L

Beginilah Prosedur Verifikasi Domain .id Tanpa Upload Scan KTP


Bismillahirrohmanirrohim


Bangga Pakai Domain .iD

Alhamdulillah jelas sudah bagi saya mengenai proses verifikasi domain .id terbaru yang sempat bikin galau sebelumnya, meskipun pihak PANDI (Pengelola Nama Domain Indonesia) sudah merilis ke pers, tetap saja masih simpang siur informasi selanjutnya.

 

Daripada menerka-nerka, saya pun memikirkan cara bagaimana saya bisa merasakan proses verifikasi ala gTLD (General Top Level Domain) alias Domain International layaknya .com, .net, .org, .info, dsb itu.

 

Sempat Dikira Menjadi gTLD

Karena kebijakan baru yang menghilangkan “Syarat Pendaftaran”, banyak orang yang mengira bahwa Domain .id dilepas ke publik secara global/internasional sehingga WNA (Warga Negara Asing) bisa mendaftarkan Domain .id dengan proses verifikasi semudah gTLD yakni hanya verifikasi email dengan cara mengklik link yang dikirimkan ke email tersebut.

Sontak saja banyak yang tidak setuju akan hal ini, termasuk saya !

Saya khawatir jika .id bernasib sama dengan .in (India) yang kemudian banyak disalahgunakan untuk keperluan Spamming yang dilakukan oleh orang luar mapun dalam negri, karena awalnya pun dikira orang Indonesia juga bebas mendaftarkan domain .id dengan cukup verifikasi email.

Perlu diketahui bahwa ID adalah Country Code 2 Digit untuk Indonesia secara internasional, 3 digit-nya adalah IDN, dan kode untuk keperluan perlombaan olahraga di Asean adalah INA. Kebayang tidak jika ccTLD (Country Code Top Level Domain) Indonesia adalah .ina ? 😀

Powered by Dewaweb


Protected by DMCA ! Protected by Premium Copyscape !

Hi, Bagaimana Menurut Anda ?


Jadilah Pembaca yang Baik dengan cara meninggalkan Komentar pada setiap Artikel Bermanfaat yang sudah dibaca (•‿•)


Komentar adalah salah satu Faktor Penyemangat bagi seorang Blogger, termasuk juga saya. Sebagai bukti bahwa saya tidak sendirian disini, mengingat ada banyak sekali Viewer (Pembaca) Artikel di Blog saya ini. Tolong, jangan pergi begitu saja.


Tinggalkan Komentar Anda disini meskipun hanya sekedar menyapa saya, mari kita bangun Forum Diskusi di Kolom Komentar pada setiap Artikel di Blog ini.


Oleh karena itu, saya sudah menyediakan Fasilitas Comment System terbaik saat ini yakni Disqus Comments System untuk membangun Komunitas Komentator yang lebih Advanced lagi, tidak diperlukan Account Disqus untuk bisa berkomentar disini, Anda cukup memasukkan Nama dan Email saja, tapi saya sarankan untuk memiliki Account Disqus jika Anda sering berkomentar di banyak Blog yang menggunakan Disqus Comment System.

Mungkin Anda juga menyukai


Disqus Comments

  • u dot id nya gak bisa di akses, tapi klo pake VPN bisa, aneh :v

    Btw, itu nama Ibu maksudnya gimana, yah? Nama ibu saya, atau nama saya yang mereka panggil “Ibu”, kayak “Nama ibu siapa, yah?” ? 😀

    • Kebiasaan server Indonesia sih kayak gitu bro 😀

      Nama ibu itu maksudnya benar-benar nama ibu kandung orang bersangkutan yang mendaftar disana.

      • Oh, iya, ada e-mail dari saya, bro 😀

        • Oh ya ?, berarti masuk Spam lagi 😀

          Kamu pakai Mailgun ya SMTP-nya ?, udh bener SPF dan DKIM-nya ?

          • Iya, saya pakai Mailgun buat SMTP nya, udah saya pake CC di MG.

            Masuk spam yah? Saya pakai SPF dari salah satu Anti Spam Outbound dari Provider yang kemaren saya kasih tahu provider nya, cek aja sendiri SPF Record nya, kyknya bener saya masukkin nya

            Yg e-mail kemaren itu, masuk Spam gk?

            Ohh, iya, yang begini bener gk:
            v=spf1 include:zoho(dot)com include:mailgun(dot)org +a +mx +ip4:103.200.4.51 +ip4:203.114.75.150 +ip4:101.50.1.60 +a:antispam(dot)b*n(dot)co(dot)id +a:antispam-us(dot)b*n(dot)co(dot)id ~all

            Saya ubah menjadi gini:
            v=spf1 include:zoho(dot)com include:mailgun(dot)org +a +mx +ip4:45.114.117.88 +ip4:101.50.1.60 +a:antispam(dot)b*n(dot)co(dot)id +a:antispam-us(dot)b*n(dot)co(dot)id ~all

          • Masuk spam semua bro email mu 😀

            Untuk penulisan SPF yang benar, coba akses di cPanel pada menu/fitur Authentification, kalau susah nemu, ketik aja di form search di cPanel.

