L

Jangan Panik !, Beginilah Cara Ampuh Mengatasi Seluruh Komentar di Blog Hilang di Disqus Comment System !


Bismillahirrohmanirrohim


Ilustrasi Blogging

Setelah saya memikirkan sambil membahas mengenai penulisan nama saya yang apakah menggunakan huruf K atau Q, saya memutuskan untuk fokus dan bangga menggunakan huruf K.

Maka saya pun mulai mengubah Username-username atau Shortname atau apa pun istilahnya yang menggunakan penulisan luq menjadi luk sebisa saya.

Mulai dari Username Twitter yang sebelumnya @luqmanulhackim yang saya ganti menjadi @lukmaul_id (Merujuk pada Domain lukmanul.id saya), Username di WordPress.com, sampai pada Shortname di Disqus Commenct System.

Intinya saya mengganti semua yang berawalan Luq menjadi Luk atau Luck sebisa saya, jika tidak memungkinkan maka saya akan pikirkan Username lain yang pada intinya tidak menggunakan huruf Q lagi !

 

Kenapa Ini Saya Lakukan ?

Saya sudah jelaskan panjang lebar mengenai kerancuan ini disini.

Dan saya pun menyadari bahwa saya sebagai pemilik Nama Lukmanul Hakim, tidak sepantasnya memperkeruh suasana dengan menuliskan nama saya dengan ejaan Luqmanul Hakim atau Luqman AL-Hakim.

Akibatnya, saya seperti kehilangan konsistensi identitas !

Orang lain pun menjadi bingung, “Ini orang namanya Luqman, Lukman, Luqmanul, atau Lukmanul ?”

Dan takjarang ada yang menulis nama saya sebagai Luqman, dan parahnya saya tidak menegurnya dan mengubahnya jika bisa.

Sebelumnya saya hampir saja mengabaikan Domain lukmanul.id, saya kritisi habis-habisan disini.

Sekarang, justru saya beruntung berhasil mendaftarkan nama depan saya itu pada Domain Extension .id.

Yah meski saya tidak bisa reserved Domain luqmanul.id karena sudah didaftarkan orang lain yang namanya Luqmanul Hakim. Wajar, saya terima itu 🙂

Saya sudah teledor sehingga Domain hakim.id berhasil didaftarkan oleh orang lain, padahal saat saya mendaftarkan Domain lukmanulhakim.id, Domain hakim.id itu masih tersedia.

Dulu saya terlalu terobsesi dengan Nickname saya yakni Lukman, dan saya sangat risih dan malu dengan penulisan Lukmanul. Sejak dulu saya jika nama lengkap, masih percaya diri jika menulis nama saya menjadi Lukmanul Hakim, meski sempat dulu sekali sering menuliskan nama saya sebagai Lukman Hakim atau Lukman AL-Hakim.

Dari dulu meskipun saya memiliki hobi dan bakat menulis dan blogging, saya urungkan niat membuat Personal Blog karena Domain lukman.com dan lukmanulhakim.com sudah dibeli orang sejak lama.

Saya memiliki kekurangan sekaligus kelebihan yakni memiliki sifat Idealis dan Perfectionis, itulah kenapa saya tidak pernah memiliki Julukan yang unik-unik, meskipun orang disekitar saya pernah menjuluki saya macam-macam, saya tidak pernah setuju dan akhirnya julukan itu pun sirna, tidak bertahan lama.

Makanya saya tidak pernah bisa memikirkan Domain atau Username atau apa pun jika harus memodifikasi nama saya terlalu extream, kecuali sangat-sangat terpaksa, seperti ID Kaskus saya yakni luxm4n dan alamat email gmail saya yakni lukman.exe (Terus terang, alamat email ini susah saya lafalkan pada bagian exe).

Dalam memodikasi nama saya untuk kebutuhan Username, saya melakukannya dengan sangat hati-hati dan harus memiliki makna dan filosofi, seperti luxm4n, itu sekilas seperti alay, tapi itu memiliki makna dan filosofi yang tidak akan saya share disini karena akan memperpanjang artikel ini 😀

Oke, mungkin sudah jelas alasan saya, yang mana ini berdampak pada Disqus yang saya gunakan untuk Comment System di Blog saya ini !

