal.

Apalagi ini kan beli, dan ada COA-nya !

Dikatakan original palsu pun ternyata tidak, karena ini bukan lisensi MSDN dan semacamnya (Ada cara untuk memastikannya, tapi sekarang sudah tidak bisa lagi).

Memang sempat ada kasus pemalsuan produk microsoft seperti windows dan office, tapi itu produk palsu yang fisiknya dibuat semirip mungkin dengan yang original, namun dijual seharga original ritel, tentu ini merugikan konsumen, mengingat license key-nya OEM/MSDN.

Kalau legal itu adalah darimana asalnya, maka produk seperti ini bisa dikatakan ilegal.

Tapi kalau legal itu terbatas pada lisensi dan keberadaan COA, maka produk ini bisa dikatakan legal.

Pokoknya mengenai legalitas produk seperti ini masih menjadi perdebatan di forum-forum 😀

Karena standard legalitas Windows Original adalah Lisensi dan COA-nya, dan produk ini memenuhi itu semua, dijamin lolos razia, asalkan tidak diminta email invoice resmi dari microsoft shop aja sih.

Bahkan sob, untuk Installation Image File (*.iso), pihak microsoft sendiri sudah menyediakan direct download resmi yang bisa bebas kita akses.

Makin kesini, memang microsoft lebih soft, produknya lebih mudah dibajak/aktivasi secara ilegal, dan bahkan upgrade dari windows versi sebelumnya (Windows 8.x dan 7) digratiskan, selama windows versi sebelumnya adalah original/genuine/activated, bahkan windows 7 yang diaktivasi pakai loader/activator pun bisa diupgrade gratis ke Windows  8.x dan bahkan 10.

Bagi yang pernah mengalami transisi dari Windows 7 ke Windows 8 pasti tau soal bug pada Windows Media Center yang menjadikan lisensi Windows 8 upgradean dari Windows 7 yang semula tidak permanent menjadi permanent activated yang sampai detik ini lisensi yang permanent activated karena bug tersebut tidak diblock oleh microsot, tanya kenapa ? 😀

Pihak microsoft pun sudah blak-blakkan mengatakan bahwa produk mereka sekarang adalah layanan.

Saya benar-benar tidak paham alurnya bagaimana kenapa harga Windows 10 Genuine Retail FPP itu bisa mahal sampai berjuta-juta, tentu ada birokrasinya dan biaya-biaya lainnya terkait produk tersebut, seperti box, installation media (yang sekarang sudah berupa USB Flashdisk), dsb

Setau saya, dalam distribusi software original, ada yang namanya Reseller, nah membeli produk dari reseller umumnya jauh lebih murah.

Maka bisa saja produk yang saya beli ini murah karena sedikitnya jumlah “Tangan” dan biaya birokrasi dan media fisiknya, entahlah 😀

Yang penting bagi saya adalah, COA-nya ada, dan License Key-nya benar Windows 10 Pro Retail FPP. Bahkan COA ini sudah dipastikan asli, karena bisa ditest pakai UV Light (Sinar Ultraviolet).

Lisensi ini pun sudah masuk ke dalam Microsoft Account saya (Outlook), jadi ketika saya menginstall ulang notebook saya dan kemudian login ke akun microsoft saya, lisensi ini otomatis restore dan activated.

Jika saya tidak login, maka lisensi yang digunakan adalah lisensi Windows 10 Home OEM yang permanent terinstall di BIOS notebook saya ini, tentu saja akan downgraded dari Pro ke Home.

 

Akhir Kata

Disini saya hanya share pengalaman saja, ternyata ada loh yang seperti itu 😀

Kalau teman-teman pembaca sekalian ada masukan informasi mengenai ini, tolong kasih tau saya via kolom komentar yah, karena saya sendiri masih terheran-heran sampai sekarang.

Kalau ternyata ini ilegal, saya dengan senang hati akan mendowngrade-nya ke Windows 10 Home yang sudah pasti legal, karena bawaan laptop saya.

Lagipula aslinya saya ini pengguna Linux, saya berprinsip untuk OS (Operating System) itu wajib original dan legal, mengenai 3rd Party Applications di dalamnya saya bisa pakai Freeware, Shareware, dan Free Open Source Software.

Saya menggunakan Windows 10 Pro ini cuma pada laptop baru saya ini saja, karena masih belum sepenuhnya kompatibel dengan Linux Kernel, ELAN Touchpad pada laptop ini masih tidak ada drivier-nya di Linux, jadi agak ribet juga kalau mesti pakai mouse jika saya menggunakan linux di laptop ini. Karena kalau pakai Touchpad, pointer-nya ngaco 😀

Untuk graphic card Alhamdulillah tersedia driver untuk linux, padahal laptop ini pakai NVidia loh yang sempat diacungin jari tengah oleh bapaknya linux yakni om Linus Torvald 😀

 

Saya tipikal pengguna yang rela ngumpulin duit untuk beli lisensi software, jika software itu saya butuhkan, dan saya harus bayar agar halal. Jika saya tidak butuh, maka saya tidak akan install, jika saya butuh tapi ada software gratisan yang memiliki kemampuan atau fitur serupa, maka saya akan install software gratisan itu, terlepas apakah closed source atau open source.

 

Semoga bermanfaat 🙂

 

 


Protected by DMCA ! Protected by Premium Copyscape !

Hi, Bagaimana Menurut Anda ?


Jadilah Pembaca yang Baik dengan cara meninggalkan Komentar pada setiap Artikel Bermanfaat yang sudah dibaca (•‿•)


Komentar adalah salah satu Faktor Penyemangat bagi seorang Blogger, termasuk juga saya. Sebagai bukti bahwa saya tidak sendirian disini, mengingat ada banyak sekali Viewer (Pembaca) Artikel di Blog saya ini. Tolong, jangan pergi begitu saja.


Tinggalkan Komentar Anda disini meskipun hanya sekedar menyapa saya, mari kita bangun Forum Diskusi di Kolom Komentar pada setiap Artikel di Blog ini.


Oleh karena itu, saya sudah menyediakan Fasilitas Comment System terbaik saat ini yakni Disqus Comments System untuk membangun Komunitas Komentator yang lebih Advanced lagi, tidak diperlukan Account Disqus untuk bisa berkomentar disini, Anda cukup memasukkan Nama dan Email saja, tapi saya sarankan untuk memiliki Account Disqus jika Anda sering berkomentar di banyak Blog yang menggunakan Disqus Comment System.

Mungkin Anda juga menyukai



Facebook Comments



Disqus Comments



×
SSL Verified