L

Penggunaan Bohlam Sebagai Proteksi Tweeter pada Crossover Pasif


Bismillahirrohmanirrohim


Bohlam sebagai Sekring

Kalau artikel yang membahas tentang solusi Tweeter Protector pada Passive Crossover sudah sangat banyak beredar di Internet sampai hari ini, banyak karena memang artikel yang sama dicopas oleh banyak blogger tidak beretika.

Nah, lalu muncul pertanyaan, sebenarnya berapa spesifikasi Voltase (Volt) dan Watt (Wattage) yang sesuai untuk kebutuhan ini ?

Jika Anda googling, maka spesifikasi yang paling umum adalah 75 Watt – 25 Volt, apa alasannya spesifikasi tersebut digunakan ?, jika Anda bertanya pada blogger yang memposting artikel tersebut lalu tidak dijawab, maka tentu saja salah satu sebabnya karena artikel itu hasil copas 😀

Sebenarnya Anda bisa saja menggunakan bohlam 24 Volt dan 12 Volt, dengan Watt berapa pun !

Tapi ada konsekuensinya atau dampaknya, silahkan lanjutkan membaca artikel ini agar paham konsepnya 😀

 

Penyebab Tweeter Rusak

Setidaknya ada dua jenis kerusakan, yakni Voice Coil yang gosong karena overload, dan membran yang pecah karena low to mid frequency yang jebol ke tweeter karena kesalahan titik potong frekuensi yang salah, biasanya sering terjadi ketika menggunakan Crossover Aktif dan operator salah menentukan titik potong frekuensi sehingga frekuensi yang khusus untuk Woofer Driver malah dialirkan ke Tweeter Driver.

 

Nah, protektor tweeter menggunakan bohlam ini hanya efektif memproteksi overload yang beresiko menyebabkan Voice Coil mengalami gosong pada lilitan spul-nya.

 

Untuk menerapkannya, tentu saja terlebihdahulu harus paham konsep kenapa bohlam atau bulb digunakan sebagai sekring atau fuse.

 

Lanjut ke halaman 2 ya 🙂

Powered by Dewaweb


Protected by DMCA ! Protected by Premium Copyscape !

Hi, Bagaimana Menurut Anda ?


Jadilah Pembaca yang Baik dengan cara meninggalkan Komentar pada setiap Artikel Bermanfaat yang sudah dibaca (•‿•)


Komentar adalah salah satu Faktor Penyemangat bagi seorang Blogger, termasuk juga saya. Sebagai bukti bahwa saya tidak sendirian disini, mengingat ada banyak sekali Viewer (Pembaca) Artikel di Blog saya ini. Tolong, jangan pergi begitu saja.


Tinggalkan Komentar Anda disini meskipun hanya sekedar menyapa saya, mari kita bangun Forum Diskusi di Kolom Komentar pada setiap Artikel di Blog ini.


Oleh karena itu, saya sudah menyediakan Fasilitas Comment System terbaik saat ini yakni Disqus Comments System untuk membangun Komunitas Komentator yang lebih Advanced lagi, tidak diperlukan Account Disqus untuk bisa berkomentar disini, Anda cukup memasukkan Nama dan Email saja, tapi saya sarankan untuk memiliki Account Disqus jika Anda sering berkomentar di banyak Blog yang menggunakan Disqus Comment System.

Mungkin Anda juga menyukai


Disqus Comments



×
SSL Verified