 

Kenapa Disqus Bermasalah ?

Perlu diketahui bahwa setiap Website atau Blog yang memasang Disqus, itu memiliki Shortname yang merupakan Subdomain dari disqus.com, dan itu tidak bisa diganti !

Sebelumnya Shortname Blog saya di Disqus adalah luqmanulhackim.disqus.com, lalu saya buat lagi satu Site di Disqus dengan Shortname lukmanul.disqus.com.

Lalu luqmanulhackim.disqus.com saya hapus total dan permanent, berikut seluruh komentar di dalamnya, karena di Blog saya pada Database WordPess masih tersimpan semuanya, jadi tidak hilang.

Pada Plugin Disqus di WordPress, kita bisa Export seluruh komentar dari Local Server (WordPress) kita ke Disqus.

Nah ternyata, meskipun seluruh komentar sudah saya Export ke lukmanul.disqus.com, komentar itu tidak muncul !

Alhasil, komentar-komentar di seluruh artikel saya di Blog ini tidak muncul lagi di Disqus, tapi masih tersimpan rapi di Database WordPress saya dan bisa saya akses melalui WordPress Dashboard (WP Admin).

 

Penyebab Komentar Tidak Muncul di Disqus

Disqus sangat bagus dalam hal proteksi terhadap Spam, jika kita berkomentar di salah satu Blog yang menggunakan Disqus, lalu kita Copy isi komentar tersebut dan kita Paste di Blog orang lain yang sama-sama menggunakan Disuqs, maka komentar itu akan ditolak dengan keterangan bahwa komentar itu sudah diposting di Disqus, meskipun di Blog yang berbeda.

Nah, saya menduga, karena itulah seluruh komentar lama yang ada di luqmanulhackim.disqus.com tidak bisa muncul di lukmanul.disqus.com, meskipun statusnya Exported.

Saya menyayangkan hal ini terjadi, karena komentar itu adalah asset saya di Blog ini !

Dan saya adalah pemilik luqmanulhackim.disqus.com seharusnya memiliki hak penuh untuk memigrasikan seluruh konten komentar disana ke lukmanul.disqus.com yang notabene juga milik saya, apalagi luqmanulhackim.disqus.com sudah saya hapus total !

Saya mohon maaf kepada seluruh komentator di Blog saya, akibat masalah ini, saya benar-benar tidak menyangka bahwa tindakan saya itu akan berakibat fatal yakni kehilangan ratusan komentar di Blog saya ini !

Selanjutnya hanya komentar terbaru saja yang akan muncul di Disqus dan tentu saja juga tersimpan di Database WordPress (Server Side) saya.

 

Harapan Saya

Saya harap ini sementara saja, karena di Disqus terdapat Migration Tools yakni salah satunya adalah fitur Crawler, semoga dengan tool itu seluruh komentar sebelumnya di Blog saya akan dimunculkan kembali.

Saya sangat merasa bersalah, kecewa, sedih, dan menyesalkan hal ini harus terjadi (Tapi tidak menyesal melakukannya karena ini harus, ini prinsip).

Dari dulu saya ngeblog, cuma Blog inilah yang mendapatkan banyak perhatian dan feedback dari para pembaca yang salah satunya melalui form komentar, komentar pembaca adalah “Bahan Bakar” Passion saya, karena saya benci jika terkesan seperti “Ngomong Sama Tembok”, meski belum maksimal, maksudnya belum sampai pada level dimana saya baru memposting artikel maka para pembaca setia berlomba-lomba menjadi yang Pertamax dalam berkomentar, dan meski belum semua artikel saya mendapatkan komentar, tapi saya sudah sangat senang karena suara saya didengar dan direspon oleh para pembaca yang bukan silent reader.

Saya menghargai para silent reader, karena di Blog, tidak melulu komentar yang saya cari, justru yang terpenting adalah Page View, mereka para silent reader itu diam-diam tapi menghanyutkan, buka banyak halaman artikel di Blog saya tanpa harus repot berkomentar, ya begitulah mereka, dan saya juga senang ketika Blog saya dikunjungi para silent reader.

Semoga ini hanya sementara saja, karena saya yakin, sistem disqus perlu penyesuaian setelah penghapusan luqmanulhackim.disqus.com.

