L

Konversi Kandungan TDS pada Larutan Kalibrasi 1382 ppm Terhadap Variasi Temperature


Bismillahirrohmanirrohim


TDS Calibration Solution: 1382 ppm

Anda pemilik alat TDS Meter pasti kenal dengan produk larutan kalibrasi seperti pada gambar di atas kan ?, karena sampai artikel ini saya tulis, inilah satu-satunya larutan kalibrasi yang tersedia di Indonesia. Karena TDS Meter di Indonesia populer digunakan oleh para penggiat/hobbies Hidroponik, bukan Water Treatment, ada tapi sedikit sekali.

Padahal, untuk keburutan air minum dan water treatment bahkan air pada umumnya, itu hanya mengukur < 500 ppm, katakanlah < 1000 ppm, karena sesuai standard kesehatan air yang layak konsumsi adalah memiliki TDS maksimal 500 ppm. Maka kalibrasi dengan larutan 1382 ppm seperti ini tidak ideal dan akan mengurangi akurasi, kenapa ?

Karena TDS Meter itu bersifat Single Point Measurment, artinya alat ini akan kehilangan akurasi jika range pengukuran terlalu lebar, meski secara teknis bisa membaca 0 – 9999 ppm. Itulah sebabnya harus dilakukan kalibrasi ulang pada titik tertentu yang terdekat dengan range pengukuran.

Jadi, untuk kebutuhan air secara umum TDS Meter harus terkalibrasi dengan larutan kalibrasi dengan spesifikasi 342 ppm pada suhu 25°C, bukannya 1382 ppm pada suhu 25°C !, itulah sebabnya secara default TDS Meter sudah dikalibrasi di pabriknya pada pendekatan 342 ppm pada suhu 25°C. Jika Anda membeli TDS Meter asli/original yang berkualitas, maka seharusnya tidak perlu dikalibrasi ulang jika toh TDS Meter itu digunakan untuk mengukur TDS pada air minum, air sumur, dsb

Lucunya, TDS Meter yang beredar di Indonesia yang umum digunakan itu cuma 3 Digit nomor pada display-nya, sehingga 1000 ke atas akan dibulatkan jadi x10. Maka mustahil mengkalibrasi TDS Meter menjadi 1382 ppm karena pasti akan dibulatkan menjadi 1380 ppm alias 138 x10 ppm :D, padahal seharusnya larutan kalibrasi yang benar adalah TDS 1000 ppm.

Jika Anda mengukur air hasil filtrasi Reverse Osmosis yang biasanya memiliki TDS sangat rendah maka TDS Meter harusnya dikalibrasi dengan larutan kalibrasi 90 ppm pada 25°C.

Di pasaran internasional ada banyak variasi larutan kalibrasi, setidaknya yang saya temukan adalah 90 ppm, 342 ppm, 800 ppm, 1000 ppm, 1382 ppm, dsb.

Satu hal yang pasti pada semua angka tersebut, yakni semua itu adalah angka yang terukur pada suhu 25°C !

Powered by Dewaweb


Protected by DMCA ! Protected by Premium Copyscape !

Hi, Bagaimana Menurut Anda ?


Jadilah Pembaca yang Baik dengan cara meninggalkan Komentar pada setiap Artikel Bermanfaat yang sudah dibaca (•‿•)


Komentar adalah salah satu Faktor Penyemangat bagi seorang Blogger, termasuk juga saya. Sebagai bukti bahwa saya tidak sendirian disini, mengingat ada banyak sekali Viewer (Pembaca) Artikel di Blog saya ini. Tolong, jangan pergi begitu saja.


Tinggalkan Komentar Anda disini meskipun hanya sekedar menyapa saya, mari kita bangun Forum Diskusi di Kolom Komentar pada setiap Artikel di Blog ini.


Oleh karena itu, saya sudah menyediakan Fasilitas Comment System terbaik saat ini yakni Disqus Comments System untuk membangun Komunitas Komentator yang lebih Advanced lagi, tidak diperlukan Account Disqus untuk bisa berkomentar disini, Anda cukup memasukkan Nama dan Email saja, tapi saya sarankan untuk memiliki Account Disqus jika Anda sering berkomentar di banyak Blog yang menggunakan Disqus Comment System.

Mungkin Anda juga menyukai


Disqus Comments



×
SSL Verified