L

Adakah Cara Instalasi Software Menggunakan Wizard di Linux ? (Next, Next, Next, Finish)


Bismillahirrohmanirrohim


NetBeans Installation Wizard

Banyak yg mengira, menginstall Software di Linux itu selalu melulu pakai Terminal berbasis Teks kan ya ?
Installation Wizard memang menjadi salah satu “Keunggulan” Sistem Operasi Windows yang melagenda itu, namun apakah cara itu yang terbaik ?, dan apakah Linux bisa ?

Faktanya …

Bro, jauh sebelum “Windows Store” ada, Linux udah kapan tau pakai Software sejenis itu yang disebut “Software Center”, yang paling powerful itu OpenSUSE dengan “YaST” yang diperkuat OBS (Open Build Service) dan Ubuntu dengan “Ubuntu Software” dulu namanya “Ubuntu Software Center”.
 
Itu yang menyebabkan kenapa Android juga menggunakan Tool sejenis itu, yang awalnya disebut “Android Market” sampai sekarang jadi “Google Play”.
Bahkan ada juga “Black Market” 😀
 
Pada Intinya: Memusatkan File-file Software dalam wadah khusus yang disebut Repository !
 
Itu sudah Linux banget pokoknya, makanya Android yg salah satu Distro Linux, juga demikian.
 
Nah, Software Center semacam itu, sebenarnya dibuat adalah sebagai Versi Tampilan Antar Muka Grafis (GUI = Graphical User Interface) dari cara Manual berbasis Teks (CLI = Command Line Interface). Seperti: sudo apt install nama-paket .

Hi, Bagaimana Menurut Anda ?


Jadilah Pembaca yang Baik dengan cara meninggalkan Komentar pada setiap Artikel Bermanfaat yang sudah dibaca (•‿•)


Komentar adalah salah satu Faktor Penyemangat bagi seorang Blogger, termasuk juga saya. Sebagai bukti bahwa saya tidak sendirian disini, mengingat ada banyak sekali Viewer (Pembaca) Artikel di Blog saya ini. Tolong, jangan pergi begitu saja.


Tinggalkan Komentar Anda disini meskipun hanya sekedar menyapa saya, mari kita bangun Forum Diskusi di Kolom Komentar pada setiap Artikel di Blog ini.


Oleh karena itu, saya sudah menyediakan Fasilitas Comment System terbaik saat ini yakni Disqus Comments System untuk membangun Komunitas Komentator yang lebih Advanced lagi, tidak diperlukan Account Disqus untuk bisa berkomentar disini, Anda cukup memasukkan Nama dan Email saja, tapi saya sarankan untuk memiliki Account Disqus jika Anda sering berkomentar di banyak Blog yang menggunakan Disqus Comment System.

Mungkin Anda juga menyukai


Disqus Comments



×
SSL Verified