L

Ternyata Begini Caranya Memperbaharui OEM Recovery Windows 10


Bismillahirrohmanirrohim


ASUS ROG Strix GL503VD: Badge Windows 10 Pro

Pada kebanyakan laptop saat ini, sudah build in dengan OEM Windows 10 original, yang masing-masing manufacturer sudah menyediakan versi OEM mereka sendiri yang disesuaikan untuk tipe laptop/pc yang mereka produksi.

Kenapa demikian ?

Karena dengan menggunakan image OEM Windows 10 khusus itu, kita tidak perlu repot-repot melakukan instalasi driver, patch, dan konfigurasi apa pun lainnya setelah melakukan reset pada Windows 10 kita.

Seperti yang kita ketahui bersama, sejak Windows 8.x, Microsoft sudah membuat Windows OS (Operating System) menjadi seperti firmware Smartphone dimana kita bisa melakukan “Hard Reset” ketimbang “Re-install” (Install Ulang) ketika ingin mengembalikan OS kita menjadi dalam kondisi bersih dan fresh seperti setelah melakukan install ulang.

Kalau di Smartphone yang menggunakan ROM (Read Only Memory ) menggunakan firmware yang diperlukan software khusus untuk memflash firmware jika kita ingin menginstall OS yang include dengan segala macam driver dan kustomisasinya, maka pada komputer kita tidak memerlukan prosedur flashing, karena storage-nya menggunakan Harddisk/SSD, kita bisa dengan mudah menginstall OS apa pun pada komputer kita.

Namun Microsoft sepertinya memang tidak ada matinya mengoptimalkan Windows 10 yang menjadi The Ultimate Windows Version ini.

Microsoft Windows 10 sekarang ini sudah tidak perlu lagi dilakukan install ulang, kita cukup Reset saja jika ingin mengembalikannya seperti setelah install ulang, dan Windows 10 sekarang sudah menerapkan pola perilisan update/upgrade seperti yang diterapkan Linux OS, yakni Rolling Release, kita bisa mendapatkan update/upgrade setelah update/upgrade tersebut dirilis.

Nah, model perilisan seperti itu menjadikan Windows 10 Installer Media menjadi selalu usang 😀

Itulah sebabnya Microsoft menyediakan fasilitas untuk mendownload snaptshoot terbaru dari Windows 10 Instalaltion Media, bahkan menyediakan Tool khusus untuk langsung membuatkan USB Bootable Media, dan tidak cuma itu saja, Microsoft juga memastikan bahwa sekali kita membuat Windows 10 Installation USB Bootable Media, maka ketika itu digunakan, Installer akan otomatis melakukan update ke versi paling akhir, sebelum melakukan instalasi atau reset pada Windows 10.

Oke, mungkin sudah cukup intro soal Windows 10 Update diatas yah 🙂

Selanjutnya saya akan bahas mengenai Recovery Partition pada Windows 10.

Recovery Partition inilah tempat dimana OEM Version dari Windows 10 disimpan, pada Recovery Partition terdapat Windows 10 yang sudah terpasang software driver, 3rd party software dari produsen hardware yang terpasang di laptop/pc, 3rd party software dari brand/produsen laptop/pc, dan konfigurasi dan kustomisasi dari produsen laptop/pc.

Bisakah diperbaharui mengikuti versi Windows 10 terbaru ?

Jawabannya adalah bisa, tapi bukan diperbaharui, melainkan ditambahkan.

Jadi ada dua Recovery Partition yang ada kita miliki, satu Recovery Partition untuk Windows 10 OEM Customized bawaan pabrikan laptop/pc, lalu satunya lagi adalah Recovery Partition yang menyimpan segala pembaharuan terbaru dari Windows 10 yang paling akhir kita update menggunakan Windows Update akan disimpan disitu, ketika kita selesai melalukan update, kalu kemudian melakukan reset, maka setelah proses reset selesai, kita tidak perlu memasang update yang sebelumnya kita pasang.

Istilahnya “Always forward, never backward” gitu lah 😀


Protected by DMCA ! Protected by Premium Copyscape !

Hi, Bagaimana Menurut Anda ?


Jadilah Pembaca yang Baik dengan cara meninggalkan Komentar pada setiap Artikel Bermanfaat yang sudah dibaca (•‿•)


Komentar adalah salah satu Faktor Penyemangat bagi seorang Blogger, termasuk juga saya. Sebagai bukti bahwa saya tidak sendirian disini, mengingat ada banyak sekali Viewer (Pembaca) Artikel di Blog saya ini. Tolong, jangan pergi begitu saja.


Tinggalkan Komentar Anda disini meskipun hanya sekedar menyapa saya, mari kita bangun Forum Diskusi di Kolom Komentar pada setiap Artikel di Blog ini.


Oleh karena itu, saya sudah menyediakan Fasilitas Comment System terbaik saat ini yakni Disqus Comments System untuk membangun Komunitas Komentator yang lebih Advanced lagi, tidak diperlukan Account Disqus untuk bisa berkomentar disini, Anda cukup memasukkan Nama dan Email saja, tapi saya sarankan untuk memiliki Account Disqus jika Anda sering berkomentar di banyak Blog yang menggunakan Disqus Comment System.

Mungkin Anda juga menyukai



Facebook Comments



Disqus Comments



SSL Verified