L

Penjelasan Mengenai Istilah Gardan pada Motor Matic


Bismillahirrohmanirrohim


Ilustrasi Gear Oil

Pertama-tama, saya ingin menjelaskan perihal istilah “Gardan” pada Motor Matic.

Kita sering mendengar perdebatan yang inti dari perdebatan itu adalah “Motor Matic tidak menggunakan Gardan, yang benar adalah Gearbox yang didalamnya terdapat Gear Ratio, sering juga disebut Final Gear Ratio”.

Memang istilah “Gardan” sudah menjadi istilah umum yang merujuk pada sebuah komponen yang menjadi penengah antara roda dengan CVT(Continuously Variable Transmission) pada Motor Matic.

Padahal CVT itu equivalent dengan Transmission, hanya saja pada Scooter Matic, CVT bersifat Automatic Shifting Variable, karena menggunakan gaya Sentrifugal dan Sentripetal untuk perubahan Rasio antara Drive Pulley (Primary Sheave) dan Driven Pulley (Secondary Sheave).

Sedangkan Gardan, itu bersifat Fix atau Static, yang mana rasio-nya sudah disetting sedemikian rupa oleh Engineer, melalui proses Research and Development (R&D).

Bahkan kita bisa meningkatkan performa motor matic kita dengan memodifikasi bagian Gearbox, dan ubahan pada Gardan diklaim oleh banyak orang lebih signifikan dampaknya daripada hanya memodifikasi bagian CVT, khususnya bagi Top Speed Freak 😀

Secara umum, menurut riset yang saya lakukan, Maysarakat memilih istilah “Gardan” pada Motor Matic itu karena bagian itu langsung terkoneksi ke Driveshaft (As Roda) belakang, sehingga sangat mirip dengan Gardan Mobil yang sama-sama terkoneksi ke As Roda pada Ban Mobil.

Hanya saja, Gardan pada Motor Matic tidak ada konsep “Differential”.


Protected by DMCA ! Protected by Premium Copyscape !

Hi, Bagaimana Menurut Anda ?


Jadilah Pembaca yang Baik dengan cara meninggalkan Komentar pada setiap Artikel Bermanfaat yang sudah dibaca (•‿•)


Komentar adalah salah satu Faktor Penyemangat bagi seorang Blogger, termasuk juga saya. Sebagai bukti bahwa saya tidak sendirian disini, mengingat ada banyak sekali Viewer (Pembaca) Artikel di Blog saya ini. Tolong, jangan pergi begitu saja.


Tinggalkan Komentar Anda disini meskipun hanya sekedar menyapa saya, mari kita bangun Forum Diskusi di Kolom Komentar pada setiap Artikel di Blog ini.


Oleh karena itu, saya sudah menyediakan Fasilitas Comment System terbaik saat ini yakni Disqus Comments System untuk membangun Komunitas Komentator yang lebih Advanced lagi, tidak diperlukan Account Disqus untuk bisa berkomentar disini, Anda cukup memasukkan Nama dan Email saja, tapi saya sarankan untuk memiliki Account Disqus jika Anda sering berkomentar di banyak Blog yang menggunakan Disqus Comment System.

Mungkin Anda juga menyukai


Disqus Comments



×
SSL Verified