L

Rahasia Cara Melihat Posisi Iklan Google AdSense dalam Tahap Review Kedua


Bismillahirrohmanirrohim


Google AdSense

Kita tau bahwa ketika Lolos Review Tahap Pertama dalam permohonan untuk menjadi Publisher Google AdSense, kita masih tidak bisa menampilkan Iklan, meskipun dalam Tahap Review Kedua kita diharuskan memasang Script Ads di Blog kita.

Ada banyak asumsi bahwa Script Ads yang kita pasang tersebut digunakan Tim Google AdSense untuk mengetahui Impresi yang dihasilkan oleh Blog kita. Namun nyatanya di Dashboard Google AdSense kita liat bahwa Script Ads tersebut berubah Statusnya menjasi Siaga ketika proses Review Tahap Ke-2 masih belum selesai melebihi waktu 7 Hari (1 Minggu). Itu artinya selama 1 Minggu Iklan tersebut tidak mendapatkan Impresi sama sekali.

Menurut saya, Google AdSense mengharuskan kita untuk memasang Script Ads di Blog kita meskipun tidak tampil, itu dimaksudkan sebagai Review Layout dimana nanti Iklan AdSense ditempatkan di Blog kita.

 

Pertanyaannya, Bagaiaman Cara Mengetahuinya ?

Caranya mudah sekali. Karena sejatinya Halaman Website adalah Dokumen HTML (Hyper Text Markup Language), maka ketika kita lakukan Select All dengan menekan kombinasi Tombol CTRL + A  maka kita bisa mengetahi semua Elemen yang terpasang di Blog kita, walau bagaimana pun Iklan AdSense adalah berupa JavaScript yang dipasang menjadi bagian dari Elemen Website.

 

Untuk Apa Ini Dilakukan ?

Tujuannya adalah untuk memastikan Blog kita tidak menyalahi TOS (Term of Service) Google AdSense terkait penempatan Iklan.

Posisi paling riskan adalah pada Header yang bisa berpotensi menyalahi peraturan penempatan Iklan yakni penempatan yang menimbulkan Potensi Salah Klik oleh Pengunjung Blog kita dikarenakan adanya Drop Down Menu pada TopBar di Blog kita.

Layout Google AdSense yang Aman

Layout Google AdSense yang Aman

Update (Ketika Iklan sudah Tampil, Diterima menjadi Publisher Google AdSense)

Penempatan Iklan AdSense di Header yang Benar

Penempatan Iklan AdSense di Header yang Benar

Bisa Anda lihat pada Screenshoot diatas, bahwa dalam Proses Review Tahap Ke 2 yang dilakukan oleh Tim Google AdSense (Manusia, bukan Bot) maka jika Menu Drop Down itu menutupi Iklan Google AdSense, maka sudah bisa dipastikan Blog yang melakukan permohonan sebagai Publisher Google AdSense akan ditolak dengan alasan “Melanggar Kebijakan“, dan semacamnya.

Sebelumnya, Menu “Oprekan” pada Drop Down itu berada persis dibawah Menu “Tips dan Trick”, yang mana itu menutupi Iklan Google AdSense dengan jenis Leaderboard di Header Blog saya ini !, dan itu melanggar pertauran, karena berpotensi terjadinya kesalahan Klik dari Pengunjung Blog saya ketika mengakses Drop Down Menu di TopBar tersebut.

Secara Estetika, saya juga bisa mengetahui, bagaimana nanti ketika Iklan Google AdSense sudah tampil ketika Tahap Review Kedua berhasil dilalui dengan baik dan benar. Lihatlah antara Banner Leaderboard milik Google AdSense dan Logo Blog saya posisinya sejajar. Perfect !

Trik ini berlaku untuk semua jenis Banner Non-Responsive, karena untuk Iklan Responsive akan ada Tanda berwarna Kuning dimana kita memasang Script Ads-nya.

Script Responsive Ads Google AdSense dalam Masa Review Kedua

Script Responsive Ads Google AdSense dalam Masa Review Kedua

Bisa dilihat pada Screenshoot disamping bahwa Script Responsive Ads dari Google AdSense hanya menampilkan Marking berwarna Kuning yang menunjukkan Eksistensinya dimana Script Ads tersebut diapsang.

Saya tidak tau nanti ketika Iklan sudah tampil apakah ukuran akan seperti itu (Banner Leaderboard) atau berbentuk Persegi Rectagle yang Responsif. Lihatlah bahwa meskipun Iklan belum muncul, namun keberadaan Iklan sudah bisa kita ketahui.

Hal ini penting dilakukan oleh Calon Publisher yang ingin menghindari potensi Reject/Penolakan dari Tim Google AdSense yang berkunjung ke Blog kita untuk mereview Tahap Kedua, yakni memeriksa Kelayakan Konten baik itu Kuantitas maupun Kualitas, dan memeriksa Posisi Penempatan Iklan Google AdSense di Blog bersangkutan.

 

Akhir Kata

Saya berusaha semaksimal mungkin untuk memastikan kelayakan Blog saya untuk saya gunakan sebagai Publisher Google AdSense.

Dalam hal ini yang paling riskan adalah Iklan berupa Leaderboard yang posisinya berada di Header disamping Logo Situs.

Mengenai ini adalah murni Opini/Asumsi saya saja karena siapa yang tau kecanggihan Google AdSense dalam melakukan Review Tahap Kedua ?

Bisa saja Team Pakar Google AdSense melakukannya langsung melalui Antar Muka Khusus milik mereka yang tidak perlu harus mengunjungi Blog calon Publisher.

Namun alangkah baiknya untuk kita memastikan segala sesuatunya “Sempurna”, untuk meyakinkan Tim Google AdSense bahwa kita Serius !, dan kita menguasai Blog kita, dalam hal pengaturan Layout, meskipun Iklan AdSense belum muncul.

Semoga Trik ini berguna untuk Anda, Sukses untuk kita semua 🙂


Protected by DMCA ! Protected by Premium Copyscape !

Hi, Bagaimana Menurut Anda ?


Jadilah Pembaca yang Baik dengan cara meninggalkan Komentar pada setiap Artikel Bermanfaat yang sudah dibaca (•‿•)


Komentar adalah salah satu Faktor Penyemangat bagi seorang Blogger, termasuk juga saya. Sebagai bukti bahwa saya tidak sendirian disini, mengingat ada banyak sekali Viewer (Pembaca) Artikel di Blog saya ini. Tolong, jangan pergi begitu saja.


Tinggalkan Komentar Anda disini meskipun hanya sekedar menyapa saya, mari kita bangun Forum Diskusi di Kolom Komentar pada setiap Artikel di Blog ini.


Oleh karena itu, saya sudah menyediakan Fasilitas Comment System terbaik saat ini yakni Disqus Comments System untuk membangun Komunitas Komentator yang lebih Advanced lagi, tidak diperlukan Account Disqus untuk bisa berkomentar disini, Anda cukup memasukkan Nama dan Email saja, tapi saya sarankan untuk memiliki Account Disqus jika Anda sering berkomentar di banyak Blog yang menggunakan Disqus Comment System.

Mungkin Anda juga menyukai



Facebook Comments



Disqus Comments



×
SSL Verified