L

Inilah Fakta Mengenai Awalan WWW pada Domain Internet !


Bismillahirrohmanirrohim


WWW

WWW pada Domain sering kita lihat pada Website tertentu, seperti pada Blog saya ini yang saya putuskan untuk menggunakan WWW.

 

Apa Itu WWW ?

WWW adalah Singkatan dari World Wide Web (Jaringan Meliputi Dunia) adalah Subdomain Alias yang disepakati secara International/Global sebagai Alias dari Domain Utama. Itulah sebabnya ketika kita membeli SSL Certificate, www sudah termasuk “Bonus” Subdomain yang bisa menggunakan Sertifikat SSL tersebut, Subdomain yang lainnya seperti Blog, Mobile, dsb tidak bisa menggunakan Sertifikat SSL tersebut, kecuali jenis Sertifikat yang kita beli adalah Wildcard.

 

Konfigurasi DNS

Pada DNS (Domain Name Server), www secara default menggunakan CNAME (Canonical Name) dari A Record utama yakni Domain Name itu sendiri, meskipun kita bisa saja membuat www sebagai A Record dengan menggunakan IP Address Server.

 

Sejarah Singkat WWW

Awalnya, www digunakan sebagai pembeda, dari Platform Situs pada Domain yang sama. Dulu, Situs Internet tidak seperti sekarang ini yang sudah sangat canggih dengan Responsive Theme/Template-nya. Diperlukan Template Khusus bahkan Platform khusus untuk bisa mengakses Situs dengan nyaman di Perangkat Mobile (Selular) tempo dulu yakni WAP (Wireless Application Protocol) yang kemudian disebut Wapsite (Situs untuk Perangkat Wireless alias Selular).

Jadi, dulu itu ada dua Versi Situs yang bisa kita buat dalam satu Domain Utama, yakni WWW untuk Desktop Computer, dan Wapsite untuk Selular (Handphone dulu jelek sekali Browser bawaannya).

Wapsite biasa menggunakan Subdomain .Wap, .M, .Mobile, dsb. Sedangkan untuk Desktop, tentu saja menggunakan WWW sebagai Subdomainnya.

Bahkan Facebook saat ini membutuhkan Dua Versi untuk Situsnya, yakni www.facebook.com untuk Desktop dan m.facebook.com untuk Mobile Devices (Wapsite). Karena tidak mudah untuk Platform Facebook menyesuaikan diri pada Perangkat Selular jika menggunakan Desain Layout untuk Desktop.

 

Masalah Estetika

Mata, memang perlu dimanjakan, dan www ini bisa juga digunakan atau tidak digunakan tergantung dari estetika Domain Utama dari Website bersangkutan.

Misalnya Blog saya ini, menurut saya lebih baik dilihat jika menggunakan www, yakni www.lukmanulhakim.id, daripada tanpa www, yakni lukmanulhakim.id.

Untuk Domain yang pendek, www juga biasa digunakan untuk mempercantik tampilan Domain ketika ditulis, misalnya facebook.com, lebih sedap dipandang jika ditulis menjadi www.facebook.com.

Domain Blog saya ini termasuk panjang, tapi menurut saya lebih sedap dipandang jika menggunakan www. So, ini relatif.

 

Mengarahkan Non-WWW ke WWW

Mudah, hanya perlu melakukan Trick pada File .htaccess agar ketika kita mengakses Domain tanpa www, akan otomatis Redirec ke Domain menggunakan www.

Seperti Blog saya ini, jika Anda mengaksesnya dengan mengetikkan lukmanulhakim.id di Address Bar Browser yang Anda gunakan, maka akan secara otomatis Redirect (Dialihkan) ke www.lukmanulhakim.id.

 

CloudFlare CNAME Positioning

Saat ini banyak Provider Web Hosting yang menjalin Partnership dengan CloudFlare, sehingga tidak perlu menggunakan Full DNS CloudFlare pun kita bisa menggunakan CDN, Web Accelerator, dan Firewall dari CloudFlare. Partnership ini penting sob, karena beberapa Website Ranking Web Hosting menentukan Ranking berdasarkan jumlah Domain yang menggunakan Name Server, sehingga jika Domain menggunakan Web Hosting tertentu tapi Name Server justru pakai CloudFlare, maka bisa ditebak, Ranking mereka juga Down. Soalnya CloudFlare saat ini seolah-olah Wajib diaktifkan oleh para pemilik Website.

