L

Kupas Tuntas Tentang Eagle Eye LED: COB VS SMD


Bismillahirrohmanirrohim


Eagle Eye: Dengan Lensa

Sesuai judul, saya kali ini benar-benar mengupas tuntas aksesoris sejuta umat ini 😀

Ya, produk ini disebut “Eagle Eye”  atau bisa juga disebut “Accent Light”.

Eagle Eye dipasaran saat ini hanya terdiri dari dua jenis teknolog LED, yakni SMD (Surface Mounted Device) dan COB (Chip on Board).

Bahkan yang terbaru ada desain Eagle Eye yang memiliki Angle Eye seperti pada Shroud Projector, sehingga ada dua warna dan tiga kablel, kesannya seperti “Mini LED Projector”, hanya saja tidak Hi/Low Cut Off, ada juga Eagle Eye yang menggunakan lensa berjenis “Frosted Ice” tapi sayang jenis LED yang digunakan keduanya adalah SMD.

Memang LED SMD lebih variatif daripada COB, jenis desain Eagle Eye lebih bervariasi, selain dua varian yang saya sebutkan diatas, ada juga Eagle Eye SMD yang mengkombinasikan beberapa output warna berbeda, yang masing-masing memiliki kabel plus (+) khusus, jika dua warna maka ada 3 kabel, dan yang satunya adalah kabel minus (-), bahkan ada Eagle Eye SMD yang memiliki fitur Strobo.

Kali ini saya akan mengupas tuntas Eagle Eye yang menggunakan LED berjenis COB dan SMD, saya akan coba perbandingkan antara keduanya. Mana yang lebih baik ?

Sebenarnya untuk jenis SMD mudah saja mencari spesifikasi teknisnya, karena tipe LED SMD-nya bisa diketahui dengan mudah (SMD 5730) dan bahkan diinformasikan di lapak penjual, yang susah itu COB, perlu Keyword yang jitu agar bisa dapat spesifikasi-nya, karena saya pribadi pun awam dalam hal ini.

The Owl HID Projector by Lukmanul Hakim

The Owl HID Projector by Lukmanul Hakim

Eagle Eye SMD LED menurut pengalaman saya sih kurang bagus ya sob 😀

Karena lebih cepat flixering dan kemudian tewas 🙁

Itu karena LED jenis SMD menghasilkan panas lebih tinggi, namun tidak diimbangi dengan kemampuan pelepasan panas (Heat Exchange) yang baik, sehingga kurang optimal.

Tidak seperti LED jenis COB yang menghasilkan panas lebih minimal dengan konsumsi listrik yang sama, padahal dengan konsumsi listrik yang sama pula, COB dapat menghasilkan cahaya yang lebih terang daripada SMD.

Secara milestone sendiri, SMD itu lebih usang daripada COB. Ya, COB adalah penyempurnaan dari LED berjenis SMD.

Salah satu peningkatannya adalah panas yang dihasilkan pun lebih minimal, karena pada desain-nya sendiri sudah memungkinkan pelepasan panas yang lebih optimal.

Powered by Dewaweb


Protected by DMCA ! Protected by Premium Copyscape !

Hi, Bagaimana Menurut Anda ?


Jadilah Pembaca yang Baik dengan cara meninggalkan Komentar pada setiap Artikel Bermanfaat yang sudah dibaca (•‿•)


Komentar adalah salah satu Faktor Penyemangat bagi seorang Blogger, termasuk juga saya. Sebagai bukti bahwa saya tidak sendirian disini, mengingat ada banyak sekali Viewer (Pembaca) Artikel di Blog saya ini. Tolong, jangan pergi begitu saja.


Tinggalkan Komentar Anda disini meskipun hanya sekedar menyapa saya, mari kita bangun Forum Diskusi di Kolom Komentar pada setiap Artikel di Blog ini.


Oleh karena itu, saya sudah menyediakan Fasilitas Comment System terbaik saat ini yakni Disqus Comments System untuk membangun Komunitas Komentator yang lebih Advanced lagi, tidak diperlukan Account Disqus untuk bisa berkomentar disini, Anda cukup memasukkan Nama dan Email saja, tapi saya sarankan untuk memiliki Account Disqus jika Anda sering berkomentar di banyak Blog yang menggunakan Disqus Comment System.

Mungkin Anda juga menyukai


Disqus Comments



×
SSL Verified