L

[Solved] Tidak Bisa Setting Altitude Honda PGM-FI


Bismillahirrohmanirrohim


Throttle Body Vario 150i di Vario 125i

Motor saya adalah Old Vario 125i, dengan usia yang sudah bisa dikatakan tidak muda lagi, meski termasuk Generasi Kedua (Second Generation) yang agak mendingan karena rombakan di Intake Manipulnya tapi entah kenapa gejala ngempos/tersendat ketika mesin masih dingin masih saja terjadi, padahal Busi sudah benar dan Intake Manipul sudah Gen 2, alhasil saya maklumi saja, udah terlanjur terbiasa, dan bukan pembahasan di artikel ini 😀

Di kondisi yang sudah berumur sekitar 70rb’an KM itu motor saya berhasil bikin saya galau karena sensor-sensor mulai menunjukkan gelaja kerusakan, dan ini pengalaman pertama saya.

 

Gejala Kerusakan

Ketika saya ingin memacu motor dengan kecepatan tinggi, saya heran kenapa motor saya tidak bisa secepat biasanya mencapai Top Speed dan bisa dikatakan motor saya tidak bisa mencapai Top Speed, mentok 90 kmpj, diatas itu sedikit saja motor saya langsung brebet dan kecepatan langsung menurun drastis secara berangsur-angsur hingga maksimal 20 kmpj, padahal ketika itu terjadi grip gas di stang motor saya masih saya putar penuh/full throttle.

Kondisi seperti itu juga terjadi ketika menggeber motor di standar tengah.

Sampai disini, firasat saya sudah mengatakan bahwa TPS (Throttle Position Sensor) yang rusak atau minimal lemah. Meski gejala TPS rusak tidak sama dengan informasi yang saya dapatkan di Internet, karena ECU PGM-FI memiliki fitur Fail Safe Mode, karena Fail Safe Mode itulah motor saya jadi punya kehendak sendiri yakni menurunkan kecepatan meski saya masih memutar grip gas sampai penuh 😀

Gejala brebet di putaran tinggi itu juga agak mengecoh, mulai dari busi yang dikira sudah lemah, sampai fuel pump yang juga dikira sudah lemah.

Powered by Dewaweb


Protected by DMCA ! Protected by Premium Copyscape !

Hi, Bagaimana Menurut Anda ?


Jadilah Pembaca yang Baik dengan cara meninggalkan Komentar pada setiap Artikel Bermanfaat yang sudah dibaca (•‿•)


Komentar adalah salah satu Faktor Penyemangat bagi seorang Blogger, termasuk juga saya. Sebagai bukti bahwa saya tidak sendirian disini, mengingat ada banyak sekali Viewer (Pembaca) Artikel di Blog saya ini. Tolong, jangan pergi begitu saja.


Tinggalkan Komentar Anda disini meskipun hanya sekedar menyapa saya, mari kita bangun Forum Diskusi di Kolom Komentar pada setiap Artikel di Blog ini.


Oleh karena itu, saya sudah menyediakan Fasilitas Comment System terbaik saat ini yakni Disqus Comments System untuk membangun Komunitas Komentator yang lebih Advanced lagi, tidak diperlukan Account Disqus untuk bisa berkomentar disini, Anda cukup memasukkan Nama dan Email saja, tapi saya sarankan untuk memiliki Account Disqus jika Anda sering berkomentar di banyak Blog yang menggunakan Disqus Comment System.

Mungkin Anda juga menyukai



Facebook Comments



Disqus Comments



×
SSL Verified