L

Bedanya Tempered Glass VS Corning Gorilla Glass


Bismillahirrohmanirrohim


Property of Lukmanul Hakim Watermark V2
Tempered Glass Mengutamakan Hardness dalam Skala Mohs, yang terkeras adalah 9H, 1 Level dibawah Berlian yang 10H, real-nya sih 8H sampai 9H, sebagai pembanding, P.E.T/Plastic Screen Protector hanya 3H.
 
Tapi ada konsekuensinya, proses Tempering menjadikan Kaca mudah Retak/Pecah, meski diklaim Shatter-proof (Tahan Pecah), tapi istilah itu sebenernya hanya mencegah pecahan kaca berserakan kemana-mana dan tajam-tajam, hal itu sama seperti kaca Windshield Mobil ketika pecah, karena Tempered Glass memiliki beberapa Layer/Lapisan.
 
Tempered Glass lebih tahan terhadap goresan akibat debu pasir, kecuali debu berlian 😀
 
Gorilla Glass mengutamakan Elastisitas, Menaikkan Toleransi Ketahanan terhadap Impact/Benturan, mengenai Hardness hanya bonus saja. Gorilla Glass hanya memiliki Hardnesss 5H sampai 6H saja yang sudah cukup bisa menahan goresan akibat kunci, pisau, dsb, tapi tidak tahan jika berhadapan dengan debu pasir.
 
 

Kesimpulannya ?

Hati-hati ketika memutuskan menggunakan Tempered Glass, karena meski sudah pakai Gorilla Glass, Tempered Glass ketika pecah sangat mampu menggores bahkan memecahkan Gorilla Glass yang dilapisinya.
 
9H sangat mampu melukai 6H !
 
Tips-nya:
 
  1. Jangan pakai Tempered Glass murahan (Tapi murah bukan berarti murahan). Biasanya, Tempered Glass dengan harga diatas Rp 10.000 sudah cukup baik, hindari Tempered Glass dibawah harga Rp 10.000.
  2. Ketika retak, langsung ganti !
  3. Gunakan Case tambahan yang memiliki fitur Anti-shock di setiap sudut-sudutnya.
 

Solusi dari Dilematika yang Ada

Sekarang ada yang namanya Flexibel Glass atau Hybrid Film, yakni P.E.T Screen Protector yang sudah dilapisi Nano Glass, sehingga P.E.T Screen Protector yang semula hanya 3H menjadi lebih keras yakni 9H, tapi tetap Fleksibel dan Anti-pecah.
Kelemahan Hybrid Film adalah tidak adanya pilihan Full Edge to Edge untuk jenis layar 2.5 D layaknya Tempered Glass.
Powered by Dewaweb


Protected by DMCA ! Protected by Premium Copyscape !

Hi, Bagaimana Menurut Anda ?


Jadilah Pembaca yang Baik dengan cara meninggalkan Komentar pada setiap Artikel Bermanfaat yang sudah dibaca (•‿•)


Komentar adalah salah satu Faktor Penyemangat bagi seorang Blogger, termasuk juga saya. Sebagai bukti bahwa saya tidak sendirian disini, mengingat ada banyak sekali Viewer (Pembaca) Artikel di Blog saya ini. Tolong, jangan pergi begitu saja.


Tinggalkan Komentar Anda disini meskipun hanya sekedar menyapa saya, mari kita bangun Forum Diskusi di Kolom Komentar pada setiap Artikel di Blog ini.


Oleh karena itu, saya sudah menyediakan Fasilitas Comment System terbaik saat ini yakni Disqus Comments System untuk membangun Komunitas Komentator yang lebih Advanced lagi, tidak diperlukan Account Disqus untuk bisa berkomentar disini, Anda cukup memasukkan Nama dan Email saja, tapi saya sarankan untuk memiliki Account Disqus jika Anda sering berkomentar di banyak Blog yang menggunakan Disqus Comment System.

Mungkin Anda juga menyukai


Disqus Comments



×
SSL Verified