L

Inilah Penyebab kenapa DD-WRT pada TP-Link MR3020 Tidak Bisa WISP alias Repeater WiFi Range Extender


Bismillahirrohmanirrohim


DD-WRT: Proses Upload Firmware ke Router sedang Berlangsung

Saya sudah punya TP-Link MR3020 ini sudah sejak lama, dan sejak itu pula saya selalu menggunakan DD-WRT karena Router ini saya gunakan sebagai MiFi yang menggunakan USB Modem 4G LTE (Dulunya USB Modem 3G saat 4G di Indonesia belum ada). Tapi tidak portable karena pada dasarnya memang router ini untuk penggunaan indoor, maka sekalian saja saya modif antena external menggunakan antena bekas router TP-Link saya lainnya yang sudah rusak.

Seiring berjalannya waktu, kebutuhan saya sudahh tidak perlu MiFi lagi, maka router ini cukup lama nganggur tidak terpakai.

Sampai pada akhirnya, saya membangun sebuah toko disamping rumah utama saya yang jaraknya lumayan jauh untuk ukuran jangkauan signal WiFi.

Maka saya pun membutuhkan WiFi Range Expander/Extender.

Sempat Hunting produk WiFi Range Extender, pilihan saya kuat ke TP-Link lagi, yakni tipe TL-WR840N yang Versi 6.20 terbaru saat artikel ini saya buat.

Karena selama ini saya menggunakan DD-WRT pada MR3020 untuk sebagai WiFi Access Point saja, saya lupa kalau MR3020 ini juga bisa sebagai WiFi Extender, atau yang bisa disebut WISP (Wireless Internet Service Provider). Saya baru sadar ketika melihat switch di kesing MR3020 ternyata ada mode WISP. Alhasil batal beli TL-WR840N, Alhamdulillah 😀

Meski begitu, jika kedepannya saya perlu WiFi Repeater, maka TL-WR840N mungkin akan jadi pilihan saya, karena harganya murah tapi memberikan kelebihan fitur, dan desain yang sesuai dengan ekspektasi saya.

Fungsi dari WISP ini sebenarnya adalah Repeater, WISP cuma istilah saja, jadi dengan Mode WISP ini, MR3020 bisa terhubung ke Router Utama dari ISP (Internet Service Provider), lalu disebar lagi koneksi Internet yang lemah itu dengan sinyal yang lebih kuat. WISP ini secarap rinsip sama seperti WDS, hanaya saja penggunaan lebih mudah dan lebih universal, tidak perlu ada dukungan WDS pada router utama, dan tidak ada setting apa pun pada router utama, kecuali security di router utama menggunakan Mac Address Filtering.

Seperti WDS, WISP ini juga sepenuhnya Wireless alias tanpa kabel LAN untuk mendapatkan koneksi Internet dari Router Utama, dan tanpa kabel juga untuk koneksi Internet ke Client.

Tapi secara teknis, WISP dan WDS sangat berbeda yah, mohon maaf tidak saya bahas di artikel ini 😀

 

Masalahnya …

DD-WRT pada MR3020 hanya bisa terkoneksi ke Router Utama untuk menghubungkan MR3020 ke jaringan Internet, tapi DD-WRT tidak bisa memancarkan/broadcast SSID (Service Set Identifier) agar Client bisa terkoneksii ke MR3020 tanpa kabel LAN. Kalau pakai kabel LAN sih DD-WRT dalam Mode Client sudah bisa mengalirkan Internet ke Client.

Jadinya kan lucu 😀

Masalahnya, DD-WRT pada MR3020 tidak bisa membroaadcast SSID meskipun Virtual Interface sudah kita buat. Tidak bisa berfungsi sama sekali meskipun switch di kesing sudah dipindah ke mode WISP ataupun mode AP juga.

 

Kemudian saya coba kembali ke Firmware Standard/Stock dari TP-Link untuk MR3020, ternyata berfungsi dengan normal, MR3020 dengan Firmware Standardnya bisa digunakan sebagai WISP, yakni bisa terkoneksi ke Router Utama tanpa kabel, dan terkoneksi ke Client tanpa kabel.

Sampai disini bisa disimpulkan bahwa DD-WRT pada MR3020 tidak mendukung mode WISP !

 

Pertanyaannya, Kenapa Bisa Begitu ?

Setelah saya cari di Internet, masalahnya ada pada dukungan DD-WRT itu sendiri yang memang pada MR3020 tidak bisa menggunakan mode WISP bahkan WDS, karena tidak bisa membroadcast Virtual Interface AP (Access Point), bahkan tidak mendukung Multi SSID.

Tidak adanya dukungan itu bukan karena DD-WRT tidak memberikan fitur itu, tapi karena ada kendala di kompatibilitas dari Chipset Atheros yang digunakan MR3020, DD-WRT hanya mendukung Chipset Broadcom untuk fitur Client/WISP.

 

Solusinya ?

Ya gunakan Firmware Originalnya 😀

 

Oh ya, dalam menggunakan mode WISP, kalau sinyal dari router utama terlalu lemah, jangan heran jika internet lambat bahkan putus/offline padahal sinyal WiFi dari router WISP jelas-jelas full, maka dari itu, letakkan router WISP ditempat yang strategis.

 

Semoga Bermanfaat 🙂


Protected by DMCA ! Protected by Premium Copyscape !

Hi, Bagaimana Menurut Anda ?


Jadilah Pembaca yang Baik dengan cara meninggalkan Komentar pada setiap Artikel Bermanfaat yang sudah dibaca (•‿•)


Komentar adalah salah satu Faktor Penyemangat bagi seorang Blogger, termasuk juga saya. Sebagai bukti bahwa saya tidak sendirian disini, mengingat ada banyak sekali Viewer (Pembaca) Artikel di Blog saya ini. Tolong, jangan pergi begitu saja.


Tinggalkan Komentar Anda disini meskipun hanya sekedar menyapa saya, mari kita bangun Forum Diskusi di Kolom Komentar pada setiap Artikel di Blog ini.


Oleh karena itu, saya sudah menyediakan Fasilitas Comment System terbaik saat ini yakni Disqus Comments System untuk membangun Komunitas Komentator yang lebih Advanced lagi, tidak diperlukan Account Disqus untuk bisa berkomentar disini, Anda cukup memasukkan Nama dan Email saja, tapi saya sarankan untuk memiliki Account Disqus jika Anda sering berkomentar di banyak Blog yang menggunakan Disqus Comment System.

Mungkin Anda juga menyukai



Facebook Comments



Disqus Comments



×
SSL Verified