Dan walaubagaimanapun, saya sebagai pemilik sah konten komentar itu nyatanya melakukan export langsung dari plugin Disqus di WordPress yang saya gunakan. Itu valid dan tidak bisa diragukan lagi !

Serta ketika luqmanulhackim.disqus.com saya hapus, maka tidak ada duplicate content lagi di Disqus.

Blog saya masih menerima komentar-komentar baru dan langsung tampil tanpa moderasi, jadi jangan sungkan untuk berkomentar ya 🙂

 

Saya tidak bisa lepas dari Disqus karena fiturnya saya suka, sangat memudahkan saya, dan secara signifikan meningkatkan potensi orang untuk berkomentar, meskipun sebagai Guest karena tidak memiliki akun di Disqus, dan bahkan kedepannya mereka rela mendaftarkan akun di Disqus agar lebih mudah kedepannya.

 

Solusi terakhir jika harapan saya diatas tidak terlaksana, maka Disqus akan saya pastikan tidak ada lagi di Blog saya ini !

 

Bagi saya perubahan Shortname ini vital sekali, karena untuk jangka panjang, saya orangnya risihan, meskipun luqmanulhackim.disqus.com itu hanya bisa dilihat pada Back End, tapi kan saya melihatnya ?

Dan ketika saya menentukan pilihan untuk fokus pada identitas resmi saya menggunakan huruf K, masa saya konsisten untuk mengeleminasi semua yang menggunakan huruf Q.

Bahkan saya tidak akan mempublikasikan keberadaan Domain luqmanulhakim.id, luqmanulhakim.info, luqman.al-hakim.id, dsb yang mana itu hanyalah Alternatif saja. Saya akan fokus dan konsisten menggunakan lukmanulhakim.id, lukmanulhakim.info, lukman.al-hakim.id saja dalam aktivitas online saya.

 

Akhir kata, nama saya Lukmanul Hakim, bukan Luqmanul Hakim !

Itu yang saya tanamkan dalam diri saya, dari sekarang sampai selamanya, dan semoga siapa pun yang membaca ini memperhatikan hal itu, sehingga tidak menuliskan nama saya menggunakan huruf Q 🙂

 

Update

Alhamdulillah, ini hanya karena Bug pada Plugins Disqus untuk WordPress saja, saya sudah menemukan metode atau cara yang tepat untuk memigrasikan seluruh komentar di Blog saya ke Shorname Disqus baru yang sudah saya buat.

Dan sekarang seluruh komentar sebelumnya di Blog saya ini telah muncul di artikel masing-masing 🙂

Agar lebih fokus, Throubleshooting tersebut saya buat dalam sebuah artikel tutorial khusus disini.

Yah meskipun komentar-komentar saya sebelumnya sebagai Moderator di Disqus malah jadi Guest saja, karena meski menggunakan nama dan alamat email saya yang sama dengan di akun Disqus saya, tetap saja dianggap Guest karena itu hasil Import dari WordPress Native Comment System 😀


Protected by DMCA ! Protected by Premium Copyscape !

Hi, Bagaimana Menurut Anda ?


Jadilah Pembaca yang Baik dengan cara meninggalkan Komentar pada setiap Artikel Bermanfaat yang sudah dibaca (•‿•)


Komentar adalah salah satu Faktor Penyemangat bagi seorang Blogger, termasuk juga saya. Sebagai bukti bahwa saya tidak sendirian disini, mengingat ada banyak sekali Viewer (Pembaca) Artikel di Blog saya ini. Tolong, jangan pergi begitu saja.


Tinggalkan Komentar Anda disini meskipun hanya sekedar menyapa saya, mari kita bangun Forum Diskusi di Kolom Komentar pada setiap Artikel di Blog ini.


Oleh karena itu, saya sudah menyediakan Fasilitas Comment System terbaik saat ini yakni Disqus Comments System untuk membangun Komunitas Komentator yang lebih Advanced lagi, tidak diperlukan Account Disqus untuk bisa berkomentar disini, Anda cukup memasukkan Nama dan Email saja, tapi saya sarankan untuk memiliki Account Disqus jika Anda sering berkomentar di banyak Blog yang menggunakan Disqus Comment System.

Mungkin Anda juga menyukai



Facebook Comments



Disqus Comments



×
SSL Verified