Contoh Penggunaan CloudFlare di cPanel

Misalnya: CNAME www.lukmanulhakim.id yang semula diarahkan ke lukmanulhakim.id ketika mengaktifkan CloudFlare melalui cPanel, maka akan diarahkan ke www.lukmanulhakim.id.cdn.cloudflare.net.

Sehingga hanya www.lukmanulhakim.id yang dihandle oleh CloudFlare, sedangkan lukmanulhakim.id tidak, masih mengarah langsung pada Server Hosting yang saya gunakan (tidak dicover CloudFlare).

Tambah satu lagi fungsi www pada Domain saat ini ya 😀

Jika kita menggunakan Full Zone DNS CloudFlare yang artinya menggunakan Name Server CloudFlare, maka kita bisa menerapkan CloudFlare pada Record mana pun, bahkan pada A Record Utama, misalnya: lukmanulhakim.id. Dan kita bisa menerapkan CloudFlare pada Subdomain, misalnya: cdn.lukmanulhakim.id.

Baca Juga: Custom Hostname pada CDN CloudFlare menggunakan Subdomain

 

Kesimpulan

Untuk menjawab Petanyaan “Perlukah Menggunakan WWW pada Domain ?”, maka jawabannya adalah Relatif, atau Opsional, boleh menggunakan, boleh juga tidak. Tergantung kebutuhan kita.

Karena saat ini, penggunaan WWW hanya soal Estetika saja, kecuali kita menggunakan CloudFlare yang terintegrasi di cPanel. Faktanya, meskipun sebuah Situs memiliki Versi Wapsite menggunakan Domain yang sama, bisa saja Versi Desktop menggunakan Domain Utama tanpa www sekalipun seperti misalnya lukmanulhakim.id, meski Versi Wapsite bisa diakses menggunakan Subdomain wap.lukmanulhakim.id (Hanya contoh), maka tidak masalah, keduanya bisa diakses. Penggunaan www hanya untuk penegasan bahwa untuk Versi Desktop, ditandai dengan penggunaan www.

WWW Sendiri sebenarnya adalah Subdomain, meskipun pada Zone DNS menggunakan CNAME Record yang berarti Alias atau Canonical Name, tapi secara teknis sudah bisa disebut Subdomain, karena posisinya dibelakang Domain Utama, dipisahkan dengan penggunakan Titik (Dot). Sedangkan jika posisinya didepan Domain Utama, maka disebut Directory dan dipisahkan oleh Slash (/), Misalnya: www.lukmanulhakim/mobile.

Artikel ini saya tulis, selain menjawab pertanyaan seperti di Judul Artikel ini, juga menjeleaskan mengenai apa itu WWW dan kenapa ada di Penulisan Domain Internet sebuah Situs, serta sejarahnya.

 

Semoga setelah membaca Artikel ini, sudah tidak perlu bingung lagi kenapa ada Situs yang menggunakan www dan ada juga yang tidak menggunakannya, bahkan ada yang menggunakan Subdomain lain seperti mobile, wap, m, dsb.

Saya sendiri membuat Alias lain yang lebih unik, yakni blog.lukmanulhakim.id  😀


Protected by DMCA ! Protected by Premium Copyscape !

Hi, Bagaimana Menurut Anda ?


Jadilah Pembaca yang Baik dengan cara meninggalkan Komentar pada setiap Artikel Bermanfaat yang sudah dibaca (•‿•)


Komentar adalah salah satu Faktor Penyemangat bagi seorang Blogger, termasuk juga saya. Sebagai bukti bahwa saya tidak sendirian disini, mengingat ada banyak sekali Viewer (Pembaca) Artikel di Blog saya ini. Tolong, jangan pergi begitu saja.


Tinggalkan Komentar Anda disini meskipun hanya sekedar menyapa saya, mari kita bangun Forum Diskusi di Kolom Komentar pada setiap Artikel di Blog ini.


Oleh karena itu, saya sudah menyediakan Fasilitas Comment System terbaik saat ini yakni Disqus Comments System untuk membangun Komunitas Komentator yang lebih Advanced lagi, tidak diperlukan Account Disqus untuk bisa berkomentar disini, Anda cukup memasukkan Nama dan Email saja, tapi saya sarankan untuk memiliki Account Disqus jika Anda sering berkomentar di banyak Blog yang menggunakan Disqus Comment System.

Mungkin Anda juga menyukai



Facebook Comments



Disqus Comments



×
SSL Verified