L

Pengaruh Berat Roller terhadap Konsumsi Bahan Bakar dan Masa Pakai Oli Mesin


Bismillahirrohmanirrohim


Simulasi Putaran Roller dan Beban Roller Vertikal

Roller yang merupakan Komponen dari Sistem CVT (Continuously Variable Transmission) pada Motor Matic memang menjadi “Menu” Ubahan yang dilakukan oleh Penggunanya untuk meningkatkan Performa baik itu Akselerasi dan/atau Top Speed (Waktu Mencapai Top Speed).

Namun banyak yang tidak menyadari bahwa Roller, sangat mempengaruhi Konsumsi Bensin (Fuel Consumtion), dan juga berimbas pada Masa Pakai Oli (Drain Interval).

 

Kok Bisa ?

Memang banyak yang tidak puas dengan Settingan Standard yang dilakukan oleh Produsen Sepeda Motor, yang menggunakan Roller Bawaan yang dinilai terlalu berat sehingga mengurangi Spontanitas Akselerasi.

Tapi, perlu kita ketahui bahwa Produsen Motor memperhitungkan Aspek Fuel Consumtion dalam melakukan Tuning.

Apakah sobat merasakan ketika sobat menurunkan Berat Roller menjadi lebih ringan dari Standard, terasa sekali Mesin Meraung ?

Itu tandanya RPM Mesin lebih tinggi dari sebelumnya !

 

RPM VS Fuel Consumtion

Bagi sobat yang belum tau, dalam Teknik Eco Riding, selain batasan Kecepatan Maksimal dan Throttling Technique, juga ada aturan main mengenai Shifting Gear.

Pada Motor Matic, Shifting Gear ya Roller itu tadi.

Untuk mengirit Konsumsi Bahan Bakar, maka digunakanlah Gigi Tinggi pada Kecepatan Rendah. Hasilnya ?, Tentu Akselerasi akan berkurang, tarikan berat saat berakselerasi dan kecepatan rendah, tapi Konsumsi Bensin akan lebih irit karena RPM yang dihasilkan tidak tinggi.

Sebaliknya, kita bisa menggunakan Gigi Rendah di Kecepatan Rendah maka akan menghasilkan Jambakan Akselerasi yang mantap sekali mas bro 😀

Tapi RPM Tinggi yang diketahui dari Raungan Mesin tersebut menyebabkan Konsumsi Bensin yang lebih boros juga.

Powered by Dewaweb


Protected by DMCA ! Protected by Premium Copyscape !

Hi, Bagaimana Menurut Anda ?


Jadilah Pembaca yang Baik dengan cara meninggalkan Komentar pada setiap Artikel Bermanfaat yang sudah dibaca (•‿•)


Komentar adalah salah satu Faktor Penyemangat bagi seorang Blogger, termasuk juga saya. Sebagai bukti bahwa saya tidak sendirian disini, mengingat ada banyak sekali Viewer (Pembaca) Artikel di Blog saya ini. Tolong, jangan pergi begitu saja.


Tinggalkan Komentar Anda disini meskipun hanya sekedar menyapa saya, mari kita bangun Forum Diskusi di Kolom Komentar pada setiap Artikel di Blog ini.


Oleh karena itu, saya sudah menyediakan Fasilitas Comment System terbaik saat ini yakni Disqus Comments System untuk membangun Komunitas Komentator yang lebih Advanced lagi, tidak diperlukan Account Disqus untuk bisa berkomentar disini, Anda cukup memasukkan Nama dan Email saja, tapi saya sarankan untuk memiliki Account Disqus jika Anda sering berkomentar di banyak Blog yang menggunakan Disqus Comment System.

Mungkin Anda juga menyukai


Disqus Comments

  • Alibi Palsu

    wah..jadi galau ga,,,
    punya ane pake roller 15 plus per cvt pcx.
    iya sih kerasa agak boros.
    enaknya gimana ya…balikin ke default atau part ada yg perlu ditambah atau dikurangi?

    • Itu pilihan sih, pengen irit atau akselerasi, kalau saya lebih pilih irit, makanya saya balik ke Roller 18gr, sisanya tetap ubahan yg sama. Hanya Roller saja yg sebelumnya 15gr dikembalikan jadi 18gr

      • Alibi Palsu

        owhhh…ok deh gan. ane timbang2 lagi.
        per punya agan masih cvt 1500, sentri 1000/1500(?)

  • Moe dan Zack

    mas lukman , q pakai roller 12 gram ( awal 15 gram bawaan ) vario 150 persentri pakai beat , mankok cvt sya lubangi dengan maksut mnghilangkan gredek dan mndpatkan akselerasi top down dan atas. vbelt sdah gnti pyae v 125 dgn cengkreman lbh oke krna llebih ebar dri vbelt v150.
    tpi persaan msh trsa gredek di awal dan krg mndpatkan top spedd. Mohon bantuannYA. [ kampas ganda sdh sprti contoh ]

    • Modif Mangkok Kopling dilubagi itu kalau tidak tepat bisa mempengaruhi balancing bro, seharusnya dengan ubahan yg dilakukan tidak terjadi masalah gredek lagi.



×
SSL Verified