L

Saya Bersyukur Bukan Fanatik Cherry MX Switch Karena Memilih Mechanical Keyboard dari Bawah !


Bismillahirrohmanirrohim


Full RGB Mechanical Keyboard

Ketika saya “hunting” atau mencari mechanical keyboard, tentu orang-orang yang katakanlah “Expert” dalam hal Computer Pheripheral khususnya Mechanical Keyboard, selalu saja mengutamakan Cherry MX Switch. Tidak salah sih, tapi itu kan subjektif banget.

Saya pribadi pengguna Kailh Switch, dan puas sekali dengan karakternya dan saya cocok (Dalam hati saya bilang “Alhadulillah isi dompet saya selamat”), soalnya tau sendiri lah kalau selera sudah fix mesti cherry mx switch, ya saya mesti merogoh kocek lebih dalam.

Sebuah “Gift” atau “Anugerah” soal kepekaan/sensitifitas rasa/feel itu bisa jadi musibah buat dompet, sama seperti ketika saya sangat peka terhadap feel berkendara pada sepeda motor matic saya, getar dikit, bunyi dikit (yang aneh), bakalan saya service, lama-lama saya merasa pengeluaran semakin besar untuk itu, saya pun belajar service sendiri, tapi pengeluaran tetap besar karena riset trial and error menggunakan part-part tertentu untuk menghilangkan gejala getar, dan bunyi aneh di sepeda motor saya. Bandingkan sama pengguna motor yang sama yang bedanya, dia “Mati Rasa”, mereka enjoy aja pakai tuh motor, toh yang penting jalan, no problem.

Ini juga terjadi pada orang yang saya kenal di dunia Audio Portable, ribet banget, untuk sebuah IEM (In-Ear Monitor) atau Earphone saja, itu dia kabel mesti pakai Silver Plated, karena kabel biasa bahkan sekelas kabel Oxygen Free Very Purity Copper saja tidak cukup, bahkan Gold Plated saja masih belum cukup, harus Silver !, bahkan urusan Eartips saja juga gk bisa sembarangan, ribet !

Mau sepeda motor, audio, mechanical keyboard, itu sama saja ribetnya dan borosnya, jika kita punya “Gift” yang saya sebut di atas, Alhamdulillah saya tidak punya 😀

 

Lucunya, ada loh mereka yang sudah fanatik pada sebuah brand gaming, beli mechanical keyboard yang pakai kailh switch dengan harga di atas 1 juta juga mau, dan pada akhirnya dikomplain oleh sebagian penggunanya yang terbiasa menggunakan cherry mx switch 😀

Asal tau saja, saya sudah nyiapin budget 5 Juta Rupiah ketika hunting mechanical keyboard yang terkenal mahal itu, tapi pilihan-pilihan keyboard “mahal” itu tidak menarik perhatian saya. Karena beberapa ada yang cuma mementingkan menggunakan cherry mx switch, dan beberapa lainnya ada yang mahal cuma karena brand doang.

Nah, rupanya brand-brand lokal dan baru mulai masuk ke pasar mechanical keyboard itu bisa menjadi opsi terbaik, karena kita tidak beli brand, tapi beli produk yang mereka tawarkan (Mereka lagi cari pamor).

Bahkan ada loh yang meskipun katanya tidak menjual gimmick RGB, tapi lebih memilih menggunakan LED Backlight single color saja, tapi malah menjual gimmick lain seperti aluminium “Aluminium Aircraft Grade”, ayolah, siapa yang perlu Aircraft Grade untuk sebuah kesing keyboard ?, sekalian aja pakai Military Grade 😀

Tapi baru-baru ini saya lihat, brand itu sudah mengeluarkan versi RGB dari keyboard besutan mereka itu, haha 😀

Saya adalah pengguna komputer yang masih berpikiran “Cuma buat Keyboard doang, ngapain mahal-mahal”, beda dengan mouse/mice, yang saya termasuk tidak bisa sembarangan dalam memilih mouse, tapi masih berorientasi pada price to performance, meskipun budgeting saya cukup tinggi, tapi bukan berarti beli semahal-mahalnya 😀

Sekilas info saja, nama lain Kailh (Cara Bacanya: Kaile) Switch adalah Long Hua dan Kaihua, sering juga ditulis Kailh LH Switch. Kalau kamu menemukan housing switch yang bertuliskan Long Hua, maka itu berarti Kailh.

Itu secara tidak langsung membuka pikiran saya bahwa, bisa saja brand-brand switch diluaran sana apalagi yang branding menggunakan brand produsen mechanical keyboard bersangkutan, itu cuma re-branding doang, aslinya dibuat  oleh manufacture yang sama.

Yah beginilah ketika kamu punya produk yang sudah dipatenkan, lalu hak patennya berakhir/expired 😀


Protected by DMCA ! Protected by Premium Copyscape !

Hi, Bagaimana Menurut Anda ?


Jadilah Pembaca yang Baik dengan cara meninggalkan Komentar pada setiap Artikel Bermanfaat yang sudah dibaca (•‿•)


Komentar adalah salah satu Faktor Penyemangat bagi seorang Blogger, termasuk juga saya. Sebagai bukti bahwa saya tidak sendirian disini, mengingat ada banyak sekali Viewer (Pembaca) Artikel di Blog saya ini. Tolong, jangan pergi begitu saja.


Tinggalkan Komentar Anda disini meskipun hanya sekedar menyapa saya, mari kita bangun Forum Diskusi di Kolom Komentar pada setiap Artikel di Blog ini.


Oleh karena itu, saya sudah menyediakan Fasilitas Comment System terbaik saat ini yakni Disqus Comments System untuk membangun Komunitas Komentator yang lebih Advanced lagi, tidak diperlukan Account Disqus untuk bisa berkomentar disini, Anda cukup memasukkan Nama dan Email saja, tapi saya sarankan untuk memiliki Account Disqus jika Anda sering berkomentar di banyak Blog yang menggunakan Disqus Comment System.

Mungkin Anda juga menyukai



Facebook Comments



Disqus Comments



SSL Verified