L

Saya Putuskan untuk Beralih dari Format Gambar PNG ke JPG


Bismillahirrohmanirrohim


Property of Lukmanul Hakim Watermark V2

Saya memang mengoptimasi habis-habisan konten gambar/foto di Blog saya ini, dan saya menemukan fakta bahwa format PNG itu tidak ideal untuk Website, dalam hal ini termasuk Blog !

Disini saya tidak akan membahas semua tentang gormat PNG dan JPG, akan ideal jika dibahas di artikel tersendiri.

 

Karena Opsi Default

Saya sejak awal menggunakan Format PNG karena secara default, Software Screenshoot Tool yang saya gunakan adalah menggunakan Output berformat PNG.

Jadi memang hanya gambar-gambar berupa Screenshoot saja yang menggunakan format PNG, dan jika konten gambar itu berupa foto hasil capture di Kamera, entah itu Kamera Standalone maupun Kamera pada Smartphone/Tablet PC, maka saya secara otomatis tentu menggunakan format JPG.

Alhamdulillah, saya tidak lantas fanatik dengan format PNG sehingga rela repot-repot mengkonversi lagi format JPG itu ke format PNG.

Jadi memang, saya menggunakan format PNG bukan karena saya memilihnya, tapi karena itu adalah Default Output Option di Screenshoot Tools yang saya gunakan 😀

Sebenarnya bisa saja saya ubah, namun entah kenapa kualitas gambar screenshoot menjadi jelek jika output menggunakan format JPG, akan lebih baik jika screenshoot menggunakan format PNG dulu, lalu kemudian dikonversi menjadi format JPG dengan kualitas gambar 100%, yang nanti akan saya optimasi lagi menggunakan Imagify di WordPress. Itu saya lakukan agar ketika dilakukan Lossy Compression, kualitas gambar akan tetap bagus, tapi ukuran file menjadi sangat kecil, bisa 80% lebih kecil daripada sebelumnya.

Powered by Dewaweb


Protected by DMCA ! Protected by Premium Copyscape !

Hi, Bagaimana Menurut Anda ?


Jadilah Pembaca yang Baik dengan cara meninggalkan Komentar pada setiap Artikel Bermanfaat yang sudah dibaca (•‿•)


Komentar adalah salah satu Faktor Penyemangat bagi seorang Blogger, termasuk juga saya. Sebagai bukti bahwa saya tidak sendirian disini, mengingat ada banyak sekali Viewer (Pembaca) Artikel di Blog saya ini. Tolong, jangan pergi begitu saja.


Tinggalkan Komentar Anda disini meskipun hanya sekedar menyapa saya, mari kita bangun Forum Diskusi di Kolom Komentar pada setiap Artikel di Blog ini.


Oleh karena itu, saya sudah menyediakan Fasilitas Comment System terbaik saat ini yakni Disqus Comments System untuk membangun Komunitas Komentator yang lebih Advanced lagi, tidak diperlukan Account Disqus untuk bisa berkomentar disini, Anda cukup memasukkan Nama dan Email saja, tapi saya sarankan untuk memiliki Account Disqus jika Anda sering berkomentar di banyak Blog yang menggunakan Disqus Comment System.

Mungkin Anda juga menyukai


Disqus Comments



×
SSL Verified