L

Luqman, Lukman, Lukmanul, Luqmanul: Penulisan Mana yang Benar ?


Bismillahirrohmanirrohim


Lukmanul Hakim

Sebagai pemilik nama yang bagus ini, saya sangat bangga 🙂

Tapi, ada dilematis tersendiri mengingat ini adalah nama yang aslinya ditulis dalam Huruf Hijaiyah.

Dalam Huruf Hijaiyah, ada 2 Huruf yang secara bentuk berbeda yakni Kaf (ﻙ) dan Qof (ﻖ). Nah dalam Huruf Alfabet pun ada 2 Huruf yang bernasib sama, yakni K (Ka) dan Q (Qi), kedua huruf konsonan itu jika berdiri sendiri maka tentu akan berbeda, tapi jika bertemu dengan huruf vokal, maka keduanya akan sama saja.

 

Dari Sudut Pandang Huruf Alfabet

Kita bahas dulu dari sudut pandang Huruf Alfabet, yang mana nama saya ini ada pertemuan huruf konsonan dengan huruf vokal pada dua huruf diatas, yakni Lukman atau Luqman.

Coba Anda baca dua versi penulisan nama saya diatas, pasti akan sama saja kedengarannya kan ?

Karena jika huruf konsonan K sendirian, maka kita umumnya menyandingkannya dengan huruf vokal A, dan jika huruf konsonan Q sendirian, maka kita umumnya menyandingkannya dengan huruf vokal I.

Tapi dalam nama saya ini, semua orang dipaksa menyandingkannya dengan huruf vokal U, baik itu huruf konsonan K maupun Q, keduanya sama-sama harus disandingkan dengan huruf vokal U !

Maka, dalam hal pelafalan/penyebutan, nama saya tidak akan berbeda !

Masalahnya muncul ketika penulisan dilakukan, pakai K atau Q nih ?

Kita bahas dulu penjelasan dari sudut pandang Huruf Hijaiyah 🙂

Powered by Dewaweb


Protected by DMCA ! Protected by Premium Copyscape !

Hi, Bagaimana Menurut Anda ?


Jadilah Pembaca yang Baik dengan cara meninggalkan Komentar pada setiap Artikel Bermanfaat yang sudah dibaca (•‿•)


Komentar adalah salah satu Faktor Penyemangat bagi seorang Blogger, termasuk juga saya. Sebagai bukti bahwa saya tidak sendirian disini, mengingat ada banyak sekali Viewer (Pembaca) Artikel di Blog saya ini. Tolong, jangan pergi begitu saja.


Tinggalkan Komentar Anda disini meskipun hanya sekedar menyapa saya, mari kita bangun Forum Diskusi di Kolom Komentar pada setiap Artikel di Blog ini.


Oleh karena itu, saya sudah menyediakan Fasilitas Comment System terbaik saat ini yakni Disqus Comments System untuk membangun Komunitas Komentator yang lebih Advanced lagi, tidak diperlukan Account Disqus untuk bisa berkomentar disini, Anda cukup memasukkan Nama dan Email saja, tapi saya sarankan untuk memiliki Account Disqus jika Anda sering berkomentar di banyak Blog yang menggunakan Disqus Comment System.

Mungkin Anda juga menyukai


Disqus Comments



×
SSL Verified