            Nah disitu isilah parameter yg kamu mau, yakni untuk Mailgun dan Zoho add di bagian Include List (INCLUDE). Dan untuk antispam dari provider hosting kamu, add di bagian Additional Hosts that send mail for your domains (A).

            Nanti dia akan generate secara otomatis.

            DKIM sudah disetup ?

          • DKIM? Gk usah di tanya, itumah udh di setup pas saya buat e-mail malah, bahkan saya buat dua DKIM di ZohoMail, klo Mailgun sudah saya setup satu DKIM.

          • Maksudnya “buat dua DKIM di ZohoMail” ?

          • Maksud nya, saya bikin dua selector DKIM nya di control panel ZohoMail, yah, jadi bisa di buat dua atau lebih DKIM

            https://uploads.disquscdn.com/images/e8b16f1acbf10265540eaa2f254a3c3d5a72c120ee99c60c2b8f108d24740876.png

          • Buat apa pakai dua DKIM ?

          • Yg di pake cuman satu aja, saya buatnya dua, buat coba-coba aja, hehe 😀

          • Kenapa selalu masuk Spam yah email mu bro ? 😀

            Padahal semua settingan udah bener, dan IP Address Mailgun saya pun juga terblacklist dimana-mana 😀

            Karena masalah ini saya beralih menggunakan SMTP Server bawaan Hosting atau SMTP Server dari SpamExperts karena IP-nya dipastikan bersih 😀

            Saya sebelumnya gk kepikiran kalau SMTP Service semacam Mailgun itu beresiko banget IP-nya terblackilist, karena memang Mailgun digunakan untuk kebutuhan Massive Sendmail.

            Awalnya saya pakai Mailgun cuma untum SMTP Mailer di WordPress Blog ini saja, pengganti PHP Mailer, soalnya saya cukup bikin SMTP User di Mailgun, tidak perlu bikin Email Account di cPanel atau ZohoMail, dsb

            Saya pakai Mailgun pun karena di provider sebelumnya tidak ada SpamExperts sama sekali yang mana SpamExperts memiliki fitur Outgoung STMP Server untuk menjamin email yang kita kirim sampai ke folder Inbox di mail server tujuan.

          • Blm saya kirim lagi, tuh udh saya kirim pesan nya 😀

          • Masih masuk spam bro 😀

          • Usut punya usut, ternyata Shared IP Address yang di pake Domain Mail saya tersebut di blacklist oleh beberapa pelopor anti spam dan saya set IP tersebut di dalam SPF, dan sekarang sudah saya hapus.

            Udah saya kirim e-mailnya lagi, bro, buat tes apa masuk spam atau tidaknya 😀

          • Semua email dari kamu masuk Spam bro 😀

            Oh ya, Shared IP Mailgun saya juga masuk blacklist kok, nayatanya email yg saya kirim pakai Mailgun tidak masuk spam 😀

          • Wahhh, IP yang Mailgun saya (184.173.153.200) masuk blacklist, 6 Pelopor Anti Spam pula yang blacklist

          • Ya itulah kekurangan mailgun, zoho, dan email gratis lainnya, apalagi mailgun memang untuk massive sendmail.

            Yang terbaik tetap email bawaan cPanel Web Hosting kita, karena IP Address-nya lebih bersih.

            Cuman kendala di mayoritas/tidak semua provider hosting Indonesia, space storage-nya kecil, dan uptime seringkali tidak maksimal, makanya saya berinisiatif menggunakan ZohoMail dan Mailgun.

            Lucunya, IP Address yang bersih menjadi fitur premium mereka, yakni Dedicated IP, dan plan berbayar tentu menggunakan Shared IP yg lebih bersih juga, tentu saja bayar per bulan 😀

            Maka dari itu, sejak saya pindah ke provider hosting luar negri, saya memanfaatkan kembali fitur email di cPanel saya, tapi di ZohoMail tetap saya gunakan, sehingga email saya memiliki dua mail server, email yang masuk akan masuk ke mailbox ZohoMail dan di mailbox hosting saya 😀

            Untuk SendMail (SMTP), bebas saja sih mau pakai Mailgun atau SMTP bawaan web hosting juga 😀

            Tapi sekarang saya lebih memilih SMTP dari cPanel Web Hosting yg saya gunakan, karena IP Address-nya bersih.

            Sebelumnya saya pakai External Mail Service karena provider hosting lama yg saya gunakan uptime-nya buruk sekali sob, habis dah email jadi gagal masuk.

            Tapi di provider hosting luar yg sedang saya pakai saat komentar saya ini saya tulis, saya cek server mereka sudah lebih dari 1 tahun tidak pernah reboot !, artinya tidak pernah down selama lebih dari 1 tahun itu.

            Kalau provider sebelumnya sih, dikit-dikit “Emerency Reboot” seperti yg sekarang ini saya terima email pemberitahuannya bahwa nanti akan dilakukan lagi reboot server dengan alasan maintencane, terlalu sering !, makanya saya pindah 😀



×
SSL Verified