L

Macam-macam Bahan Pembuatan Seal Klep


Bismillahirrohmanirrohim


Seal Klep Bahan Viton

Kali ini saya pengen bahas tentang bahan-bahan atau material dan ring yang digunakan dalam pembuatan seal klep atau valve seal.

Artikel ini saya buat karena pada motor Old Vario 125i saya, sudah 2 kali ganti seal klep tiap 40.000 KM.

Ya, benar, persis tiap 40.000 KM, yang pertama ketika odometer sampai 40.000 KM, yang kedua ketika odometer sampai 80.000 KM, artinya sudah 2 kali saya service besar 😀

Ubahan di motor saya, ditambah riding style saya yang keras, menjadikan service besar menjadi agenda rutin tiap 40.000 KM, padahal sudah pakai oli bagus 😀

Yah soalnya ring piston dan cylinder liner pasti aman pakai oli bagus, tapi seal klep ?, hmmm… seal klep kan tidak dilumasi oli di dalamnya (Antara permukaan dalam seal klep dengan batang klep), kalau ada oli yang lolos masuk ke dalamnya ya artinya seal gagal menjalankan fungsinya dengan baik.

 

Karena rencananya saya akan melakukan service besar alias overhaul, tentu terlepas memang seal klep-nya yang aus atau ada part lain yang aus seperti ring piston misalnya (kemungkinannya kecil), maka tetap saja seal klep menjadi part yang wajib sekalian diganti karena harganya murah tapi perannya sangat vital.

Tentu saja yang namanya service besar, tidak cuma seal klep yang diganti, melainkan sekalian bersih-bersih ruang bakar, cek kondisi ring piston, dan skir klep.

Kan agak lucuu yah, overhaul yang ribet dan perlu biaya dan waktu yang banyak itu, justru dilakukan cuma hanya karena mengganti seal klep saja 😀

Maka saya pun hunting informasi mengenai seal klep ini, mulai dari diameter dalam alias diameter batang klep Old Vario 125i yang 5 mm, jumlah ring yang digunakan pada seal klep, sampai bahan atau material yang digunakan dalam pembuatan seal klep.

 

Material Seal Klep

Sebenarnya, material yang akan saya jelaskan disini tidak hanya untuk pembuatan seal klep saja, melainkan untuk semua komponen seal-seal lainnya, tapi disini saya akan fokus pada seal klep saja.

Berdasarkan tujuan penggunaannya dan desain dari seal, maka setidaknya material yang digunakan untuk pembuatan seal adalah: Nitrile, Polyacrylate, Fluoroelastomer (Viton), dan Silicone.

Saya akan jelaskan satu persatu.

 

Nitrile

Bahan ini sudah digunakan sejak lama, memiliki ketahanan suhu dari -40º sampai 250ºF, tapi masih relatif bisa saja dipaksakan sampai 300ºF yang artinya masih bisa digunakan untuk seal klep, tapi hanya untuk seal klep in saya, tidak untuk seal klep ex/out.

Bagi yang belum tau, maksud dari “Ex” itu adalah “Exhaust” 😀

Nitrile adalah bahan yang paling jelek kualitasnya dalam daftar material seal klep di artikel ini.

Masalahnya, bahan ini yang paling sering digunakan OEM Pabrikan Sepeda Motor, karena Low Cost 😀

 

Polyacrylate

Bahan ini satu step lebih baik dari Nitrile, harganya juga dua kali lebih mahal dari Nitrile, itu wajar saja karena Polyacrylate memang lebih baik, yakni memiliki ketahanan pada suhu dari -30º sampai 350ºF.

 

Fluoroelastomer

Biasa disebut “Viton” dan “FKM”, adalah bahan yang cukup umum digunakan sejak lama dari tahun 1980’an untuk pembuatan seal klep, cirinya adalah warna seal klep yang berwarna coklat seperti gambar di atas.

Bahan ini harga atau biaya produksinya lebih mahal dari Nitrile, tapi sepadan dengan ketahanannya terhadap suhu yang jauh lebih baik juga, yakni dari -5º sampai 450ºF.

Bahan ini menjadi bahan yang terbaik yang ada dan umum tersedia dipasaran saat ini, mengingat penggunaannya yang umum sejak lama untuk seal klep.

Bahan ini juga memiliki fleksibilitas/kelenturan sebaik Nitrile, lebih baik dari Silikon dalam hal durabilitas, dan bahan ini sangat baik dalam hal wear resistant, sehingga menjadi bahan yang paling tahan lama dibandingkan bahan lain.

 

Silicone

Bahan ini memiliki ketahanan suhu dari -65º sampai 400ºF dan sudah umum kita ketahui bagaimana fleksibelitasnya. Maka tentu silikon menjadi bahan yang ideal untuk seal klep.

Tapi meski hampir setara Fluoroelastomer dalam hal ketahanan pada suhu tinggi, silikon tidak sebaik Fluoroelastomer dalam hal durabilitas dan wear resistant, atau dengan kata lain bahan ini memang tahan panas, tapi masa pakainya tidak seawet Fluoroelastomer.

 

Sejauh pengamatan saya, bahan seal klep yang paling umum digunakan itu Nitrile dan Viton, ada juga yang menggunnakan Polyacrylate. Tapi karena bisa disubtitusi, maka biasanya replacement part bisa saja berbeda-beda, motor yang bawaan pabriknya menggunakan Viton dan Silicone bisa saja downgrade jadi pakai Nitrile karena replacement part-nya lebih murah dan lebih banyak tersedia dipasaran dan lebih banyak menjadi OEM Spare Part pabrikan motor saat ini.



Protected by DMCA ! Protected by Premium Copyscape !

Hi, Bagaimana Menurut Anda ?


Jadilah Pembaca yang Baik dengan cara meninggalkan Komentar pada setiap Artikel Bermanfaat yang sudah dibaca (•‿•)


Komentar adalah salah satu Faktor Penyemangat bagi seorang Blogger, termasuk juga saya. Sebagai bukti bahwa saya tidak sendirian disini, mengingat ada banyak sekali Viewer (Pembaca) Artikel di Blog saya ini. Tolong, jangan pergi begitu saja.


Tinggalkan Komentar Anda disini meskipun hanya sekedar menyapa saya, mari kita bangun Forum Diskusi di Kolom Komentar pada setiap Artikel di Blog ini.


Oleh karena itu, saya sudah menyediakan Fasilitas Comment System terbaik saat ini yakni Disqus Comments System untuk membangun Komunitas Komentator yang lebih Advanced lagi, tidak diperlukan Account Disqus untuk bisa berkomentar disini, Anda cukup memasukkan Nama dan Email saja, tapi saya sarankan untuk memiliki Account Disqus jika Anda sering berkomentar di banyak Blog yang menggunakan Disqus Comment System.

Mungkin Anda juga menyukai



Facebook Comments



Disqus Comments



×
SSL Verified